Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Halo sahabat
Pendidikan dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan
memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan kegiatan guru dalam
mengikuti pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar (PMM).
Sebagai seorang
guru kita bukan hanya di tuntut untuk bisa mengajar sesuai bidang study yang
kita pilih melainkan guru harus terus mengasah kemampuannya dan mengembangkan
kompetensi mengarnya. Saat ini kita sudah memasuki era kurikulum merdeka dimana
dalam kurikulum merdeka ini banyak sekali jenis pelatihan yang diperuntukkan
bagi guru guna meningkatkan pemahaman dan kompetensi sebagai seorang guru yang
professional.
Dalam platform
merdeka mengajar guru dapat mengikuti berbagai pelatihan yang menarik dan
tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu apabila semua tahapan
dapat di ikuti dengan baik maka nantinya guru pun dapat memperoleh sertifikat
yang akan menjadi bukti fisik keberhasilan seorang guru dalam menyelesaikan
pelatihan yang telah di ikutinya.
Apabila anda saat
ini sedang mengikuti salah satu atau lebih dari satu pelatihan mandiri yang ada
di PMM maka anda pastinya akan mengetahui prosedur yang harus di jalani selama
mengikuti kegiatan pelatihan mandiri tersebut. Dalam pelatihan mandiri tersebut
nantinya ibu dan bapak guru akan disuguhkan materi, latihan soal dan kegiatan
lainnya.
Dalam mengikuti
pelatihan mandiri ibu bapak guru juga akan di hadapkan dengan post test yang
merupakan sebuah evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman selama mengikut
kegiatan paltihan mandiri tersebut. Sebelum mengerjakan post test maka bapak
ibu guru harus sudah terlebih dahulu menyelesaikan seluruh aktivitas, baik
Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.
Nah pada kesempatan
kali ini admin akan membantu bapak/ibu guru yang sedang menghadapi post test
yang mana disini admin akan memberikan bentuk soal yang telah dilengkapi dengan
kunci jawabannya. Adapun soal dan kunci jawaban post test yang akan admin
bagikan di postingan ini yaitu Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran
Baiklah berikut ini
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri yang dapat anda lihat di bawah ini :
SOAL DAN
KUNCI JAWABAN POST TEST PELATIHAN MANDIRI TOPIK KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN
PEMBELAJARAN MODUL 1 MENGENAL KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Apakah perbedaan
yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran?
A. KKM dirumuskan
di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat
dirumuskan di tengah proses belajar
B. KKM hanya berupa
indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi
konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik
C. KKM dirumuskan
oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh
guru
D. KKM tidak dapat
berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat
disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi
Jawab : B
2. Pada pendekatan
jenis ini, pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang
berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun
yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud?
A. Pendekatan
menggunakan skala atau interval nilai
B. Pendekatan menggunakan
deskripsi kriteria
C. Pendekatan
menggunakan instrumen jurnal dan portfolio
D. Pendekatan
menggunakan rubrik
Jawab : B
3. Setiap tahapan
pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan….
A. Performa belajar
peserta didik
B. Indikator
belajar peserta didi
C. Media belajar
peserta didik
D. Model belajar
peserta didik
Jawab : B
4. Ibu sulis
mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan
pembelajaran tertera "Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan
berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat
untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….
A. Peserta didik
menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut
B. Peserta didik
menjelaskan teks eksplanasi dengan baik
C. Peserta didik
memahami teks eksplanasi dengan baik
D. Peserta didik
mampu mendengarkan wawancara dengan baik
Jawab : A
5. Interval nilai
olahraga kasti:
0 - 40
Belum mencapai,
remedial di seluruh bagian
41 - 75
Belum mencapai
ketuntasan, remedial di bagian tertentu
76 - 100
Sudah mencapai
ketuntasan, tidak perlu remedial
101 - 150
Di atas ketuntasan,
perlu pengayaan
Ternyata, dari
total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena
kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang
bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah...
A. Mengulang
asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan
B. Mengulang
asesmen untuk seluruh kelas
C. Menambah porsi
latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)
D. Tidak perlu ada
pengulangan apapun
Jawab : C
6. Berikut ini yang
bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu...
A. Mendapat
pemetaan kemampuan peserta didik di kelas
B. Merancang proses
pembelajaran berikutnya
C. Bahan akreditasi
sekolah
D. Mengevaluasi
proses pembelajaran
Jawab : C
7. Apa perbedaan
paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan
pendekatan rubrik?
A. Pada pendekatan
rubrik penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif, dibandingkan dengan pendekatan
deskripsi kriteria
B. Pendekatan
rubrik lebih memakan waktu, sementara pendekatan deskripsi kriteria lebih
singkat waktunya
C. Pendekatan
rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sementara
pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek sampai
menengah
D. Pendekatan
rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria
hanya terdapat 2 tahap
Jawab : A
8. Setiap tahapan
pada pendekatan rubrik, selalu memuat deskripsi berdasarkan...
A. Performa belajar
peserta didik
B. Indikator
belajar peserta didik
C. Media belajar
peserta didik
D. Model belajar
peserta didik
Jawab : B
9. Dalam setiap
tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada
A. Model belajar
dari murid
B. Indikator
belajar pada murid
C. Performa belajar
dari murid
D. Media belajar
pada murid
Jawab : B
Demikianlah
informasi seputar Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran yang dapat admin sampaikan di kesempatan ini, semoga apa yang
telah admin berikan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang sedang megukuti
kegiatan pelatihan mandiri di modul ini.