Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SD (Fase A,B,C)
Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SD yakni pada Fase A, Fase B dan Fase C.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara
pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke
6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.
Ada enam elemen dalam Profil Pelajar
Pancasila, yaitu:
1. Berakhlak Mulia,
2. Berkebinekaan Global,
3. Mandiri,
4. Bergotong Royong,
5. Bernalar Kritis, Dan
6. Kreatif.
Nah sebagai seorang guru maka dalam
melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap
peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya
penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar
pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.
Adapun penilaian sikap yang memuat aspek
profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi
erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap
peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di
lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga
semester 2.
Adapun mekanisme penginputan deskripsi
sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan
pembelajaran dan Asesmen (PPA).
Berbicara mengenai deskripsi sikap
profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di
setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD,
Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta
didik jenjang SMA/SMK.
Nah, melalui kesempatan kali ini admin
akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila
khususnya untuk jenjang SD yaitu yang masuk pada Fase A, Fase B dan fase c.
Bagi anda yang saat ini mengajar di jenjang SD dan ingin melihat contoh
deskripsi capian sikap profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SD maka
silahkan di lihat sajian di bawah ini :
CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SD (FASE A, FASE B, FASE C)
Fase A
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
v Mampu Mengenali unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, ritual
keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME)
v Mampu Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia
adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
v Mampu Mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan
v Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya
v Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain
v Membiasakan berani menyampaikan kebenaran atau fakta
v Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan
dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri
dalam semua aktivitas kesehariannya
v Mampu Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan
temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respon secara positif
v Mampu Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang- orang
terdekat dan meresponnya secara positif
v Mampu Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan
v Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih
untuk menjaganya
v Mampu Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah,
dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME
Berkebhinekaan
global
v Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya
dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya
v Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri
dan budayanya
v Mampu Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama
dalam kemajemukan
v Mampu Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar,
dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya
v Mampu Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan
mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam
lingkungan keluarga dan sekolah
v Mampu Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di
lingkungan sekitar
v Mampu Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari
interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah
v Mampu mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggapnya
sebagai kewajaran
v Mampu Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku,
ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya
v Mampu Mengenal masalah- masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di
lingkungan sekitarnya
v Mampu Mengidentifikasi pilihan- pilihan berdasarkan kebutuhan
dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan
v Mampu Mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam
masyarakat demokratis
Bergotong
royong
v Mampu Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan
informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata- katanya sendiri
v Mampu Melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan
bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut
v Mampu Mengenali kebutuhan- kebutuhan diri sendiri yang memerlukan
orang lain dalam pemenuhannya
v Mampu Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan
kelompok dalam sebuah kegiatan bersama
v Mampu Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan
penyebabnya
v Peka dan mengapresiasi orang- orang di lingkungan sekitar, kemudian
melakukan tindakan sederhana untuk mengungkapkannya
v MampuMemberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting
kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar
Mandiri
v Mampu Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan, serta prestasi dirinya
v Mampu Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan
ketertarikannya secara subjektif
v Mampu Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan
situasi- situasi yang menyebabkan- nya; serta mengekspresi- kan secara wajar
v Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan
mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas
v Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugas-tugas
dalam waktu yang telah disepakati
v Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri
dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa
v Mampu Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan
belajar yang akan dilakukannya
Bernalar
kritis
v Mampu Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan
v Mampu Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan
untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan
sekitarnya
v Mampu Melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam
menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan
v Mampu Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci
Kreatif
v Mampu Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan
imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
v Mampu Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan
yang dihasilkan
v Mampu Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi
situasi dan permasalahan
Fase B
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
v Mengenali unsur- unsur utama agama/kepercayaan (simbol-simbol
keagamaan dan sejarah agama/ kepercayaan)
v Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan sifat-sifat
tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan- Nya
v Terbiasa melaksanakan ibadah wajib sesuai tuntunan agama/kepercayaan
nya
v Membiasakan melakukan refleksi tentang pentingnya bersikap jujur dan
berani menyampaikan kebenaran atau fakta
v Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan
merawat tubuh, menjaga tingkah laku dan perkataan dalam semua aktivitas
kesehariannya
v Terbiasa mengidentifikasi hal- hal yang sama dan berbeda yang
dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal serta memberikan respon secara
positif
v Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
v Memahami keterhubungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan yang
lainnya
v Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah
lingkungan serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan
v Mengidentifikasi hak dan tanggung jawab orang-orang di sekitarnya
serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME
Berkebhinekaan
global
v Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya
dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya
v Mampu Mengidentifikasi cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi
dengannya
v Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk
mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru
v Mampu Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan
budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda
v Mampu Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan
dapat mengidentifikasi sudut pandang orang lain
v Mampu Mendengarkan dan membayangkan sudut pandang orang lain yang
berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga, dan lingkungan
sekitar
v Mampu Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang
memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya
tertentu
v Mampu Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari
interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekitar
v Mampu Mengenali bahwa perbedaan budaya mempengaruhi pemahaman
antarindividu
v Mampu Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka
yang dimilikinya tentang orang atau kelompokdi sekitarnya untuk mendapatkan
pemahaman yang lebih baik
v Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap
perilakunya
v Mengidentifikasi cara berkontribusi terhadap lingkungan sekolah,
rumah dan lingkungan sekitarnya yang inklusif, adil dan berkelanjutan
v Berpartisipasi menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama
berdasarkan kriteria sederhana
Bergotong
royong
v Menyadari bahwa dirinya memiliki peran yang berbeda dengan orang
lain/temannya, serta mengetahui konsekuensi perannya terhadap ketercapaian
tujuan
v Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan, dan
keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan
berbagai simbol dan media
v Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok
v Menyadari bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi
kebutuhannya dan perlunya saling membantu
v Memahami berbagai alasan orang lain menampilkan respon tertentu
v Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian
melakukan tindakan untuk menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain
v Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga
kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar baik yang dikenal maupun tidak
dikenal
Mandiri
v Mampu Mengidentifikasi kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya
serta tantangan yang dihadapi berdasarkan kejadian-kejadian yang dialaminya
dalam kehidupan sehari-hari
v Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan
prestasi dirinya, serta situasi yang dapat mendukung dan menghambat
pembelajaran dan pengembangan dirinya
v Mampu Menjelaskan pentingnya memiliki tujuan dan berkomitmen dalam
mencapainya serta mengeksplorasi langkah-langkah yang sesuai untuk mencapainya
v Mengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang
terjadi terhadap emosi yang dirasakannya
v Berupaya untuk mengekspresikan emosi secara tepat dengan
mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan orang lain disekitarnya
v Mempertimbangkan, memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan
mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif
menjalankannya untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan
v Mampu Menjelaskan pentingnya mengatur diri secara mandiri dan mulai
menjalankan kegiatan dan tugas yang telah sepakati secara mandiri
v Tetap bertahan mengerjakan tugas ketika dihadapkan dengan tantangan
dan berusaha menyesuaikan strateginya ketika upaya sebelumnya tidak berhasil
Bernalar
Kritis
v Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan
mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan
lingkungan sekitarnya
v Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih
informasi dan gagasan dari berbagai sumber
v Menjelaskan alasan yang relevan dalam penyelesaian masalah dan
pengambilan keputusan
v Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan dan menjelaskan alasan dari
hal yang dipikirkan
Kreatif
v Mampu Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari
beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya
v Mampu Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau
tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
v Mampu Membandingkan gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi
dan permasalahan
Fase C
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
v Memahami berbagai kualitas atau sifat-sifat Tuhan yang diutarakan
dalam kitab suci agama masing-masing dan menghubungkan kualitas- kualitas
positif Tuhan dengan sikap pribadinya, serta meyakini firman Tuhan sebagai
kebenaran
v Memahami unsur-unsur utama agama/kepercayaan, dan mengenali peran
agama/kepercayaan dalam kehidupan serta memahami ajaran moral agama
v Melaksanakan ibadah secara rutin sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan,
berdoa mandiri, merayakan, dan memahami makna hari- hari besarnya
v Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta
memahami konsekuensi- konsekuensinya untuk diri sendiri
v Memperhatikan kesehatan jasmani, mental, dan rohani dengan melakukan
aktivitas fisik, sosial, dan ibadah
v Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan
sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok. Mulai mengenal berbagai
kemungkinan interpretasi dan cara pandang yang berbeda ketika dihadapkan dengan
dilemma
v Mulai memandang sesuatu dari perspektif orang lain serta
mengidentifikasi kebaikan dan kelebihan orang sekitarnya
v Memahami konsep harmoni dan mengidentifikasi adanya saling
ketergantungan antara berbagai ciptaan Tuhan
v Mewujudkan rasa syukur dengan terbiasa berperilaku ramah lingkungan
dan memahami akibat perbuatan tidak ramah lingkungan dalam lingkup kecil maupun
besar
v Mengidentifikasi dan memahami peran, hak, dan kewajiban dasar
sebagai warga negara serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME dan
secara sadar mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
Berkebhinekaan
global
v Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya;
serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya
v Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan
praktik dari berbagai kelompok budaya
v Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman
budaya di Indonesia
v Memahami persamaan dan perbedaan cara komunikasi baik di dalam
maupun antar kelompok budaya
v Membandingkan beragam perspektif untuk memahami permasalahan sehari-
hari. Membayangkan dan mendeskripsikan situasi komunitas yang berbeda dengan
dirinya ke dalam situasi dirinya dalam konteks lokal dan regional
v Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman
dirinya dalam lingkungan yang beragam
v Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang
dimilikinya tentang orang atau kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan
pemahaman yang lebih baik serta mengidentifikasi pengaruhnya terhadap individu
dan kelompok di lingkungan sekitarnya
v Mencari titik temu nilai budaya yang beragam untuk menyelesaikan
permasalahan bersama
v Membandingkan beberapa tindakan dan praktik perbaikan lingkungan
sekolah yang inklusif, adil, dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan
dampaknya secara jangka panjang terhadap manusia, alam, dan masyarakat
v Berpartisipasi dalam menentukan kriteria yang disepakati bersama
untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama
v Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap
perilakunya. Menggunakan konsep ini untuk menjelaskan perilaku diri dan orang
sekitarnya
Bergotong
royong
v Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam
rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah)
v Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan
menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk
mencapai tujuan bersama
v Menyadari bahwa meskipun setiap orang memiliki otonominya
masing-masing, setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya
v Menyelaraskan tindakannya sesuai dengan perannya dan
mempertimbangkan peran orang lain untuk mencapai tujuan bersama
v Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran
sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain
v Menerapkan pengetahuan mengenai berbagai reaksi orang lain dan
penyebabnya dalam konteks keluarga, sekolah, serta pertemanan dengan sebaya
v Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga
kepada/dari orang-orang di lingkungan luas/masyarakat baik yang dikenal maupun
tidak dikenal.
Mandiri
v Menggambarkan pengaruh kualitas dirinya terhadap pelaksanaan dan
hasil belajar; serta mengidentifikasi kemampuan yang ingin dikembangkan dengan
mempertimbangkan tantangan yang dihadapinya dan umpan balik dari orang dewasa
v Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam
maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/mengham batnya dalam belajar dan
mengembangkan diri; serta mengidentifikasi cara- cara untuk mengatasi
kekurangannya
v Menyusun, menyesuaikan, dan mengujicobakan berbagai strategi dan
cara kerjanya untuk membantu dirinya dalam penyelesaian tugas yang menantang
v Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap
proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang
sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan
interaksinya dengan orang lain.
v Menilai faktor-faktor (kekuatan dan kelemahan) yang ada pada dirinya
dalam upaya mencapai tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan dirinya serta
mencoba berbagai strategi untuk mencapainya.
v Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta inisiatif untuk
melakukannya dalam menunjang pembelajaran dan pengembangan dirinya
v Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan
dalam mengelola diri dalam pelaksanaan aktivitas belajar dan pengembangan
dirinya
Bernalar
kritis
v Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih
informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan
orang dewasa
v Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan
untuk menambah pengetahuannya
v Menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam penyelesaian
masalah dan pengambilan keputusan
v Memberikan alasan dari hal yang dipikirkan, serta menyadari
kemungkinan adanya bias pada pemikirannya sendiri
Kreatif
v Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal
yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.
v Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta
mengapresiasi dan mengkritik karya dan tindakan yang dihasilkan
v Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan yang diambil
tidak berhasil berdasarkan identifikasi terhadap situasi
Demikianlah informasi mengenai contoh
deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SD yaitu pada
fase A, B, C yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa
bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang
akan melakukan penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi
erapor.