Rangkuman B. Indonesia Kelas 1 SD Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Bab 2 “Ayo Bermain!” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia,
senang rasanya di kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi
seputar pendidikan.
Melalui postingan ini admin akan berbagi
informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas 1 SD Bab 2 yang berjudul “Ayo Bermain!. Ringkasan materi yang akan admin
bagikan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Bahasa Indonesia
kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.
Sajian rangkuman materi untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Bab 2 yang berjudul “Ayo Bermain! Sengaja
admin buat agar bisa menjadi bahan belajar bagi guru maupun bagi siswa yang
ingin mengetahui materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas 1 SD kurikulum merdeka.
Di dalam materi Bahasa Indonesia kelas 1
SD Bab 2 yang berjudul “Ayo Bermain! Ada tujuan pembelajaran yang di harapkan
untuk bisa tercapai selama peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran. Pada
postingan ini juga telah disajikan tujuan pembelajaran serta ringkasan materi
untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Bab 2 yang berjudul “Ayo
Bermain!. Bagi anda yang membutuhkannya, maka silahkan simak sajiannya di bawah
ini :
Tujuan Pembelajaran Bab Ini:
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan
tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya
dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali
dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.
Bab 2: Ayo Bermain!
Aktivitas yang akan dilakukan di Bab 2 ini diantaranya yaitu :
- Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang aturan dan tempat bermain yang aman.
- Mengeja dan membaca kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’ yang dikenali sehari-hari.
- Menulis huruf ‘H’ dan ‘h’.
- Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain.
- Membuat gambar berurutan sesuai dengan kejadian pada teks fiksi yang dibacakan oleh guru.
- Menuliskan nama teman yang diawali dengan huruf ‘c’.
Materi 1
Bacaan nonfiksi “Hati-Hati!”
Melalui latihan menjawab pertanyaan
terhadap teks “Hati-Hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan
informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
1. Ada di
mana binatang-binatang itu?
2. Permainan
apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana
gambar yang menunjukkan kegiatan bermain dengan tidak aman?
Tunjukkan
kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian
4. Mana
gambar yang menunjukkan kegiatan bermain dengan aman? Tunjukkan kepada guru,
lalu jelaskan alasan kalian.
5. Kegiatan
bermain apa lagi yang tidak aman untuk anak-anak?
Kegiatan selanjutnya, Siswa menirukan
dan melakukan aktivitas menyanyi sesuai lagu dibawah ini:
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang
hidung’dengan kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau
suka hati, tepuk tangan
Kalau kau
suka hati, tepuk tangan
Kalau kau
suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau
suka hati, tepuk tangan
Kalau kau
suka hati, pegang hidung
Kalau kau
suka hati, pegang hidung
Kalau kau
suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau
suka hati, pegang hidung
MATERI 2
Membaca dengan memperhatikan tanda
bacanya.
Setelah membaca kalimat di atas,
jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan sopan.
1. Mana perbuatan yang tidak boleh
dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan?
Mengapa?
PENTING UNTUK DI KETAHUI:
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di
bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain
denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
Materi 3
Huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h’,
dan suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-’
Melalui latihan menuliskan huruf kapital
‘H’, huruf kecil ‘h’, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta
didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan
merangkai huruf ‘h’ dengan huruf vokal lain dengan tepat.
Berikut ini kata yang harus di baca oleh
siswa:
Kata-kata apa lagi yang dimulai dengan
suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, dan ‘ho-‘?
Tunjukkan kepada guru, ya.
Materi 4
Gambar sampul cerita “Caca Bisa”
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan
guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan
santun.
Amati dulu gambar ini sebelum menjawab
pertanyaan guru.
Dari gambar diatas, Lalu, jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas.
1. Ada berapa
anak pada gambar di atas?
2. Dari kedua
anak pada gambar itu, yang manakah Caca?
3. Menurutmu,
apa yang bisa dilakukan Caca?
4. Apa isi
ceritanya, ya?
Itulah rangkuman materi Bahasa Indonesia
kelas 1 SD Bab 2 yang berjudul “Ayo Bermain!
Bagi anda yang ingin melihat sajian
materinya secara lengkap maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran
Bahasa Indonesia kelas 1 SD kurikulum merdeka, file bukunya dapat anda dapatkan
di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai ringkasan / rangkuman materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Bab 2 yang berjudul “Ayo Bermain! Yang bisa admin sajikan pada kesempatan ini. Semoga anda yang membutuhkannya bisa terbantu dalam menggunakannya sebagai bahan belajar.