Rangkuman B. Indonesia Kelas 5 Bab 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 4 “Belajar Berwirausaha” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya
akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD semester 1
kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 4 yaitu materi yang
berjudul Belajar Berwirausaha.
Di dalam buku teks pelajaran kurikulum
merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD telah
berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang
di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa
dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah
diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi
yang akan dipelajari.
Nah melalui kesempatan inilah admin
kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk
materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 4 semester 1
kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku
paket mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD kurikulum merdeka.
Tujuan yang diharapkan dalam mempelajari
materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 4 semester 1 yang berjudul “Belajar
Berwirausaha” ini yaitu sebagai berikut:
“Bab ini akan mengajarkan kalian untuk
mengenal nilai-nilai kewirausahaan (komitmen dan kerja keras) dengan meneladani
kisah tokoh pada teks, mencari informasi dari tokoh melalui wawancara, dan
menjadi pribadi yang unggul serta berprestasi yang melaksanakan nilai-nilai
luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari.”
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 4 “Belajar
Berwirausaha” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah
ini :
Bab IV Belajar Berwirausaha
Ide Pokok
Sebuah teks dapat terdiri atas beberapa
paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok.
Ide pokok adalah gagasan utama tentang isi teks. Dengan mengetahui ide pokok,
kita dapat lebih mudah untuk memahami
maksud dari isi teks.
Di mana letak ide pokok pada sebuah
paragraf?
Bagaimana cara menentukan ide pokok?
Ide pokok dapat tersurat pada kalimat
awal atau kalimat akhir sebuah paragraf. Ide pokok juga dapat tersirat pada
keseluruhan isi sebuah paragraf. Hal paling penting dalam menentukan ide pokok
adalah membaca terlebih dahulu teks yang dimaksud, lalu tentukan apa inti dari
teks tersebut.
Idiom
Idiom adalah gabungan kata-kata yang membentuk makna baru.
Idiom digunakan sebagai ungkapan.
Contoh idiom:
Ia dikenal sebagai orang yang tinggi
hati di kampungnya.
(Tinggi hati : sombong)
Kata Tanya
Berikut ini contoh kata tanya beserta
fungsi kata tanya :
Kata tanya : Apa
Fungsi Kata Tanya :Menanyakan suatu hal
Contoh: Apa nama usaha yang dijalankan?
Kata tanya : Siapa
Fungsi Kata Tanya : Menanyakan pelaku
Contoh: Siapa yang menjalankan usaha
tersebut?
Kata tanya : Kapan
Fungsi Kata Tanya : Menanyakan waktu
Contoh: Kapan usaha tersebut didirikan?
Kata tanya : Di mana
Fungsi Kata Tanya : Menanyakan tempat
Contoh: Di mana usaha tersebut
dijalankan?
Kata tanya : Bagaimana
Fungsi Kata Tanya : Menanyakan cara
Contoh: Bagaimana memajukan usaha agar
mendapat laba?
Kata tanya : Mengapa
Fungsi Kata Tanya : Menanyakan alasan
Contoh: Mengapa memilih membuka usaha
katering?
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 4 “Belajar Berwirausaha” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin
kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi
Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 4 “Belajar Berwirausaha” yang akan
dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun
peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.