Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP Bab 2 “Berpikir Komputasional” Pada Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin
akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum
merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.
Perlu untuk di ketahui bahwa mata
pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di
pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya
yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata
pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.
Disini admin akan memberikan rangkuman
atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum
merdeka khususnya materi pada Bab 2 tentang Berpikir Komputasional. Materi yang
akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari materi
informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.
Pada materi informatika kelas 8 Bab 2 “Berpikir
Komputasional” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang mana
hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8 SMP
kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi
informatika di kelas 8 Bab 2 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa
sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman
materi informatika kelas 8 SMP Bab 2 “Berpikir Komputasional” yang akan dipelajari
pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :
Bab 2 Berpikir Komputasional
Tujuan pembelajaran untuk bab Berpikir
Komputasional pada kelas VIII ini adalah seperti berikut.
1.
Peserta didik mengenal dan
mengimplementasikan konsep fungsi (input-proses-output) sebagai mesin
komputasi, dan mengeksekusi mesin.
2.
Peserta didik mampu memodelkan
persoalan logika dalam bentuk himpunan.
3.
Peserta didik mampu
mengoperasikan bilangan dalam berbagai representasi.
4.
Peserta didik mampu mengenal
organisasi data terstruktur sebagai tumpukan (stack).
Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara
penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer. Dengan
demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan dengan
cara yang efektif dan eisien.
Berpikir Komputasional adalah proses
penyelesaian masalah yang mencakup (tetapi tidak terbatas pada)
karakteristik-karakteristik berikut.
1.
Pemformulasian masalah dengan
cara tertentu yang memungkinkan penggunaan komputer atau perangkat lainnya
untuk membantu penyelesaian masalah tersebut.
2.
Pengorganisasian dan analisis
data secara logis.
3.
Representasi data melalui
abstraksi, misalnya dengan model dan simulasi.
4.
Otomasi solusi melalui
pemikiran algoritmis (sekumpulan langkah-langkah yang terurut).
5.
Proses identifikasi, analisis,
dan implementasi solusi-solusi yang bertujuan untuk mendapatkan kombinasi
langkah dan pemanfaatan sumber daya yang paling efisien dan efektif.
6.
Pengimplementasian proses
penyelesaian masalah ini dalam berbagai bidang.
6.
Dengan belajar Berpikir Komputasional,
diharapkan dapat menumbuhkan disposisi dan sikap-sikap berikut.
1.
Memiliki rasa percaya diri
dalam menghadapi kompleksitas.
2.
Gigih dalam menyelesaikan
masalah yang rumit.
3.
Toleransi terhadap ambiguitas.
4.
Kemampuan menghadapi masalah
terbuka (open ended problem).
5. Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan atau solusi tertentu.
Fungsi
Input - proses - output bukanlah hal
yang terbatas pada dunia komputer. Demikian juga dengan fungsi. Dalam
matematika, peserta didik dikenalkan dengan fungsi, misalnya untuk menghitus
luas lingkaran, digunakan rumus hitungLuasLingkaran (r) = 3.14 x r x r. Hasil
(output) dari hitungLuasLingkaran (r) ditentukan oleh nilai r yang menjadi
input fungsi tersebut. Nama fungsinya adalah hitungLuasLingkaran, dan parameter
fungsi adalah r yang dapat diubah-ubah, sehingga fungsi dapat dipakai
menghitung lingkaran dengan berjari-jari berapa pun.
Komputer mengubah input menjadi output
berdasarkan proses tertentu. Proses tersebut ditentukan oleh manusia. Manusia
memberi tahu proses tersebut dengan membuat program dengan bahasa pemrograman
tertentu. Salah satu gaya bahasa dalam komputer adalah pemrograman fungsional.
Program terdiri atas banyak fungsi yang setiap fungsi menerima input, melakukan
sebuah proses, dan menghasilkan output. Pada soal ini, alat-alat yang terdapat
pada jalur-jalur tersebut bertindak sebagai fungsi-fungsi kecil.
Representasi Data dan Himpunan
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak
permasalahan yang dapat dimodelkan dengan konsep tertentu. Pada kasus ini, soal
yang diberikan kepada peserta didik adalah soal logika yang dapat dimodelkan
dengan konsep himpunan. Selain itu, soal ini dapat dimodelkan dalam bentuk
bilangan biner. Peserta didik juga diperkenalkan pada konsep bilangan biner,
oktal, dan desimal yang sering digunakan dalam bidang informatika.
Dalam Informatika, dikenal terdapat
banyak struktur data yang dapat digunakan untuk memodelkan berbagai masalah.
Contoh struktur data yang umum digunakan adalah graf, tree (pohon), list
(daftar). Pada soal ini, masalah yang diberikan dapat dimodelkan dengan
himpunan.
Bilangan biner dipilih karena setiap
atribut hanya dapat bernilai ya/tidak, misalnya apakah tanaman memiliki daun,
apakah tanaman berkelopak ganda. Logika ini dapat diterapkan dalam komputer,
yaitu melalui bit yang merupakan satuan terkecil dalam komputer. Setiap bit
dapat bernilai 1 (benar/true) atau 0 (salah/false).
Algoritma
Algoritma mendefinisikan langkah-langkah
yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Algoritma dapat ditransformasi
menjadi program yang dapat dikerjakan (dijalankan, dieksekusi) oleh mesin.
Robot adalah mesin yang diprogram untuk keperluan khusus. Pada contoh di atas,
algoritma yang diberikan dapat diberikan ke robot penyulam agar robot
menghasilkan sulaman seperti yang diharapkan. Banyak mesin sulam zaman sekarang
didasari oleh program seperti dijelaskan di atas.
Struktur Data
Ada tiga cara menuliskan ekspresi, yaitu
seperti berikut.
a.
Ekspresi infix adalah ekspresi
yang operatornya dituliskan di tengah, seperti yang biasa kita pakai
sehari-hari, misalnya 5+2.
b.
Ekspresi postfix, jika operator
ditulis paling akhir, misalnya 5 2 +.
c. Ekspresi prefix, jika operator ditulis di depan, misalnya + 5 2.
Komputer akan menghitung ekspresi dengan
memperhatikan urutan prioritas perhitungan yang disebut presedensi (terjemahan
dari precedence), sesuai dengan aturan pengerjaan operasi hitung campuran,
yaitu dengan urutan:
a.
dalam tanda kurung dikerjakan
lebih dahulu,
b.
perkalian atau pembagian sesuai
urutan pengerjaan dari kiri ke kanan (sebab sama kuat). Misalnya 3*4/2 hasilnya
6,
c.
penjumlahan atau pengurangan
(sama kuat).
Komputer memproses perhitungan
matematika dengan mengevaluasi ekspresi postfix dari sebuah ekspresi
aritmetika. Salah satu kelebihan ekspresi postfix ialah pada eskpresi ini tidak
diperlukan tanda kurung untuk menentukan bagian mana yang akan dihitung
terlebih dahulu. Pada operasi postfix, operasi aritmetika dapat dilakukan
sesuai dengan urutan operan (bilangan) dan operator (+, -.*, /). Tumpukan
bilangan yang disimulasikan pada soal ini adalah ilustrasi mengenai penggunaan
memori komputer.
Demikianlah sajian materi pada mata
pelajaran informatika kelas 8 Bab 2 “Berpikir Komputasional” pada pembelajaran
di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya maka
anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran informatika kelas 8
kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan filenya maka silahkan
dapatkan di bawah ini :
- BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)
Sekian informasi mengenai
ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 2 yang berjudul “Berpikir
Komputasional” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini
semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar
materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 2 kurikulum
merdeka.