Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada
postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata
pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni
budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini
ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Kita ketahui bahwa saat ini sekolah
telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari
juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum
merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun
belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks
pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda
tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan
materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata
pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari
nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya
akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali
ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk
mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari
pada semester 1.
Adapun materi yang akan diringkas dan
disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 1 yang
berjudul “Menggambar Rumah Tetangga”. Materi ini nantinya akan dipelajari di
semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan
memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam
memahami jenis materi yang akan di pelajari di unit 1 ini.
Selain ringkasan materi seni rupa kelas
4 SD kurikulum merdeka Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang akan admin
bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks
pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa
membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran
lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum
merdeka.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui
dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar
Rumah Tetangga” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian
materinya di bawah ini :
Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga
Pada unit 1 ini ada beberapa Tujuan
Pembelajaran yang akan di capai yaitu sebagai berikut :
1.
Siswa dapat mengenal lingkungan
sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga)
2.
Siswa dapat memahami kehidupan
dan rumah para tetangga
3.
Siswa dapat memilih salah satu
rumah yang paling dikenali dan dianggap paling menarik sebagai objek
gambar/lukis
4.
Siswa dapat membuat gambar
rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan prinsip seni rupa (sketsa, warna
dan perspektif)
Menggambar rumah tetangga merupakan
wahana untuk mengenal bangsa kita yang majemuk baik status/pekerjaan, jenis
kelamin (gender) serta etnis dan agama. Kita perlu memperkenalkan realitas
tersebut kepada siswa agar mereka dapat mengenal, memahami dan bersikap baik di
tengah lingkungan sekitar yang beragam. Dalam menggambar rumah tetangga, para
siswa diajak mengenal dan memahami kehidupan para tetangga, pemandangan rumah
sambil diperkenalkan prinsip seni rupa dasar yaitu sketsa, perspektif dan
mewarnai.
A. Memperkenalkan lingkungan sekitar yang beragam
Kita tinggal di sebuah lingkungan, namun
terkadang kita kurang mengenal dan memahaminya dengan baik, kendati pemandangan
alamnya sering kita saksikan dan orang-orangnya sering kita jumpai dan bahkan
berbincang dengan akrab. Salah satu penyebabnya adalah karena kita belum
memikirkan dan mengamatinya secara seksama, baik lingkungan fisik maupun
sosialnya. Di antaranya adalah dengan memperhatikan bentuk-bentuk rumah, jenis
pekerjaan, etnis dan agama para tetagga kita. Jika hal tersebut dilakukan, kita
akan menjadi sadar betapa kayanya dunia kecil di sekitar kita. Melalui seni
rupa, praktik pengamatan tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik karena
siswa akan terlibat secara langsung dengan objek yang digambar/lukis.
B. Prinsip-prinsip seni rupa yang diperkenalkan
Dalam menggambar rumah tetangga, metode
yang digunakan adalah dengan cara meniru (mimetis) secara sederhana objek yang
telah dipilih oleh siswa. Adapun prinsip seni rupa yang diperkenakan adalah
sketsa objek, perspektif (tampilan objek berdasarkan sudut dan jarak padang)
dari depan dan warna (disesuaikan objek yang dilukis)—namun, siswa
diperbolehkan memberi bentuk, warna dan perspektif yag berbeda dengan alasan
tertentu (misalnya ukurannya tampak kecil karena terlihat dari jauh, warnanya
lebih cerah karena terlihat di pagi hari). Guru dapat mempelajari masing-masing
prinsip tersebut secara mandiri dari berbagai sumber terbuka dan menjelaskanya
secara sederhana kepada siswa.
C. Lingkungan alam dan sosial sebagai kesatuan
Dua pokok di atas (a dan b) disampaikan
sebagai kesatuan dalam pembelajaran agar melalui seni siswa mengenal lingkungan
dan melalui lingkungan siswa mengenal seni. Guru dapat memulai dengan
menceritakan lingkungan sosial dan alam sekitar untuk memancing pikiran dan
imajinasi siswa. Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk menceritakan
kehidupan para tetangga, bentuk rumah mereka dan rumah yang akan dipilih
sebagai objek untuk digambar/lukis.
D. Tahapan dan alat menggambar
Sebaik-baiknya karya seni adalah karya
yang berangkat dari pemahaman yang baik terhadap objek yang gambar/dibuat. Dari
pemahaman yang baik diharapkan dapat berkembang menjadi manfaat berupa
pengetahuan sosial dan arsitektural sederhana, sikap (santun dan peduli dengan
tetangga) dan cita-rasa (keindahan).
Proses untuk mendapatkannya perlu
dilakukan secara bertahap sebagai berikut:
1. Mengenal lingkungan alam (rumah) dan
sosial sekitar (para tetangga)
2. Menentukan perspektif (sudut dan
jarak pandang rumah yang digambar/lukis)
3. Membuat sketsa
4. Mewarnai
Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah
sebagai berikut:
1. Pensil atau pena
2. Kertas
3. Pewarna (spidol, krayon atau cat air)
Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni
Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang bisa admin sajikan pada
artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa kelas
4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan
Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada
kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada
mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.
Sekian dan Selamat Belajar !