Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 4 yaitu materi yang berjudul Meliuk dan Menerjang dengan Tema "Bergerak"

 


Tidak terasa kini sekolah telah hampir semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.

 

Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 4 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Adapun judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 4 yaitu berjudul “Meliuk dan Menerjang”.

Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 4 semester 1 yang berjudul “Meliuk dan Menerjang” ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:

• mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks;

• berpartisipasi aktif dalam diskusi;

• melakukan wawancara dan menuliskan laporannya; dan

• menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab IV Meliuk dan Menerjang

 

Kegiatan Utama

• Menyimak teks yang dibacakan oleh guru dan menjawab pertanyaan terkait teks.

• Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung.

• Menulis kalimat persuasif.

• Berdiskusi dengan aktif.

• Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara dan menuliskan laporan wawancara.

• Menulis majas personifikasi.

• Menulis pengalaman bertema olahraga.

 

Kegiatan Pendukung

• Menciptakan tarian sederhana.

• Membuat poster.

 

Menyimak

Mengingat dan menjelaskan kembali informasi yang didapat dari teks yang dibacakan.

         Melalui kegiatan menyimak teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dengan benar.

         Peserta didik menyimak teks “Dikenal karena Menari” yang dibacakan guru, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan tuliskan di buku kalian!

1. Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!

2. Berapakah jumlah penari pada tari seudati?

3. Tari apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?

4. Apakah nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat?

5. Ada tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!

 

Jelajah Kata

Tari = gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyi (musik, gamelan, dan sebagainya)

 

Memperagakan = memamerkan (baju, topi, sepatu, dan sebagainya);menerjang

 

Menendang= menyepak (ke bawah atau ke depan) =

 

Menyerang =  menyerbu: pasti ia sudah ~ sopir itu jika aku tidak

cepat-cepat menahannya

 

meliuk = berkeluk ke sisi (gerak pesenam, penari, dan sebagainya)

 

mementaskan = memainkan sesuatu di panggung (tentang sandiwara dan

sebagainya)

 

gemulai = lemah lembut (tentang gerak anggota tubuh)

 

Membaca

Menjelaskan ide pokok dan ide pendukung dari sebuah teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

         Melalui kegiatan membaca teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik dapat menyebutkan ide pokok dan ide pendukung paragraf dan teks dengan benar.

 

Berikut ini contoh mengenali ide pokok dan ide pendukung


Menulis

Mengategorikan ide pokok dari bacaan pada pengatur grafis sederhana.

         Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasif dengan benar

 

Perhatikan poster di bawah ini:

Kalimat pada poster di atas bersifat mengajak. Kalimat tersebut berusaha meyakinkan atau membujuk orang agar mau mengikuti isi atau pesan dari kalimat tersebut. Kalimat seperti ini disebut kalimat persuasif.

 

Ciri-ciri kalimat persuasif antara lain:

• bersifat ajakan,

• menggunakan tanda seru,

• biasa dipakai dalam iklan atau imbauan,

• sering menggunakan kata ajakan seperti ayo, mari, marilah, dan sebagainya, dan

• ditulis dengan pilihan kata yang menarik agar gampang diingat.

 

Membaca

Mengembangkan kategori yang lebih terperinci berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks informasi.

         Melalui membaca teks “Kuat untuk Melindungi”, peserta didik dapat memahami isi Laporan Hasil Wawancara dengan baik.

         Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru lalu membaca teks Laporan Wawancara.

 

Berdiskusi

Diskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi” pada halaman sebelumnya. Berbicaralah dengan suara yang jelas agar pembicaraan kalian dipahami dengan baik.

Gunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

1.       Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”.

Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?

2.       Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!

3.       Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?

4.       Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?

 

Bahas Bahasa

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara dua orang atau lebih dengan tujuan mencari informasi tertentu. Pewawancara adalah orang yang mewawancarai (mengajukan pertanyaan). Narasumber adalah orang yang diwawancarai (menjawab pertanyaan).

 

Untuk dapat mewawancarai dengan baik, kalian harus berlatih. Berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan.

 

Langkah-Langkah Persiapan

• Buat janji bertemu dengan narasumber.

• Siapkan daftar pertanyaan.

• Siapkan alat tulis untuk mencatat atau alat perekam.

• Siapkan kamera (jika ada).

 

Informasi yang Perlu Dicatat

• jawaban sesuai daftar pertanyaan;

• identitas narasumber; dan

• tanggal wawancara diadakan.

 

Agar Siap dan Percaya Diri

• Pelajari semua tentang narasumber.

• Kuasai daftar pertanyaan wawancara.

• Berlatih mengajukan pertanyaan sebelum melakukan wawancara sebenarnya.

 

Sikap Saat Wawancara

• bersikap sopan dan menghormati narasumber;

• menyapa dengan sapaan yang sesuai, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan lainnya;

• berbicara dengan tenang; dan

• berbahasa Indonesia yang baik, singkat, dan jelas.

 

Cara Berbicara

• Nada suara jangan terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu pelan.

• Gunakan intonasi yang sopan.

• Ucapkan pertanyaan dengan jelas.

 

Bahasa Tubuh dan Penampilan

• Berdirilah atau duduklah dengan tegak.

• Tataplah narasumber saat berbicara. Tatap mata narasumber secara wajar.

• Gunakan gerak tangan untuk menegaskan sesuatu.

• Berpakaianlah dengan sopan dan rapi.

 

Isi Laporan Hasil Wawancara

• informasi nama narasumber;

• nama pewawancara;

• tanggal wawancara;

• foto (jika ada); dan

• jawaban narasumber atas daftar pertanyaan yang dituturkan ulang oleh pewawancara.

 

Menulis

Lakukan wawancara dengan orang di sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan petugas pos, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, atau seorang kakak yang jago berenang, sebagai narasumber.

 

Ikuti langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.


Membaca

Mengidentifikasi informasi dan menyampaikan kembali dengan singkat dengan kalimat sendiri.

         Melalui membaca teks “Tepuk Bulu”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dan menjelaskan dengan kalimat sendiri dengan baik.

         Peserta didik membaca teks “Tepuk Bulu”, kemudian menjelaskan ulang isinya.

 

Bahas Bahasa

Majas Personifikasi Majas adalah cara penyampaian melalui kiasan. Personifikasi artinya diumpamakan seperti manusia.

Majas personifikasi adalah jenis kiasan yang mengumpamakan benda mati dapat bertingkah laku seperti manusia.

 

Pada teks “Tepuk Bulu” terdapat beberapa kalimat yang menggunakan majas personifikasi. Dapatkah kalian menemukannya? Salin di buku tulis kalian!

Kalimat yang menggunakan majas personifikasi

1. Badminton tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.

2. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.

3. ....

4. ....

5. ....

6. ....

 

Menulis

Pengalaman Menonton Bulu Tangkis

Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman menonton olahraga lain.

Untuk memandu kalian, jawablah pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Contohnya seperti di bawah ini.

1.       Apa Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman menonton bulu tangkis.

2.       Siapa Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau dengan siapa kalian menontonnya.

3.       Di mana Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton, misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.

4.       Kapan Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis tersebut.

5.       Mengapa Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja.

6.       Bagaimana Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan. Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel