Diagram Frayer Guru Penggerak

Kherysuryawan.id – Contoh membuat Diagram Frayer Pembelajaran Berdiferensiasi.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat yah…..

Oh ya pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat dan menyajikan diagram frayer.

 


Perlu di ketahui bahwa Diagram Frayer adalah  sebuah diagram yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian sebuah informasi. Informasi yang disampaikan berupa kosakata. Teknik Diagram Frayer ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.

 

Sebagai informasi juga bahwa Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.

Diagram ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa sehingga lebih mudah menganalisis sebuah kosakata. Diagram ini membantu siswa berpikir tentang makna kata baru atau konsep baru dengan mengaktifkan pengetahuan mereka berdasarkan kata kunci atau pengetahuan sebelumnya.

 

Pada pendidikan guru penggerak salah satu tugas peserta yaitu harus dapat membuat diagram frayer yang berhubungan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Namun sebelum membuat diagram frayer maka perserta harus terlebih dahulu memahami tentang apa itu pembelajaran berdiferensiasi sehingga bisa menjelaskan dengan baik mengenai pemahaman akan pembelajaran berdiferensiasi.

 

Selain itu peserta yang akan membuat diagram frayer tentang pembelajaran berdiferensiasi juga harus bisa memahami tentang karakteristik atau ciri-ciri pembelajaran berdiferensiasi serta bisa memberikan gambaran yang merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi ataupun yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi.

 

Bagi anda yang ingin melihat bagaimana contoh pembuatan diagram frayer maka berikut ini teks yang dapat anda jadikan sebagai deskripsi dalam membuat diagram frayer :

 

CONTOH DIAGRAM FRAYER 1 (PEMBELAJARAN DI FERENSIASI)

DEFENISI

·      Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar , minat dan profil belajar siswa tersebut.

·      Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran ,tapi juga fokus pada proses dan konten / materi.

 

CIRI – CIRI / KARAKTERISTIK

·      Memiliki pendekatan yang berbeda antara murid yang satu dengan yang lainnya berdasarkan minat profil belajar dan kesiapan belajar .

·      Terdapat proses pembelajaran yang berbeda.

·      Menghasilkan produk yang berbeda pula berdasarkan faktor minat ,profil belajar dan kesiapan belajar.

·      Guru menanggapi atau merespon kebutuhan murid dengan baik.

 

CONTOH / EXAMPLE

·      ketika proses pembelajaran guru menggunakan beragam cara agar murid dapat mengekploitasi isi kurikulum.

·      Guru jugsa memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi / materi.

·      Guru memberikan beragam pilihan dimana murid dapat mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari .

·      Murid dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kebutuhan belajarnya .

·      Pembelajaran yang menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan pendekatan minat dan gaya belajar murid .

 

BUKAN CONTOH / NON EXAMPLE

·      Guru lebih memaksakan kehendaknya sendiri.

·      Guru tidak memahami minat dan keinginan murid.

·      Kebutuhan belajar murid tidak semuanya terpenuhi.

·      Guru tidak memiliki beragam kegiatan / beragam pilihan .

·      Pembelajaran yang sama untuk semua murid tanpa memperhatikan kebutuhan belajar murid.

·      Pembelajaran yang tidak memperhatikan proses yang berbeda dan ketergantungan kepada kebutuhan belajar murid .

 

CONTOH DIAGRAM FRAYER 2 (PEMBELAJARAN DI FERENSIASI)

DEFENISI

Serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid

 

CIRI – CIRI / KARAKTERISTIK

·      Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar

·      Tujuan pembelajaran jelas

·      Terdapat penilaian berkelanjutan

·      Guru merespons kebutuhan belajar siswa

·      Manajemen kelas efektif

 

CONTOH / EXAMPLE

·      Guru memvariasikan bentuk materi/media pelajaran

·      Hasil tugas siswa beragam atau lebih dari satu macam

·      Ada diagnosis kemampuan awal siswa

·      Mengutamakan penilaian formatif

 

BUKAN CONTOH / NON EXAMPLE

·      Pembelajaran berpusat pada guru

·      Tugas dan penilaian sama tanpa memperhatikan karakteristik siswa

·      Tidak ada pemetaan kemampuan dan kebutuhan siswa

·      Materi hanya berfokus pada buku paket


Demikianlah informasi seputar diagram frayer dan contoh pembuatannya, semoga postingan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu guru dalam mewujudkan harapan kepada siswa dalam proses pembelajaran yang di sajikan melalui diagram frayer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel