Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C)

Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Post test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) Pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda sedang mengikuti topik pelatihan mandiri pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) ?

 


Jika ya, maka anda tentunya akan berhadapan dengan berbagai macam topik pelatihan mandiri yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda. Di dalam memilih topik pelatihan mandiri maka anda akan menemukan materi yang telah di lengkapi dengan beberapa video yang tentunya akan membantu anda dalam mengenal lebih jauh tentang topik yang anda pilih.

 

Selain itu anda juga akan di suguhkan dengan beberapa latihan pemahaman, refleksi dan juga post test yang di sediakan di setiap modul pada topik pelatihan mandiri. Untuk bisa berhasil menyelesaikan topik yang anda pilih maka anda harus bisa menjawab semua soal pada post test yang telah disiapkan dengan benar dan tepat.

 

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu rekan-rekan pendidikan yang sedang membutuhkan jawaban post test pada pelatihan mandiri di PMM khususnya pada topik Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B tepatnya pada Modul 1 tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C).

 

Soal dan jawaban modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) ini sengaja admin bagikan sebagai referensi bagi para pendidik dalam memudahkan menjawab soal yang ada pada post test modul 1 dan semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.

 

Baiklah berikut ini Kunci Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) yang ada pada topik pelatihan mandiri “Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B).

 

1. Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .

A. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan capaian pembelajaran.
B. Merumuskan 
tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada capaian pembelajaran.
C. Merumuskan 
tujuan pembelajaran lintas elemen capaian pembelajaran.
D. Merumuskan 
tujuan pembelajaran sesaui dengan keinginan pendidik.

Jawaban : D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik

 

2. Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

A. Scaffolding

B. Pengurutan Deduktif

C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

D. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

Jawaban : C.Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

 

3. Perhatikan visi satuan pendidikan berikut: Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam iptek dan berwawasan global dengan berlandaskan pancasila.
Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan pendidikan.
Misi satuan pendidikan yang kurang relevan dengan visi di atas yaitu ....

a. Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital
b. Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM
c. Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
d. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

Jawaban: d. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

 

4. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan budaya sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi budaya sekolah yang positif adalah . . . .

A. Asumsi-asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah

B. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat

C. Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah

D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

Jawaban: D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

 

5. Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancang kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi.

Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah ….

a. Dokumen Capaian Pembelajaran

b. Dokumen Panduan Pengembangan Projek

c. Dokumen Dimensi Profil Pelajar Pancasila

d. Dokumen Panduan Pengembangan Kurikulum

Jawaban a. Dokumen capaian pembelajaran

 

6. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?

A. Fokus pada salah satu materi penting saja

B. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran

C. Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja

D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

Jawaban: D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

 

7. Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat …….

Kompetensi dan lingkup materi

Kompetensi dasar dan kompetensi inti

Capaian pembelajaran dan kompetensi

Capaian pembelaajaran dan lingkup materi

Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik. Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah ...

A. pengurutan konkret – abstrak

B. pengurutan deduktif

C. pengurutan hierarki

D. pengurutan mudah-sulit

Jawaban : C. pengurutan hierarki

 

8. Level taksonomi marzano yang tertinggi adalah..

A. pemahaman

B. analisis

C. sistem diri

D. metakognisi

Jawaban : C. sistem diri

 

9. Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu …

A. Pengurutan deduktif

B. Pengurutan hierarki

C. Pengurutan prosedural

D. Scaffolding

Jawaban: D. Scaffolding

 

10. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

1. Wawancara.

2. Pemilihan informasi yang relevan.

3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.

4. Merumuskan misi sekolah.

5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

A. 1-2-3-5-4.

B. 2-1-3-5-4

C. 2-1-5-4-3.

D. 1-3-2-4-5.

Jawab : A. 1-2-3-5-4

 

LIHAT JUGA :

👉 Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B

👉 Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Pembelajaran SMP-SMA/SMK


Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post test Modul 1 tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B” semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan pendidikan yang sedang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel