Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 Unit 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada
postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran
seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mata
pelajaran seni rupa nantinya akan di pelajari di jenjang SMP kurikulum merdeka.
Kita ketahui bahwa saat ini sekolah
telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari
juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum
merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun
belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks
pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka
anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan
ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata
pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari
nantinya yaitu berjumlah 4 Unit yang mana dari ke 4 unit tersebut nantinya akan
di pelajari mulai dari Semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini
admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata
pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada Semester
2.
Adapun materi yang akan diringkas dan
disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa Kelas 8 SMP Unit 4 yang
berjudul “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM”. Materi ini nantinya akan dipelajari di Semester
2 Kelas 8 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan
ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami
jenis materi yang akan di pelajari di Unit 4 ini.
Selain ringkasan materi seni rupa Kelas
8 SMP kurikulum merdeka Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” yang akan admin
bagikan pada artikel ini admin kherysuryawan juga akan memberikan file buku
teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa
membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran
lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari diKelas 8 SMP kurikulum
merdeka.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui
dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA
DENGAN BAHAN ALAM” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian
materinya di bawah ini :
Unit IV: Berkarya dengan Bahan Alam
Adapun materi yang akan di pelajari pada
Unit 4 ini Berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang kreativitas berkarya
menggunakan medium yang tersedia di sekitar siswa, baik bahan alam maupun
bahan-bahan bekas pakai serta mengurangi ketergantungan pada medium tertentu
dalam kegiatan berkarya seni rupa.
Subunit 1 berisi materi kegiatan mengolah bahan alam menjadi bahan warna.
Kegiatan ini bertujuan memberikan siswa pengalaman proses dan berfikir kreatif.
Subunit 2 berisi materi kegiatan berfikir kreatif dan inovatif dalam seni
rupa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai menjadi suatu karya
baru.
Subunit 3 masih berisi kegiatan kreatif menciptakan karya seni rupa dengan
bahan-bahan yang tersedia di alam, seperti daun kering, dahan, biji-bijian,
batu[1]batuan dan
sebagainya.
Alam selalu menjadi sumber inspirasi
bagi manusia, sebab manusia adalah bagian dari alam. Maka pemilihan tema unit 4
Berkarya dengan Bahan Alam esensinya adalah ingin membawa siswa pada kesadaran
konsep filosofi back to nature atau kembali ke alam. Sebagai langkah teknisnya
unit ini berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk
mengeksplorasi budaya seni rupa berbasis alam, mengeksplorasi bahan alam
sebagai bahan warna alternatif (manipulatif), sekaligus mengeksplorasi
kreativitas siswa berkarya seni rupa dengan bahan alam yang ada di lingkungan
sekitarnya.
Secara teknis materi sub-sub unit dalam
unit ini adalah pengembangan pembelajaran tentang komposisi seni rupa dengan
pendekatan yang lebih kontekstual, yaitu menggunakan medium yang ada di
lingkungan sekitar siswa.
Unit pembelajaran 4 terdiri dari 3
subunit, yaitu:
subunit 4.1.
mengenal dan mengolah bahan warna dari bahan alam,
subunit 4.2.
membuat hiasan dinding dengan bahan daun kering, dan
subunit 4.3.
membuat karya seni rupa sederhana dari bahan daur ulang.
Subunit 4.1, selain mengundang siswa
untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menciptakan bahan alternatif juga
memberikan kesadaran akan lingkungan dan konsep back to nature sebagai isu
global menghadapi pemanasan global (global warming) atau sekarang juga disebut
sebagai “adaptasi perubahan iklim”. Dimensi kesadaran kebhinekaan global ini
juga menjadi tujuan pembelajaran subunit ini.
Subunit 4.2 mengundang siswa untuk
mengeksplorasi kemampuan tentang komposisi seni rupa dua dimensi dan mengolah
bahan. Latihan keterampilan membuat komposisi merupakan pengembangan,
pendalaman, serta pengaplikasian pelajaran kelas 7 tentang unsur-unsur dan
prinsip-prinsip seni rupa dengan bahan alam dari bahan yang mudah dan murah.
Subunit 4.3 mengundang siswa untuk
mengeksplorasi kreativitas, menciptakan benda baru berbentuk karya seni rupa
dari bahan-bahan yang tidak terpakai. Latihan-latihan keterampilan ini
menciptakan barang baru ini merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa, melatih
siswa berpikir kritis, kreatif, berakhlak pada alam, dan mandiri, yang
merupakan dimensi[1]dimensi Profil
Pelajar Pancasila.
Subunit 4.1: Mengenal Dan Mengolah Bahan Warna Alam
Sebelum warna sintetis ditemukan, manusia
menggunakan warna alam untuk memenuhi kebutuhannya. Warna alam adalah warna
yang dibuat dari bahan alam. Bukti penggunaan warna alam oleh nenek moyang kita
dapat kita jumpai pada temuan-temuan arkeologi. Salah satu bukti itu adalah
warna-warna pada dinding di gua Leang Pattae di Maros Kalimantan. Maka, jika
sekarang kita mempelajari warna alam, sesungguhnya kita menggali nilai-nilai
budaya seni rupa zaman dahulu. Nenek moyang kita juga menggunakan warna alam
pada pakaian, namun karena sifat material pakaian yang mudah rusak menyebabkan
jarang ditemukan benda peninggalannnya
Pada pembelajaran Subunit 4.1 ini,
materi yang diajarkan meliputi pengenalan dan pengolahan bahan warna alam yang
dapat diaplikasikan untuk melukis di atas kertas. Jadi kita akan membatasi
aplikasi di atas kertas. Dengan demikian kegiatan yang akan dilakukan siswa
adalah melakukan eksperimen membuat bahan pewarna alam untuk melukis di atas
kertas.
Secara mendasar ada 3 kegiatan yang
harus dilakukan siswa secara kelompok, yaitu:
1.
Menentukan beberapa bahan alam
untuk percobaan.
2.
Melakukan eksperimen membuat
ekstrak bahan warna dari bahan alam yang telah ditentukan.
3.
Mengidentifikasi hasil warna
dari ekstrak yang dibuat.
3.
Secara umum bahan alam untuk warna
dikelompokkan menjadi:
1. daun,
bunga, dan buah
2. akar,
umbi, dan rimpang
3. kulit
kayu, batang, dan biji
Materi inti:
1. Ekstrak:
kentalan, sari, pati
2. Sintetis:
buatan, tiruan
3. Eksperimen:
percobaan
4. Rimpang:
umbi yang bercabang seperti tangan
5. Aplikasi:
terap, pakai
Subunit 4.2: Membuat Hiasan Dinding Dengan Bahan Daun Kering
Salah satu tujuan pembelajaran seni rupa
diberikan kepada siswa adalah untuk mengembangkan sikap kreatif dan berpikir
artistik. Ciri sikap kreatif dan berpikir artistik adalah menemukan hal-hal
baru dan menemukan alternatif-alternatif di luar yang sudah ada. Dalam konteks
berkarya seni rupa, alternatif-alternatif tersebut dapat berkaitan dengan
medium (bahan), teknik, atau keduanya.
Substansi pembelajaran ini adalah
penerapan prinsip-prinsip komposisi seni rupa dua dimensi menggunakan bahan
alam daun, bunga, dan dahan kering. Materi subunit 4.2 ini akan mengajak siswa
bergelut dengan bahan alam yang diolah dalam suatu komposisi dekoratif. Siswa
diajak bermain-main dengan imajinasinya melalui medium daun-daun kering atau
dikeringkan menjadi sebuah komposisi seni rupa. Siswa diajak untuk
mengaktualisasikan gagasan kreatifnya melalui pembuatan karya berupa hiasan
dinding. Bahan yang digunakan berupa daun daun kering yang dikembangkan dari
tetumbuhan yang ada di lingkungan sekitar siswa.
Terkait dengan materi tersebut di atas,
maka pada subunit ini siswa akan diajak berkegiatan:
1. Membuat
desain karya sebagai penuangan ide/gagasan.
2. Memilih
jenis daun yang akan digunakan sesuai desain.
3.
Mengeringkan daun yang hendak digunakan (jika diperlukan).
4. Mengaplikasikan desain menjadi karya seni
rupa.
Subunit 4.3: Membuat Karya Seni Rupa Sederhana dari Bahan Daur Ulang
Substansi pelajaran membuat karya dari
bahan daur ulang adalah mengembangkan kreativitas siswa dalam mengolah bahan
menjadi karya seni rupa (komposisi) dari bahan tak terpakai. Kreativitas menurut
Utami Munandar (1999: 20) adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan
kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk
mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan.
Sternberg dalam Afifa (2007) mengatakan
seseorang yang kreatif adalah seorang yang dapat berpikir secara sintesis
artinya dapat melihat hubungan[1]hubungan di mana
orang lain tidak mampu melihatnya, yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis
ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya,
mampu menerjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis,
sehingga individu mampu meyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan
dikerjakannya
Menurut Drevdahl (Hurlock, 1999:98)
kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk,
atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal
pembuatannya.
Bahan daur ulang adalah bahan bekas pakai yang diproses untuk menjadi bahan baru. Bahan
bekas biasanya berasal limbah sisa proses kegiatan produksi yang tidak
mempunyai nilai, tidak berharga, rusak atau cacat.
Prinsip-prinsip dalam pengolahan sampah
dikenal dengan nama 3R, yaitu:
1.
Reduce, yaitu mengurangi
penggunaan barang barang yang kurang berguna.
2.
Reuse, yaitu pemanfaatan ulang
bahan-bahan bekas pakai yang sudah terbuang bisa merusak lingkungan.
3.
Recycle, yaitu mendaur ulang
bahan yang sudah tidak berguna menjadi barang baru yang lebih bermanfaat.
Dalam materi subunit 4.3 ini para siswa
akan dilatih untuk peduli terhadap lingkungan dengan mendaur ulang limbah
sampah menjadi karya seni rupa sederhana. Eksperimen pembuatan aneka karya seni
rupa dari cangkang telur ini dipilih dengan pertimbangan bahan ini dapat
ditemui di berbagai tempat.
Melalui kegiatan pembelajaran ini,
secara tidak langsung para siswa telah berpartisipasi mengatasi masalah
lingkungan, sekaligus meningkatkan kreativitas dan keterampilan berwirausaha.
Materi inti:
1.
Daur ulang: mengolah barang yang sudah tidak berguna menjadi barang baru yang
lebih bermanfaat
2.
Mozaik: seni menggabungkan kepingan-kepingan barang menjadi sebuah gambar
atau pola yang baru. Kepingan tersebut bisa berasal dari berbagai jenis
material, seperti kertas, cangkang telur, keramik, kaca, daun, batu, kayu, atau
material lainnya.
3.
Kolase: karya seni yang terbuat dari berbagai macam material berbeda yang
kemudian ditempel menjadi sebuah gambar unik. Bahan yang biasa digunakan untuk
membuat kolase bisa didapat dari alam, seperti batu, daun, ranting, bunga kering, biji-bijian, kerang atau
cangkang. Bisa juga dari bahan olahan seperti logam, plastik, karet, kain,
kertas atau barang lainnya.
Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni
Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN ALAM” yang bisa admin sajikan
pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa Kelas
8 SMP kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 4 “BERKARYA DENGAN BAHAN
ALAM” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin
sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam
mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di Kelas 8 SMP Kurikulum
merdeka.
Sekian dan Selamat Belajar !