Rangkuman Materi PJOK Kelas 4 Unit 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Unit 4 “Aktivitas Senam” Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat
kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan
ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu rekan guru dan juga para
siswa yang akan belajar mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.
Seperti
diketahui bahwa pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar siswa tidak
memiliki buku pegangan atau buku siswa untuk mata pelajaran PJOK pada kurikulum
merdeka sehingga terkadang menyulitkan bagi siswa dalam mengetahui materi apa
yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD.
Meskipun demikian anda tidak perlu kuatir sebab
melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi materi pelajaran
PJOK yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan
menyiapkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD secara lengkap
yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka.
Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari
nantinya pada mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yaitu
berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas
materi yang akan di pelajari pada Unit 4 yaitu tentang “Aktivitas Senam”.
Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK
kelas 4 SD Unit 4 “Aktivitas Senam” kurikulum merdeka secara
lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa
di sekolah.
Kita ketahui Bersama bahwasannya saat
ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga
dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang
akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah
terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.
Apabila disekolah anda telah menggunakan
kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman
untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD khususnya materi pada Unit 4, maka
anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.
Adapun
ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 4 Unit 4 tentang “Aktivitas Senam” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan
materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi
anda yang juga belum memiliki buku teks PJOK kelas 4 Kurikulum Merdeka maka
anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.
Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui
rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit
4 dengan judul “Aktivitas Senam” maka
silahkan lihat sajiannya di bawah ini :
Unit 4 : Aktivitas Senam
Tujuan Pembelajaran pada pembelajaran Unit
4 yaitu Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan dan mampu mempraktikkan
pola gerak dominan senam seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat dengan
benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan
nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap
seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Pada unit pembelajaran 4 ini peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dominan senam
seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,
tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat.
Dalam hal ini pola gerak dominan senam
seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,
tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat yang prinsip gerakannya
berpusat pada bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan mendarat.
Pola gerak dominan adalah gerak yang
mendasari terbentuknya suatu keterampilan. Macam-macam pola gerak dominan
antara lain ada bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat, tolakan,
ayunan, putaran, melayang, dan mendarat.
1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan menggunakan satu kaki
Keseimbangan merupakan kemampuan
seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat
dimunculkan dengan baik dan benar. Salah satu bentuk gerakan keseimbangan adalah
keseimbangan menggunakan satu kaki.
Posisi kaki ketika melakukan gerakan
keseimbangan adalah salah satu lutut ditekuk ke arah belakang, sementara kaki
yang lain digunakan sebagai tumpuan. Keseimbangan menggunakan kaki adalah
dimana kita mengupayakan agar dapat menyeimbangkan kaki.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan menggunakan satu kaki
antara lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan berdiri sikap bangau
(2) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dalam sikap pesawat terbang
(3) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke depan
(4) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diluruskan ke belakang
(5) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diangkat ke samping
(6) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke atas
(7) Aktivitas
pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke depan, belakang, dan ke samping
2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mem[1]praktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan sikap lilin
Setelah peserta didik melakukan
aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan
berdiri dengan menggunakan satu kaki, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas
pembelajaran gerakan pola gerak dominan senam seperti keseimbangan sikap lilin.
Sikap lilin termasuk bentuk latihan
keseimbangan pada senam. Sikap lilin adalah sikap yang dibuat dari sikap semula
tidur terlentang. Angkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan
menopang pinggang.
Posisi atau sikap awal sikap lilin
adalah telentang, kemudian kedua kaki diangkat ke atas secara bersamaan.
Sementara itu, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada
lantai dengan kepala sebagai tumpuan hingga menyerupai lilin.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan sikap lilin antara lain
sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran pertama keseimbangan sikap lilin
(2) Aktivitas
pembelajaran kedua keseimbangan sikap lilin
(3) Aktivitas
pembelajaran ketiga keseimbangan headstand
(4) Aktivitas
pembelajaran keempat keseimbangan headstand
3: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan lompat kangkang
Setelah peserta didik melakukan
aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan
sikap lilin, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran pola gerak
dominan senam seperti gerakan lompat kangkang.
Lompat kangkang adalah salah satu senam
ketangkasan yang menggunakan alat bantu dimana seseorang berlari melewati peti
tumpuan, kemudian melayang di udara dengan tangan menumpu dan menekan peti
lompat sambil melakukan lompatan dengan gerakan posisi kaki kangkang.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dominan senam seperti gerakan lompat kangkang antara lain sebagai
berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan lompat kangkang melewati kuda-kuda lompat
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan lompat kangkang melewati peti lompat
Sekian sajian ringkasan materi PJOK
Kelas 4 SD Unit 4 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada
kesempatan ini.
Bagi anda yang membutuhkan file buku
teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan
filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD Unit 4 dengan judul “Aktivitas Senam” yang dapat admin sajikan pada
kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru
yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.