Rangkuman B. Indonesia Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Bab 2 “Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur” semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, postingan
kali ini admin akan membahas materi pelajaran Bahasa Indonesia yang akan di
pelajari di jenjang SMA yaitu dikelas 11 kurikulum merdeka.
Melalui artikel ini admin kherysuryawan
telah menyiapkan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
yang akan di pelajari di kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka. Di dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka keseluruhan materi yang
akan di pelajari terdiri atas 6 Bab.
Dikesempatan ini admin hanya akan
memberikan ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 11 untuk Bab 2 yang berjudul
“Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur”. Materi ini nantinya akan dipelajari
disemester 1 kurikulum merdeka.
Adapun materi pokok yang nantinya akan
dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Bab 2 kurikulum
merdeka yaitu sebagai berikut :
A. Menemukan
Informasi Aktual dan Akurat pada Teks Berita
B. Mengenali
Struktur dan Unsur Teks Berita
C. Memahami
Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog
D. Proyek
Membuat Vlog
Rangkuman/ringkasan materi pelajaran Bahasa
Indonesia kelas 11 Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka yang telah admin siapkan
ini sengaja di buat dengan tujuan agar bisa menjadi bahan belajar yang
memudahkan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran baik untuk belajar di
rumah maupun belajar di sekolah. Rangkuman materi yang telah admin siapkan ini
bersumber dari buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 2 “Menyajikan
Berita Inovasi yang Menghibur” untuk pembelajaran semester 1 di kurikulum
merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya di bawah ini :
BAB 2: MENYAJIKAN BERITA INOVASI YANG MENGHIBUR
A. Menemukan Informasi Aktual dan Akurat pada Teks Berita
Informasi yang disajikan dalam berita
harus akurat, yakni mengandung data yang benar dan tepat. Periksa fakta
informasi dengan cara memastikan sumber berita. Pastikan bahwa alamat situsnya
adalah situs resmi atau sudah terverifikasi. Akan lebih baik jika dilakukan cek
silang dengan sumber berita yang lain. Hal ini juga sebaiknya dilakukan pada sumber
berita nonsitus. Kebiasaan melakukan cek silang akan menumbuhkan kemampuan
literasi digital agar mampu menjadi pemirsa informasi secara berimbang.
Berita juga mengandung informasi yang
aktual. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aktual adalah baru
saja terjadi, hangat. Definisi lain, aktual adalah mengandung unsur kebaruan,
menunjuk kepada peristiwa yang benar-benar baru terjadi atau sedang terjadi
(Sumadiria, 2008: 37). Berita yang hangat akan disajikan oleh lebih dari satu
media massa, baik situs maupun nonsitus, misalnya surat kabar. Oleh karena itu,
cek silang juga selayaknya dilakukan pada informasi dari sumber nonsitus
seperti surat kabar.
Untuk mengoptimalkan kegiatan membaca
intensif, lakukan beberapa langkah berikut.
1. Berilah tanda garis bawah
dengan pena pada pernyataan-pernyataan penting tentang harapan diadakannya
kontes robot ini.
2. Berilah tanda dengan membuat
blok dengan pena penanda (misalnya stabilo, zebra, sharpie, atau sejenisnya)
pada gagasan utama penulis.
3. Berilah angka untuk menandai
urutan penulis mengembangkan uraian gagasannya.
4. Berilah tanda dengan lingkaran
pada kosakata yang perlu dicari artinya menggunakan Kamus Besar Bahasa
Indonesia.
B. Mengenali Struktur dan Unsur Teks Berita
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita
adalah cerita mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau
terkini. Di dalam berita terkandung fakta yang dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya. Selain itu, teks berita disajikan berurutan dari yang terpenting
lalu berlanjut ke bagian yang nilai pentingnya semakin berkurang.
Definisi lain, berita adalah laporan
tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting
bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio,
televisi, atau media online internet (Sumadiria, 2008: 65). Oleh karena itu,
perlu diperhatikan untuk membuat susunan teks berita yang selaras dengan nalar
agar mudah dicerna pembaca.
Teks berita disusun dengan pola piramida
terbalik yang terdiri atas tiga bagian utama, yakni kepala berita, leher
berita, dan tubuh berita. Bila diperlukan uraian lebih panjang, namun kurang
penting akan ditambahkan bagian kaki berita.
Bagian pembuka berita yang biasa
disebut kepala berita memuat informasi utama
yang paling penting. Teks berita pada bagian kepala berita mengandung jawaban
atas pertanyaan dengan unsur adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
bagaimana). Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan penyunting tulisan
(editor) saat melakukan penyuntingan karena terjadi keterbatasan ruang pada
halaman media. Dengan adanya struktur yang sudah standar, penyunting tak akan ragu
memotong paragraf terbawah.
Leher berita merupakan kelanjutan kepala berita. Unsur berita dikembangkan lebih jauh dan
luas pada bagian ini. Penjelasan yang lebih terperinci dari setiap unsur yang
ada di kepala berita membantu pembaca memahami isi berita. Leher berita menjadi
jembatan dari gagasan pokok pada kepala berita dengan gagasan-gagasan penunjang
pada bagian tubuh maupun kaki berita.
Bagian ketiga disebut tubuh berita yang menjabarkan lebih rinci gagasan yang terdapat pada bagian
sebelumnya, yakni kepala dan leher berita.
Adapun bagian berikutnya disebut
kaki berita karena memuat kesimpulan berita dan
informasi yang tidak terlalu penting.
C. Memahami Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog
Dengan kemajuan teknologi saat ini, vlog
banyak dipakai untuk melakukan penyajian berita dan peristiwa terkini. Vlog
adalah blog yang unggahan nya berupa video. Hal ini tentu saja membuat
penyajian berita menjadi menarik karena pemirsa dapat langsung melihat isi
berita sehingga lebih mudah untuk dipahami.
Berikut ini faktor-faktor yang perlu
diperhatikan saat membuat vlog.
1. Pemilihan tema. Vlog dapat
memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan penyampaian yang
menghibur.
2. Penggunaan gambar yang jernih
dan sesuai. Penampilan gambar adalah faktor penting karena vlog mengutamakan
penampilan gambar. Pengambilan gambar dengan proporsional dan jernih sangat
mendukung informasi yang disampaikan dalam vlog.
3. Penggunaan audio yang jelas dan
jernih. Audio yang jernih dan jelas mendukung penyampaian pesan atau isi berita
dengan baik.
4. Kemampuan berbicara. Seorang
naravlog (vlogger) perlu melatih kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara harus
didukung oleh penggunaan bahasa baku, kalimat yang tepat, intonasi, dan
artikulasi saat membawakan teks.
D. Proyek Membuat Vlog
Kegiatan yang disebut dengan vlogging
(video blogging) diinspirasi oleh tren dunia internet sebelumnya, yakni blog.
Banyak orang menjadi cukup terkenal dan kaya melalui blog, begitu pula halnya
dengan vlog. Kegiatan ini bahkan banyak ditekuni sebagai sebuah profesi dan
sumber pendapatan utama bagi sebagian orang. Semenjak tahun 2013, YouTube
memberikan uang kepada para pengunggah video yang jumlah penontonnya banyak
melalui adsense. Sejak itulah, banyak orang yang mengunggah bermacam jenis
video ke platform YouTube untuk sekadar hobi atau sebagai pencarian.
Berikut ini langkah-langkah membuat
vlog.
1. Merencanakan ide konten video tersebut. Lakukan curah gagasan
(brainstorming). Lalu, buatlah perincian isi teks dan gambar yang diperlukan
agar video yang dibuat menarik baik itu dari alur maupun kreativitas
penyuntingan.
2. Menyiapkan peralatan. Tidak banyak dibutuhkan peralatan untuk
membuat sebuah vlog. Pada zaman yang sudah serba maju ini, kita bisa membuat
vlog hanya dengan ponsel. Namun, kamera ponsel tersebut haruslah berkualitas
cukup baik. Agar kualitas video semakin bagus, sebaiknya gunakan beberapa alat
tambahan, seperti tripod, stabilizer, dan mikrofon.
3. Melakukan pengambilan gambar, penyuntingan, dan mengunggah video.
a. Saat pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan, sudut pengambil an
gambar, dan sinematografi dasar lain. Hal-hal kecil tersebut akan membuat video
terlihat lebih elegan dan menarik.
b. Saat penyuntingan, gunakan berbagai perangkat lunak (software) yang
mudah digunakan, baik dari aplikasi Windows maupun Mac.
c. Sebelum mengunggah ke akun YouTube, lengkapi dengan judul, deskripsi
video, dan gambar simbol video (thumbnail) yang menarik perhatian. Pemberian
tanda pagar tertentu juga akan sangat membantu para calon penonton menemukan
video yang diunggah.
4. Mempromosikan video. Mempromosikan karya video yang telah dibuat
juga tak kalah penting. Sebarkan informasi tautan video yang telah diunggah
lewat akun media sosial yang dimiliki agar video tersebut dilihat oleh banyak
orang.
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia Kelas 11 Semester 1 Bab 2 “Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur”
yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin
kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi
Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 2 “Menyajikan Berita Inovasi yang
Menghibur” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para
pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di
sekolah.