Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 Semester 2 Kurikulum merdeka.
Salam pendidikan, salam sejahtera buat
kita semua. Bagaimana kabar anda hari ini, semoga kita semua selalu dalam
keadaan sehat wal afiat. Sahabat pendidikan yang berbahagia, sesuai judul postingan
kali ini maka pada kesempatan ini admin akan mengulas dan sekaligus memberikan rangkuman/ringkasan
materi pelajaran yakni untuk mata pelajaran matematika.
Seperti kita ketahui Bersama bahwa mata
pelajaran matematika sering sekali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi
sebagaian siswa karena materi yang akan di pelajari terasa sangat sulit karena
membutuhkan pemahaman yang mendalam dan juga harus di barengi dengan kecerdasan
dalam melakukan perhitungan.
Namun salah satu alternative untuk
memudahkan bagi siswa dalam belajar maka dapat melakukan pembelajaran dengan
cara membuat ringkasan atau rangkuman terhadap materi yang akan di pelajari. Rangkuman
materi merupakan kumpulan materi yang penting dan hanya memuat isi materi inti
saja sehingga dalam penggunaannya dalam belajar akan sangat mudah dipahami
serta dapat menghemat waktu dalam belajar.
Melalui kesempatan ini admin akan
mencoba untuk berbagi informasi seputar rangkuman materi pelajaran matematika
kelas 10 Bab 8 yaitu materi tentang Peluang.
Sebagai informasi bahwa seluruh materi
hasil ringkasan pada mata pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 semester
2 kurikulum merdeka ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran matematika
kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang di sekolahya telah
menerapkan kurikulum merdeka dan akan belajar matematika kelas 10 SMA maka bisa
menggunakan website ini sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu
anda dalam belajar matematika.
Adapun pengalaman belajar yang di harapkan
pada pembelajaran matematika di kelas 10 Bab 8 Materi Peluang semester 2
kurikulum merdeka ini yaitu sebagai berikut :
Setelah mempelajari bab ini, kalian
diharapkan dapat:
1.
Menentukan ruang sampel sebuah
kejadian;
2.
Membuat distribusi peluang
kejadian;
3.
Membedakan antara kejadian
saling lepas dan kejadian tidak saling lepas;
4.
Menggunakan aturan penjumlahan
untuk menentukan peluang dua kejadian saling lepas; dan
5.
Memodiikasi aturan penjumlahan
untuk menentukan peluang dua kejadian tidak saling lepas.
Untuk lebih jelas mengenai materi
matematika kelas 10 Bab 8 materi tentang Peluang Berikut ini sajian ringkasan/rangkuman
materi matematika kelas 10 Bab 8 yang akan di pelajari disemester 2 kurikulum
merdeka.
BAB 8 PELUANG
Peluang adalah suatu ukuran tentang
kemungkinan suatu kejadian (event) yang akan terjadi (atau tidak terjadi) di
masa mendatang. Dalam bab ini, kalian akan mempelajari mengenai ruang sampel
dan distribusi peluang, dan menggunakan aturan penjumlahan untuk menemukan
peluang bahwa peristiwa A terjadi atau peristiwa B terjadi.
A. Distribusi Peluang
Sebuah ruang sampel merupakan himpunan
semua kemungkinan hasil. Untuk dadu yang adil, semua 36 hasil pada ruang sampel
sama kemungkinannya untuk terjadi. Sama kemungkinan artinya setiap hasil
memiliki peluang yang sama untuk terjadi. Ketika hasil sama kemungkinannya,
peluang sebuah kejadian ditentukan oleh :
CONTOH :
B. Aturan Penjumlahan
Ada siswa yang menggunakan hanya satu
moda transportasi ke sekolah, sedangkan ada yang menggunakan beberapa moda
transportasi.
Dalam matematika, kata “atau” berarti
“salah satu atau kedua-duanya”. Maka, kejadian bahwa seorang siswa menggunakan
sepeda atau menggunakan motor ke sekolah termasuk semua hasil berikut:
v Siswa tersebut dapat menggunakan sepeda, tetapi tidak dapat
menggunakan motor ke sekolah.
v Siswa tersebut dapat menggunakan motor, tetapi tidak dapat
menggunakan sepeda ke sekolah.
v Siswa tersebut dapat menggunakan baik sepeda maupun motor ke
sekolah.
Dua kejadian dikatakan saling lepas
(atau disjoint) jika tidak mungkin bagi keduanya untuk terjadi pada hasil yang
sama.
1. Dua Kejadian A dan B Saling Lepas
Secara simbolis kalian dapat menuliskan
aturan untuk menghitung peluang bahwa A terjadi atau B terjadi dengan P(A U B )
= P (A atau B). Peraturan ini disebut aturan penjumlahan untuk kejadian saling
lepas.
2. Dua Kejadian A dan B Tidak Saling
Lepas
Perhatikan luas daerah peluang kejadian
A dan luas daerah peluang kejadian B pada diagram Venn dan bandingkan dengan
luas daerah peluang A atau B.
Secara simbolis kalian dapat menuliskan
aturan untuk menghitung P ( A U B ) untuk dua kejadian tidak saling lepas
dengan P (AUB) = P(A) + P(B) – P (A∩b) . Aturan
ini disebut aturan penjumlahan.
Demikianlah sajian materi pelajaran
materi pelajaran matematika untuk kelas
10 SMA/SMK semester 2 kurikulum merdeka yang dapat admin sajikan pada
kesempatan kali ini. Bagi anda yang ingin mempelajari materi matematika kelas
10 Bab 8 yaitu materi Peluang maka kiranya dapat terbantu dengan
ringkasan/rangkuman materi yang telah admin sediakan ini.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.