Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 3 “Bereksperimen dengan Tekstur” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada
postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata
pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni
budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini
ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Kita ketahui bahwa saat ini sekolah
telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari
juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum
merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun
belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks
pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda
tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan
materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata
pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari
nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya
akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali
ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk
mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari
pada semester 1.
Adapun materi yang akan diringkas dan
disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 3 yang
berjudul “Bereksperimen dengan Tekstur”. Materi ini nantinya akan dipelajari di
semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan
memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam
memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 3 ini.
Selain ringkasan materi seni rupa kelas
4 SD kurikulum merdeka Unit 3 “Bereksperimen dengan Tekstur” yang akan admin
bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks
pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa
membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran
lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum
merdeka.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui
dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 3 “Bereksperimen
dengan Tekstur” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian
materinya di bawah ini :
Unit 3 Bereksperimen dengan Tekstur
Pada unit 3 ini ada beberapa Tujuan
Pembelajaran yang akan di capai yaitu sebagai berikut :
1.
Siswa dapat memahami pengertian
dan jenis-jenis tekstur
2.
Siswa dapat mengetahui
bahan-bahan alami untuk membuat tekstur
3.
Siswa dapat mengetahui teknik
pembuatan tekstur
4.
Siswa dapat merancang sebuah
tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan teknik yang dipelajari
5.
Siswa dapat membuat tekstur
sesuai rancangan yang dibuat
Dalam menyampaikan materi pembelajaran
unit 3 ini, guru menjelaskan tentang definisi, jenis dan bahan-bahan tekstur
sebagaimana dalam buku paduan dengan dilengkapi contoh yang dekat dengan
lingkungan siswa. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan metode berbasis
penemuan (discovery learning) yang mengajak siswa menjelajah secara aktif dan
berksperimen. Guru memberi tugas praktik dan memberikan evaluasi serta
penilaian di akhir pelajaran.
A. Tekstur dan jenis-jenisnya
Tekstur merupakan permukaan setiap benda
yang dapat diketahui coraknya dengan cara diraba. Pensil dan buku yang kita
pegang, kursi yang kita duduki, wajah kita sendiri, permukaan tanah yang sering
kita lewati, masing-masing memiliki teksturnya sendiri. Ada tesktur kasar,
halus, bergelombang dan lain sebagainya.
Testur bisa dihasilkan dengan bermacam
cara dan bahan. Misalnya dengan semen, kayu, pasir, bubuk bata merah, pasir,
gergaji, tanah dan banyak lagi lainnya. Agar bisa lekat, biasanya unsur-unsur
alam yang bertekstur tersebut dicampur dengan lem kayu, lantas ditaruh pada
kanvas, kertas atau bidang tertentu sesuai keinginan dan kebutuhan kita.
Berikut ini contoh gambar Ragam Tekstur
:
Selain membuat tekstur nyata (dapat diraba)
kita juga bisa membuat tesktur maya/semu (terkesan bertekstur namun aslinya
tidak), misalnya menggambar batu atau pohon hingga terkesan bergelombang dan
berserat. Biasanya, tekstur maya/semu digunakan untuk membuat model/rancangan
sebelum kita membuat tekstur nyata.
Dalam sejarah seni rupa Indonesia
terdapat beberapa seniman yang sering menggunakan tekstur. Misalnya, pelukis
Affandi membuat tekstur dengan menggunakan cat yang tebal, pelukis Ahmad Sadali
dan AD Pirous menggunakan bubuk marmer dan pelukis Fadjar Sidik menggunakan
tekstur semu berupa bidang-bidang geomertis. Di beberapa daerah juga terdapat
pelukis yang membuat tekstur dari daun dan bulu.
B. Teknik dan bahan pembuatan tekstur
Dalam membuat tekstur terdapat beberapa
teknik yang telah dikenal dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran:
1)
Tekstur dengan teknik frottage
(meletakkan kertas di atas permukaan benda bertekstur, lalu kertas ditekan dan
diarsir dengan pensil atau pastel).
2)
Tekstur teknik grattage
(menguaskan cat minyak warna gelap pada papan hingga kering lalu ditimpa warna
terang selanjutnya digores-gores menggunakan benda runcing, seperti paku,
sendok garpu, sisir)
3)
Tekstur teknik tempel (kertas
ditempelkan dengan lem secara merata di atas permukaan benda bertekstur kasar.
4)
Membuat tekstur nyata dari
lempengan tanah liat dengan cara dipukul[1]pukul/ditekan
menggunakan batu bertekstur, digores dengan sisir, parut dan lain sebagainya.
5)
Membuat tekstur dari bubuk batu
bata atau bubuk kayu lalu ditaburkan di atas papan/triplek yang telah diberi
lem.
6)
Membuat tekstur semu dengan
teknik ebru/swirling (cat minyak sejumlah 2 atau 3 warna di tuang dalam
ember/nampan lalu dicampur dengan minyak dan air kemudian diaduk pelan agar
warna-warna tesebut membentuk tekstur semu. Selanjutnya kertas putih dicelupkan
pada larutan cat dalam ember tersebut lalu diangkat. Cat yang menempel pada
kertas akan membentuk tekstur semu.
C. Manfaat membuat tekstur
1)
Tekstur dapat mempertegas dan
memperkuat gambar/lukisan yang dibuat
2)
Tekstur menyatukan untur
lukisan dan kriya/kerajinan dalam sebuah karya
3)
Tekstur membuat kita
bereksperimen dengan berbagai bahan alami di sekitar kita dan mengubahnya
menjadi karya seni
4)
Membuat tekstur melatih indera
peraba dan penglihatan kita secara lebih seksama
Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni
Rupa Kelas 4 SD Unit 3 “Bereksperimen dengan Tekstur” yang bisa admin sajikan
pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa
kelas 4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan
Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 3 “Bereksperimen dengan Tekstur” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada
kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada
mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.
Sekian dan Selamat Belajar !