Soal & Jawaban Post Test Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar.
Halo sahabat
kherysuryawan, senang rasanya saya
sebagai admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia
pendidikan.
Pada kesempatan
kali ini admin akan memberikan informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan
guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa
saat ini Kemendikbud telah menyiapkan sebuah platform yang dapat diakses oleh
bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman seputar kurikulum
merdeka.
Guru saat ini
diharapkan untuk bisa melek teknologi serta mampu untuk bersaing dan bergerak
kearah yang lebih maju. Bagi bapak/ibu guru yang di sekolahnya sudah maupun
belum menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka di harapkan untuk bisa
melakukan pembelajaran mandiri melalui aplikasi platform merdeka mengajar atau
yang biasa di sebut dengan PMM.
Di dalam Platform Merdeka
Mengajar (PMM) ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh setiap guru untuk
meningkatkan kompetensinya salah satunya ialah dengan mengikuti pelatihan
mandiri. Bagi guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya guru
dapat dengan bebas memilih jenis pelatihan yang ingin diikuti.
Di dalam pelatihan
tersebut nantinya guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan, kemudian
guru di haruskan untuk bisa mengerjkan Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif. Di
akhir pembelajaran guru juga harus dapat mengerjakan post test yang telah
disiapkan sebagai bentuk penilaian bahwa guru sudah atau masih belum mampu
menguasai materi dengan baik. Untuk kegiatan dalam mengerjakan post test apabila
guru belum mampu mencapai nilai yang di syaratkan maka guru dapat mnegulang
post test hingga mampu mencapai nilai yang terbaik, namun demikian alangkah
baiknya jika kita dalam mengerjakan post test langsung dapat memperoleh nilai
yang memuaskan sesuai harapan.
Nah, berbicara
mengenai post test maka melalui postingan ini admin akan berbagi kumpulan soal
post test yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal post test
yang akan admin bagikan disini yaitu soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul
Ajar.
Bagi anda yang
sedang mencari-cari kunci jawaban dari soal Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan
Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar, maka anda bisa
melihatnya melalui postingan ini.
Baiklah berikut ini sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar.
Soal & Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2
1. Berikut
pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...
Jawab :
Merupakan pemahaman praktis.
2. Tidak semua
pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins
dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada
beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar
(sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang
mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan
yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal
tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
Jawab :
Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”
3. Produk akhir
merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir
proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah...
Jawab : Untuk
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
4. Pak Markus
sedang merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya ia akan meminta
murid menuangkan pemahamannya terkait dampak globalisasi dalam bentuk kampanye.
Pak Markus memberikan kebebasan pada murid untuk memilih media kampanye selama
pesan kampaye dapat tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek
yang tepat untuk mengukur asesmen tersebut antara lain...
Jawab :
Sistematika kampanye, kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media.
5. Indikator
pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan...
Jawab :
tujuan pembelajaran yang ditetapkan
6. Pernyataan
berikut yang salah tentang modul ajar adalah...
Jawab : Modul
ajar setara dengan RPP.
7. Bu Yuki sedang
melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk
pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal
berikut:
1.
Isi modul
ajar untuk pembelajaran luring
2.
Modul ajar
menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
3.
Modul ajar
menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara
menyeluruh
Jika akan
menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan
adalah...
Jawab :
Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih
mudah dilakukan secara daring.
8. Berikut
merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid,
kecuali...
Jawab :
Menggantikan peran guru dalam mengajar.
9. Pak Robert sedang
mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar.
Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses
internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan.
Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak
memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak
Robert tergolong...
Jawab :
Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
Demikianlah kumpulan
soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan
Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar yang bisa admin
bagikan pada postingan ini, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu
guru dalam mengerjakan soal-soal post test saat mengikuti pelatihan mandiri di
PMM.
Sekian dan Terimakasih.