Tugas Modul 1.1 Mulai Dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran KHD
Kherysuryawan.id – Tugas Mulai dari Diri Modul 1.1 Tulisan Reflektif Kritis tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Halo sahabat Calon Guru Penggerak, bagaimana kabar anda
hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Sebagai calon guru
penggerak, mau tak mau harus siap untuk mengikuti seluruh rangkaian materi yang
nantinya akan di pelajari pada pendidikan guru penggerak.
Dalam pendidikan guru penggerak, setiap calon guru
penggerak akan mempelajari beberapa modul dan di setiap modul aka nada
tugas-tugas yang harus bisa diselesaikan dengan baik. Dalam proses Pendidikan
Guru Penggerak, Calon Guru Penggerak (CGP) harus melalui tahap M-E-R-D-E-K-A di
setiap sub-modul. Tahap M-E-R-D-E-K-A diawali dengan tahap Mulai dari Diri,
Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi
Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata. Semua tahapan itu wajib untuk
di ikuti oleh seluruh CGP agar nantinya bisa mendapatkan penilaian yang menjadi
penentu dalam kelulusan sebagai guru penggerak.
Dalam pendidikan guru penggerak nantinya akan ada 3 modul
yang harus di pelajari yang mana di setiap modul terdiri atas beberapa sub
modul. Pada sub modul 1.1 khususnya pada bagian mulai dari diri modul 1.1
nantinya CGP harus bisa membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar
Dewantara (KHD). Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba
untuk bisa berbagi jawaban dari tugas modul 1.1 mulai dari diri.
Berikut ini pertanyaan yang menjadi dasar dalam menjawab
tugas modul 1.1 mulai dari diri.
1. Tulisan Reflektif Kritis
Buatlah sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah
minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
panduan yang telah disediakan. Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda
terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:
· Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki
Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
· Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks
pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara
khusus?
· Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran
KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
2. Harapan dan
Ekspektasi
Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan
pembelajaran pada modul ini.
· Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri
Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
· Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada
murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
· Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda
harapkan ada dalam modul ini?
Berikut ini jawaban yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai tugas diatas.
1.
REFLEKTIF KRITIS
· Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pendidikan
yang dapat menjadi teladan bagi seorang pemimpin khususnya dalam dunia
pendidikan. Beliau mengajarkan bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan
usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia,
baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang
seluas-luasnya. Dalam hal mendidik, Ki Hadjar Dewantara juga memberikan
penegasan agar kita sebagai pemimpin pembelajaran dapat mendidik siswa sesuai
dengan tuntutan alam dan zamannya yang artinya bahwa kita sebagai pendidik
harus bisa menyesuaikan model pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa
sehingga mereka bisa merasakan kemerdekaan dalam belajar.
· Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan
konteks pendidikan Indonesia saat ini yaitu dengan adanya merdeka belajar maka
siswa di beri kebebasan untuk mengembangkan bakat dan minatnya sehingga siswa
merasa senang dalam belajar. hal itu juga terjadidi sekolah saya dimana siswa
kini belajar bukan hanya berpatokan kepada guru saja sebagai sumber belajar
melainkan mereka bisa belajar melalui sumber-sumber lainnya seperti internet.
· Saya sudah merasakan kemerdekaan dalam mengajar
sebab tidak lagi harus di tekan untuk tuntas dalam mengajarkan materi yang ada
pada buku teks pelajaran,melainkan berusaha untuk bisa mencapai tujuan
pembelajaran sesuai kemampuan siswa dengan tetap melakukan refleksi terhadap
proses pembelajaran yang telah di lakukan demi mencapai tujuan pembelajaran
yang maksimal.
2.
HARAPAN DAN EKSPEKTASI
· Setelah mempelajari modul ini harapan saya yaitu
ingin menjadi pendidik yang lebih berkualitas, dapat melakukan pendidikan dan
pengajaran sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan bisa menjadi orang
yang berguna bagi dunia pendidikan.
· Harapan untuk murid, yaitu agar mereka bisa
menjadi manusia yang mandiri, terampil dan bisa meraih masa depan yang gemilang
sehingga dapat meneruskan semangat juang dalam bekerja.
· Manfaat yang diharapkan ada dalam modul ini
ialah bisa meneladani semangat nasionalisme Ki Hadjar Dewantara dalam
melaksanakan pendidikan dan pengajaran di tempat tugas masing-masing.
Demikianlah jawaban yang bisa admin sampaikan mengenai
tugas modul 1.1 mulai dari diri pada materi pendidikan guru penggerak. Semoga
postingan ini dapat membantu rekan-rekan calon guru penggerak sebagai referensi
dalam mengerjakan tugas mulai dari diri yang ada pada sub modul 1.1.
Sekian dan Terimakasih.