Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya
akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1
kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 3 yaitu materi yang
berjudul Lihat Sekitar dengan Tema
"Lalu Lintas"
Tidak terasa kini sekolah telah hampir
semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran
siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan
kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah
mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku
teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses
belajar mengajar di kelas.
Di dalam buku teks pelajaran kurikulum
merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah
berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang
di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa
dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah
diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi
yang akan dipelajari.
Nah melalui kesempatan inilah admin
kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk
materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 3 semester 1
kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku
paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Adapun judul materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 3 yaitu berjudul “Lihat
Sekitar”.
Dalam mempelajari materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Bab 3 semester 1 yang berjudul “Lihat Sekitar” ini ada
beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu
sebagai berikut:
• menulis teks
dengan struktur argumentasi;
• mengenal
pemakaian awalan ‘ber-’ serta menggunakannya;
• menyampaikan
petunjuk arah; dan
• menuliskan
teks dengan struktur deskripsi.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 3 “Lihat
Sekitar” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :
Bab III Lihat Sekitar
Kegiatan Utama
• Membaca
teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
• Menulis
paragraf argumentasi.
•
Mendiskusikan isi teks dan gambar.
• Menuliskan
kata berimbuhan ‘ber-’.
• Berdiskusi
sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
• Menulis
paragraf deskripsi.
Kegiatan Pendukung
• Membuat
rambu-rambu.
A. Membaca
Memahami kata-kata yang sering digunakan
sehari-hari dan kata-kata baru pada teks dengan menggunakan petunjuk visual dan
konteks kalimat yang mendukung.
·
Melalui kegiatan membaca cerita
“Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
·
Peserta didik membaca cerita
“Awas!”, kemudian mengerjakan latihan terkait kata-kata baru.
Perhatikan kata-kata yang disorot kuning
pada cerita “Awas!” di atas. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham,
lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.
sigap, helm, mengayuh, klakson,
lampu lalu lintas, mengerem
1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang
Tanto membunyikan … sepeda motornya.
2. Nelayan mendayung sampan, Rudi ….
sepeda.
3. Ayo, bergeraklah dengan …, jangan
bermalas-malasan!
4. Rudi … sepedanya supaya berhenti.
5. … dipakai untuk melindungi kepala.
6. Jika … menyala merah, berarti
kendaraan harus berhenti.
B. Berdiskusi
Menjelaskan penyebab terjadinya suatu
masalah atau kejadian, dan mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain.
·
Melalui berdiskusi, peserta
didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan
mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
·
Peserta didik menyampaikan
pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.
Diskusikanlah kembali cerita “Awas!”
bersama teman dan guru.
Kalian dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.
1. Di mana
Rudi berada?
2. Mengapa
pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
3. Mengapa
Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?
4. Menurut
kalian, bagaimana perasaan Rudi?
5. Jika
kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?
6. Pernahkah
kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!
Paragraf Argumentasi
Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:
•
mengandung pendapat, keyakinan,
dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;
•
ada data akurat yang dipakai
untuk meyakinkan orang lain;
•
menjelaskan permasalahan dengan
cara menganalisis dan menganalogikan;
•
terdapat kesimpulan dalam
bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik
utama.
C. Menyimak
Memahami dan menjelaskan isi teks dan
makna kosakata baru pada teks yang dibacakan.
•
Melalui kegiatan menyimak teks
yang dibacakan yang berjudul “jauh dan dekat”, peserta didik dapat menyimpulkan
informasi dan memahami kosakata baru
Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”,
berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh
mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari
untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!
a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di
laut? Adakah yang sama?
b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang
dapat kalian ceritakan tentang dokar?
c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu
di daerah kalian?
d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?
Awalan ‘ber-’
Salah satu imbuhan di dalam bahasa
Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau
kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek,
karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.
Penulisan kata yang memiliki imbuhan
‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.
Namun, kalian harus berhati-hati, ada
pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata
pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!
D. Menulis
Menuliskan kalimat dengan unsur subjek,
predikat, dan objek, sesuai ketentuan bahasa Indonesia.
•
Melalui kegiatan melengkapi
kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ +
‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.
a. Capung
(terbang) di udara.
b. Bibi
(cermin) sambil mematut diri.
c. Bima
(sekolah) di SD Tunas Mulia.
d. Adik
(ajar) membaca.
e. Tuti
(rambut) panjang.
f. Petani
(kerja) di sawah.
g. Tina dan
Tini (main) petak umpet.
h. Kerbau
(rendam) di kubangan.
E. Mengamati
Amatilah denah berikut ini bersama-sama!
Carilah air mancur bertanda Y!
Jika kalian berada di X, telusuri jalan
yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.
Deskripsikan perjalanan itu menggunakan
kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah
kiri, dan lain-lainnya.
Gunakan bangunan atau pohon sebagai
penanda. Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?
Berikut ini kosa kata terkait arah:
F. Kreatifitas
Saatnya berkreasi!
Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja
bersama.
1. Perhatikan lingkungan sekolah dan sekitar sekolah! Menurut kalian,
adakah tempat-tempat yang perlu diberi rambu-rambu, misalnya tanda tempat
penyeberangan di depan sekolah. Di pojok baca atau di perpustakaan kalian bisa
memasang tanda larangan makan atau minum. Di halaman sekolah kalian bisa
memasang petunjuk tempat membuang sampah. Tanyakan kepada guru apakah kalian
boleh menciptakan rambu-rambu dengan kreativitas dan imajinasi kalian sendiri.
2. Bersama teman-teman, buatlah gambar rambu-rambu tersebut. Kalian
bisa menggunakan karton, manila, kardus bekas, atau kertas bekas. Berilah warna
yang sesuai dengan tujuan rambu-rambu tersebut.
3. Tempelkan atau pasanglah di tempat yang sesuai! Kalau perlu,
mintalah bantuan guru atau orang dewasa lainnya!
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari pada
kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin
kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi
Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik
dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.