Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid Topik 6
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan membahas seputar kegiatan yang akan di
laksanakan dalam aktivitas pelatihan mandiri IKM yang nantinya akan di kerjakan
oleh bapak/ibu guru saat mengikuti pelatihan mandiri.
Untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman bapak/ibu
guru dalam melaksanakan pembelajaran di kurikulum merdeka nantinya maka salah
satu alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan mengikuti berbagai kegiatan
yang telah di siapkan oleh pihak kemendikbud salah satunya ialah dengan
melakukan pelatihan mandiri yang dapat diikuti oleh semua guru melalui Platform
Merdeka Mengajar (PMM).
Di dalam aplikasi PMM terdapat berbagai jenis palatihan
mandiri yang dapat diikuti oleh bapak/ibu guru khususnya untuk meningkatkan
pemahaman pembelajaran versi kurikulum
merdeka. Semakin sering para guru melaksanakan dan mengikuti pelatihan
maka pastinya akan berdampak pada penguasaan teknik pembelajaran serta menambah
pengetahuan tentang pembelajaran kurikulum merdeka.
Dalam mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya bapak/ibu
guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan sesuai jenis pelatihan
mandiri yang dipilih/diikuti. Selain mempelajari materi tahapan selanjutnya
yang harus di ikuti oleh peserta pelatihan mandiri yaitu mengikuti latihan
pemahaman dan cerita reflektif dan pada sesi akhir peserta wajib menjawab
soal-soal yang telah disiapkan dalam bentuk post test.
Post test dilakukan di akhir pembelajaran pada setiap
kegiatan pelatihan mandiri. Tujuannya dilaksanakan post test yakni untuk
mengetahui tingkat pemahaman peserta yang dalam hal ini bapak/ibu guru yang
mengikuti kegiatan pelatihan mandiri dalam mempelajari seluruh materi yang
telah disiapkan. Apabila bapak/ibu guru bisa menjawab seluruh soal-soal post
test dengan benar maka itu artinya bapak/ibu guru telah mampu menguasai materi
dengan baik dan dianggap telah lulus dalam pelatihan mandiri tersebut.
Berbicara mengenai post test pelatihan mandiri, maka pada
kesempatan ini admin kherysuryawan ingin berbagi kunci jawaban post test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian
Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1
Memahami Murid. Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 1
Memahami Murid ini yaitu agar bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang
sedang mengikuti pelatihan mandiri di modul ini.
Baiklah untuk bapak/ibu guru yang ingin melihat kunci
jawaban post test Pelatihan Mandiri
Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid
SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid, maka di bawah ini soal dank unci jawabannya
yang akan disajikan secara lengkap.
Soal & Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul Modul 1
1. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:
Jawab : Bakat murid
2. Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu
cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.
Jawab : Benar.
3. Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat
mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik.
Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak
Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan
Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih
dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang
peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja
dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?
1.
Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai
lembar kerja murid.
2.
Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu
singkat.
3.
Murid dapat memahami materi pelajaran dengan
baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
4.
Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti
karier di masa depan
5.
Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya
sendiri.
Jawaban yang tepat adalah:
Jawab : 1, 3, 4
4. Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca
dengan cara menunjukkan kartu kata 'IBU', membacakan, lalu mengeja kata pada
kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah
mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam
mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat
digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku
kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita
telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur
kemampuan membaca awal. Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru
Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?
Jawab : Fleksibel dan terbuka terhadap adanya
kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.
5. Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK
termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam
pembelajaran terdiferensiasi?
Jawab : Modifikasi produk akhir
6. Perhatikan kemampuan prasyarat berikut:
1.
Murid dapat menulis kalimat lengkap dengan
struktur S-P-O-K
2.
Murid dapat membedakan fakta dengan opini
3.
Murid dapat membedakan kalimat utama dengan
kalimat penjelas
4.
Murid dapat membaca cepat
5.
Murid dapat menyampaikan ide secara lisan
Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang
menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:
Jawab : 2 dan 3
7. Setelah melaksanakan asesmen kognitif untuk materi
Algoritma, Guru Kelas menemukan ada murid yang belum berhasil mengerjakan
soal-soal tersebut sama sekali. Apa yang dapat dilakukan Guru Kelas untuk
menindaklanjuti hasil tersebut?
Jawab : Guru Kelas memberikan pembelajaran remedial
untuk berpikir komputasional
8. Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi
manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang
disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat
dilakukan oleh Bu Inah?
Jawab : Memberikan instruksi awal yang lebih jelas
kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.
9. Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek.
Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas
campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan
belajar berjalan efektif:
1.
Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi
evaluasi projek.
2.
Menentukan capaian yang sama untuk seluruh murid
di kelas.
3.
Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
4.
Memberikan kesempatan kepada murid untuk
memberikan umpan balik.
5.
Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar
tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah...
Jawab : Nomor 1 dan 3.
Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban post test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian
Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1
Memahami Murid yang dapat admin kherysuryawan bagikan di kesempatan kali ini,
semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri.