Diagram Frayer Guru Penggerak
Kherysuryawan.id – Contoh membuat Diagram Frayer Pembelajaran Berdiferensiasi.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana
kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat yah…..
Oh ya pada kesempatan kali ini admin
akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat dan menyajikan diagram frayer.
Perlu di ketahui bahwa Diagram Frayer
adalah sebuah diagram yang bertujuan
untuk mempermudah penyampaian sebuah informasi. Informasi yang disampaikan
berupa kosakata. Teknik Diagram Frayer ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan
kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya
dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi
ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan
pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi
visual.
Sebagai informasi juga bahwa Diagram ini
dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy
Frayer, seorang educational psychologist.
Diagram ini diharapkan mampu meningkatkan
motivasi siswa sehingga lebih mudah menganalisis sebuah kosakata. Diagram ini
membantu siswa berpikir tentang makna kata baru atau konsep baru dengan
mengaktifkan pengetahuan mereka berdasarkan kata kunci atau pengetahuan
sebelumnya.
Pada pendidikan guru penggerak salah
satu tugas peserta yaitu harus dapat membuat diagram frayer yang berhubungan
dengan pembelajaran berdiferensiasi. Namun sebelum membuat diagram frayer maka
perserta harus terlebih dahulu memahami tentang apa itu pembelajaran berdiferensiasi
sehingga bisa menjelaskan dengan baik mengenai pemahaman akan pembelajaran
berdiferensiasi.
Selain itu peserta yang akan membuat
diagram frayer tentang pembelajaran berdiferensiasi juga harus bisa memahami
tentang karakteristik atau ciri-ciri pembelajaran berdiferensiasi serta bisa
memberikan gambaran yang merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi ataupun
yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi.
Bagi anda yang ingin melihat bagaimana
contoh pembuatan diagram frayer maka berikut ini teks yang dapat anda jadikan
sebagai deskripsi dalam membuat diagram frayer :
DEFENISI
·
Pembelajaran berdiferensiasi
adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan
potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar , minat dan profil belajar siswa
tersebut.
·
Pembelajaran berdiferensiasi
tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran ,tapi juga fokus pada proses dan
konten / materi.
CIRI – CIRI / KARAKTERISTIK
·
Memiliki pendekatan yang
berbeda antara murid yang satu dengan yang lainnya berdasarkan minat profil
belajar dan kesiapan belajar .
·
Terdapat proses pembelajaran
yang berbeda.
·
Menghasilkan produk yang
berbeda pula berdasarkan faktor minat ,profil belajar dan kesiapan belajar.
·
Guru menanggapi atau merespon
kebutuhan murid dengan baik.
CONTOH
/ EXAMPLE
·
ketika proses pembelajaran guru
menggunakan beragam cara agar murid dapat mengekploitasi isi kurikulum.
·
Guru jugsa memberikan beragam
kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi /
materi.
·
Guru memberikan beragam pilihan
dimana murid dapat mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari .
·
Murid dibagi menjadi beberapa
kelompok berdasarkan kebutuhan belajarnya .
·
Pembelajaran yang menghasilkan
produk yang berbeda sesuai dengan pendekatan minat dan gaya belajar murid .
BUKAN CONTOH / NON EXAMPLE
·
Guru lebih memaksakan
kehendaknya sendiri.
·
Guru tidak memahami minat dan
keinginan murid.
·
Kebutuhan belajar murid tidak
semuanya terpenuhi.
·
Guru tidak memiliki beragam
kegiatan / beragam pilihan .
·
Pembelajaran yang sama untuk
semua murid tanpa memperhatikan kebutuhan belajar murid.
·
Pembelajaran yang tidak
memperhatikan proses yang berbeda dan ketergantungan kepada kebutuhan belajar
murid .
CONTOH DIAGRAM FRAYER 2 (PEMBELAJARAN DI FERENSIASI)
DEFENISI
Serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh
guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid
CIRI – CIRI / KARAKTERISTIK
·
Lingkungan belajar mengundang
murid untuk belajar
·
Tujuan pembelajaran jelas
·
Terdapat penilaian
berkelanjutan
·
Guru merespons kebutuhan
belajar siswa
·
Manajemen kelas efektif
CONTOH
/ EXAMPLE
·
Guru memvariasikan bentuk
materi/media pelajaran
·
Hasil tugas siswa beragam atau
lebih dari satu macam
·
Ada diagnosis kemampuan awal
siswa
·
Mengutamakan penilaian formatif
BUKAN CONTOH / NON EXAMPLE
·
Pembelajaran berpusat pada guru
·
Tugas dan penilaian sama tanpa
memperhatikan karakteristik siswa
·
Tidak ada pemetaan kemampuan
dan kebutuhan siswa
·
Materi hanya berfokus pada buku
paket
Demikianlah informasi seputar diagram frayer dan contoh pembuatannya, semoga postingan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu guru dalam mewujudkan harapan kepada siswa dalam proses pembelajaran yang di sajikan melalui diagram frayer.