Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMA/SMK (Fase E)
Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMA/SMK yakni pada Fase E.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara
pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke
6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.
Ada enam elemen dalam Profil Pelajar
Pancasila, yaitu:
1. Berakhlak Mulia,
2. Berkebinekaan Global,
3. Mandiri,
4. Bergotong Royong,
5. Bernalar Kritis, Dan
6. Kreatif.
Nah sebagai seorang guru maka dalam
melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap
peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya
penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar
pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.
Adapun penilaian sikap yang memuat aspek
profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi
erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap
peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di
lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga
semester 2.
Adapun mekanisme penginputan deskripsi
sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan
pembelajaran dan Asesmen (PPA).
Berbicara mengenai deskripsi sikap
profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di
setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD,
Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta
didik jenjang SMA/SMK.
Nah, melalui kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila khususnya untuk jenjang SMA yaitu yang masuk pada Fase E. Bagi anda yang saat ini mengajar di jenjang SMA dan ingin melihat contoh deskripsi capian sikap profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SMA maka silahkan di lihat sajian di bawah ini :
CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SMA (FASE E)
Fase E
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
v Menerapkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan
dalam ritual ibadahnya baik ibadah yang bersifat personal maupun sosial.
v Memahami struktur organisasi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan
dalam konteks Indonesia, memahami kontribusi agama/kepercayaan terhadap
peradaban dunia.
v Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri serta menyadari arti
penting ibadah tersebut dan berpartisipasi aktif pada kegiatan keagamaan atau
kepercayaan
v Menyadari bahwa aturan agama dan sosial merupakan aturan yang baik
dan menjadi bagian dari diri sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan
kontekstual
v Melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah secara seimbang.
v Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, memberikan
alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan.
v Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau
kelompok lain.
v Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat ia tinggal dan
melakukan langkah- langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk menghindari
kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya.
v Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan
alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan
lingkungan yang ada.
v Memperoleh hak dan melaksanakan kewajiban kewarganegaraan dan
terbiasa mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud
dari keimanannya kepada Tuhan YME.
Berkebhinekaan
global
v Menganalisis dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan,
dan praktik keseharian dalam rentang waktu yang panjang dan konteks yang luas.
v Menganalisis pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional,
nasional, dan global terhadap pembentukan identitas, termasuk identitas
dirinya. Mulai menginternalisasi identitas diri sebagai bagian dari budaya
bangsa.
v Memahami pentingnya saling menghormati dalam mempromosikan
pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung serta
menunjukkannya dalam perilaku.
v Menganalisis hubungan antara bahasa, pikiran, dan konteks untuk
memahami dan meningkatkan komunikasi antar budaya yang berbeda-beda.
v Menyajikan pandangan yang seimbang mengenai permasalahan yang dapat
menimbulkan pertentangan pendapat. Memperlakukan orang lain dan budaya yang
berbeda darinya dalam posisi setara dengan diri dan budayanya, serta bersedia
memberikan pertolongan ketika orang lain berada dalam situasi sulit.
v Mengkritik dan menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran
identitas kelompok dan suku bangsa serta berinisiatif mengajak orang lain untuk
menolak stereotip dan prasangka.
v Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalaman hidup di
lingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakannya
terhadap orang lain.
v Mengetahui tantangan dan keuntungan hidup dalam lingkungan dengan
budaya yang beragam, serta memahami pentingnya kerukunan antar budaya dalam
kehidupan bersama yang harmonis.
v Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap
ekspresi dan perilakunya. Mulai mencari solusi untuk dilema terkait konsep hak
dan kewajibannya.
v Berinisiatif melakukan suatu tindakan berdasarkan identifikasi
masalah untuk mempromosikan keadilan, keamanan ekonomi, menopang ekologi dan
demokrasi sambil menghindari kerugian jangka panjang terhadap manusia, alam
ataupun masyarakat.
v Berpartisipasi menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan
bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka secara
mandiri
Bergotong
royong
v Menyelaraskan dan menjaga tindakan diri dan anggota kelompok agar
sesuai antara satu dengan lainnya serta menerima konsekuensi tindakannya dalam
rangka mencapai tujuan bersama.
v Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
sesuai dengan target yang sudah ditentukan.
v Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan,
emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan
kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta
menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna
mencapai berbagai tujuan bersama.
v Menyelaraskan kapasitas kelompok agar para anggota kelompok dapat
saling membantu satu sama lain memenuhi kebutuhan mereka baik secara individual
maupun kolektif.
v Melakukan tindakan yang tepat agar orang lain merespon sesuai dengan
yang diharapkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan.
v Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran
sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk
menghasilkan keadaan yang lebih baik.
v Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada
orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas (negara, dunia).
Mandiri
v Mengidentifikasi kekuatan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi
pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa
depan.
v Melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang
dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk
menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang
atau menghambat karirnya di masa depan.
v Melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan
karir dan pengembangan dirinya di masa depan, serta berusaha mencari dan
melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika menemui
hambatan.
v Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat
ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar,
relasi, dan pekerjaan.
v Mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran digunakannya, serta
menetapkan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri secara spesifik dan
merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi tantangan- tantangan yang akan
dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya
di masa depan. Menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa
depan.
v Menyesuaikan dan mulai menjalankan rencana dan strategi pengembangan
dirinya dengan mempertimbangkan minat dan tuntutan pada konteks belajar maupun
pekerjaan yang akan dijalaninya di masa depan, serta berusaha untuk mengatasi
tantangan- tantangan yang ditemui.
Bernalar
kritis
v Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan
informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu
gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.
v Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan
yang kompleks dan abstrak.
v Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam
menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan.
v Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan memikirkan
pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya dan mengubah pemikirannya
jika diperlukan.
Kreatif
v Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran
dan/atau perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya
dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan
ketika gagasannya direalisasikan.
v Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan
mempertimbangkan dampak dan risikonya bagi diri dan lingkungannya dengan
menggunakan berbagai perspektif.
v Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk
memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
Demikianlah informasi mengenai contoh deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMA yaitu pada Fase E yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang akan melakukan penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi erapor.