Rangkuman Informatika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran informatika kelas 10 SMA Bab 8 Semester 2 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, Jika pada
postingan sebelumnya admin telah memberikan sebuah rangkuman materi untuk mata
pelajaran informatika untuk pembelajaran di semester 1, maka pada kesempatan
ini admin akan memberikan kembali ringkasan materi informatika untuk kelas 10
semester 2 khususnya materi yang ada pada Bab 8 yaitu materi Dampak Sosial
Informatika.
Mata pelajaran informatika merupakan
salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka.
Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka mau tak
mau harus dapat mempelajari mata pelajaran informatika. Untuk memudahkan dalam
mampelajari materinya maka disini admin kherysuryawan.id akan memberikan
ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 8 Dampak Sosial Informatika.
Sebelum Admin kherysuryawan.id
memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 8 Dampak
Sosial Informatika maka terlebih dahulu kherysuryawan.id akan menyampaikan
tentang susunan materi yang nantinya akan di pelajari.
Adapun susunan materi yang nantinya akan
di pelajari pada mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 8, diantaranya yaitu :
A. Sejarah
Perkembangan Komputer
B. Aspek
Ekonomi dan Hukum dari Produk Informatika
C.
Informatika untuk Masa Depan
D. Karier dan
Studi Lanjut di Bidang Informatika
Setelah mempelajari bab 8 ini, kalian
mampu :
1. memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, aspek
ekonomi dan hukum produk Informatika,
2. merancang gagasan solusi informatika, dan memahami studi lanjut dan
karier di bidang informatika.
BAB 8 DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA
A. Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer tidak lagi berbentuk desktop,
tetapi juga dapat berbentuk laptop, ponsel pintar, jam tangan, kacamata, bahkan
menyatu dengan beragam benda yang kita sebut sebagai internet of things. Akan
tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa komputer memiliki sejarah yang
sangat panjang. Ternyata, sejarah mesin komputasi dimulai bahkan jauh sebelum
Masehi, yaitu +/- 2400 BC dengan abacus, sebelum mesin elektronik pertama
diciptakan. Komputer kemudian dapat diprogram, yang dirancang oleh Charles
Babbage, dengan pemrogram pertamanya ialah seorang wanita bernama Ada Lovelace.
Model komputasi yang melahirkan komputer
elektronik yang dipakai saat ini ialah Mesin Turing. Mesin ini diciptakan oleh
Alan Turing. Mesin Turing merupakan model komputasi, sebuah mesin abstrak yang
mengolah simbol pada sepotong pita dengan mengacu ke sebuah tabel aturan.
Perkembangan teknologi juga tak lepas
dari perkembangan ilmuwan dan insinyur yang mengembangkannya. Tokoh-tokoh
tersebut tidak hanya menciptakan mesin, tetapi juga menciptakan konsep-konsep
yang dipakai sampai sekarang, misalnya Algoritma ditemukan pada tahun 830 oleh
Al-Khawarizmi.
B. Aspek Ekonomi dan Hukum dari Produk Informatika
1. Aspek Ekonomi
Industri perangkat keras dan perangkat
lunak berkembang sejak ditemukannya komputer. Mula-mula, perusahaan perangkat
keras mainframe dan mini-komputer yang muncul, misalnya IBM, Hitachi, UNIVAC,
dan berbagai merk lainnya. Kemudian, dengan lahirnya PC (personalcomputer) dan
diikuti dengan laptop, tablet serta telepon pintar, industri perangkat keras
mulai tumbuh. Bukan hanya komputer, tetapi juga semua periferal seperti
printer, alat input/ output lainnya.
Nilai valuasi, atau ‘harga’, dari suatu
perusahaan rintisan dilihat dari value yang mereka berikan, berbeda dengan
bisnis pada umumnya yang melihat dari seberapa besar keuntungan yang mereka
hasilkan pada suatu periode. Beberapa indikator dari besarnya value tersebut
dapat dilihat jumlah pengguna layanan tersebut dan jumlah investasi yang
diberikan oleh para investor pada perusahaan rintisan tersebut. Nilai valuasi
tersebut menjadi sebuah ukuran untuk yang dapat digunakan untuk menjual kepemilikan
atas perusahaan rintisan tersebut.
Misalnya, mengapa ojek online lahir?
Karena penggagasnya berpikir untuk
memberi solusi bahwa orang perlu cepat, sedangkan di kota, seringkali banyak
kemacetan. Dengan sepeda motor, akan lebih cepat. Supaya lebih mudah,
pemesanannya online, tidak perlu pergi ke pangkalan ojek. Tukang ojek pun dapat
berada di mana pun untuk menerima order. Itu semua merupakan hasil pemikiran.
Oleh karena itu, ‘hasil pemikiran intelektual’ tersebut perlu dilindungi secara
legal agar tidak menimbulkan sengketa. Perlindungan ini diberikan dalam bentuk
hak kekayaan intelektual. Hak kekayaan intelektual (intellectual property
rights) adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu
produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya, kekayaan
intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu
kreativitas intelektual, termasuk software.
2. Aspek Hukum
Perangkat lunak merupakan hasil buah
pikir (karya intelektual) manusia, seperti halnya buku atau karya lainnya. Oleh
karena itu, perangkat lunak harus dihargai sebagai salah satu hak kekayaan
intelektual. Sayangnya, karena bentuknya yang berupa benda digital, perangkat
lunak lebih mudah untuk diperoleh melalui cara yang tidak legal/benar secara
hukum, atau dengan istilah umumnya ialah melalui pembajakan. Perlu ditekankan
bahwa melakukan pembajakan perangkat lunak itu tindakan melawan hukum.
Ada beberapa jenis lisensi perangkat
lunak. Berikut ini rangkuman beberapa jenis utama dari lisensi perangkat lunak.
a. Lisensi Komersial
Lisensi komersial adalah lisensi yang
bersifat paling restriktif (mengikat). Sesuai namanya, lisensi ini biasanya
diterapkan untuk perangkat lunak yang berbayar.
b. Lisensi Gratis (Freeware)
Sebagian perangkat lunak mungkin
disediakan secara gratis, dan dapat diunduh serta di-install dari sebuah sumber
tertentu yang disediakan oleh penggunanya. Meskipun perangkat lunak tersebut
disediakan secara gratis, bukan berarti tidak ada batasan yang diatur dalam
lisensinya.
c. Lisensi Open Source
Lisensi open source adalah lisensi yang
memperbolehkan pengguna untuk tidak hanya menggunakan perangkat lunak tersebut,
tetapi juga untuk melihat, mengubah dan mendistribusikan kode sumber program
yang digunakan untuk membuat perangkat lunak tersebut.
d. Lisensi Domain Publik
Lisensi adalah jenis lisensi di mana
semua hak cipta terhadap perangkat lunak telah dilepaskan (oleh si pembuat
perangkat lunak) sehingga kepemilikan perangkat lunak tersebut diberikan kepada
masyarakat umum.
C. Informatika untuk Masa Depan
Kreativitas dan inovasi berawal dari
berpikir dan berimajinasi. Banyak penulis dan sastrawan yang berani
mengungkapkan bayangan mereka akan masa depan. Banyak yang membayangkan seperti
apa dunia di abad ke-21, bahkan lebih jauh lagi ketika manusia sudah melintasi
galaksi. Imajinasi itu tidak lagi menjadi sekadar hiburan, tetapi akhirnya
menjadi sumber inspirasi bagi para inovator dan penemu yang perlahan-lahan
mengubah dunia dengan segala teknologi mutakhir yang mereka ciptakan.
SDG merupakan kelanjutan dari tujuan
pembangunan milenium (millennium development goals) atau MDG. Akan tetapi,
dalam pelaksanaannya, MDG memiliki banyak kendala. Menurut Jefrey Sachs, salah
satu penasihat MDG, salah satu kendala dalam terwujudnya MDG ialah data yang
sulit dikumpulkan dan diolah dengan cepat menjadi informasi yang dapat
digunakan oleh para pengambil kebijakan. MDG telah berakhir pada tahun 2015,
dan kini telah banyak kemajuan pada bidang komputer yang dapat kita gunakan
untuk memastikan SDG dapat dicapai dengan baik dan sesuai dengan target.
D. Karier dan Studi Lanjut di Bidang Informatika
Di masa kini, dan masa yang akan datang,
penerapan informatika di berbagai bidang adalah sebuah keniscayaan. Saat ini,
sudah tidak aneh apabila ada seorang yang berkarier di bidang pemasaran
menguasai Dampak Sosial Informatika dalam bentuk intelegensi bisnis, atau
seorang ahli biologi yang mengolah data genetika dengan membuat program
komputer.
1. Karier di Bidang Informatika
Pada saat ini, kebanyakan orang awam
memahami Informatika sebagai disiplin ilmu yang mempelajari fenomena di sekitar
komputer. Fenomena ini meliputi desain komputer dan proses komputasi,
representasi objek informasi dan transformasinya, perangkat keras, perangkat
lunak, eisiensi, dan kecerdasan mesin. Di Eropa, disiplin ilmu komputer disebut
“informatika”. Di Amerika Serikat, disebut computing. Pada unit ini, kita akan
melihat lebih Pada saat ini, kebanyakan orang awam memahami Informatika sebagai
disiplin ilmu yang mempelajari fenomena di sekitar komputer. Fenomena ini
meliputi desain komputer dan proses komputasi, representasi objek informasi dan
transformasinya, perangkat keras, perangkat lunak, eisiensi, dan kecerdasan
mesin. Di Eropa, disiplin ilmu komputer disebut “informatika”. Di Amerika
Serikat, disebut computing. Pada unit ini, kita akan melihat lebih
Menurut Prof. Peter J Denning, seorang
peneliti terkemuka yang banyak melahirkan tulisan ilmiah terkait keprofesian di
bidang Informatika, suatu profesi harus memiliki empat ciri yang khas. Keempat
ciri tersebut seperti berikut.
1. Mendalami suatu bidang yang menjadi perhatian manusia dalam waktu
yang lama.
2. Mengodiikasikan kumpulan prinsip atau pengetahuan konseptual.
Kumpulan prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam berbagai bentuk.
3. Mengodiikasikan kumpulan praktik, yang juga meliputi kompetensi. Hal
ini salah satunya diwujudkan dan diakui melalui sertiikasi kompetensi
profesional yang telah dijelaskan pada unit sebelumnya.
4. Menetapkankan standar kompetensi, etika, dan praktik.
Berdasarkan peran informatika, Prof.
Denning membagi profesi di bidang informatika dalam tiga kategori, yaitu :
1. profesi yang sangat spesiik di bidang informatika,
2. profesi yang sarat dengan informatika,
3. profesi yang memberikan dukungan teknologi informasi.
Contoh-contoh pekerjaan tersebut dapat
dilihat pada tabel di bawah ini.
Berikut ini Jenis-Jenis Profesi di
Bidang Informatika
2. Studi Lanjut di Bidang Informatika
Disiplin ilmu Informatika adalah
disiplin ilmu sains formal yang lahir dari bidang matematika (sebagai konsep
formal) dan teknik elektro (sebagai elemen perangkat keras). Saat ini,
Informatika telah menjadi suatu bidang ilmu tersendiri dan memiliki berbagai
cabang ilmu yang akan dikenalkan pada unit ini. Saat ini, Informatika telah
berkolaborasi dengan bidang ilmu lain sehingga melahirkan bidang baru.
Agri-Informatika, atau Informatika Pertanian, lahir dengan menerapkan
informatika untuk mendukung bidang pertanian.
Dalam bidang informatika yang telah
dipelajari, terdapat lima pilar yang terdiri atas sistem komputer, jaringan
komputer dan internet, Dampak Sosial Informatika, algoritma dan pemrograman,
serta TIK dan dampaknya terhadap kehidupan manusia. Dua asosiasi profesi
terbesar yang berkaitan dengan informatika, yaitu Association of Computing
Machinery (ACM) dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)
telah merumuskan kurikulum yang dapat menjadi acuan untuk mempelajari
informatika.
Berdasarkan Computing Curricula tahun
2005, terdapat lima disiplin ilmu komputasi yang paling besar, yaitu seperti
berikut.
1) Computer Engineering
2) Computer Science
3) Information System
4) Information Technology
5) Software Engineering
3. Sertiikasi di Bidang Informatika
Beberapa perusahaan bereputasi yang
menyediakan sertiikasi yang diakui secara internasional antara lain seperti
berikut.
1) Microsoft: Menawarkan sertiikasi mulai dari sertiikasi pemakaian
produk seperti Microsoft Oice, .Net, SQL Server, dan Azure serta sertiikasi
terkait keprofesian seperti data scientist dan data engineer. Microsoft juga
memberikan gelar Microsoft Most Valuable Professional bagi para profesional
yang unggul dan berpengaruh di bidangnya.
2) Google: Menawarkan sertiikasi penggunaan produk seperti Google Suite
dan juga sertiikasi terkait keprofesian seperti Android dan Google Cloud
Platform. Google memberikan gelar Google Developer Expert bagi para profesional
yang unggul dan berpengaruh di bidangnya. Google memiliki beberapa mitra di
Indonesia dan menawarkan berbagai pelatihan gratis sebelum mengambil sertiikasi
yang disediakan, misalnya lewat Google Developers Kejar dan beasiswa.
3) Oracle: Menawarkan sertiikasi terkait produknya seperti Java, OCJP,
dan SCJP.
4) CISCO: Menawarkan pelatihan terkait jaringan seperti CCNA.
Demikianlah yang admin dapat sampaikan pada materi informatika kelas 10 Bab 8 semester 2 kurikulum merdeka, semoga rangkuman materi diatas dapat menjadi referensi pembelajaran yang baik bagi siapapun yang ingin menggunakannya sebagai sumber belajar.