Soal & Jawaban Post Test Modul 2 Menyiapkan Asesmen SMP,SMA/SMK
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2 Menyiapkan Asesmen SMP-SMA/SMK.
Halo sahabat
kherysuryawan, senang rasanya saya
sebagai admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia
pendidikan.
Pada kesempatan
kali ini admin akan memberikan informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan
guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa
saat ini Kemendikbud telah menyiapkan sebuah platform yang dapat diakses oleh
bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman seputar kurikulum
merdeka.
Guru saat ini
diharapkan untuk bisa melek teknologi serta mampu untuk bersaing dan bergerak
kearah yang lebih maju. Bagi bapak/ibu guru yang di sekolahnya sudah maupun
belum menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka di harapkan untuk bisa
melakukan pembelajaran mandiri melalui aplikasi platform merdeka mengajar atau
yang biasa di sebut dengan PMM.
Di dalam Platform Merdeka
Mengajar (PMM) ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh setiap guru untuk
meningkatkan kompetensinya salah satunya ialah dengan mengikuti pelatihan
mandiri. Bagi guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya guru
dapat dengan bebas memilih jenis pelatihan yang ingin diikuti.
Di dalam pelatihan
tersebut nantinya guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan, kemudian
guru di haruskan untuk bisa mengerjkan Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif. Di
akhir pembelajaran guru juga harus dapat mengerjakan post test yang telah
disiapkan sebagai bentuk penilaian bahwa guru sudah atau masih belum mampu
menguasai materi dengan baik. Untuk kegiatan dalam mengerjakan post test apabila
guru belum mampu mencapai nilai yang di syaratkan maka guru dapat mnegulang
post test hingga mampu mencapai nilai yang terbaik, namun demikian alangkah
baiknya jika kita dalam mengerjakan post test langsung dapat memperoleh nilai
yang memuaskan sesuai harapan.
Nah, berbicara
mengenai post test maka melalui postingan ini admin akan berbagi kumpulan soal
post test yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal post test
yang akan admin bagikan disini yaitu soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2
Menyiapkan Asesmen SMP-SMA/SMK.
Bagi anda yang
sedang mencari-cari kunci jawaban dari soal Post Test
Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2 Menyiapkan Asesmen
SMP-SMA/SMK, maka anda bisa
melihatnya melalui postingan ini.
Baiklah berikut ini
sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2 Menyiapkan Asesmen SMP-SMA/SMK.
Soal & Kunci
Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2
1. Asesmen
diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan
murid.
Jawab : Benar
2. Ingatlah kembali
cerita Pak Doni dengan asesmen diagnostiknya. Misalnya, ada kelompok murid yang
tergolong mahir, tindakan apakah yang bisa Pak Doni lakukan untuk murid-murid
tersebut?
Jawab :
Memberikan tantangan lebih atau kegiatan pengayaan yang sesuai.
3. Perhatikan
beberapa tahapan penyusunan asesmen diagnostik berikut.
1.
Melaksanakan
asesmen dan mengolah hasilnya.
2.
Menganalisis
rapor murid tahun sebelumnya.
3.
Mengidentifikasi
kompetensi yang akan diajarkan.
4.
Menggunakan
data hasil asesmen untuk merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan
tepat sasaran.
5.
Menyusun
instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik.
6.
Menggali
informasi tentang murid, seperti latar belakang keluarga, motivasi, minat,
serta ketersediaan sarana dan prasarana.
Urutan manakah yang
sesuai dalam menyusun sebuah asesmen diagnostik?
Jawab :
2-3-5-6-1-4
4. Mengidentifikasi
kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah langkah pertama dalam
merancang asesmen diagnostik.
Jawab : Benar
5. Perhatikan hasil
asesmen diagnostik guru PJOK untuk praktik gaya bebas, ditentukan ada beberapa
level yang akan menjadi indikator tercapainya tujuan pembelajaran, yaitu:
Level 1: Pengenalan
air dan masuk kolam renang.
Level 2: Kontrol
nafas, mengapung, dan posisi badan yang stabil.
Level 3: Dorongan
lengan, istirahat lengan, dan gerakan tungkai.
Level 4:
Mengkoordinasikan gerakan lengan dan tungkai serta pengambilan nafas.
Level 5: Jarak
tempuh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan murid.
Kategori yang
sesuai ketika siswa sudah mampu mencapai level 3 dan proses pembelajaran di
level 4 adalah...
Jawab : Layak
6. Ingatlah kembali
hasil asesmen diagnostik guru PJOK terkait praktik renang dengan gaya bebas.
Untuk siswa dengan tipe 1 (masih takut air), tujuan pembelajaran yang kurang
sesuai adalah...
Jawab :
Mengapung di dalam air.
7. Hasil observasi
guru terhadap murid yang berisi aneka indikator yang harus dikuasai murid
dinamakan...
Jawab :
Lembar amatan
8. Perhatikan
pernyataan berikut.
1.
Membuat
catatan yang berisi keterampilan spesifik yang perlu dikembangkan.
2.
Menentukan
indikator turunan dari tujuan pembelajaran.
3.
Membuat
pemetaan berdasarkan tingkat penguasaan murid.
4.
Tahapan
dalam menyusun lembar amatan adalah...
Jawab : 1-3-2
9. Perhatikan
pernyataan berikut.
1.
Menyajikan
informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid.
2.
Pemetaan
kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran
yang berbeda.
3.
Dapat
membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna.
4.
Pemetaan
kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang
berbeda.
Keuntungan
menggunakan lembar amatan adalah...
Jawab : 1, 3,
dan 4
Demikianlah kumpulan
soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri
Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 2 Menyiapkan Asesmen SMP-SMA/SMK yang bisa admin bagikan pada postingan ini,
semoga bisa menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru dalam mengerjakan
soal-soal post test saat mengikuti pelatihan mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.