Soal & Kunci Post Test Modul 2 - Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Tentang Pembelajaran dengan Paradigma Baru Topik Kurikulum Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat
kherysuryawan, selamat berjumpa kembali, pada postingan kali ini admin akan
memberikan referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mempelajari materi
pelatihan mandiri di PMM khususnya pada topik kurikulum.
Bagi anda yang
ingin mengetahui lebih jauh tentang pembelajaran seputar kurikulum dan ingin
mengetahui seperti apa itu kurikulum merdeka, maka anda bisa mempelajarinya
lebih detail dengan mengikuti pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar
(PMM) sehingga anda bisa lebih paham tentang kurikulum merdeka.
Di akhir
pembelajaran pada setiap modul yang akan di pelajari di pelatihan mandiri
kurikulum merdeka pada aplikasi PMM maka anda di wajibkan untuk bisa mengisi
dan menjawab post test dengan baik agar anda bisa dinyatakan lolos dan dapat
melanjutkan ke pembelajaran selanjutnya.
Baiklah untuk
memudahkan bagi bapak/ibu guru yang akan melaksanakan post test pada pelatihan
mandiri di PMM khususnya pada Modul 2 Pembelajaran dengan Paradigma Baru topik kurikulum maka disini admin telah
menyiapkan beberap jenis soal post test Modul 2 yang juga telah di lengkapi
dengan kunci jawabannya sehingga dapat memudahkan bagi para guru yang akan mengikuti
post test.
Perlu diingat bahwa
admin disini hanya memberikan referensi saja sehingga untuk lebih memahami tentang
materi seputar kurikulum maka anda bisa melihat rinciannya pada pembelajaran di
pelatihan mandiri yang ada di PMM.
Berikut ini kumpulan
soal dan jawaban pos test Modul 2 Pembelajaran dengan Paradigma Baru topik
kurikulum pelatihan mandiri kurikulum merdeka.
15 Soal dan Kunci
Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kurikulum Modul 2 Pembelajaran dengan
Paradigma Baru
1. Sebelum tahun
ajaran baru dimulai, Pak Seno menggali informasi mengenai kebutuhan dan
kemampuan murid untuk merancang pembelajaran yang akan dilakukan. Hal yang
dilakukan Pak Seno merupakan contoh penerapan prinsip umum pembelajaran
paradigma baru, yaitu...
Jawab :
Mempertimbangkan kebutuhan capaian pembelajaran murid saat ini.
2. Untuk memberikan
wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar
pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik
dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat. Apakah hal
yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
Jawab : Tidak
tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk
berkolaborasi dalam pembelajaran.
3. Capaian
pembelajaran merupakan kompetensi yang disusun oleh satuan pendidikan sebagai
dasar rancangan pembelajaran yang harus dilalui murid.
Jawab : Benar
4. Capaian
pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai
dalam satu fase.
Jawab : Benar
5. Anak mulai
merepresentasikan dunianya dengan kata dan gambar. Mereka mulai menggunakan
bahasa serta gambar/simbol untuk menggambarkan suatu konsep yang konkret.
Deskripsi tersebut menjelaskan kognitif anak pada tahapan...
Jawab :
Pra-operasional
6.Belajar merupakan
proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan
baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial
yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang
digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu...
Jawab :
Konstruktivisme
7. Capaian
pembelajaran merupakan satu-satunya acuan yang digunakan dalam menyusun program
intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.
Jawab : Salah
8.Alur Tujuan
Pembelajaran merupakan kompetensi pada capaian pembelajaran yang disusun dalam
satu fase
Jawab : Benar
9. Berikut ini
merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali...
Jawab :
Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
10. Di awal tahun
pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki
kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari
adalah...
Jawab :
Memberikan pendampingan pada murid tersebut
11. Projek penguatan
profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak
terikat dengan mata pelajaran apapun.
Jawab : Salah
12. Salah satu
perubahan struktur kurikulum pada kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di
SMP adalah...
Jawab : Mata
pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
13. (1) Gaya Hidup
Berkelanjutan.
(2) Sosial dan Budaya.
(3) Bineka Tunggal Ika
(4) Bangunlah Jiwa dan
Raganya.
(5) Masyarakat
Demokrasi.
(6) Berekayasa dan
Berteknologi untuk Membangun NKRI.
(7) Cinta Tanah Air.
Beberapa tema yang
ditetapkan oleh pemerintah sebagai tema program projek penguatan profil pelajar
Pancasila adalah...
Jawab : 1, 3,
4, dan 6.
14. Contoh penerapan
asesmen dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah...
Jawab : Bu
Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di
awal semester.
15. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada semester
ganjil, murid hanya mempelajari Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Pada semester
genap murid hanya mempelajari Bahasa Inggris dan PKN.
(2) Pelaksanaan dan
penilaian dilakukan secara terpadu antar-mata pelajaran.
(3) Setiap
pembelajaran dilakukan terpisah antara satu mata pelajaran dengan mata
pelajaran lainnya.
Pernyataan yang tepat
mengenai kalimat-kalimat di atas adalah?
Jawab :
Kalimat satu merupakan gambaran alokasi waktu blok, sedangkan kalimat tiga
merupakan alokasi pembelajaran regular.
Demikianlah informasi
mengenai kumpulan soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik
Kurikulum Modul 2 Pembelajaran dengan Paradigma Baru yang dapat admin
sajikan dan sampaikan pada postingan kali ini, semoga membantu aktivitas
bapak/ibu guru yang sedang membutuhkannya.
Sekian dan
Terimakasih.