Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Halo sahabat Pendidikan dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan kegiatan guru dalam mengikuti pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar (PMM).

 


Sebagai seorang guru kita bukan hanya di tuntut untuk bisa mengajar sesuai bidang study yang kita pilih melainkan guru harus terus mengasah kemampuannya dan mengembangkan kompetensi mengarnya. Saat ini kita sudah memasuki era kurikulum merdeka dimana dalam kurikulum merdeka ini banyak sekali jenis pelatihan yang diperuntukkan bagi guru guna meningkatkan pemahaman dan kompetensi sebagai seorang guru yang professional.

 

Dalam platform merdeka mengajar guru dapat mengikuti berbagai pelatihan yang menarik dan tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu apabila semua tahapan dapat di ikuti dengan baik maka nantinya guru pun dapat memperoleh sertifikat yang akan menjadi bukti fisik keberhasilan seorang guru dalam menyelesaikan pelatihan yang telah di ikutinya.

 

Apabila anda saat ini sedang mengikuti salah satu atau lebih dari satu pelatihan mandiri yang ada di PMM maka anda pastinya akan mengetahui prosedur yang harus di jalani selama mengikuti kegiatan pelatihan mandiri tersebut. Dalam pelatihan mandiri tersebut nantinya ibu dan bapak guru akan disuguhkan materi, latihan soal dan kegiatan lainnya.

 

Dalam mengikuti pelatihan mandiri ibu bapak guru juga akan di hadapkan dengan post test yang merupakan sebuah evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman selama mengikut kegiatan paltihan mandiri tersebut. Sebelum mengerjakan post test maka bapak ibu guru harus sudah terlebih dahulu menyelesaikan seluruh aktivitas, baik Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

 

Nah pada kesempatan kali ini admin akan membantu bapak/ibu guru yang sedang menghadapi post test yang mana disini admin akan memberikan bentuk soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal dan kunci jawaban post test yang akan admin bagikan di postingan ini yaitu Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

 

Baiklah berikut ini Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri yang dapat anda lihat di bawah ini :

 

SOAL DAN KUNCI JAWABAN POST TEST PELATIHAN MANDIRI TOPIK KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MODUL 1 MENGENAL KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1. Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar

B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik

C. KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru

D. KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi

Jawab : B

 

2. Pada pendekatan jenis ini, pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud?

A. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai

B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio

D. Pendekatan menggunakan rubrik

Jawab : B

 

3. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan….

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didi

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

Jawab : B

 

4. Ibu sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….

A. Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut

B. Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik

C. Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik

D. Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik

Jawab : A

 

5. Interval nilai olahraga kasti:

0 - 40

Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

41 - 75

Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu

76 - 100

Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

101 - 150

Di atas ketuntasan, perlu pengayaan

 

Ternyata, dari total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah...

A. Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan

B. Mengulang asesmen untuk seluruh kelas

C. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)

D. Tidak perlu ada pengulangan apapun

Jawab : C

 

6. Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu...

A. Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas

B. Merancang proses pembelajaran berikutnya

C. Bahan akreditasi sekolah

D. Mengevaluasi proses pembelajaran

Jawab : C

 

7. Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan rubrik?

A. Pada pendekatan rubrik penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif, dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria

B. Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sementara pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya

C. Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sementara pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek sampai menengah

D. Pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya terdapat 2 tahap

Jawab : A

 

8. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik, selalu memuat deskripsi berdasarkan...

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didik

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

Jawab : B

 

9. Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada

A. Model belajar dari murid

B. Indikator belajar pada murid

C. Performa belajar dari murid

D. Media belajar pada murid

Jawab : B

 

Demikianlah informasi seputar Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang dapat admin sampaikan di kesempatan ini, semoga apa yang telah admin berikan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang sedang megukuti kegiatan pelatihan mandiri di modul ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel