Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Topik Perencanaan Pembelajaran
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K).
Halo sahabat
kherysuryawan, senang rasanya saya
sebagai admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia
pendidikan.
Pada kesempatan
kali ini admin akan memberikan informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan
guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa
saat ini Kemendikbud telah menyiapkan sebuah platform yang dapat diakses oleh
bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman seputar kurikulum
merdeka.
Guru saat ini
diharapkan untuk bisa melek teknologi serta mampu untuk bersaing dan bergerak
kearah yang lebih maju. Bagi bapak/ibu guru yang di sekolahnya sudah maupun
belum menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka di harapkan untuk bisa
melakukan pembelajaran mandiri melalui aplikasi platform merdeka mengajar atau
yang biasa di sebut dengan PMM.
Di dalam Platform Merdeka
Mengajar (PMM) ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh setiap guru untuk
meningkatkan kompetensinya salah satunya ialah dengan mengikuti pelatihan
mandiri. Bagi guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya guru
dapat dengan bebas memilih jenis pelatihan yang ingin diikuti.
Di dalam pelatihan
tersebut nantinya guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan, kemudian
guru di haruskan untuk bisa mengerjkan Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif. Di
akhir pembelajaran guru juga harus dapat mengerjakan post test yang telah
disiapkan sebagai bentuk penilaian bahwa guru sudah atau masih belum mampu
menguasai materi dengan baik. Untuk kegiatan dalam mengerjakan post test apabila
guru belum mampu mencapai nilai yang di syaratkan maka guru dapat mnegulang
post test hingga mampu mencapai nilai yang terbaik, namun demikian alangkah
baiknya jika kita dalam mengerjakan post test langsung dapat memperoleh nilai
yang memuaskan sesuai harapan.
Nah, berbicara
mengenai post test maka melalui postingan ini admin akan berbagi kumpulan soal
post test yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal post test
yang akan admin bagikan disini yaitu soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan
Pendidikan (SD, SMP, SMA/K).
Bagi anda yang
sedang mencari-cari kunci jawaban dari soal Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan
Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K),
maka anda bisa melihatnya melalui postingan ini.
Baiklah berikut ini
sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan
Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K).
Soal & Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 1
1. Perhatikan
langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
Wawancara.
1.
Pemilihan
informasi yang relevan.
2.
Analisis
karakteristik atau konteks sekolah.
3.
Merumuskan
misi sekolah.
4.
Merumuskan
visi sekolah.
Urutan yang tepat
dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
Jawab :
1,2,3,5,4
2. Bu Meiske adalah
kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia
mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:
1.
sekolah
melahirkan generasi yang positif dan semangat;
2.
sekolah
dapat melahirkan murid yang cerdas;
3.
semua
warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
4.
sekolah
mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis
konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
Jawab :
Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing
di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.
3. Budaya sekolah
itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang
dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah.
Jawab : Benar
4. Pemerintah
berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman
dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk
mewujudkan hal tersebut , kecuali
Jawab :
Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
5. Perhatikan
beberapa komponen berikut:
1.
Merumuskan
Alur Tujuan Pembelajaran
2.
Menguraikan
Capaian Pembelajaran
3.
Menentukan
Tujuan Pembelajaran
4.
Menentukan
metode pembelajaran
5.
Memahami
isi CP
6.
Menentukan
rencana asesmen
Urutan yang
direkomendasikan dalam membuat perencanaan pembelajaran dari Capaian
Pembelajaran adalah...
Jawab :
5-2-1-3-6-4
6. Berikut
pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah...
Jawab :
Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama
7. Bu Ika adalah
seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk
materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik
perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional,
dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus
mempertimbangkan.
Jawab :
Cakupan dan keluasan TP
8. Perhatikan
pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:
1.
Mata
pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00-
12.00 dalam semester 1
2.
Dalam satu
tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan).
Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara
bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada
semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.
Pengaturan waktu
belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.
Jawab : Blok
Demikianlah kumpulan
soal dan kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan
Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K)
yang bisa admin bagikan pada postingan ini, semoga bisa menjadi bahan referensi
bagi bapak/ibu guru dalam mengerjakan soal-soal post test saat mengikuti
pelatihan mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.