Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMP (Fase D)
Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMP yakni pada Fase D.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara
pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke
6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.
Ada enam elemen dalam Profil Pelajar
Pancasila, yaitu:
1. Berakhlak Mulia,
2. Berkebinekaan Global,
3. Mandiri,
4. Bergotong Royong,
5. Bernalar Kritis, Dan
6. Kreatif.
Nah sebagai seorang guru maka dalam
melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap
peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya
penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar
pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.
Adapun penilaian sikap yang memuat aspek
profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi
erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap
peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di
lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga
semester 2.
Adapun mekanisme penginputan deskripsi
sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan
pembelajaran dan Asesmen (PPA).
Berbicara mengenai deskripsi sikap
profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di
setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD,
Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta
didik jenjang SMA/SMK.
Nah, melalui kesempatan kali ini admin
akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila
khususnya untuk jenjang SMP yaitu yang masuk pada Fase D. Bagi anda yang saat
ini mengajar di jenjang SMP dan ingin melihat contoh deskripsi capian sikap
profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SMP maka silahkan di lihat
sajian di bawah ini :
CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SMP (FASE D)
Fase D
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
v Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep
peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.
v Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan
dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/
kepercayaan terkait hubungan sesama manusia dan alam semesta
v Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan
agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besarnya
v Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta
memahami konsekuensi- konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain
v Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani,
mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan
ibadah.
v Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain
yang tidak pernah dikenalnya.
v Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau
kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan
persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik
atau perdebatan
v Memahami konsep sebab- akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan
mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung
maupun tidak langsung, terhadap alam semesta.
v Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan
permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan
mulai menerapkan solusi tersebut.
v Menganalisa peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami
perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai
wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.
Berkebhinekaan
global
v Menjelaskan perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik
dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang
terbentuk dari budaya bangsa.
v Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan
praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.
v Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk
mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai
berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari- hari.
v Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta
dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya.
v Menjelaskan asumsi- asumsi yang mendasari perspektif tertentu.
Membayangkan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda
dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit.
v Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang
ditemui dan cara meresponnya.
v Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikapmenolak
stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa.
v Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan
terhadap keragaman dan kesetaraan budaya.
v Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari
pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap
sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan
prinsip- prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat
v Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati
bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama
melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan
pendidik
v Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap
ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk
melindungi hak orang/kelompok lain.
Bergotong
royong
v Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk
melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta
memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan
bersama.
v Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan
yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara
efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan
interpersonal guna mencapai tujuan bersama.
v Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota
kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing perlu dan dapat
saling membantu memenuhi kebutuhan.
v Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta
menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.
v Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran
sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
v Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain
menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang
lain menampilkan respon yang diharapkan
v Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada
masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal
Mandiri
v Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat ,
serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas
lain yang dilakukannya.
v Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan
pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk
mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai.
v Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah
direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang
diharapkannya
v Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan
pengekspresiannya dan menyusun langkah- langkah untuk mengelola emosinya dalam
pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
v Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian tujuan
belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan dan
kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi.
v Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan
mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai
tujuan.
v Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan memodifikasi strategi
yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, serta menjalankan
kembali tugasnya dengan keyakinan baru.
Bernalar
kritis
v Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi,
serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.
v Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang
relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
v Membuktikan penalaran dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu
simpulan atau keputusan.
v Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan
konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif
yang berbeda.
Kreatif
v Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan
baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk
mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
v Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbang
kan dampaknya bagi orang lain
v Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan
dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan
Demikianlah informasi mengenai contoh
deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMP yaitu pada
fase D yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa bermanfaat
dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang akan melakukan
penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi erapor.