Soal & Jawaban Post Test Modul 3 Guru Penggerak
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Tes Paket Akhir Modul 3 Pendidikan Guru Penggerak.
Salam sehat dan
bahagia teruntuk seluruh Calon Guru Penggerak (CGP) dimanapun berada. Selamat admin
ucapkan kepada anda semua yang telah mampu melewati semua tahapan dengan baik
selama mengikuti kegiatan pendidikan guru penggerak.
Memang untuk
bisa menjadi guru penggerak harus melalui beberapa tahapan diantaranya ialah
mendaftar pendidikan guru penggerak dengan mengikuti seleksi tahap 1, kemudian
lanjut dengan mengikuti seleksi tahap 2 dan selanjutnya harus dapat mengikuti
pendidikan calon guru penggerak dalam kurun waktu kurang lebih selama 6 bulan.
Tidak semua
guru yang mendaftar diberi kesempatan untuk bisa lulus pada seleksi calon guru
penggerak, olehnya itu kepada anda yang telah dinyatakan lulus maka teruslah
semangat belajar hingga dapat menyelesaian pendidikan sampai akhir. Semua akan
dapat di lalui dengan baik jika seluruh tahapan di ikuti secara seksama dan
tentunya dengan hati yang bahagia.
Perlu di pahami
bahwa selama melakukan pembelajaran di pendidikan calon guru penggerak maka CGP
harus mempelajari 3 modul yang harus semuanya di ikuti secara seksama. Seluruh tugas-tugas
maupun pertemuan secara daring pun harus dilewati dan di laksanakan dengan baik
agar CGP dapat memperoleh nilai yang memuaskan.
Adapun modul
akhir pada pendidikan calon guru penggerak yaitu modul 3. Apabila CGP telah
mempelajari modul 3 guru penggerak hingga tuntas maka tahapan selanjutny yang tak
kalah penting untuk di ikuti ialah melaksanakan post tes modul 3 atau tes akhir
paket modul 3 guru penggerak. Intinya apabila CGP melakukan pembelajaran maka
di setiap akhir modul maka CGP harus mengikuti post test.
Tujuan dari
post test atau tes akhir paket modul ialah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman
CGP selama mempelajari materi yang ada di setiap modul tersebut. CGP diharapkan
dapat memahami dengan baik seluruh materi di setiap modul yang telah di
pelajari sehingga dapat mengerjakan post test dengan baik.
Bagi anda para
calon guru penggerak yang saat ini telah menyelesaikan pembelajaran di modul 3
guru penggerak, maka kini saatnya anda harus mempersiapkan diri dengan baik untuk
menghadapi ujian akhir atau post test modul 3 guru penggerak. Apabila CGP dapat
memperoleh nilai yang baik di tes akhir paket modul 3 maka tentunya akan sangat
menyenangkan bagi CGP.
Untuk dapat
memudahkan Calon guru Penggerak (CGP) dalam menghadapi tes akhir paket modul 3
atau post tes modul 3 guru penggerak, maka disini admin akan menyiapkan
beberapa referensi pembelajaran berupa kumpulan soal tes akhir paket modul 3
yang dapat di jadikan sebagai bahan latihan maupun sebagai referensi dalam
menghadapi post test di modul 3 guru penggerak nantinya.
Seluruh soal tes
akhir paket modul 3 yang akan admin sajikan pada postingan ini semuanya telah
di lengkapi dengan kunci jawabannya. Meskipum demikian seluruh jawaban yang
telah di sediakan bisa saja masih terdapat kekeliruan maka olehnya itu
diharapkan kepada CGP yang akan menggunakannya sebagai behan latihan maupun
untuk referensi belajar maka dapat menganalisis kembali soal yang ada agar bisa
memperoleh jawaban yang sesuai dengan permintaan soal.
Perlu di ingat
bahwa seluruh soal tes akhir paket modul 3 guru penggerak ini hanyalah sebagai referensi
saja bagi para CGP yang akan menghadapi post test modul 3 guru penggerak. Tujuan
admin memebagikan ini semata-mata untuk bisa membantu para CGP dalam memperoleh
bahan belajar dan latihan dalam menghadapi post test di modul 3.
Sebagai informasi bahwa jawaban yang benar untuk setiap soal telah admin berikan tanda dengan huruf tebal di setiap option jawaban. Silahkan anda pelajari dengan baik dan jangan lupa untuk tetap selalu menganalisis setiap soal dengan baik.
Baiklah berikut
ini kumpulan soal dan jawaban tes akhir paket modul 3 guru penggerak yang bisa
anda pelajari di bawah ini :
SOAL DAN JAWABAN POST TEST (TEST AKHIR) GURU PENGGERAK
TYPE 1
1. Seorang kepala sekolah akan
mengadakan acara perpisahan pada akhir tahun ajaran. Namun, berdasarkan rencana
anggaran yang direncanakan, ternyata dana yang dibutuhkan cukup besar dan tidak
sesuai dengan anggaran sekolah yang tersedia. Kepala sekolah melakukan diskusi
dengan beberapa guru untuk tetap melakukan acara perpisahan dengan menggunakan
apa yang ada dan yang bisa dilakukan oleh sekolah agar acara perpisahan tetap
terlaksana
Gambaran tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut mendeskripsikan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yaitu ….
a.Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.
b.Menghasilkan kepemimpinan, yaitu perilaku yang terus-menerus memperluas dan memperbaharui kapasitas kepemimpinan masyarakat.
c. Membangun koneksi dan kolaborasi, yaitu perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif, jaringan dan hubungan yang kuat antara penduduk, organisasi, bisnis, dan komunitas.
d. Merangkul perubahan dan bertanggung jawab, yaitu perilaku yang memperkuat kemampuan masyarakat untuk mengatasi perubahan dan pulih dari krisis.
e. Membentuk masa depannya, yaitu
perilaku yang memungkinkan visi komunitas bersama tentang masa depan,
sebagaimana tercermin dalam tujuan praktis komunitas, rencana aksi, dan
peringkat prioritas.
2. Dalam rapat pengurus Komite Sekolah di SMA Kebun Raya disepakati untuk mengadakan karyawisata ke Bali. Pembiayaan sudah dipandang memadai dan dapat dijangkau oleh orang tua. Selama enam bulan ini, siswa juga telah menabung untuk mengurangi beban orang tua membayar biaya karyawisata itu. Pihak sekolah telah membentuk kepanitiaan untuk mengurusi pelaksanaan kegiatan karyawisata dan bekerja sama dengan biro perjalanan wisata yang akan mengelola perjalanan ke Bali. Banyak biaya telah dikeluarkan oleh panitia, antara lain untuk membayar uang muka kepada biro perjalanan, uang muka akomodasi dan juga konsumsi. Tiba-tiba, dua minggu menjelang karyawisata siswa kelas XI ke Bali dilaksanakan, sekelompok orang tua mendatangi kepala sekolah untuk memprotes kegiatan karyawisata tersebut. Mereka beranggapan karyawisata sebagai kegiatan yang tidak berguna, menghamburkan uang dan hanya menjadi arena rekreasi bagi guru-guru dengan membebani siswa dengan biaya tinggi. Mereka keberatan dengan biaya yang harus dibayarkan, karena mereka dari keluarga ekonomi lemah. Mereka mengancam melaporkan kepada Bupati dan media masa apabila kegiatan karyawisata itu tetap dilaksanakan.\Berdasarkan kasus di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada SMA Kebun Raya adalah….
a.paradigma jangka pendek lawan jangka panjang
b.paradigma kebenaran lawan kesetiaan
c.paradigma individu lawan masyarakat
d.paradigma keadilan lawan rasa kasihan
e.paradigma benar lawan salah
3. SMK Pelangi berlokasi di pinggiran
Ibu Kota. Selepas kegiatan pembelajaran sore itu, seorang guru menghadap Ibu
Kepala Sekolah Yesita, melaporkan kalau beberapa orang siswa dibawa ke kantor
polisi karena terlibat tawuran dengan siswa dari sekolah lain. Ibu Yesita
langsung menghubungi kepala polisi resort kota, untuk meminta kejelasan tentang
tawuran itu. Besok paginya, orang tua dan beberapa guru melakukan rapat
membahas peristiwa tersebut. Ternyata pelaku utamanya adalah 8 orang siswa
kelas XII yang satu minggu lagi akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS).
Mereka tawuran karena dendam lama. Jika ke-8 orang siswa tersebut dipertahankan
maka akan menjadi preseden buruk bagi siswa lain dan dikhawatirkan menurunkan
reputasi sekolah di mata masyarakat. Siswa lain akan memiliki alasan untuk
bersikap permisif (tidak apa-apa) terhadap kasus serupa di kemudian hari. Sebaliknya,
jika mereka tidak diperbolehkan ikut UAS, maka itu bisa menghambat masa depan
mereka yang terlibat tawuran.
Berdasarkan kasus Ibu Yesita di atas, paradigma dilema etika yang dialami Ibu Dianita adalah ….
a.paradigma jangka pendek lawan jangka panjang
b.paradigma individu lawan masyarakat
c.paradigma keadilan lawan rasa kasihan
d.paradigma kebenaran lawan kesetiaan
e.paradigma benar lawan salah
4. Ibu Dewi, menyampaikan informasi
terkait dengan bagaimana membuat sebuah puisi, dimana sebelumnya b dewi sudah
menjelaskan tentang komponen dan jenis-jenis puisi. Berdasarkan informasi yang
sudah diketahui dan dipahami siswanya, selanjutnya ibu Dewi menugaskan peserta
didiknya untuk menggunakan informasi tersebut sebagai dasar untuk membuat
sebuah karya puisi. Setelah selesai, mereka akan diminta membacakan puisinya.
Selanjutnya, siswa-siswa yang lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan
komentar atas pusi hasil karya teman-temannya secata bergiliran. Di akhir pembelajaran
B Dewi meminta muridnya untuk membuat kesimpulan dari materi yang sudah
disampaikan dalam proses pembelajaran dan meminta perwakilan siswa untuk
menilai proses pembelajaran secara umum.
Aktivitas pembelajaran yang dilakukan B Dewi sudah melibatkan komunitas kelas dengan strategi ....
a.Memfasilitasi kerja kelompok dan kolaborasi antar murid di kelas
b.Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran
c.Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran
d.Mendorong murid untuk bertanya
e.Melibatkan murid dalam proses
penilaian
5. Ibu Tiara seorang guru IPA yang sudah
menjalan kan tugasnya sebagi guru cukup lama . Pada awal tahun ajaran dalam
proses pembelajaran bu tiara memulai pembelajaran dengan mengajak murid untuk
membuat kesepakatan kelas. Murid diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Saat
membuat kesepakatan kelas terlihat beberapa murid diam dan tidak menyampaikan
pendapatnya. Bu tiara berusaha untuk membangun kepercayaan diri dari muri bahwa
satu pendapat yang disampaikan sangatlah berharga. Beberapa murid yang diam itu
pun menyampaikan pendapatnya walau terlihat ragu-ragu.
Kasus Bu Tiara diatas termasuk Student Sgency melalui….
a.Role
b.choice
c.Voice
d.ownership
e.Community
6. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat, maka kita perlu melakukan langkah-langkah pengujian keputusan. Berikut adalah langkah-langkah pengujian keputusan, kecuali ….
a.melihat lagi keputusan dan refleksikan
b.menerapkan paradigma benar atau salah
c.mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut
d.mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut
e.melakukan
prinsip berdasarkan hasil akhir
7. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, ada 4 guru yang merupakan Guru Penggerak, modal dari sekolah yang anda pimpin tersebut merupakan modal ….
a.Modal politik
b.Modal finansial
c.Modal agama/budaya
d.Modal lingkungan alam
e.Modal
manusia
8. Salah satu visi suatu sekolah yaitu
menciptakan lulusan yang memiliki profil pelajar pancasila yang berjiwa gotong
royong.
Aset yang dimiliki sekolah:1. Prestasi
akademik dan non akademik siswa2. Ruang kelas dan toilet siswa sudah sesuai
standar3. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait4.
Keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa
Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai visi sekolah tersebut berdasarkan aset yang dimiliki sekolah yang mencerminkan pendekatan asset based thinking, adalah ….
a.Kegiatan les tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin
b.Rapat dengan komite sekolah dan stakeholder terkait pembiayaan sekolah secara rutin
c.Perayaan hari besar di sekolah secara rutin
d.IHT untuk guru terkait topik pembelajaran Sosial Emosional
e.Gotong
royong kebersihan setiap hari jumat di sekitar sekolah
9. Ibu Lidya, seorang guru PAUD
sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah, yang mengkombinasikan
pembelajaran sinkron dan asinkron. Bu Lidya membuat rancangan aktivitas
pembelajaran yang tertuang dalam bentuk ‘Choice Board’ atau “Papan Pilihan”
dengan berdiskusi bersama rekan sejawat di sekolah. Untuk menjalankan aktivitas
tersebut muris butuh pendampingan orang tua. Bu Lidya setiap minggu mengunjungi
orang tua untuk memberi penjelasan tentang aktivitas yang di gunakan dalam
pembelajaran
Strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepemimpinan murid berdasarkan kasus di atas adalah….
a.Keteribatan komunitas kelas
b.Keterlibatan komunitas sekolah
c.Keterilbatan komunitas keluarga
d.Keterlibatas komunitas yang lebih luas
e.Keterlibatan sekitar sekolah
10. Nigel adalah seorang murid kelas XII yang sangat berbakat dalam bidang seni. Dia juga sopan dan dikenal sebagai anak yang baik. Karya-karya seni yang dibuatnya sangat mengesankan. Namun di sisi lain, Nigel kurang memahami dan menguasai Matematika. Nilai Matematikanya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA dan pengumuman kelulusan SMA, Nigel sudah diterima di universitas pilihannya di jurusan Seni Rupa tanpa tes dan dengan beasiswa. Di saat UAS pada mata ujian Matematika, Pak Didi memergoki Nigel menyontek. Rayhan pun sudah mengakuinya ketika ditanya. Setelah ujian selesai, Pak Didi menghadap kepala sekolah, Ibu Dian. Ibu Dian memahami bahwa jika sekolah menindaklanjuti kasus ini, Nigel bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya. Dan bila sekolah menyimpan kejadian ini rapat-rapat, mungkin guru, siswa, orang tua, pemangku kepentingan akan mempertanyakan dan itu artinya reputasi sekolah dipertaruhkan.
Berdasarkan kasus Ibu Dian di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada Ibu Dian adalah…
a.paradigma kebenaran lawan kesetiaan
b.paradigma keadilan lawan rasa kasihan
c.paradigma benar lawan salah
d.paradigma individu lawan masyarakat
e.paradigma
jangka pendek lawan jangka panjang
11. Perhatikan beberapa pernyataan
berikut
- Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah adalah faktor biotik dan lingkungan adalah faktor abioti
- Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik dan abioti
- Murid, Kepala Sekolah, dan kepala sekolah merupakan unsur abiotik sekolah
- Keuangan, sarana prasarana, dan lingkungan alam merupakan unsur abiotik sekolah
Dari beberapa pernyataan di atas, pernyataan yang tepat adalah ….
a.1 dan 4
b.2 dan 3
c.1 dan 2
d.1 dan 3
e.2
dan 4
12. Pagi ini, SMA Merdeka Belajar
melaksanakan pembagian laporan hasil belajar siswa. Setelah sambutan dan
pengarahan, orang tua dipersilahkan untuk mengambil laporan hasil belajar
anaknya di kelas masing-masing. Ditengah kegiatan tersebut, kepala sekolah Jakiman
didatangi salah satu orang tua. Orang tua tersebut marah-marah sambil memukul
meja dan memaki kepala sekolah. Beliau menuding sekolah telah menghancurkan
masa depan anaknya. Orang tua merasa anaknya tidak akan bisa masuk sekolah
kedinasan dengan nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran Matematika.
Orang tua mengancam akan memindahkan anaknya ke sekolah lain jika sekolah tidak
mau memperbaiki nilai anaknya. Sebaliknya, jika sekolah mau memperbaiki nilai
anaknya maka orang tua tersebut bersedia melunasi pembayaran tagihan rekening
listrik sekolah yang menunggak berbulan bulan. Pada saat yang bersamaan kepala
sekolah Jakiman mendapat laporan bahwa PLN akan memutus aliran listrik sekolah
jika tidak melunasi tunggakan.
Kasus kepala sekolah Jakiman di atas merupakan contoh kasus ….
a.Prinsip moral
b.Bujukan etika
c.Bujukan moral
d.Dilema etika
e.Rasa belas kasihan
13. Pada awal tahun pembelajaran, B Ani
menjadi wali kelas di kelas 7 SMP Nusa Bangsa, B Ani ingin menciptakan kelasnya
menjadi kelas yang menyenangkan. Diawal masuk kelas 7, B Ani mengajak
murid-muridnya untuk membuat kesepakatan kelas yang akan menjadi ketentuan bagi
setiap murid dikelasnya. B Ani meminta murid-muridnya untuk mengusulkan apa
yang akan menjadi kesepkatan kelasnya, dan diperoleh hasil kesepakatan kelasnya
adalah :
1. Mendengarkan saat guru sedang
berbicara
2. Keluar atau masuk kelas harus izin
guru
3. Saling menghargai sesama teman
4. Jujur dan bertanggungjawab
5. Menyelesaikan tugas tepat waktu
6. Tidak bermain hp dikelas
Tindakan yang dilakukan B Ani sebagai wali kelas merupakan bentuk promosi dari ….
a.Suara Murid
b.Kepemilikan Murid
c.Ketentuan Murid
d.Plihan Murid
e.Kesepakatan Murid
14. Salah satu sebab Pendekatan Berbasis Aset dipandang lebih baik dibandingkan Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah ….
a.Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan berkembang secara berkelanjutan
b.Pendekatan berbasis Kekurangan akan mendorong kita menjadi individu yang mudah curiga.
c.Pendekatan berbasis kekurangan tidak sejalan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
d.Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi negatif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan tidak akan berkembang secara berkelanjutan
e.Pendekatan berbasis Aset akan
mendorong kita menjadi individu yang tidak mudah curiga
15. SMA Bakti Pertiwi berlokasi di daerah perkotaan yang cukup heterogen penduduknya. Latar belakang siswa-siswinya berasal dari keluarga yang tingkat ekonominya menengah keatas. Hal tersebut terlihat dari perilaku dan gaya hidup serta performance siswa-siswinya. Dalam keseharian disekolah terlihat siswa-siswanya lebih asik menyibukkan diri dengan telepon selulernya, hal yang samapun terlihat dari perilaku guru baik dikelas maupun di luar kelas, semuanya sibuk dengan tujuan dan kesenangannya masing-masing. Melihat hal tersebut, Pak Iwan sebagai Kepala Sekolah ingin melakukan sebuah perubahan disekolahnya dengan menciptakan lingkungan sekolah sebagai komunitas yang mampu mendorong kepemimpinan murid di sekolahnya. Bersama beberapa guru yang merangkap sebagai wakil kepala sekolah berdiskusi bersama untuk merancang program sekolah yang mengutamakan pembentukan perilaku siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pertanyaan yang tepat untuk mengawali diskusi dalam permasalahan di atas adalah ….
a.Program apa yang menarik siswa untuk menumbuhkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi
b.Bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sekaligus mewujudkan siswa yang berkarakter dengan memanfaatkan teknologi
c.Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi
d.Aktivitas pembelajaran dikelas yang bagaimana yang paling disukai murid dikelas dimasa Pandemi ini
e.Adakah kebijakan sekolah yang perlu
ditinjau ulang terkait dengan pembelajaran berbasis teknologi yang harus
diterapkan dikelas
16. Seusai upacara hari Senin di SMK
Makmur Sejahtera didatangi dua orang petugas dari kepolisian untuk mengadakan
sweeping narkoba bersama dengan guru-guru. Ternyata ditemukan salah seorang
siswi, bernama Yesiko, kedapatan menyimpan sabu-sabu di dalam tasnya. Aparat kepolisian meminta kepada kepala sekolah
Makmun untuk membawa siswi Yesiko untuk diproses di kantor polisi. Dalam
situasi tersebut siswi berontak dan berusaha meyakinkan atas tuduhan tersebut
sehingga muncul kebimbangan dalam diri kepala sekolah Makmun terhadap
kepemilikan barang terlarang tersebut. Apalagi, selama ini kepribadian siswi
Yesiko berkelakuan baik dan berprestasi di kelasnya.
Kepala sekolah Makmun memutuskan untuk menyeleseikan kasus ini secara bersama dengan kepolisian, BNN dan sekolah melalui program Say No To Drugs di sekolahnya. Beliau berusaha meyakinkan semua pihak bahwa dengan program yang beliau akan lakukan itu tidak akan ada ada lagi korban penggunaan barang terlarang seperti siswi Yesiko di sekolah itu.
Berdasarkan kasus di atas, unsur yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh kepala sekolah Makmun, kecuali ….
a.berpihak pada murid,
b.berdasarkan nilai-nilai kebajikan
c.memahami situasi yang dihadapi siswa
d.bekerja sama dengan pihak terkait
e.bertanggung jawab
17. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, warga sekolah mayoritas memiliki pengetahuan dan keterampilan industri boneka karena lingkungan sekolah merupakan sentra industri boneka rumahan.
Dari keterangan aset yang dipunyai sekolah, sebagai kepala sekolah rencana apa yang akan Saudara lakukan?
a.Mengadakan kerjasama industri dengan warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka
b.Mengajukan proposal ke dinas pendidikan untuk meninjau kembali kelayakan area sekolah
c.Mengadakan pengajian rutin yang melibatkan masyarakat setempat agar lebih agamis
d.Mengajukan proposal bantuan kepada warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka
e.Memperkenalkan peluang usaha lain
selain boneka kepada masyarakat sekitar agar lebih variatif
18. Seorang guru di sebuah sekolah
berubah sifatnya ketika sekolah tempat beliau mengajar berubah semenjak
regulasi PPDB Zonasi digulirkan. Hal ini terjadi karena karakter dan tingkat
kepandaian siswa menjadi heterogen, sehingga dalam mengajar, beliau membutuhkan
usaha yang lebih keras dari biasanya untuk memahamkan siswa terkait materi
pelajaran yang diajarkannya. Pada suatu hari, guru tersebut menjadi korban bulan-bulanan
oleh muridnya melalui grup whatsapp, sehingga siswa dan guru tersebut dipanggil
ke ruang konseling. Kepala sekolah memberikan arahan bahwa karakter dan tingkat
kepandaian siswa yang heterogen menjadi aset sekolah dan dapat meningkatkan
kompetensi pedagogik guru tersebut
Berdasarkan pernyataan di bawah ini:
- Saya setuju dengan perubahan sikap guru tersebut, karena seharusnya sekolah dapat menyaring karakter dan tingkat kepandaian siswa agar homogen.
- Saya setuju dengan sikap kepala sekolah, karena karakter dan tingkat kepandaian siswa yang heterogen tidak selalu menunjukkan hal yang negatif.
- Saya tidak setuju dengan perubahan sikap guru tersebut, karena seharusnya guru tersebut dapat mengubah strategi pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai .
- Saya tidak setuju dengan sikap kepala sekolah, karena seharusnya kepala sekolah dapat menempatkan guru tersebut di kelas yang karakter dan tingkat kepandaian siswa lebih homogen.
Jika dikaitkan dengan tindakan yang mencerminkan Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development), maka pernyataan di atas yang tepat yaitu ….
a.2 dan 4
b.1 dan 3
c.2 dan 3
d.1 dan 4
e.1 dan 2
19. Seorang murid SMP sedang bermain
bersama dengan teman sekelasnya dibelakang halaman sekolah. Sedang asyik
bermain mereka melihat banyak sekali botol air mineral yang berserakan. Mereka
pun berinisiatif untuk mengumpulkannya. Salah seorang murid menyampaikan idenya
supanya botol air mineral ini bisa dimanfaatkan sebagai kursi dan meja untuk
bersantai di taman sekolah . merekapun menyampaikan idenya kepada bus anti guru
prakarya mereka. Bu santi menyetujui ide mereka dan meminta mereka untuk
membuat desain kursi yang dimaksud dan teknik pembuatannya. Salah satu anak
menyampaikan juga kepada bu santi bahwa kursi tersebut juga bisa dimanfaatkan
oleh warga sekitar untuk bersantai ditaman perkampungan.
Berdasarkan kasus di atas strategi yang tepat untuk mengembangkan stundent agency adalah …
a.Mengundang pustakawan untuk ikut serta dalam perencanaan pemelajaran, sehingga mereka bisa membantu menyediakan akses ke sumber-sumber belajar yang sesuai.
b.Mendorong murid untuk menyuarakan pendapat, saran-saran, solusi dan menyalurkannya kepada Petugas Kantin
c.Melibatkan media untuk mengomunikasikan dan mempromosikan berbagai Aktivitas murid
d.Melibatkan
lingkungan sekitar sekolah dalam berbagai kegiatan yang digagas murid
20. Ahmad Yani adalah seorang murid yang taat terhadap peraturan sekolah. Hal tersebut terlihat dari aktivitasnya sehari-hari, dimulai dari bangun pagi jam 06.00 yang setiap hari dibangunkan oleh abangnya. Sebelum berangkat ke sekolah Ahmad Yani menyiapkan buku pelajaran sesuai jadwal pelajaran . Ahmad Yani jarang sarapan terkadang hanya minum air putih, karena selalu tergesa-gesa untuk berangkat ke sekolah dan selalu hadir dengan atribut lengkap dan mengikuti pelajaran sesuai jadwalnya sampai selesai dan langsung pulang kerumah. Ahmad Yani jarang melakukan ibadah atau kegiatan keagamaan secara rutin sebagai muslim di sekolah. Aktivitas rutin yang dilakukan oleh Ahmad Yani sebagai siswa menjadi tantangan P Amir sebagai guru PAI untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu menumbuh kembangkan kepemimpinan murid, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Beriman, Bertaqwa dan Berakhak Mulia. Tantangan yang dihadapi P Amir berkaitan dengan lingkungan sekolah yang berhubungan dengan....
a.Menentukan tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui kepentingan individu
b.Keterampilan berinteraksi sosial secara arif, positif dan bijaksana
c.Menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.
d.Menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan
e.Menempatkan murid sedemikian rupa
sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri
SOAL DAN JAWABAN POST TEST (TEST AKHIR) GURU PENGGERAK
TYPE 2
1. Ibu shelly
adalah kepala bagian adminsitrasi baru di sebuah sekolah menengah pertama.
Beberapa minggu yang lalu ibu kepala sekolah meminta ibu shelly untuk ikut
mendampingi dalam rapat pembelian buku-buku pembelajaran yang akan digunakan
pada tahun ajaran tersebut. Penerbit yang hadir mengatakan kepada kepala
sekolah seta ibu shelly bila mereka membeli buku-buku dari penerbit mereka,
maka mereka akan mendapatkan komisi, dan hal ini sudah berulang kali dilakukan
oleh para kepala sekolah sebelumnya. Selepas rapat, ibu kepala sekolah langsung
meminta ibu shelly untuk menindaklanjuti proses administrasi pembelian
buku-buku tersebut. Kasus yang dialami ibu shelly bisa dikategorikan sebagai
kasus yang berhubungan dengan …..
a. bujukan
moral
b. dilema etika
c. bujukan etika
d. prinsip moral
e. keadilan
2. ibu herlina
adalah guru matematika kelas 5. Salah satu muridnya Simon sudah berkali-kali
tidak mengumpulkan tugas. Bahkan dari 10 tugas yang perlu dikumpulkan di
semester ini, Simon baru mengumpulkan 2. Simon sudah berkali-kali diingatkan
oleh ibu herlina dan orang tua dari Simon juga telah di beritahukan bilamana
sampai akhir semester tugas Simon tidak dikumpulkan maka akan berpengaruh
kepada hasi lakhir kenaikan kelas Simon. Pada saat bertemu dengan orang tua
Simon lewat video call, terungkap bahwa Simon tidak memiliki perangkat gawai
yang memadai untuk pembelajaran daring sementara telepon seluler yang ada hanya
satu, itupun digunakan oleh ayah Simon yang merupakan tukang ojek, dan perlu
bergantian menggunakan telepon seluler dengan adik Simon yang juga harus
belajar secara daring. Sementara ibu Herlina masih kesulitan untuk bertemu dan
mengajar Simon karena wilayah sekolah dan tempat tinggal Simon masih berada
diwilayah zona merah.
Berdasarkan kasusu
ibu Herlian diatas, paradigma dilema etika yang terjadi pada ibu Herlina adalah
….
a. Paradigma
individu lawan masyarakat
b. Paradigma
kebenaran lawan kesetiaan
c. Paradigma
keadilan lawan rasa kasihan
d. Paradigma
jangka pendek lawan jangka panjang
e. Paradigma benar
lawan salah
3. Pak Eka adalah
kepala SMA makmur. Salah satu muridnya, Hari sangat berbakat dalam bidang
olehraga bahkan telah memenangkan beberapa pertandingan bola basket atas nama
sekolah, dan sudah sampai ketingkat
nasional dan telah diterima disalah satu perguruan tinggi dambaannya karena
keterampilan olahraganya. Namun Hari sangat kurang dalam pembelajaran
matematika, dan hasilnya pun menjelang ujian nasional di bawah KKM. Walaupun
telah dilakukan remedial dan bantuan, tetap saja nilai matematika kurang.
Bilamana nilai matematika Hari dibawah KKM bisa jadi Hari tidak bisa lulus
padahal Hari telah diterima di salah satu perguruan tinggi yang didambakan
dalam bidang olahraga. Nilai matematika Hari ini bisa menjadi batu sandungan
Hari dalam kelulusan Hari untuk mencapai cita-citanya. Orang tua Hari telah
menghadap pak Eka dan memohon agar nilai matematika Hari diberikan bantuan
sehingga bisa diluluskan agar Hari bisa meneruskan kuliahnya di perguruan
tinggi dambaannya. Akhirnya pak Eka memutuskan untuk membantu Hari agar nilai
matematikanya bisa memenuhi standar KKM agar dapat lulus kelas 12.
Berdasarkan kasus
diatas, pernyataan di bawah ini yang menggambarkan prinsip berpikir pak Eka
dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah …….
a. prinsip bahwa
semua orang perlu di perlakukan sama, sehingga kita perlu berlaku adil
b. prinsip bahwa
kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku
c. prinsip bahwa
kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting
d. prinsip
bagaimana kalo saya di posisi dia, saya pun juga ingin di perlakukan sedemikian
rupa
e. prinsip bahwa
semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya.
4. Untuk
memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat maka kita
perlu melakukan langkah – langkah pengambilan keputusan .Berikut adalah langkah
– langkah pengambilan keputusan kecuali ……….
a. Melihat lagi
keputusan dan refleksikan
b. Mengumpulkan
fakta – fakta yang relevan dengan situasi tersebut
c. pengujian benar
atau salah
d. mengenali bahwa
ada nilai – nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut
e. melakukan
prinsip berbasis peraturan
5. Kondisi
berikut ini akan muncul jika sebuah ekosistem sekolah tidak harmonis atau tidak
ada interaksi yang baik antara faktor biotik dan abiotik yaitu…………
a. Sekolah akan
berjalan dengan baik selama dukungan dana tetap mengalir .
b. sekolah akan
berjalan dengan baik karena guru tetap mengajar
c. sekolah
tidak menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik
d. sekolah tetap
melakukan proses pembelajaran seperti biasa
e. sekolah tidak
bisa menjadi sekolah yang terbaik
6. anda adalah
kepala sekolah yang memiliki fasilitas yang terbatas sebagai seorang pemimpin
sekolah tentu anda diharapkan tetap dapat mengembangkan sekolah dengan kondisi
tersebut langkah awal apakah yang paling tepat anda lakukan sebagai calon guru
penggerak ?
a. berusaha
bekerja sendiri semaksimal mungkin dengan kondisi yang ada agar pembelajaran
dapat berjalan dengan baik.
b. memanfaatkan
sumber daya apapun yang dimiliki dengan memaksimalkan penggunaannya untuk
pembelajaran.
c. menginventarisasi
sumber daya yang dimiliki dan melaporkan kedinas terkait agar mendapat bantuan
penuh.
d. melakukan rapat
dengan guru -guru dan membuat rencana tindak lanjut.
e. melibatkan
semua pihak untuk bekerja bersama agar pembelajaran tetap berjalan.
7. anda seorang
guru yang sedang memimpin rapat dalam MGMP mata pelajaran IPA terpadu. Rapat
ini akan membahas tentang banyaknya keluhan beberapa guru yang membutuhkan bantuan
dana atau sponsor untuk sekolahnya karena tidak punya fasilitas yang memadai
sehingga sulit untuk melakukan praktik lapangan maupun praktikum dalam
laboratorium yang berkaitan dengan beberapa materi di pelajaran IPA terpadu.
Dari pilihan di
bawah ini, pertanyaa yang paling tepat sebagai pemimpin untuk menyelesaikan
inti masalah tersebut adalah …..
a. menanyakan
tentang apa yang sudah dilakukan kepada sekolah untuk mengatasi masalah ini
b. menanyakan
tentang sekolah mana saja yang sudah punya laboratorium
c. menanyakan
tentang berapa dana BOS yang masih dimiliki oleh sekolah masing-masing untuk
bisa dimaksimalkan
d. menanyakan
tentang apa saja yang sudah dilakukan dan dimanfaatkan untuk bisa praktikum
baik dilapangan maupun di laboratorium
e. menanyakan
tentang materi apa saja yang tidak bisa dilakukan praktikum baik dilapangan
maupun di laboratorium
8. dari berbagai
aset atau modal utama yang dapat kita manfaatkan dalam sebuah komunitas, yang
tidak termasuk dalam modal utama yang ada adalah …..
a. modal politik
b. modal budaya
c. modal
finansial
d. modal manusia
e. modal fisik.
9. saat murid
menjadi pemimpin dan mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran mereka
sendiri, hubungan yang tercipta antara guru dengan murid adalah hubungan yang bersifat
kemitraan. Dari beberapa penyataan tentang tindakan guru atau murid di bawah
ini, manakah yang mencerminkan kemitraan tersebut ?
1. murid akan
menunjukkan keterlibatan dan inisiatif dalam proses pembelajaran
2. murid akan
menunjukkan ketergantungan yang tinggi terhadap arahan dari guru
3. murid akan
menunjukkan tanggung jawab dalam proses pembelajaran mereka sendiri
4. guru akan
banyak memberikan ide-ide kepada murid
5. guru akan
menawarkan kesempatan kepada murid untuk menunjukkan kreatifitas dan mengambil
resiko
6. guru akan
berusaha secara aktif mendengarkan menghormati dan menanggapi ide-ide,
pendapat, pertanyaan, aspirasi dan perspektif murid-murid mereka.
a. 2,4,5,6
b. 1,3,5,6
c. 1,2,3,4
d. 1,2,3,6
e. 1,3,6,4
10. perhatikan pernyataan
berikut !
1) melibatkan
murid untuk mengatur kelas mereka sendiri
2) meminta murid
untuk memperbaiki taman sekolah yang rusak
3) mengundang
pemuka masyarakat untuk menjadi teman diskusi murid yang ingin membantu
mengurai kemacetan disekitar sekolah
4) mendiskusikan
keyakinan kelas dan membuat kesepakatan kelas bersama murid
5) memberikan
murid tugas kelompok untuk mengumpulkan barang-barang tertentu untuk
disumbangkan pada korban bencana alam.
Dari
pernyataan-pernyataan tindakan guru diatas, manakah yang bukan merupakan
tindakan mendorong suara, pilihan dan kepemilikan murid ?
a. 2 dan 3
b. 2 dan 5
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 1 dan 3
11. Ibu Dina adalah kepala sekolah pondok udik,
sebuah sekolah kecil dan berlokasi dipelosok diluar pulau jawa. Ia terpilih dan
diundang mengikuti sebuah program pelatihan dari sebuah lembaga pelatihan
pendidikan dijakarta selama sebulan. Dikantor lembaga pelatihan tersebut, terdapat
sebuah perpustakaan yang sangat lengkap dengan buku-buku pendidikan dan
pengajaran. Ia senang sekali membaca buku-buku tersebut dan ia tahu buku-buku tersebut
harganya sangat mahal. Oleh karena itu ia terfikir untuk memfotokopi beberapa
buku dengan dengan harga murah dan membawanya kesekolah. Ia akan membuat
perpustakaan kecil disekolahnya dan mendorong para guru disekolahnya agar membaca
buku-buku tersebut. Namun disisi lain ia paham bahwa tindakannya ini akan
melanggar hak kekayaan intelektual.
Berdasarkan kasus ibu Dina diatas,
paradigma dilema etika yang dialami ibu Dina adalah….
a. paradigma jangka pendek lawan jangka
panjang
b. paradigma keadilan lawan rasa kasihan
c. paradigma kebenaran lawan kesetiaan
d. paradigma individu lawan masyarakat
e. paradigma benar lawan salah
12. Sekolah Pelita didirikan 3 tahun yang lalu, pertama kali dibuka hanya ada sedikit pelamar yang ingin bekerja disana sehingga manajemen sekolah tidak mendapatkan guru dengan kualitas uang mereka harapkan. Sekolah bahkan akhirnya mempekerjakan orang yang tidak terlalu berkualitas dan tidak berlatar belakang guru. Namun dengan kerjasama tim yang baik dan bimbingan yang tepat dari manajemen sekolah sekolah Pelita berkembang dengan baik dan dipercaya masyarakat sehingga jumlah siswa selalu bertambah setiap tahunnya sampai sekarang manajemen sekolah mampu merekrut guru yang lebih baik dan berkualitas saat itulah konflik muncul dua dari guru lama sepertinya tidak mampu mengatasi hal baru ini mereka terbiasa mengajar dengan metode yang sama dan lebih cocok untuk di masa lalu, Banyak komplain dari murid dan orang tua murid mengenai cara mengajar kedua guru ini manajemen sekolah berusaha memperbaiki mereka dengan mengirim mereka ke pelatihan. Tetap entah bagaimana kedua guru ini tidak kunjung meningkat keterampilan mengajarnya mereka juga selalu berbicara tentang jasa mereka saat sekolah awal dibangun dan menganggap sekolah saat ini melupakan jasa mereka sehingga hal ini menimbulkan keresahan di kalangan para guru yang menganggap manajemen tidak bertindak professional. Di akhir tahun ajaran kepala sekolah menyampaikan keputusan manajemen sekolah untuk tidak lagi mempekerjakan atau memberhentikan dengan hormat kedua guru tersebut dikarenakan tidak dapat memenuhi standar kinerja yang disyaratkan oleh sekolah.
Berdasarkan kasus di atas prinsip berpikir manajemen sekolah dalam
mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah …
a. Prinsip bahwa kebahagiaan orang
terbanyak yang paling penting
b. Prinsip bahwa semua orang tidak
terkecuali harus menjalani kewajibannya
c. Prinsip bahwa semua orang perlu
diperlakukan sama sehingga kita perlu berlaku adil
d. Prinsip Bagaimana kalau saya di posisi
dia, saya pun juga ingin diperlakukan sedemikian rupa
e. Prinsip bahwa kita seharusnya berpegang
teguh pada aturan yang berlaku
13. Dalam sebuah sistem sekolah yang terdiri
dari faktor biotik dan abiotik beberapa hal yang penting untuk diperhatikan
oleh guru penggerak adalah
a. Lapangan olahraga, perpustakaan, kantin,
toilet
b. Perpustakaan, kantin, toilet guru,
murid, tukang parkir
c. Penjaga kantin, laboran, penjaga
sekolah, pramubakti sekolah
d. Kelas, ruang guru, ruang Kepala Sekolah,
ruang TU
e. guru, murid, kepala TU pustakawan
14. Bacalah beberapa pernyataan berikut
1. Kepala sekolah biasanya memulai rapat
dengan pertanyaan apa yang bisa kita perbaiki dan lakukan untuk memecahkan
masalah yang terjadi di dalam kelas
2. Kepala sekolah menyediakan sarana bagi
murid untuk curhat bersama di kantin
3. Kekurangan pada fasilitas sekolah bisa
didapatkan dengan cara mencari bantuan dari sponsor atau institusi lain
4. Setiap warga sekolah akan diajak untuk
bisa berkontribusi dengan pengetahuan dan keterampilannya masing-masing demi
sekolah yang lebih baik.
Manakah dari pernyataan di atas yang
menggambarkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset
a. 3 dan 4
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 2
15. Anda terpilih menjadi koordinator
perpisahan akhir tahun kelas 6 untuk tahun ajaran ini.
Pernyataan di bawah ini yang termasuk
kegiatan yang paling sesuai dengan pendekatan berbasis aset adalah....
a. Meminta bantuan dari perusahaan besar
b. Meminta bantuan dana dari orang tua
karena dana BOS yang sekolah miliki kurang untuk melaksanakan kegiatan
perpisahan
c. Mengidentifikasi apa saja yang kurang
untuk melaksanakan kegiatan perpisahan ini
d. Membentuk panitia yang terdiri dari
orang tua dan menyerahkannya kepada orang tua
e. Mengidentifikasi keahlian orang tua yang
ada untuk membantu persiapan acara
16. Salah satu program untuk murid di sebuah
sekolah adalah mengenalkan berbagai jenis profesi yang ada di Indonesia dengan
tujuan memberikan inspirasi kepada para murid tentang ragam profesi unik yang
bisa jadi jarang atau tidak pernah didengar oleh murid. pak Adhi dari sekolah
tersebut pernah mendengar tentang program kelas inspirasi dari hasil
bincang-bincang kumpul keluarga di kota lain. pak Adhi langsung menghubungi
sosial media dari program tersebut dan menanyakan tentang bagaimana caranya
untuk bisa sekolahnya dikunjungi oleh teman-teman dari kelas inspirasi. Sambil
menunggu kabar dari pengurus program itu guru juga mencoba mengidentifikasi
beberapa profesi dari masyarakat di sekitar sekolah yang unik dan belum dikenal
oleh murid.
Menurut analisis Bapak dan Ibu modal utama
yang dimanfaatkan oleh Pak Adi untuk mencapai tujuan adalah...
a. Modal lingkungan
b. modal budaya dan agama
c. modal politik
d. modal finansial
e. modal sosial
17. Pak pena mencermati bahwa orang tua murid
di kelasnya belum sepenuhnya memahami peran mereka dalam mendukung tumbuhnya
kepemimpinan murid sehingga sering kali membantu anak-anak mereka terlalu jauh.
Manakah strategi pelibatan komunitas orang
tua yang paling tepat dilakukan oleh Pak pena untuk membantu orang tua
menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?
a. Pak pena membuat kepanitiaan acara
kompetisi olahraga yang anggotanya adalah para orang tua murid
b. Pak pena mengundang orang tua dalam
rapat kegiatan pentas seni sekolah dan meminta bantuan orang tua untuk menjadi
donatur dalam kegiatan tersebut
c. Pak pena mengadakan pelatihan orang tua
tentang cara bertanya dan merespon pertanyaan anak dengan tepat sehingga mereka
bisa terapkan di rumah
d. Pak pena menunjuk ketua persatuan orang
tua murid dan guru untuk menjadi penanggung jawab kegiatan bakti sosial sekolah
e. Pak pena meminta bantuan orang tua untuk
menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara yang digagas
oleh sekolah
18. Pilihlah istilah yang tepat untuk definisi
berikut :
Cara praktis menemukan hal-hal dalam
kehidupan dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, memusatkan
perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, dan yang menjadi
kekuatan yang positif.
Jawaban : Berpikir berbasis aset
Penyampaian pesan secara sistematis dan
objektif yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu bagian
organisasi kepada bagian lain atau lembaga lain untuk pengambilan keputusan
atau memecahkan persoalan.
Jawaban : Reporting
Penyelesaian yang kreatif dan tidak
terpikir sebelumnya.
Jawaban : Investigasi opsi trilema
Demikianlah informasi
mengenai kumpulan soal-soal tes akhir paket modul 3 guru penggerak yang telah
di lengkapi dengan kunci jawabannya, semoga dapat menjadi bahan referensi bagi
para CGP dalam berlatih untuk persiapan menghadapi post test modul 3 guru
penggerak.
Sekian dan semoga
Bermanfaat.