Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya
akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1
kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 4 yaitu materi yang
berjudul Meliuk dan Menerjang dengan Tema "Bergerak"
Tidak terasa kini sekolah telah hampir
semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran
siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan
kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah
mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku
teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses
belajar mengajar di kelas.
Di dalam buku teks pelajaran kurikulum
merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah
berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang
di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa
dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah
diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi
yang akan dipelajari.
Nah melalui kesempatan inilah admin
kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk
materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 4 semester 1
kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku
paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Adapun judul materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 4 yaitu berjudul “Meliuk
dan Menerjang”.
Dalam mempelajari materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Bab 4 semester 1 yang berjudul “Meliuk dan Menerjang” ini ada
beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu
sebagai berikut:
•
mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks;
•
berpartisipasi aktif dalam diskusi;
• melakukan
wawancara dan menuliskan laporannya; dan
• menggunakan
“ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 4 “Meliuk dan
Menerjang” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini
:
Bab IV Meliuk dan Menerjang
Kegiatan Utama
• Menyimak
teks yang dibacakan oleh guru dan menjawab pertanyaan terkait teks.
•
Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung.
• Menulis
kalimat persuasif.
• Berdiskusi
dengan aktif.
• Menyusun
daftar pertanyaan untuk wawancara dan menuliskan laporan wawancara.
• Menulis
majas personifikasi.
• Menulis
pengalaman bertema olahraga.
Kegiatan Pendukung
• Menciptakan
tarian sederhana.
• Membuat
poster.
Menyimak
Mengingat dan menjelaskan kembali
informasi yang didapat dari teks yang dibacakan.
•
Melalui kegiatan menyimak teks
“Dikenal karena Menari”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi
dengan benar.
•
Peserta didik menyimak teks
“Dikenal karena Menari” yang dibacakan guru, lalu menjawab pertanyaan yang
diajukan.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dan tuliskan di buku kalian!
1. Sebutkan
nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!
2. Berapakah
jumlah penari pada tari seudati?
3. Tari
apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?
4. Apakah
nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat?
5. Ada tarian
yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!
Jelajah Kata
Tari = gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi
bunyi-bunyi (musik, gamelan, dan sebagainya)
Memperagakan = memamerkan (baju, topi, sepatu, dan sebagainya);menerjang
Menendang= menyepak (ke bawah atau ke depan) =
Menyerang = menyerbu: pasti ia sudah ~
sopir itu jika aku tidak
cepat-cepat menahannya
meliuk = berkeluk ke sisi (gerak pesenam, penari, dan sebagainya)
mementaskan = memainkan sesuatu di panggung (tentang sandiwara dan
sebagainya)
gemulai = lemah lembut (tentang gerak anggota tubuh)
Membaca
Menjelaskan ide pokok dan ide pendukung
dari sebuah teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
•
Melalui kegiatan membaca teks “Dikenal
karena Menari”, peserta didik dapat menyebutkan ide pokok dan ide pendukung
paragraf dan teks dengan benar.
Berikut ini contoh mengenali ide pokok
dan ide pendukung
Menulis
Mengategorikan ide pokok dari bacaan
pada pengatur grafis sederhana.
•
Melalui kegiatan kreativitas
membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasif dengan benar
Perhatikan poster di bawah ini:
Kalimat pada poster di atas bersifat
mengajak. Kalimat tersebut berusaha meyakinkan atau membujuk orang agar mau
mengikuti isi atau pesan dari kalimat tersebut. Kalimat seperti ini disebut
kalimat persuasif.
Ciri-ciri kalimat persuasif antara lain:
• bersifat
ajakan,
• menggunakan
tanda seru,
• biasa
dipakai dalam iklan atau imbauan,
• sering
menggunakan kata ajakan seperti ayo, mari, marilah, dan sebagainya, dan
• ditulis
dengan pilihan kata yang menarik agar gampang diingat.
Membaca
Mengembangkan kategori yang lebih
terperinci berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks
informasi.
•
Melalui membaca teks “Kuat
untuk Melindungi”, peserta didik dapat memahami isi Laporan Hasil Wawancara
dengan baik.
•
Peserta didik mendengarkan
penjelasan dari guru lalu membaca teks Laporan Wawancara.
Berdiskusi
Diskusikan isi teks Laporan Wawancara
“Kuat untuk Melindungi” pada halaman sebelumnya. Berbicaralah dengan suara yang
jelas agar pembicaraan kalian dipahami dengan baik.
Gunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini sebagai panduan.
1. Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”.
Menurut
kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?
2. Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi?
Jelaskan jawaban kalian!
3. Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?
4. Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?
Bahas Bahasa
Wawancara adalah kegiatan tanya jawab
antara dua orang atau lebih dengan tujuan mencari informasi tertentu.
Pewawancara adalah orang yang mewawancarai (mengajukan pertanyaan). Narasumber
adalah orang yang diwawancarai (menjawab pertanyaan).
Untuk dapat mewawancarai dengan baik,
kalian harus berlatih. Berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan.
Langkah-Langkah Persiapan
• Buat janji
bertemu dengan narasumber.
• Siapkan
daftar pertanyaan.
• Siapkan
alat tulis untuk mencatat atau alat perekam.
• Siapkan
kamera (jika ada).
Informasi yang Perlu Dicatat
• jawaban
sesuai daftar pertanyaan;
• identitas
narasumber; dan
• tanggal
wawancara diadakan.
Agar Siap dan Percaya Diri
• Pelajari
semua tentang narasumber.
• Kuasai
daftar pertanyaan wawancara.
• Berlatih
mengajukan pertanyaan sebelum melakukan wawancara sebenarnya.
Sikap Saat Wawancara
• bersikap
sopan dan menghormati narasumber;
• menyapa
dengan sapaan yang sesuai, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan lainnya;
• berbicara
dengan tenang; dan
• berbahasa Indonesia
yang baik, singkat, dan jelas.
Cara Berbicara
• Nada suara
jangan terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu pelan.
• Gunakan
intonasi yang sopan.
• Ucapkan
pertanyaan dengan jelas.
Bahasa Tubuh dan Penampilan
• Berdirilah
atau duduklah dengan tegak.
• Tataplah
narasumber saat berbicara. Tatap mata narasumber secara wajar.
• Gunakan
gerak tangan untuk menegaskan sesuatu.
•
Berpakaianlah dengan sopan dan rapi.
Isi Laporan Hasil Wawancara
• informasi
nama narasumber;
• nama
pewawancara;
• tanggal
wawancara;
• foto (jika
ada); dan
• jawaban
narasumber atas daftar pertanyaan yang dituturkan ulang oleh pewawancara.
Menulis
Lakukan wawancara dengan orang di
sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan
petugas pos, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, atau seorang
kakak yang jago berenang, sebagai narasumber.
Ikuti langkah-langkah persiapan
wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian
melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.
Membaca
Mengidentifikasi informasi dan
menyampaikan kembali dengan singkat dengan kalimat sendiri.
•
Melalui membaca teks “Tepuk
Bulu”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dan menjelaskan dengan
kalimat sendiri dengan baik.
•
Peserta didik membaca teks
“Tepuk Bulu”, kemudian menjelaskan ulang isinya.
Bahas Bahasa
Majas Personifikasi Majas adalah cara
penyampaian melalui kiasan. Personifikasi artinya diumpamakan seperti manusia.
Majas personifikasi adalah jenis kiasan
yang mengumpamakan benda mati dapat bertingkah laku seperti manusia.
Pada teks “Tepuk Bulu” terdapat beberapa
kalimat yang menggunakan majas personifikasi. Dapatkah kalian menemukannya?
Salin di buku tulis kalian!
Kalimat yang menggunakan majas
personifikasi
1. Badminton
tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.
2. Olahraga
tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.
3. ....
4. ....
5. ....
6. ....
Menulis
Pengalaman Menonton Bulu Tangkis
Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf
tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian
belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman
menonton olahraga lain.
Untuk memandu kalian, jawablah
pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana. Contohnya seperti di bawah ini.
1. Apa Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman
menonton bulu tangkis.
2. Siapa Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau
dengan siapa kalian menontonnya.
3. Di mana Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton,
misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.
4. Kapan Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis
tersebut.
5. Mengapa Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya
pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja.
6. Bagaimana Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan. Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu.
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin
kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi
Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 4 “Meliuk dan Menerjang” yang akan
dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun
peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.