Rangkuman Materi PPKN Kelas 4 Unit 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Materi PPKN Kelas 4 SD Unit 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka “ Negaraku Indonesia”
Halo sahabat kherysuryawan, kita ketahui
Bersama bahswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib untuk di pelajari di setiap
satuan pendidikan dan salah satunya pada sekolah jenjang SD.
Pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan mencoba untuk menyajikan materi pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD Semester 2 kurikulum merdeka
khususnya materi yang ada pada Bab 4 tentang Negaraku Indonesia.
Disini admin kherysuryawan akan membuat
sebuah rangkuman yaitu rangkuman materi yang ada pada mata pelajaran PPKN kelas
4 SD Unit 4/Bab 4 kurikulum merdeka. Adapun materi rangkuman ini bersumber dari
materi yang ada di buku paket atau buku teks pelajaran PPKN kelas 4 SD
Kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan rangkuman materi PPKN kelas 4 Bab 4
tentang Negaraku Indonesia, maka anda bisa mendapatkannya pada artikel ini.
Belajar tentunya membutuhkan sebuah
rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman maka akan
lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Rangkuman berisikan kumpulan materi
inti yang menjadi materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat
tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang di sajikan lebih ringkas dan
terperinci.
Perlu diketahui bahwa materi PPKN Kelas
4 Unit 4 tentang Negaraku Indonesia yang akan dipelajari di kelas 4 SD
kurikulum merdeka terdiri atas 4 kegiatan belajar yakni kegiatan belajar 1,
kegiatan belajar 2 dan kegiatan belajar 3, dan kegiatan belajar 4.
Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 1
yaitu :
·
Peserta didik dapat menjelaskan
makna Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 2
yaitu :
·
Peserta didik dapat
mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
·
Peserta didik dapat menganalisis
arti penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 3
yaitu :
·
Peserta didik dapat
mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
·
Peserta didik dapat menganalisis
arti penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tujuan dari pembelajaran dikegiatan 4
yaitu :
·
Peserta didik dapat menunjukkan
sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
Berikut ini Rangkuman Materi PPKN Unit 4
“Negaraku Indonesia” yang akan di pelajari di kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum
Merdeka.
UNIT 4 Negaraku Indonesia
KEGIATAN BELAJAR 1
Dalam kegiatan belajar 1, guru mengajak
peserta didik untuk mempelajari materi yang berkaitan makna NKRI dan
karakteristik wilayah NKRI yang bertujuan untuk lebih mengenalkan NKRI kepada
peserta didik.
Mengenal
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Upacara bendera merupakan salah satu
bentuk kegiatan untuk memupuk rasa cinta kepada tanah air. Sebenarnya, rasa
cinta kepada tanah air tidak hanya melalui kegiatan upacara bendera saja. Akan
tetapi sangat banyak, misalnya mengenal lebih dekat apa sih Negara Kesatuan
Republik Indonesia itu
Mengenal lebih dekat Negara Kesatuan
Republik Indonesia maksudnya kita sebagai warga negara Indonesia harus
mengetahui halhal penting yang berkaitan ada hubungannya dengan negara kita.
Untuk lebih mengenal negara, kita bisa
dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan mengetahui sejarah
diproklamasikannya negara kita serta penting juga jika kalian mengetahui
karakteristik wilayah negara kita. Hal itu dilakukan supaya dalam diri kita
tertanam rasa bangga dan cinta kepada tanah air Indonesia. Oleh karena itu
dalam pertemuan yang pertama ini, ibu akan mengupas peristiwa proklamasi
kemerdekaan Indonesia dan memperkenalkan kepada kalian wilayah negara kita yang
sangat luas ini.
Tepat sekali. Pada 17 Agustus 1945
bertempat di kediaman Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, teks
proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad
Hatta pada pukul 10.00. Kemudian, dikibarkan bendera Merah Putih hasil jahitan
Ibu Fatmawati oleh S.K Trimurti dan Latief Hendraningrat yang dibantu oleh
Soehoed. Setelah, bendera Merah Putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya
dikumandangkan maka saat itulah Indonesia menjadi bangsa dan negara yang
merdeka dan mempunyai kedudukan yang sejajar dengan bangsa lainnya yang lebih
dahulu merdeka. Satu hal yang harus kita ingat dan kita banggakan bahwa bangsa
Indonesia memperoleh kemerdekaan bukan merupakan hadiah dari bangsa penjajah
tetapi bangsa Indonesia berhasil memerdekakan dirinya sendiri.
Pasal 25 A Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 menyebutkan bahwa “Negara Kesatuan Republik
Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah
yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang”. Dengan
demikian, meskipun wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau, tetapi semuanya
terikat dalam satu kesatuan negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia,”
KEGIATAN BELAJAR 2
Dalam kegiatan belajar 2, guru mengajak
peserta didik untuk mempelajari materi yang berkaitan dengan keutuhan NKRI.
Pada pertemuan pertama guru mengarahkan peserta didik untuk memahami materi
tentang faktor-faktor yang dapat memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia dan pada pertemuan kedua membahas tentang arti penting keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pentingnya
Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.
Faktor-faktor yang Memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Ada tiga faktor yang dapat memperkuat
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketiga faktor tersebut merupakan
pemersatu seluruh bangsa Indonesia. Nah, berikut ini akan dijelaskan makna dari
ketiga faktor tersebut.
a. Sumpah Pemuda
Kalian masih ingat pelajaran PPKn pada
waktu di kelas empat? Sewaktu kalian di kelas empat kalian telah belajar
mengenai makna Sumpah Pemuda. Supaya pemahaman kalian lebih mantap, pada
pelajaran kali ini akan diuraikan lagi mengenai Sumpah Pemuda.
Sumpah Pemuda lahir setelah melihat
adanya perpecahan di antara rakyat Indonesia. pada waktu itu, rakyat Indonesia
berjuang hanya mementingkan daerahnya saja sehingga kaum penjajah sangat mudah
menghancurkan perjuangan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, dengan Sumpah
Pemuda perpecahan tersebut diubah penjadi persatuan dan kesatuan.Sumpah Pemuda
merupakan kebulatan tekad para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia. Mereka rela meninggalkan identitas kesukuan diganti dengan identitas
kebangsaan Indonesia dengan satu tujuan, yaitu kemerdekaan Indonesia. Sumpah
Pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda II di Jakarta
pada tanggal 28 Oktober 1928.
Berikut ini isi rumusan Sumpah Pemuda :
Dalam isi rumusan Sumpah Pemuda tersebut
terkandung nilai utama, yaitu satu nusa (tanah air), satu bangsa, dan satu bahasa,
yaitu Indonesia. Nah, nilai inilah yang dapat memperkokoh keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
b. Pancasila
Pancasila adalah pandangan hidup bangsa
Indonesia. Pancasila mengandung bermacam-macam nilai yang menjadi pedoman bagi
bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila
digali dari akar budaya bangsa Indonesia sehingga Pancasila merupakan cerminan
kepribadian bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila tidak digali dari
nilai-nilai budaya asing. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilainilai
Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Mengapa Pancasila dapat mempersatukan
dan memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia? Hal itu
dikarenakan nilai-nilai Pancasila bersifat universal atau menyeluruh. Keutuhan
NKRI akan tetap terjaga jika semua rakyat Indonesia menjalankan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Perpecahan atau konflik antarsuku bangsa
yang terjadi di Indonesia selama ini sebab utamanya adalah karena masyarakat
Indonesia telah mengabaikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
c. Bhinneka tunggal ika
Semboyan Bhinneka tunggal ika berarti
berbeda-beda tetapi tetapi satu jua. Inti dari semboyan ini adalah adanya
persatuan dalam berbagai perbedaan. Semboyan ini telah ada sejak zaman kerajaan
Majapahit. Semboyan ini terdapat dalam kitab Sutasoma yang dikarang oleh Empu
Tantular. Semboyan inilah yang mendorong Mahapatih Gajah Mada untuk
mempersatukan seluruh kerajaan-kerajaan di Nusantara di bawah kekuasaan
Kerajaan Majapahit.
Semboyan Bhinneka tunggal ika telah
diwariskan kepada rakyat Indonesia saat ini. Semboyan tersebut menjadi alat
dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia yang beraneka ragam.
2.
Arti Penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Keberhasilan pembangunan di suatu negara
salah satunya ditentukan oleh kekuatan negara tersebut dalam menjaga keutuhan
negaranya. Begitu juga dengan proses pembangunan di Indonesia sangat memerlukan
keutuhan negara yang di dalamnya terdapat semangat persatuan dan kesatuan di
antara rakyat Indonesia. Dengan demikian, keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan
yang sedang dilaksanakan negara kita.
Pada saat ini dunia tengah memasuki
suatu era yang disebut era globalisasi. Indonesia sebagai salah satu negara di
dunia ini, juga tengah melalui globalisasi. Dalam era globalisasi, batas-batas
negara seolah-olah dianggap tidak ada sehingga berbagai pengaruh dari negara
lain dalam segala bidang dapat dengan mudah masuk ke Indonesia. Hal ini bisa
menimbulkan dampak positif maupun negatif. Kita harus menerima sepenuhnya
dampak positif globalisasi. Akan tetapi, kita harus mencegah dampak negatif
dari globalisasi tersebut. Salah satu cara terbaik untuk menangkal pengaruh
globalisasi adalah dengan memperkokoh keutuhan negara. Artinya, kita harus
bersatu untuk menangkal atau mencegah seluruh dampak negatif globalisasi. Kita
harus bersatu dengan menjadikan Pancasila sebagai alat untuk menangkal dampak
negatif tersebut. Jika kita tercerai-berai kita akan sulit menangkal dampak
negatif dari globalisasi tersebut.
KEGIATAN BELAJAR 3
Dalam kegiatan belajar tiga, guru
mengajak peserta didik untuk mempelajari materi yang berkaitan dengan sikap/perilaku
yang menjaga dan merusak keutuhan NKRI.
Pada pertemuan pertama guru mengarahkan
peserta didik untuk memahami materi tentang sikap dan perilaku yang menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan, pada pertemuan kedua
membahas tentang sikap dan perilaku yang keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Perilaku
yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia harus selalau dijaga dengan menjaga ketahanan bangsa dan negara.
Ketahanan adalah kekuatan hati, kekuatan fisik, dan kesabaran diri. Ketahanan
nasional merupakan kekuatan, kemampuan, dan daya tahan negara dalam menghadapi
tantangan, ancaman, dan gangguan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri
yang dapat membahayakan bangsa dan negara. Oleh karena itu, masyarakat
Indonesia harus selalu menjaga ketahanan fisik dan jiwa agar terhindar dari
perpecahan. Ancaman yang dapat menimbulkan perpecahan, di antaranya adalah
perselisihan antarsuku bangsa atau agama, pelanggaran hukum, perebuatan
kekuasaan, tindakan sewenang-wenang, rasa dendam dan iri hati, pergaulan bebas,
dan sebagainya. Hal-hal itulah yang yang kita hindari agar kerukunan hidup
bermasyarakat dapat terjaga dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia harus selalau dijaga dengan menjaga ketahanan bangsa dan negara.
Ketahanan adalah kekuatan hati, kekuatan fisik, dan kesabaran diri. Ketahanan
nasional merupakan kekuatan, kemampuan, dan daya tahan negara dalam menghadapi
tantangan, ancaman, dan gangguan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri
yang dapat membahayakan bangsa dan negara. Oleh karena itu, masyarakat
Indonesia harus selalu menjaga ketahanan fisik dan jiwa agar terhindar dari
perpecahan. Ancaman yang dapat menimbulkan perpecahan, di antaranya adalah
perselisihan antarsuku bangsa atau agama, pelanggaran hukum, perebuatan
kekuasaan, tindakan sewenang-wenang, rasa dendam dan iri hati, pergaulan bebas,
dan sebagainya. Hal-hal itulah yang yang kita hindari agar kerukunan hidup
bermasyarakat dapat terjaga dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Berikut ini beberapa contoh perilaku
yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam
berbagai lingkungan kehidupan.
1. Dalam Kehidupan di Rumah, di
antaranya sebagai berikut:
a. Rukun
dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
b. Menjaga
nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
c. Tidak
memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
d. Menghargai
perbedaan pendapat.
e. Saling
menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
2. Dalam Kehidupan di Sekolah, di antaranya
sebagai berikut:
a. Rukun
dengan teman.
b. Tidak
membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
c. Menghargai
dan menghormati pendapat teman.
d. Menghormati
guru.
e. Saling
tolong dan saling berbagi dengan teman.
3. Dalam Kehidupan di Masyarakat, di antaranya
sebagai berikut:
a. Saling
menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
b. Ikut serta
dalam kegiatan gotong royong.
c. Menolong
tetangga yang tertimpa musibah.
d. Tidak
memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
e. Menghormati
dan menghargai hak orang lain.
4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan
Bernegara, di antaranya sebagai berikut:
a.
Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menghormati
dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
c.
Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
d. Tidak
membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
e. Mau bekerja
keras untuk membangun bangsa.
KEGIATAN BELAJAR 4
Dalam kegiatan belajar 4, guru mengajak
peserta didik untuk mempelajari materi yang berkaitan kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia.
Bangga
Jadi Anak Indonesia
Kita semua harus bangga menjadi anak
Indonesia. Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri
bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak
mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.
Selain itu, karena kita dilahirkan di
Indonesia. Jadi sudah sepantasnya kita bangga sebagai bangsa Indonesia.
Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang
melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan
budaya serta agama. Akan tetapi meskipun bangsa kita terdiri dari berbagai suku
bangsa, budaya serta agama, bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap bersatu
sampai sekarang
Perilaku yang dapat ditampilkan sebagai bukti kita bangga menjadi anak Indonesia diantaranya yaitu: u harus belajar yang rajin, giat bekerja sesuai dengan kemampuan, mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih, mengikuti upacara bendera, menyukai barang-barang buatan Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya, menyukai lagu-lagu Indonesia, menyukai film-film Indonesia, memilih idola tokohtokoh Indonesia dan bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
Itulah rangkuman materi PPKN Kelas 4 SD
Kurikulum merdeka Unit 4 tentang “ Negaraku Indonesia”.
Bagi anda yang membutuhkan Buku teks
pelajaran PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya
di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi pelajaran PPKN untu kelas 4 SD kurikulum merdeka yang ada pada Unit 4 yaitu tentang “ Negaraku Indonesia”. Semoga sajian materi diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.