Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya
akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1
kurikulum merdeka.
Tidak terasa kini sekolah telah hampir
semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran
siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan
kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah
mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku
teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses
belajar mengajar di kelas.
Di dalam buku teks pelajaran kurikulum
merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah
berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang
di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa
dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah
diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi
yang akan dipelajari.
Nah melalui kesempatan inilah admin
kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk
materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 1 semester 1
kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku
paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Adapun judul materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 1 yaitu berjudul “Sudah
Besar”.
Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia
kelas 4 Bab 1 semester 1 yang berjudul “sudah Besar” ini ada beberapa tujuan
pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:
·
memahami dan menjelaskan
permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;
·
mengucapkan kata-kata yang
panjang
·
membedakan antara kalimat
transitif dan kalimat intransitif, serta menggunakannya; dan
·
mencari arti kata di dalam
kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 1 “sudah
Besar” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :
Bab 1 Sudah Besar
Bab I ini mengangkat tema seputar diri
peserta didik: perubahan yang mereka alami, hal-hal yang mereka sukai, hal-hal
yang tidak mereka sukai, dan dinamika dengan anggota keluarga lainnya.
Dengan tema ini, diharapkan peserta
didik dapat memahami bahwa:
• bertumbuh berarti makin mandiri;
• perubahan setiap orang berbeda-beda;
dan
• kesukaan dan ketidaksukaan setiap
orang berbeda-beda
Kegiatan Utama
• Membaca teks dengan nyaring.
• Menulis surat menggunakan kata-kata
yang baru diketahui dan kalimat transitif/ intransitif.
• Mencari kata di dalam kamus dan
memulai proyek Kamus Kotak Kelas Empat.
Kegiatan Pendukung
• Mendiskusikan hubungan kakak-adik.
A. Membaca
1. Peserta didik
membaca teks Cerita “Tak Muat Lagi" dengan nyaring, lalu menjawab
pertanyaan terkait teks.
·
Sampaikan
kembali cerita “Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!
·
Mengapa
Lala kesal kepada Kiki?
·
Dari mana
Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?
·
Menurutmu,
bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya kepada Kiki?
·
Apakah
kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta
adik?
·
Bayangkan
diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak seperti
Lala?
2. Peserta didik
membaca cerita “Suka dan Tidak Suka” dengan nyaring, guru memperhatikan
pengucapan peserta didik.
B. Berdiskusi
Kalimat Transitif dan Intransitif
Kalimat transitif adalah kalimat yang terdiri atas tiga unsur wajib, yaitu Subjek, Predikat,
dan Objek. Pada kalimat jenis ini, kata kerja (verba) yang digunakan adalah
verba transitif yang menuntut adanya objek. Tanpa objek, kalimat transitif
menjadi tidak lengkap dan salah.
Kalimat intransitif adalah kalimat yang hanya memiliki dua unsur wajib, yaitu Subjek
dan Predikat. Baik kalimat transitif maupun intransitif dapat memiliki unsur
tak wajib seperti keterangan waktu dan/atau keterangan tempat.
Berikut ini contoh Kalimat Transitif dan
Intransitif
C. Menulis
1. Peserta didik
membaca ulang cerita “Tak Muat Lagi” lalu menyalin Kalimat Transitif dan
Intransitif di buku tulis masing-masing.
Kalian tentu ingat
unsur-unsur yang membentuk sebuah kalimat, yaitu Subjek, Predikat, Objek, dan
Keterangan. Ada kalimat yang hanya terdiri atas Subjek dan Predikat. Ada pula
kalimat yang memerlukan Objek. Kalimat transitif adalah kalimat
yang memerlukan objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan
salah. Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak
memerlukan objek.
2. Materi pokok
"Kalimat transitif dan intransitif Tanda baca". Peserta didik melakukan
aktivitas menuliskan pengalamannya di rumah terkait barang-barangnya yang tidak
dipakai lagi.
Bagaimana kebiasaan
di rumah kalian terhadap barang-barang yang sudah tidak kalian pakai? Apakah
baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau
disumbangkan? Ceritakan dan tuliskan di buku tulis kalian. Ketika menulis,
perhatikan untuk:
·
Menggunakan
tanda baca yang tepat; dan
·
Menggunakan
setidaknya 2 kalimat transitif dan 2 kalimat intransitif
3. Materi pokok
"Menulis kalimat". Peserta didik mencari arti kata dalam kamus
kemudian menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat berstruktur SPOK.
a. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Cetak
·
Perhatikan
kata-kata yang ada di dalam kamus cetak. Urutan kata-kata tersebut disusun
sesuai abjad.
·
Perhatikan
huruf pertama kata yang kalian cari. Bukalah kamus pada bagian huruf tersebut.
·
Jika kata
tersebut kata berimbuhan, kenali kata dasarnya terlebih dahulu. Perhatikan
huruf pertama kata dasar tersebut.
·
Kalian
tidak perlu mengurutkan kata satu per satu, cukup perhatikan huruf kedua dan
ketiga dari kata yang kalian cari.
·
Lihatlah
huruf sebelum arti kata. Huruf itu menunjukkan kelas kata tersebut.
b. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Online
·
Bukalah
laman kbbi.kemdikbud.go.id
·
Ketikkan
kata yang kalian cari di kotak pencarian.
·
Dapatkan
artinya.
·
Lihatlah
huruf sebelum arti kata. Huruf tersebut menunjukkan kelas kata yang dimaksud.
4. Materi pokok
"Menulis surat Kosakata baru Kalimat transitif intransitif". Setelah
mendapat penjelasan dari guru, peserta didik menulis surat kepada
sepupu/temannya.
D. Menyimak
Peserta didik
menyimak teks "Fobia”
Fobia adalah ketakutan yang sangat
berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan
penderitanya.
Contoh fobia:
•
Ofidiofobia: fobia terhadap ular
•
Koulrofobia: fobia terhadap badut
•
Arakhnofobia: fobia terhadap laba-laba
• Astrafobia:
fobia terhadap guntur dan kilat
Berikut ini yang perlu untuk diketahui
tentang Gejala Fobia:
Cara mencari kata di dalam kamus
A. Kamus Cetak
1. Perhatikan
kata-kata yang ada di dalam kamus cetak. Urutan kata-kata tersebut disusun
sesuai abjad.
2. Perhatikan
huruf pertama kata yang kalian cari. Bukalah kamus pada bagian huruf tersebut.
3. Jika kata
tersebut kata berimbuhan, kenali kata dasarnya terlebih dahulu. Perhatikan
huruf pertama kata dasar tersebut.
4. Kalian
tidak perlu mengurutkan kata satu per satu, cukup perhatikan huruf kedua dan
ketiga dari kata yang kalian cari.
5. Lihatlah
huruf sebelum arti kata. Huruf itu menunjukkan kelas kata tersebut.
Contoh 1: Kata yang dicari: panik
1. Bukalah kamus pada bagian huruf P.
2. Huruf kedua adalah /a/, carilah
daftar kata yang dimulai dengan suku kata /pa/.
3. Telusuri daftar kata /pa/ yang
diikuti dengan huruf /n/ menjadi /pan/ dan seterusnya sampai kalian menemukan
kata “panik”.
4. Dapatkan artinya.
5. Lihatlah huruf sebelum arti kata
“panik”.
6. Huruf /a/ ini menunjukkan bahwa kata
“panik’ termasuk kelas adjektif (kata sifat).
Contoh 2: Kata yang dicari:
berkonsultasi
1. Kenali kata dasarnya yaitu
konsultasi.
2. Bukalah kamus pada bagian huruf K.
3. Huruf kedua adalah /o/, maka carilah
daftar kata yang dimulai dengan suku kata /ko/.
4. Telusuri daftar kata /ko/ yang
diikuti dengan huruf /n/ menjadi /kon/ sampai kalian menemukan kata
“konsultasi”.
5. Dapatkan artinya.
6. Lihatlah huruf sebelum arti kata
“konsultasi” dan kata “berkonsultasi”.
Huruf n sebelum arti kata “konsultasi”
menunjukkan bahwa kata “konsultasi” termasuk kelas nomina (kata benda), dan
kata “berkonsultasi” termasuk kelas verba (kata kerja).
B. Kamus
1. Bukalah laman kbbi.kemdikbud.go.id
2. Ketikkan kata yang kalian cari di
kotak pencarian.
3. Dapatkan artinya.
4. Lihatlah huruf sebelum arti kata.
Huruf tersebut menunjukkan kelas kata yang dimaksud.
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada
kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & SIswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.