Rangkuman Materi PJOK Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat
kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan
ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu rekan guru dan juga para
siswa yang akan belajar mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.
Seperti
diketahui bahwa pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar siswa tidak
memiliki buku pegangan atau buku siswa untuk mata pelajaran PJOK pada kurikulum
merdeka sehingga terkadang menyulitkan bagi siswa dalam mengetahui materi apa
yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD.
Meskipun demikian anda tidak perlu kuatir sebab
melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi materi pelajaran
PJOK yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan
menyiapkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD secara lengkap
yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka.
Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari
nantinya pada mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yaitu
berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas
materi yang akan di pelajari pada Unit 1 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”.
Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK
kelas 4 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”
kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk
guru maupun bagi siswa di sekolah.
Kita ketahui Bersama bahwasannya saat
ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga
dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang
akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah
terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.
Apabila disekolah anda telah menggunakan
kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman
untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD khususnya materi pada Unit 1, maka
anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.
Adapun
ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 4 Unit 1 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang akan disajikan pada
postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas
4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PJOK kelas
4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan
ini.
Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui
rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit
1 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak
Dasar Lokomotor” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :
Unit 1 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor
Tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk
di capai oleh peserta didik pada Unit/Bab 1 ini ialah sebagai berikut :
Peserta didik dapat menunjukkan
kemampuan dalam menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan
meloncat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta
mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai
sikap seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku
hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Pada unit pembelajaran 1 ini peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerakan pola gerak dasar lokomotor. Pola gerak dasar lokomotor merupakan salah
satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di
samping gerak dasar nonlokomotor dan gerak dasar manipulatif.
Pola gerak dasar lokomotor diartikan
sebagai gerakan atau keterampilan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat,
sehingga dibuktikan dengan adanya perpindahan tubuh (traveling) dari satu titik
ke titik lain. Gerakan-gerakan tersebut merentang dari gerak yang sifatnya
sangat alamiah mendasar seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat,
hingga ke gerakan yang sudah berupa keterampilan khusus seperti meroda, guling
depan, hingga handspring dan backhandspring.
1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat
Melompat adalah gerakan memindahkan badan
dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan
dua kaki untuk mendarat. Untuk melompat dengan baik, kedua lengan harus membantu
dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan dorongan dari
kaki untuk mengangkat berat tubuh. Mendarat dengan bagian jari-jari kaki dan
lutut ditekuk.
Lompatan biasanya dilakukan dengan dua
arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai
ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horisontal untuk
memperoleh jangkauan jarak yang jauh.
Tujuan dari gerakan melompat adalah
untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak
digunakan dalam kehidupan sehari[1]hari. Meskipun
sifatnya tidak sealamiah berjalan dan berlari, semua anak normal biasanya sudah
menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinsi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan
meloncat antara lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan melewati rintangan tongkat yang dipegang guru
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan melewati rintangan gawang
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan melewati rintangan tali yang dibentangkan
(5) Aktivitas
pembelajaran gerakan melompat ke depan dengan tumpuan satu kaki, dan berlari
melompati gawang yang dipasang berjajar
(6) Aktivitas
pembelajaran meloncat ke depan tolakan dua kaki
(7) Aktivitas pembelajaran meloncat ke atas tolakan dua kaki
(8) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat ke depan dengan tumpuan kedua kaki, dan meloncati ban
2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari mengubah arah
Setelah peserta didik melakukan
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti
gerakan melompat dan meloncat, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas
pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan
berjalan dan berlari dengan merubah arah.
Gerak mengubah arah adalah mengubah arah
gerak tubuh dari keadaan diam menjadi bergerak ke suatu tempat. Peserta didik
diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari dengan merubah arah.
Peserta didik diminta untuk mempelajari
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan
berlari dengan merubah arah dengan saksama.
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan berjalan kemudian diteruskan berlari
(2) Aktivitas
pembelajaran kelincahan gerakan bereaksi
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan berjalan ke depan dengan mengangkat lutut kemudian berlari
3: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok
Setelah peserta didik melakukan
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor
seperti: gerakan berjalan dan berlari mengubah arah, dilanjutkan dengan
mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor seperti: gerakan berlari berbelok-belok
Berlari berbelok-belok adalah mengubah
arah dengan berlari berbelok-belok dengan mengikuti rintangan atau tanpa
rintangan. Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari
berbelok-belok.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari
berbelok-belok adalah sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan berlari bolak-balik
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan berlari berbelok-belok
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi dan
pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan berlari cepat dengan langkah kaki lebar, mengikuti garis
pada lintasan
(5) Aktivitas
pembelajaran lomba lari cepat mengambil bola dilakukan dalam bentuk perlombaan
(6) Aktivitas
pembelajaran lomba lari cepat beregu dengan ”shutle run”
(7) Aktivitas
pembelajaran gerakan lomba lari cepat beregu mengambil bola dan meletakkan bola
pada lingkaran
(8) Aktivitas
pembelajaran gerakan lari cepat untuk menangkap bola yang dilambung
4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, dan melompat
Setelah peserta didik melakukan
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti
gerakan berlari berbelok-belok, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas
pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan,
berlari, melompat, dan meloncat.
Gerak gerakan variasi dan kombinasi
gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat adalah melakukan gerakan
berjalan, berlari, dan melompat dalam satu gerakan. Peserta didik diminta untuk
mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan,
berlari, melompat, dan meloncat antara lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran berjalan dan melompat sejauh-jauhnya
(2) Aktivitas
pembelajaran berlari dan menolak me lewati bangku yang dipasang melintang
(3) Aktivitas
pembelajaran berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat melewati tali
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan berjalan ke depan kemudian melompat sejauh[1]jauhnya dan mendarat
dengan dua kaki
Bagi anda yang membutuhkan file buku
teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan
filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD Unit 1 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang
dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat
membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di
kurikulum merdeka.