Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 Unit 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada
postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran
seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Mata
pelajaran seni rupa nantinya akan di pelajari di jenjang SMP kurikulum merdeka.
Kita ketahui bahwa saat ini sekolah
telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari
juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum
merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun
belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks
pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka
anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan
ringkasan materi seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata
pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari
nantinya yaitu berjumlah 4 Unit yang mana dari ke 4 unit tersebut nantinya akan
di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini
admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata
pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada
semester 1.
Adapun materi yang akan diringkas dan
disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa Kelas 8 SMP Unit 2 yang
berjudul “MENDESAIN”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 Kelas 8
kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan
materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi
yang akan di pelajari di Unit 2 ini.
Selain ringkasan materi seni rupa Kelas
8 SMP kurikulum merdeka Unit 2 “MENDESAIN” yang akan admin bagikan pada artikel
ini admin kherysuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa
Kelas 8 SMP kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan
siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata
pelajaran seni rupa yang akan dipelajari diKelas 8 SMP kurikulum merdeka.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui
dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN”
pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di
bawah ini :
Unit II: Mendesain
Materi pada Unit 1 ini Berisi
kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang perancangan, gagasan, atau perencanaan
pembuatan suatu benda.
Subunit 1 berisi materi kegiatan membuat desain karya seni rupa dua dimensi
untuk menyampaikan pesan tertentu yang berbentuk poster. Kegiatan ini bertujuan
memberi pemahaman kepada siswa tentang fungsi karya seni rupa di luar
kepentingan seni rupa itu sendiri.
Subunit 2 berisi materi kegiatan mendesain menghias bidang dengan ragam hias
daerah. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran keberadaan budaya seni rupa
daerahnya yang bisa digunakan dalam desain karya seni rupa secara universal.
Subunit 3 berisi materi kegiatan membuat mock up, perancangan kemasan produk
sederhana. Kegiatan ini bertujuan memberi keterampilan siswa tentang peranan
karya seni rupa dalam pembuatan kemasan produk dan dunia industri.
Definisi tentang desain muncul pertama
kali pada tahun 1588 oleh Oxford Dictionary, yaitu:
1.
Rencana atau skema yang dibuat
manusia yang akan direalisasikan.
2.
Gambar terencana untuk sebuah
karya seni rupa atau seni terapan (applied art) untuk panduan pelaksanaannya.
Pada awalnya istilah desain hanya
digunakan dalam arsitektur, yaitu berbentuk gambar-gambar rancang bangun
gedung-gedung. Namun kemudian istilah tersebut digunakan di dalam seni rupa,
baik seni rupa murni maupun seni rupa terapan (kriya) yang cenderung mengutamakan
aspek estetis yang bersifat subjektif dan pribadi. Sementara desain yang
sebenarnya tidak hanya fokus pada aspek estetis dan pribadi, namun desain
memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni. Desain
tidak hanya mempertimbangkan aspek estetik saja, namun juga aspek fungsi dan
aspek produksi. Bahkan istilah desain kemudian digunakan hampir di semua aspek
kehidupan manusia.
JB Reswick (Amerika Serikat, 1965)
mengatakan desain adalah kegiatan kreatif yang di dalamnya terkandung
penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya belum ada.
Pendapat Reswick ini menjelaskan desain
memiliki 3 nilai pokok, yaitu:
1. sebagai
kegiatan kreatif;
2.
menciptakan sesuatu yang baru; dan
3. fungsional atau bermanfaat.
Subunit 2.1: Membuat Desain Poster
Setiap karya seni rupa selalu diciptakan
dari sebuah ide atau gagasan. Ide atau gagasan selalu berbentuk pesan seorang
kreator yang akan disampaikan lewat karyanya. Pesan yang berasal dari ide atau
gagasan tersebut akan dituangkan (divisualkan) secara subjektif oleh seniman
menggunakan medium dan teknik. Ada karya seni rupa yang pesannya dituangkan
secara simbolis, hanya tersirat lewat simbol-simbol. Ada pula karya seni rupa
yang penyampaian pesannya dengan jelas secara tersurat. Lukisan-lukisan yang
diciptakan para seniman adalah contoh-contoh karya seni rupa yang menyampaikan
pesan secara simbolis (tersirat). Pesan-pesan disamarkan dalam tokoh atau
adegan dalam lukisan. Namun, di luar itu, ada juga karya-karya seni rupa yang diciptakan
untuk menyampaikan pesan secara lugas, secara tersurat, karena melibatkan
penggunaaan tulisan (huruf, kalimat). Jenis karya seni rupa yang digunakan
untuk menyampaikan pesan secara tersurat tersebut biasa disebut sebagai media
publikasi. Karena dibuat untuk menyampaikan pesan kepada publik (masyarakat
banyak). Karya-karya seni rupa dua dimensi yang diciptakan untuk menyampaikan
pesan itu antara lain: poster, booklet, dan pamphlet
Poster merupakan karya seni rupa dua
dimensi yang bisa dikategorikan desain. Karya poster bisa dianggap desain jika
berfungsi sebagai gambar rencana (rancangan) yang ditujukan untuk digandakan
atau diperbanyak.
Ciri-ciri poster:
1. Berbasis
kalimat dan gambar.
2. Kalimat
singkat dan gambar bersifat sederhana.
3. Kalimat
bersifat persuasif (ajakan) dan informatif.
4.
Ditempelkan di tempat umum atau lewat media digital.
Materi inti :
1. Poster: karya seni rupa
dua dimensi yang berfungsi untuk menyampaikan pesan secara tersurat
2. Divisualkan: dijadikan
penampakan yang diamati dengan indera penglihatan
3. Tersurat: disampaikan
melalui kalimat atau tulisan
4. Persuasif: kalimat
ajakan
5. Publikasi: disampaikan
kepada masyarakat luas
Subunit 2.2: Mendesain Ragam Hias Daerah
Ada tiga aspek kompetensi yang ingin
dikembangkan di materi ini, yaitu: kompetensi membuat bidang (beraturan),
kompetensi mengidentifikasi ragam hias daerah, dan kompetensi kreatif
menggabungkan keduanya.
Aryo Sunaryo (2009:) mengatakan
Indonesia dengan berbagai suku bangsa memiliki kekayaan ornamen (ragam hias)
yang terdapat pada berbagai benda produk, pada tenun, sulaman, anyaman, ukiran,
arsitektur, dan sebagainya. Fisher (Kartiwa, 1993) mengatakan bahwa tidak ada
negara seperti Indonesia yang memiliki sedemikian kaya dan beragam ornamen
(ragam hias) yang dapat ditemui dalam tenunnya. Hal ini menunjukkan kita
sebagai bangsa memiliki kekayaan budaya khususnya seni ornamen (ragam hias)
yang amat membanggakan.
Kata ornamen berasal dari bahasa
Latin omare yang berarti menghiasi. Menurut
Gustami (1978) ornamen adalah komponen produk seni rupa yang ditambahkan atau
sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. Jadi, berdasarkan pengertian itu,
ornamen merupakan penerapan hiasan pada suatu produk. Bentuk-bentuk hiasan yang
menjadi ornamen tersebut fungsi utamanya adalah untuk memperindah benda produk
(terapan) atau benda yang dihias.
Pengertian ornamen Nusantara menunjuk
pada bermacam bentuk ornamen yang tersebar di berbagai wilayah dan daerah. Pada
umumnya ornamen tersebut bersifat tradisonal dan di setiap daerah memiliki
kekhasan sendiri-sendiri sebagai cerminan cita rasa seni rupa masyarakat
setempat. Ragam hias daerah disebut bersifat tradisional karena digunakan
secara turun temurun. Oleh karena itu ornamen Nusantara merupakan keragaman dan
kekayaan ungkapan budaya seni rupa bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan
pulau dan ratusan suku bangsa. Selain memiliki perbedaan-perbedaan beberapa
ornamen daerah juga memiliki kesamaan.
Mater inti:
1. ornamen:
rupa ragam hias
2. ragam
hias: jenis hiasan benda produk yang ada di daerah
3. dekorasi:
hiasan
Subunit 2.3: Membuat Mock Up
Mock up berasal dari bahasa
Inggris yang terjemahan bebasnya adalah model skala utuh. Glosarium.org mendifinisikan mock up (di dalam Multimedia) sebagai
tiruan suatu benda seperti asli tapi hanya berupa bagian tertentu saja menurut
kebutuhan. Mock up biasanya digunakan oleh desainer untuk mendapatkan tanggapan
dan umpan balik dari pengguna tentang desain sebelum desain diaplikasikan.
Saat seseorang ingin memproduksi sesuatu
yang bersifat massal, maka ia membutuhkan model atau prototipe. Maka dari itu
di dalam sebuah rencana produksi mock up bukan hasil akhir, sebaliknya adalah
sebuah karya awal. Namun dalam dalam suatu proses desain mock up adalah hasil
akhir
Di dalam pembelajaran ini materi kita
tentang mock up tentu kita sesuaikan dengan tugas perkembangan siswa, yaitu
Pseudo Naturalistik (menurut Viktor Lowenfeld dan Lambert Britain) atau masa
represi (menurut Cyrl Burt). Pembelajaran akan memberi soft skills kepada siswa
melalui kegiatan mencari contoh kemasan, membuka jaring[1]jaringnya,
lalu mereplikasi kemasan menjadi mock up baru.
Materi Inti :
1. Mock
up: model skala sebagai model sebelum benda aslinya diproduksi.
2. Model:
mock up tiga dimensi, prototipe
3. Desainer:
orang yang berprofesi membuat desain
4. Replikasi:
penduplikatan, meniru
5. Performa: tampilan
Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni
Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” yang bisa admin sajikan pada artikel ini,
dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa Kelas 8 SMP kurikulum
merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 8 SMP Unit 2 “MENDESAIN” yang akan
dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan
bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari
materi pada mata pelajaran seni rupa di Kelas 8 SMP Kurikulum merdeka.
Sekian dan Selamat Belajar !