Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 Bab 5 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia,
berjumpa kembali pada postingan ini. Disini admin akan kembali memberikan
uraian materi hasil rangkuman khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
7 SMP semester 2 kurikulum merdeka.
Seluruh rangkuman materi ini admin ambil
dari sumber buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kurikulum merdeka.
Untuk memudahkan dalam belajar maka rangkuman materi ini kiranya bisa membantu
anda dalam memahami materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas
7 bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.
Adapun tujuan dari pembelajaran kali ini
yaitu Pada bab ini kalian berlatih menanggapi dan menganalisis beragam bacaan.
Dengan membaca, menyimak, dan mendiskusikan bacaan fiksi, nonfiksi, serta
bacaan bergambar, kalian akan belajar menyampaikan pendapat kalian tentang
unsur-unsur dalam bacaan secara lisan dan tertulis.
Berikut ini isi materi yang telah di
rangkum pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 5 tentang membuka
gerbang dunia pada pembelajaran kurikulum merdeka.
BAB 5 MEMBUKA GERBANG DUNIA
A. Membedah Buku Bergambar
Apakah kalian tahu
apa yang dimaksud dengan buku bergambar? Buku bergambar adalah buku yang
terdiri atas elemen teks dan gambar yang saling mendukung. Bagaimana buku
bergambar dibuat? Untuk membuat buku bergambar yang baik, penulis, ilustrator,
editor, dan penata letak atau desainer bekerja sama untuk menghasilkan teks
cerita dan gambar atau ilustrasi yang padu dan memikat.
Elemen teks dan
gambar pada buku membantu pembaca memahami materi bacaan, menangkap emosi,
nada, serta suasana pada bacaan. Misalnya, melalui penggambaran gestur,
ekspresi wajah, komposisi warna, kalian dapat menafsirkan emosi tokoh yang
disampaikan oleh penulis. Kalian juga dapat menafsirkan suasana dan emosi yang
dibangun sepanjang cerita melalui pemilihan warna, fokus, dan gerak benda dalam
gambar pada buku.
1.
Nada (atau
tone) dihasilkan dari pencampuran beberapa warna sehingga dapat dihasilkan
warna dengan nuansa yang cerah atau gelap. Nada pada gambar biasanya mewakili
emosi (senang atau ceria, optimistis, muram atau sedih) yang ingin disampaikan
penulis.
2.
Fokus pada
gambar ditunjukkan oleh objek yang ukurannya paling besar atau yang paling
jelas pada gambar. Fokus dipilih oleh ilustrator untuk mengarahkan perhatian
pembaca kepada objek tertentu pada gambar.
Dengan menganalisis gambar pada cerita
fiksi, kalian berlatih untuk menilai tujuan penulis dalam menyajikan elemen
visual dengan kritis.
B. Mengenal Bagian-Bagian Buku
1. Sampul buku
umumnya memiliki bagian-bagian sebagai berikut:
v
Judul buku
v
Sampul depan
buku
v
Penulis buku
v
Ilustrator
buku
v
Punggung buku
v
Sinopsis buku
v
Kode belakang
buku
v
Sampul belakang
buku
Berikut ini
penjelasannya dalam bentuk gambar :
2. Halaman hak
cipta memuat informasi tentang:
a. Pembuat buku;
1)
Penulis
adalah orang yang menulis materi buku.
2)
Ilustrator
adalah orang yang merancang konsep gambar dan membuat ilustrasi buku.
3)
Editor
adalah orang yang memberi masukan kepada konsep naskah dan menyunting teks pada
buku.
4)
Desainer
adalah orang yang merancang dan mengerjakan tata letak pada buku.
5)
Anggota
tim lain yang bertanggung jawab terhadap materi buku (misalnya penelaah,
penanggung jawab, penyelia).
b.Informasi tentang
penerbit, alamat fisik, dan alamat daring penerbit buku;
c. Informasi
tentang hak cipta buku.
3. Halaman daftar isi memuat daftar
judul bab dalam buku.
Berikut ini contoh tampilan daftar isi
pada sebuah buku
4. Halaman penutup
buku dapat terdiri atas referensi atau daftar rujukan, glosarium atau catatan,
serta biodata pembuat buku.
Bagian-Bagian
Buku Fiksi dan Nonfiksi
v
Buku fiksi
adalah buku yang memuat cerita rekaan atau khayalan.
v
Buku
nonfiksi adalah buku yang berdasarkan fakta atau kenyataan.
Dengan membandingkan bagian pada buku
fiksi dan nonfiksi, kalian berlatih untuk mengenali fitur buku fiksi dan
nonfiksi agar dapat menggunakannya dengan baik untuk mencari informasi.
C. Merangkum Buku
Isi buku yang telah
kalian pahami dapat kalian sajikan ulang dalam bentuk yang lebih ringkas, ini
disebut juga sebagai rangkuman. Rangkuman bisa kalian dapatkan dengan cara
membaca setiap bab dalam buku dengan saksama, lalu menemukan gagasan pokok atau
halhal penting dalam bab tersebut.
Untuk buku fiksi,
gagasan pokok dapat ditemukan melalui peristiwa penting dalam alur cerita.
Untuk buku nonfiksi, gagasan pokok dapat kalian temukan dengan cara menentukan
ide pokok pada setiap paragraf atau hal-hal penting pada setiap bab. Setelah
itu, kalian tinggal menyusun setiap gagasan utama tersebut ke dalam satu
karangan.
Cara lain untuk
membantu kalian merangkum adalah mencatat ide kalian selama membaca dalam peta
pikiran. Peta pikiran akan membantu kalian merancang rangkuman. Kalian mungkin
akan merasa bingung harus memulai dari mana, mencampurkan ide-ide, atau justru
kehilangan ide pokok dari cerita.
Dengan mengatur
pikiran kalian secara visual, kalian dapat melihat semua gagasan pokok di depan
mata dan bagaimana mereka saling terkait satu sama lain. Hal ini akan membantu
kalian memahami isi cerita dan menulis rangkuman secara lebih cepat, tepat, dan
efektif.
Bagaimana cara
membuat peta pikiran? Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku. Kalian dapat
berkreasi sebebasnya dengan peta pikiran. Mulailah dengan judul buku atau topik
tertentu. Lalu, buatlah garisgaris cabang setiap bab, poin-poin penting di
dalamnya, dan keterkaitan mereka. Setelah selesai, kalian dapat melihat
sebeerapa banyak kalian telah memahami isi sebuah buku atau topik tertentu.
D. Menyajikan Tanggapan terhadap Buku
Teks tanggapan
adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya
(film, buku, novel, drama, dan sebagainya) sehingga orang lain mengetahui
kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Teks tanggapan juga dikenal dengan
resensi. Teks ini bertujuan menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau
menonton sebuah karya.
Membaca teks
tanggapan bermanfaat bagi para pembaca buku atau penonton film. Kita dapat
mengetahui buku-buku dan tayangan film yang baik dari perspektif pembaca dan
pemirsa lain.
Pada saat
memaparkan tanggapan, ingatlah untuk:
v
Menggunakan
sapaan yang santun, akrab, dan sesuai dengan usia pendengar yang kalian tuju;
v
Berbicara
dengan ekspresi wajah dan gestur tubuh yang baik, ramah, dengan volume suara
yang cukup keras. Pada saat berbicara, arahkan pandangan kalian ke pendengar
atau kamera yang merekam kalian; dan
v
Pilihlah
kata-kata yang baik, formal, serta dapat dipahami oleh pendengar.
E. Mengenali Ragam Kalimat dan Struktur Teks Tanggapan
Kalian akan
berlatih menyajikan teks tanggapan yang baik. Pada saat menanggapi buku, kita
akan menilai sajian materi buku oleh penulis. Kita mungkin setuju, tidak
setuju, atau memberikan saran agar penulis memperbaiki tulisannya. Karena itu,
kalian perlu memahami ragam kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan.
v
Tanggapan
yang menguatkan atau menyetujui pendapat penulis. Kalimat-kalimat tanggapan
menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan rasa setuju terhadap pendapat
yang disampaikan orang lain.
v
Tanggapan
yang menolak pendapat penulis. Tanggapan ini menggunakan kalimat penolakan dan
gaya bahasa penghalusan, yang umumnya ditandai dengan konjungsi “akan tetapi,”
untuk menunjukkan pertentangan yang menolak pendapat sebelumnya.
v
Tanggapan
yang memberikan saran kepada penulis. Tanggapan ini memberikan saran perbaikan
setelah sebelumnya menunjukkan kelemahan dalam pernyataan penulis.
Sebuah teks
tanggapan buku memiliki struktur sebagai berikut:
1)
Konteks;
yaitu bagian ini berisi tentang pengenalan buku yang akan ditanggapi,
2)
Deskripsi;
berisi penjelasan lebih detail tentang isi buku, dari mulai ide cerita, alur,
sampai tokoh-tokohnya,
3)
Penilaian;
bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku, termasuk di dalamnya
kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku.
Demikianlah rangkuman materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP bab 5 tentang membuka gerbang dunia. Semoga sajian materi diatas dapat membantu anda dalam memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.