Soal & Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SMP-SMA/SMK
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SMP-SMA/SMK.
Halo sahabat
kherysuryawan, senang rasanya saya
sebagai admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia
pendidikan.
Pada kesempatan
kali ini admin akan memberikan informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan
guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa
saat ini Kemendikbud telah menyiapkan sebuah platform yang dapat diakses oleh
bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman seputar kurikulum
merdeka.
Guru saat ini
diharapkan untuk bisa melek teknologi serta mampu untuk bersaing dan bergerak
kearah yang lebih maju. Bagi bapak/ibu guru yang di sekolahnya sudah maupun
belum menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka di harapkan untuk bisa
melakukan pembelajaran mandiri melalui aplikasi platform merdeka mengajar atau
yang biasa di sebut dengan PMM.
Di dalam Platform Merdeka
Mengajar (PMM) ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh setiap guru untuk
meningkatkan kompetensinya salah satunya ialah dengan mengikuti pelatihan
mandiri. Bagi guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya guru
dapat dengan bebas memilih jenis pelatihan yang ingin diikuti.
Di dalam pelatihan
tersebut nantinya guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan, kemudian
guru di haruskan untuk bisa mengerjkan Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif. Di
akhir pembelajaran guru juga harus dapat mengerjakan post test yang telah
disiapkan sebagai bentuk penilaian bahwa guru sudah atau masih belum mampu
menguasai materi dengan baik. Untuk kegiatan dalam mengerjakan post test apabila
guru belum mampu mencapai nilai yang di syaratkan maka guru dapat mnegulang
post test hingga mampu mencapai nilai yang terbaik, namun demikian alangkah
baiknya jika kita dalam mengerjakan post test langsung dapat memperoleh nilai
yang memuaskan sesuai harapan.
Nah, berbicara
mengenai post test maka melalui postingan ini admin akan berbagi kumpulan soal
post test yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal post test
yang akan admin bagikan disini yaitu soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3
Penggunaan Hasil Asesmen SMP-SMA/SMK.
Bagi anda yang
sedang mencari-cari kunci jawaban dari soal Post Test
Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen
SMP-SMA/SMK, maka anda bisa
melihatnya melalui postingan ini.
Baiklah berikut ini
sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SMP-SMA/SMK.
Soal & Kunci
Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3
1. Seseorang yang
memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat
dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti
kesungguhan dan ketekunan.
Jawab : Benar
2. Perhatikan
beberapa pernyataan berikut.
1.
Kesalahan
dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan
keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2.
Belajar
bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan
berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3.
Ekspektasi
guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa
murid.
4.
Setiap
murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu
dibandingkan dengan teman-temannya.
5.
Pengkondisian
lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi
pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan
yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
Jawab : 2 dan
4
3. Perhatikan salah
satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal
tahun ajaran baru berikut.
·
Mayoritas
murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
·
Mayoritas
murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
·
Mayoritas
murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
Manakah bentuk
tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen
tersebut?
Jawab :
Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus
pada penerapan.
4. Umpan balik
adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang
relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.
Jawab : Benar
5. Perhatikan
cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru:
"Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid: "Hmm...
judul?
Guru: "Ya,
menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu
angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid: "Oh,
iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
Jawab : Saran
6. Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini.
1.
Hindari
hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih
banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
2.
Hindari
terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut
untuk perbaikan proses pembelajaran.
3.
Terlalu
fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
4.
Tujuan
pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
5.
Melengkapi
data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
6.
Asesmen
formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
7.
Asesmen
formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
nilai akhir.
Hal yang perlu
diperhatikan ketika kita menggunakan data kuantitatif serta data kualitatif
dari asesmen formatif dan asesmen sumatif untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 3, 4,
dan 5.
7. Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini.
1.
Hindari
hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih
banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
2.
Hindari
terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut
untuk perbaikan proses pembelajaran.
3.
Terlalu
fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
4.
Tujuan
pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
5.
Melengkapi
data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
6.
Asesmen
formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
7.
Asesmen
formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan nilai
akhir.
Hal yang perlu
diperhatikan ketika kita menggunakan seluruh data hanya dari asesmen sumatif
untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 1, 6,
dan 7.
8. Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini.
1.
Hindari
hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih
banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
2.
Hindari
terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut
untuk perbaikan proses pembelajaran.
3.
Terlalu
fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
4.
Tujuan
pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
5.
Melengkapi
data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
6.
Asesmen
formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
7.
Asesmen
formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
nilai akhir.
Hal yang perlu
diperhatikan ketika kita menggunakan seluruh data kuantitatif dari asesmen
formatif dan sumatif untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 1, 2,
dan 3.
9. Pak Karsan
adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati
isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah.
Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani.
Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang
tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu
saat pembagian rapor.
Dengan kondisi
seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di
sekolahnya?
Jawab :
Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian
rapor.
10. Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1.
Melibatkan
orang-tua murid, murid dan guru sebagai mitra.
2.
Melibatkan
kepala sekolah selaku pimpinan sekolah.
3.
Merefleksikan
nilai-nilai yang dianut oleh sekolah seperti visi dan misi atau budaya sekolah.
4.
Menyeluruh,
jujur, adil dan dapat dipertanggungjawabkan.
5.
Memilih
dan menjelaskan salah satu bagian dari proses pembelajaran dengan jujur
sehingga dapat dipertanggungjawabkan
6.
Jelas dan
mudah dipahami oleh guru.
Beberapa hal yang
perlu diperhatikan agar pelaporan belajar yang dilakukan efektif adalah...
Jawab : 1, 3,
dan 4
11. Perbedaan
pelaporan belajar dan pelaporan hasil belajar adalah...
Jawab :
Pelaporan hasil belajar membuat murid dapat merefleksikan sendiri hal yang
sudah dilakukan, hambatan dan strategi yang perlu dilakukan selama proses
pembelajaran sementara pelaporan belajar membuat murid mendapatkan umpan balik
dari guru pada saat akhir pembelajaran.
Demikianlah kumpulan
soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri
Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SMP-SMA/SMK yang bisa admin bagikan pada postingan ini,
semoga bisa menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru dalam mengerjakan
soal-soal post test saat mengikuti pelatihan mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.