Soal & Jawaban Post Test Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan Untuk Pendidikan Berkualitas Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Halo sahabat Pendidikan
dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan memberikan
sebuah informasi yang berhubungan dengan kegiatan guru dalam mengikuti
pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar (PMM).
Sebagai seorang
guru kita bukan hanya di tuntut untuk bisa mengajar sesuai bidang study yang
kita pilih melainkan guru harus terus mengasah kemampuannya dan mengembangkan
kompetensi mengarnya. Saat ini kita sudah memasuki era kurikulum merdeka dimana
dalam kurikulum merdeka ini banyak sekali jenis pelatihan yang diperuntukkan
bagi guru guna meningkatkan pemahaman dan kompetensi sebagai seorang guru yang professional.
Dalam platform
merdeka mengajar guru dapat mengikuti berbagai pelatihan yang menarik dan tentunya
akan menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu apabila semua tahapan dapat
di ikuti dengan baik maka nantinya guru pun dapat memperoleh sertifikat yang
akan menjadi bukti fisik keberhasilan seorang guru dalam menyelesaikan
pelatihan yang telah di ikutinya.
Apabila anda saat
ini sedang mengikuti salah satu atau lebih dari satu pelatihan mandiri yang ada
di PMM maka anda pastinya akan mengetahui prosedur yang harus di jalani selama
mengikuti kegiatan pelatihan mandiri tersebut. Dalam pelatihan mandiri tersebut
nantinya ibu dan bapak guru akan disuguhkan materi, latihan soal dan kegiatan
lainnya.
Dalam mengikuti
pelatihan mandiri ibu bapak guru juga akan di hadapkan dengan post test yang
merupakan sebuah evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman selama mengikut
kegiatan paltihan mandiri tersebut. Sebelum mengerjakan post test maka bapak
ibu guru harus sudah terlebih dahulu menyelesaikan seluruh aktivitas, baik
Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.
Nah pada kesempatan
kali ini admin akan membantu bapak/ibu guru yang sedang menghadapi post test
yang mana disini admin akan memberikan bentuk soal yang telah dilengkapi dengan
kunci jawabannya. Adapun soal dan kunci jawaban post test yang akan admin
bagikan di postingan ini yaitu Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi
Perencanaan Untuk Pendidikan Berkualitas Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Baiklah berikut ini
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri yang dapat anda lihat di bawah ini :
SOAL DAN KUNCI
JAWABAN POST TEST PELATIHAN MANDIRI TOPIK IMPLEMENTASI PERENCANAAN UNTUK
PENDIDIKAN BERKUALITAS MODUL 5 IMPLEMENTASI PROGRAM DALAM PBD
1. Berikut adalah
hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap
Perencanaan Berbasis Data, kecuali...
A. Fokus
pada situasi yang terjadi
B. Fokus pada makna
atau pelajaran yang didapatkan
C. Fokus pada aksi
apa yang akan dilakukan
D. Fokus pada
solusi apa yang ditemukan
2. Berikut adalah
indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis
Data, kecuali...
A. Seluruh
indikator yang bermasalah
B. Indikator yang
bermasalah
C.
Indikator yang menjadi akar permasalahan
D. Indikator yang
penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan
3. Bagaimana
memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis
Data?
A. Segera memilih
berbagai kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan
pendidikan
B. Dimulai dengan
menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan
C. Memulai
perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan
D. Meminta arahan
dari dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan
4. Apa yang akan
terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak
memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?
A. Akan terjadi
kekeliruan dalam melakukan pembenahan
B. Tidak akan
terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan
C. Kurangnya
pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan
pendidikannya
D. Semua
benar
5. Siapa sajakah
yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan
evaluasi pendidikan?
A. Kepala satuan
pendidikan
B. Rekan pendidik
C. Tenaga pendidik
D. Semua
bisa mempelajari dan menggunakannya
6. Ketika satuan
pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses
pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka
kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi
pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya.
Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?
A. Benar
B. Salah
C. Hampir benar
D. Ragu-ragu
7. Manakah di
antara pernyataan berikut yang benar?
A. Profil Pendidikan
adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data PBD
B. Setiap
program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan
C. Seluruh program
Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan
D. RKT dan RKAS
dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan
8. Tabel pada
Rencana Kerja Tahunan terdiri dari…
A. Masalah
- akar masalah - program
B. Indikator
prioritas - masalah - program
C. Indikator -
masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar
masalah - indikator prioritas
9. Tabel pada
Rencana Kerja Tahunan terdiri dari...
A. Masalah
- akar masalah - program
B. Indikator
prioritas - masalah - program
C. Indikator -
masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar
masalah - indikator prioritas
10. Perhatikan
rincian kegiatan berikut ini :
1. melakukan
refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.
2. menentukan
kegiatan benahi pada RKT
3. merinci
kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan
4. merinci nominal
harga barang dan jasa yang diperlukan
Dari pernyataan di
atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS
adalah...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
11. Perhatikan
beberapa daftar kegiatan berikut ini:
1. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi kualitas pembelajaran.
2. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi literasi
3. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi kepemimpinan Instruksional.
4 Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi numerasi.
Salah satu
kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS
oleh satuan
pendidikan yang paling...
A. Honor
narasumber
B. Honor kegiatan
C. Honor panitia
D. Langganan
internet
12. Setelah satuan
pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang
perlu dilakukan adalah...
A.
Melakukan input RKAS ke ARKAS
B. Melakukan input
RKAS ke RKJM
C. Melakukan input
RKT ke RKAS
D. Melakukan input
RKT ke RKJM
13. Apa yang harus
satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat
kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?
A. Tetap
melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan
B. Mengabaikan hal
tersebut demi kelanjutan pembenahan
C. Langsung
mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan
D.
Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk
mencari solusi yang sesuai
14. Bagaimanakah
proses pengawasan sebaiknya dilakukan?
A. Secukupnya saja
B.
Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus
C. Pengecekan
dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah
D. Tidak perlu
pengawasan yang ketat dan rutin
15. Siapakah yang
berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di
satuan pendidikan?
A. Tenaga pendidik
B. Kepala satuan
pendidikan
C. Orang tua
peserta didik
D. Seluruh
unsur satuan pendidikan
Demikianlah informasi
seputar Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi
Perencanaan Untuk Pendidikan Berkualitas Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
yang dapat admin sampaikan di kesempatan ini, semoga apa yang telah admin
berikan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang sedang megukuti kegiatan
pelatihan mandiri di modul ini.