7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid
Kherysuryawan.id – Memahami 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.
Halo sahabat kherysuryawan, dalam proses
pelaksanaan pembelajaran di sekolah maka lingkungan sekolah akan menjadi salah
satu penentu dalam kelancaran pembelajaran dan juga dapat memberi rasa nyaman
dalam belajar. Apabila lingkungan sekolah bersih, indah dan asri maka seluruh
waraga sekolah pastinya akan merasa senang dan nyaman belajar.
Pada kesempatan kali ini admin akan
membahas tentang kepemimpinan murid dan juga 7 Karakteristik Lingkungan Yang
Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.
Apa itu kepemimpinan murid ??? Pada
dasarnya kepemimpinan murid merupakan kemampuan murid dalam
mengungkapkan gagasan-gagasan yang mengarahkan proses pembelajarannya sendiri,
mengkomunikasikan gagasan dan membuat pilihan-pilihan dalam proses pembelajaran.
Di dalam panduan Program Guru Penggerak
(PGP) dari filosofi Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan anak adalah bahwa
padi yang hanya akan tumbuh subur pada lingkungan yang tepat, maka kepemimpinan
murid pun akan tumbuh dengan lebih subur jika sekolah dapat menyediakan
lingkungan yang mendukung. Jadi lingkungan sekolah menjadi factor yang sangat
menunjang keberhasilan murid dalam belajar serta dalam mengembangkan kemimpinan
murid.
Lingkungan yang menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid adalah lingkungan di mana guru, sekolah, orangtua, dan
komunitas secara sadar mengembangkan wellbeing atau kesejahteraan diri
murid-muridnya secara optimal. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan
murid memiliki beberapa karakteristik, dan melalui postingan ini admin
kherysuryawan akan menjabarkan tentang 7 Karakteristik Lingkungan Yang
Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.
Mungkin diantara para pembaca ingin
mengetahui apa saja 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan
Kepemimpinan Murid. Nah bagi anda yang ingin mengetahui apa saja dari ke 7
karakter lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid maka di bawah
ini penjelasannya :
7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid
1. Lingkungan yang menyediakan
kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang
positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif
kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.
2. Lingkungan yang mengembangkan keterampilan
berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.
3. Lingkungan yang melatih
keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik
maupun non-akademiknya.
4. Lingkungan yang melatih murid
untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan
lingkungan di sekitarnya.
5. Lingkungan yang membuka wawasan
murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang
manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun
golongan.
6. Lingkungan tersebut berkomitmen
untuk menempatkan murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses
belajarnya sendiri.
7. Lingkungan tersebut menumbuhkan
daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan
dan kesulitan.
Berikut ini Penjelasan dari ke 7 Karakteristik
Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid yang telah di sebutkan
diatas :
1. Pola pikir positif ini didapatkan oleh murid melalui pengalaman
emosi positif di sekolah. Murid merasa aman, nyaman, dan merasa menjadi bagian
dari komunitas sekolah, Murid merasakan keselarasan antara kebutuhan dan
harapannya terhadap sekolah dan lingkungannya dengan pengalaman belajar yang
didapatnya di sekolah. Lewat pengalaman emosi positif ini, murid akan mampu
mengembangkan keterampilan inkuiri, menunjukkan sikap gembira, penuh syukur,
saling mengapresiasi. Mereka memiliki kesadaran diri, sikap optimis sehingga
dapat berperan aktif dan membuat perbedaan yang positif baik untuk dirinya
sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitarnya.
2. Di dalam lingkungan yang seperti ini, nilai-nilai tersebut kemudian
akan mewujud menjadi atmosfer sekolah yang positif, di mana hubungan dan
interaksi sosial yang terjalin di antara para murid, guru, orang tua maupun
seluruh komunitas yang terkait akan terasa sangat positif dan kontributif.
3. Dalam lingkungan ini, murid akan belajar tentang nilai-nilai
ketekunan serta kerja keras. Murid akan belajar untuk mampu melihat sejauh mana
kemajuan proses belajarnya. Murid mampu mengerjakan tugas sekolahnya secara
mandiri, memiliki pemahaman yang benar dan cakap sehingga berhasil mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
4. Lingkungan yang seperti ini akan membantu murid untuk dapat
menerapkan dan mempergunakan apa yang menjadi kekuatan dirinya dan memanfaatkan
serta menerapkannya dalam berbagai konteks yang berbeda-beda.
5. Lingkungan yang seperti ini akan memberikan kesempatan bagi murid
untuk melihat dirinya sebagai bagian dari sesuatu yang jauh lebih besar di luar
dirinya. Lingkungan ini akan memberikan peluang bagi murid untuk belajar
melalui pelayanan kepada masyarakat dan komunitas di mana mereka akan dapat
terus mengasah rasa kemanusiaan, kepedulian, dan rasa cinta kasih.
6. Lingkungan yang seperti ini akan menyediakan berbagai kegiatan
belajar yang menarik, menantang, dan bermakna, di mana dalam prosesnya murid
akan merasa senang hati dan menikmati setiap momen pembelajarannya.
7. Lingkungan ini akan membantu murid untuk berani menerima tantangan,
berjiwa besar, dan selalu bangkit lagi dan berusaha mencari solusi bila menemui
kegagalan. Lingkungan ini akan memungkinkan murid untuk selalu mengambil pelajaran
dari setiap kegagalan kegagalan yang dijumpainya dan berusaha untuk menemukan
cara-cara alternative atau cara yang paling tepat.
(disadur dari
Noble, T. & H. McGrath, 2016)
Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid. Semoga postingan ini dapat membantu para guru dalam memahami tentang pentingnya mengenal karakteristik lingkungan yang dapat menumbuh kembangkan kepemimpinan murid.