Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PAI kelas 7 Bab 10 Semester 2 kurikulum merdeka yakni materi tentang Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M).
Assalamualaikum warahmatulahi
wabarakatuh, Salam pendidikan, salam sejahtera untuk kita semua.
Izinkan pada kesempatan kali ini admin
akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada
jenjang SMP kurikulum merdeka.
Salah satu mata pelajaran wajib dan
sangat penting untuk di pelajari di jenjang SMP ialah mata pelajaran pendidikan
agama islam dan budi pekerti khususnya bagi siswa-siswi yang beragama islam. Mata
pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang berada pada kelompok A pada
kurikulum merdeka.
Untuk memudahkan dalam belajar khususnya
mempelajari materi yang terdapat pada buku paket pelajaran maka di perlukan
sebuah ringkasan materi. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin akan
menyiapkan sebuah ringksan/rangkuman materi untuk mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam Kelas 7 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.
Adapun materi yang akan admin sajikan
pada kesempatan ini ialah materi PAI kelas 7 Bab 10 tentang Andalusia: Kota
Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M) yang nantinya akan di pelajari di akhir
semester 2 pada kurikulum merdeka.
Seluruh materi hasil ringkasan ini admin
buat dari sumber buku teks pelajaran PAI kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Bagi anda
yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka bisa memanfaatkan
ringkasan materi ini sebagai bahan belajar baik untuk belajar di sekolah maupun
di rumah.
Dalam pembelajaran PAI kelas 7 Bab 10
semester 2 kurikulum merdeka ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang di
harapkan untuk di capai.
Berikut ini tujuan pembelajaran
pendidikan agama islam kelas 7 Bab 10 :
1) Melalui pembelajaran inquiry, kalian dapat menceritakan sejarah Bani
Umayyah di Andalusia
2) Melalui pembelajaran jigsaw, kalian dapat menjelaskan perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia.
3) Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat bagan,
infografis, atau timeline perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah
di Andalusia.
Untuk lebih jelas mengenai materi PAI
kelas 7 Bab 10 Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M) maka
berikut ini rangkuman materinya :
BAB X ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DI BARAT (756-1031 M)
1. Bani Umayyah di Andalusia
Islam masuk di Andalusia tahun 92 H.
Saat itu Andalusia dikuasai oleh orang-orang Goth (Gothic). Mūsa’ bin Nusayr
sebagai gubernur Afrika Utara mengirim pasukan yang dipimpin oleh Panglima Ṭāriq
bin Ziyād pada tahun 710 M untuk melakukan penaklukan ke wilayah ini. Mereka
tidak mendapatkan perlawanan yang intensif dari penguasa setempat. Hal ini
didukung oleh situasi lemahnya politik pemerintahan dan rakyat tidak
mendukungnya.
Pasukan tersebut memperoleh keberhasilan
pada tahun 712 M. Pasukan yang dipimpin oleh Mūsa’ bin Nusayr berhasil menuju
Andalusia melalui jalan lain yang tidak dilalui oleh Ṭāriq bin Ziyād dan
pasukannya.
Pada tanggal 15 Mei 756 M., ‘Abd
al-Rahmān al-Dakhīl memproklamirkan berdirinya Imārah Umayyah II di Andalusia
(Spanyol).
Penduduk Spanyol merasa bahagia dan
memperoleh kemakmuran di bawah pemerintah Islam. Umat kristiani menikmati
kebebasannya dan tidak diganggu dalam melaksanakan ibadah dan kebiasaannya.
Golongan Yahudi benar-benar merasakan tertolong oleh kehadiran bangsa Arab ini.
Mereka menjadi merdeka dan aktif membantu bangsa Arab dalam memerintah Spanyol
dan mengembalikan negeri ini ke tingkat budaya yang tinggi.
Perkembangan Islam di Spanyol dapat
dibagi enam periode, yaitu:
1) Periode Pertama (711-755 M)
2) Periode Kedua (755-912 M)
3) Periode Ketiga (912-1013 M)
4) Periode Keempat (1013-1086 M)
5) Periode Kelima ( 1086-1248 M)
6) Periode Keenam (1248-1492)
2. Kejayaan Islam di Andalusia
Kejayaan Islam di Spanyol ditunjukkan
dengan beberapa perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Ilmu
pengetahuan berkembang pada bidang filsafat, seni, sastra, agama, dan sains.
Pembangunan Gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman
dan taman-taman menjadi pembangunan fisik yang sangat menonjol.
Pembangunan yang megah terdapat pada
kota al-Zahrā, masjid Cordova Istana Ja’fariyah di Saragosa, masjid Sevilla,
tembok Toledo, istana al-Ma’mūn, dan istana al-Hamrā di Granada.
Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum
Islam kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Cordova dibangun dan diperindah.
Granada adalah tempat pertahanan
terakhir umat Islam di Spanyol. Di kota itu, ada sisa-sisa kekuatan Arab dan
pemikir Islam. Arsitektur terkenal di seluruh Eropa. Istana al-Hamrā yang indah
dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam.
Beberapa bangunan dengan arsitektur
Islam yang kental, seperti menara Giralda, Alcazar Sevilla, Menara Emas Torre
del Oro terdapat di Sevilla. Salah satu menaranya yaitu Giralda terindah di
benua Eropa. Semula, menara ini merupakan minaret atau menara mesjid. Saat ini
menara tersebut beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla.
3. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Bani Umayyah di Andalusia
Spanyol adalah negeri yang subur. Dengan
kesuburannya dapat menghasilkan ekonomi yang tinggi sehingga dapat melahirkan
para cendikiawan-cendikiawan muslim. Pada bidang intelektual, ilmu astronomi,
kedokteran, filsafat, matematika, kimia, dan fisika dikembangkan oleh para
cendikiawan muslim. Sementara di bidang ilmu sosial, dikembangkan juga ilmu
sejarah, sosiologi, dan sastra.
Kebudayaan yang paling menonjol terlihat
pada munculnya para ilmuwan dengan masing-masing keahlian di bidangnya.
a. Fikih
Kebanyakan masyarakat Spanyol Islam menganut
mazhab Maliki. Mazhab Maliki menjadi aliran fikih yang populer. Di antara ulama
fikih yang terkenal adalah Ziyād ibn ‘Abd al-Raḥmān.
b. Bahasa dan Sastra
Bahasa Arab menjadi bahasa resmi dan
administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Bahasa ini diajarkan kepada
murid-murid, baik muslim maupun non muslim.
c. Bidang Seni dan Musik
Syair di Spanyol didasarkan pada model
syair Arab. Syair digabungkan dengan musik. Tokoh terkenal dalam bidang seni
musik, yaitu al-Hasan ibn Nāfî yang dikenal dengan Ziryāb (789-857 M). Ziryāb
selalu tampil dalam perjamuan dan pertemuan di Cordova. Ia mahir dalam
menggubah lagu. Ilmunya diajarkan pada anak-anak bahkan pada budak-budak,
sehingga ilmunya menjadi terkenal.
d. Bidang Filsafat
Ibn Bājah dengan nama aslinya Abu Bakr
Muhammad ibn al-Sāyig merupakan tokoh utama dalam sejarah filsafat
Arab-Spanyol. Dia menulis buku terkenal, Tadbīr al-Mutawahhidīn.
Pada akhir abad 12 M, muncul seorang
ahli filsafat dalam Islam yaitu Ibn Rusyd (Averroes) dari Cordova. Ia menjadi
pengikut mazhab Aristoteles dalam bidang filsafat.
e. Bidang Sains
Pada masa Spanyol Islam, ilmu-ilmu
kedokteran, musik, matematika astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang
dengan baik. Dalam ilmu kimia dan astronomi, muncul tokoh terkenal yaitu ‘Abbās
ibn Farnās. Ia adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu.
Ibrāhîm ibn Yahyā al-Naqqās merupakan ahli dalam astronomi.
f. Bidang Sejarah
Pada masa ini, muncul pula pemikir dalam
bidang geografi dan sejarah. Tokoh ilmuwan geografi yang terkenal diantaranya
adalah Abu ‘Ubayd Abdullāh bin ‘Abd al-‘Azīz al-Bahri dan Abu Hāmid Muhammad
al-Mazīni. Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M.) menulis tentang
negeri-negeri muslim di Mediterania dan Sicilia.
4. Memetik Nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Andalusia
Berikut ini beberapa hal penting yang
dapat di petik dalam sejarah Bani Umayyah di spanyol :
a) Pengalaman positif dan negatif dalam sejarah dijadikan bahan untuk
perbaikan dalam menjalani kehidupan dan membangun peradaban.
b) Teori-teori sejarah kebudayaan Islam dapat dimanfaatkan dan
diterapkan untuk mengatasi permasalahan hidup di masa kini dan masa yang akan
datang.
c) Kedewasaan dalam berfikir dapat ditumbuhkan. Hal ini mendorong cara
pandang ke depan yang lebih luas, bertindak arif, dan bijaksana.
d) Mencintai dan bangga pada kebudayaan Islam masa lalu.
e) Melibatkan diri dalam pemeliharan hasil peradaban baik dengan
mempelajarinya maupun mengambil manfaatnya.
f)
Semangat mencari dan
mengembangkan ilmu pengetahuan dapat ditumbuhkan.
g) Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi.
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi
pendidikan agama islam dan budi pekerti (PAI & BP) kelas 7 Bab 10 semester
2 kurikulum merdeka yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ringkasan
materi ini dapat menjadi sebuah sarana yang dapat membantu belajar baik bagi
guru maupun bagi pesrta didik di sekolah maupun untuk belajar di rumah.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.