Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C)
Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Post test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) Pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B.
Halo sahabat kherysuryawan
yang berbahagia, apakah anda sedang mengikuti topik pelatihan mandiri pada Platform
Merdeka Mengajar (PMM) ?
Jika ya, maka anda tentunya
akan berhadapan dengan berbagai macam topik pelatihan mandiri yang dapat anda
pilih sesuai kebutuhan anda. Di dalam memilih topik pelatihan mandiri maka anda
akan menemukan materi yang telah di lengkapi dengan beberapa video yang
tentunya akan membantu anda dalam mengenal lebih jauh tentang topik yang anda
pilih.
Selain itu anda juga akan di
suguhkan dengan beberapa latihan pemahaman, refleksi dan juga post test yang di
sediakan di setiap modul pada topik pelatihan mandiri. Untuk bisa berhasil
menyelesaikan topik yang anda pilih maka anda harus bisa menjawab semua soal
pada post test yang telah disiapkan dengan benar dan tepat.
Nah, melalui postingan ini
admin kherysuryawan akan membantu rekan-rekan pendidikan yang sedang
membutuhkan jawaban post test pada pelatihan mandiri di PMM khususnya pada
topik Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B tepatnya pada Modul 1 tentang Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C).
Soal dan jawaban modul 1 Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) ini
sengaja admin bagikan sebagai referensi bagi para pendidik dalam memudahkan
menjawab soal yang ada pada post test modul 1 dan semoga bisa menjadi bahan
pembelajaran yang bermanfaat.
Baiklah berikut ini Kunci
Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket
B, SMA/K/Paket C) yang ada pada topik pelatihan mandiri “Perencanaan
Pembelajaran SMP/Paket B).
1. Berikut ini yang BUKAN
merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .
A.
Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan capaian pembelajaran.
B. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan
menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada capaian pembelajaran.
C. Merumuskan tujuan pembelajaran lintas
elemen capaian pembelajaran.
D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesaui
dengan keinginan pendidik.
Jawaban : D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan
keinginan pendidik
2. Bu Maria mengajar IPS di
Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur
agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka
memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi
gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke
fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…
A. Scaffolding
B. Pengurutan Deduktif
C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
D.
Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak
Jawaban : C.Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
3. Perhatikan
visi satuan pendidikan berikut: Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam
iptek dan berwawasan global dengan berlandaskan pancasila.
Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan pendidikan.
Misi satuan pendidikan yang kurang relevan dengan visi di atas yaitu ....
a. Mengembangkan
kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital
b. Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
dengan pendekatan STEAM
c. Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila
d. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan
Jawaban: d. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program
cinta lingkungan
4. Lingkungan
belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan budaya sekolah yang
positif. Berikut yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi budaya sekolah
yang positif adalah . . . .
A. Asumsi-asumsi
dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
B. Norma yang
berlaku di lingkungan masyarakat
C. Keyakinan
yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
D. Asumsi
pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
Jawaban: D.
Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
5. Bu Ani sedang
berdiskusi dengan teman guru kelas 1
dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancang kegiatan pembelajaran selama
setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada
dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru
saja menyelesaikan revisi visi dan misi.
Menurut Ibu dan
Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang
dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah ….
a. Dokumen Capaian
Pembelajaran
b. Dokumen Panduan
Pengembangan Projek
c. Dokumen Dimensi
Profil Pelajar Pancasila
d. Dokumen Panduan
Pengembangan Kurikulum
Jawaban a. Dokumen
capaian pembelajaran
6. Bagaimana
pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?
A. Fokus pada
salah satu materi penting saja
B. Memperhatikan
hubungan antar tujuan pembelajaran
C. Fokus pada
salah satu capaian kompetensi saja
D. Memperhatikan
kebutuhan belajar peserta didik
Jawaban: D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
7.
Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat …….
Kompetensi
dan lingkup materi
Kompetensi dasar
dan kompetensi inti
Capaian
pembelajaran dan kompetensi
Capaian
pembelaajaran dan lingkup materi
Untuk
mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan
pengurangan kepada peserta didik. Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh
Bu Sara adalah ...
A.
pengurutan konkret – abstrak
B.
pengurutan deduktif
C.
pengurutan hierarki
D.
pengurutan mudah-sulit
Jawaban : C. pengurutan hierarki
8. Level taksonomi marzano
yang tertinggi adalah..
A. pemahaman
B. analisis
C. sistem diri
D. metakognisi
Jawaban : C. sistem diri
9. Metode pengurutan yang
meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap
merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu …
A. Pengurutan deduktif
B. Pengurutan hierarki
C. Pengurutan prosedural
D. Scaffolding
Jawaban: D. Scaffolding
10. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah
berikut:
1. Wawancara.
2. Pemilihan informasi yang relevan.
3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4. Merumuskan misi
sekolah.
5. Merumuskan visi
sekolah.
Urutan yang tepat
dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
A. 1-2-3-5-4.
B. 2-1-3-5-4
C. 2-1-5-4-3.
D. 1-3-2-4-5.
Jawab : A. 1-2-3-5-4
👉 Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Pembelajaran SMP-SMA/SMK
Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post test Modul 1 tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C) pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B” semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan pendidikan yang sedang membutuhkannya.