Contoh Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila untuk eRapor SD,SMP,SMA,SMK
Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi P3 erapor khususnya untuk melakukan input capaian sikap peserta didik yang mencerminkan profil pelajar pancasila (P3) yang nantinya dapat di inputkan kedalam aplikasi erapor baik pada aplikasi erapor kurikulum merdeka maupun pada aplikasi erapor kurikulum 2013 di sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK.
Kita ketahui bersama bahwa saat ini
khusus untuk penilaian sikap di aplikasi erapor maka harus mencerminkan profil
pelajar pancasila (P3).
Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
2. Mandiri,
3. Bergotong-royong,
4. Berkebinekaan global,
5. Bernalar kritis, dan
6. Kreatif.
Salah satu point terpenting dalam
melakukan penilaian pada aplikasi erapor yaitu guru/wali kelas harus
menginputkan deskripsi sikap yang peserta didik yang mencerminkan ke enam
dimensi yang terdapat pada profil pelajar pancasila.
Lantas bagaimana cara untuk
melakukan pengolahan nilai Sikap pada aplikasi erapor ???
Berikut ini penjelasannya :
Pengolahan nilai sikap berdasarkan enam
dimensi profil pelajar Pancasila dilaporkan minimal sekali dalam satu tahun
agar pendidik memiliki waktu yang cukup untuk mengidentifikasi secara
menyeluruh.
Langkah-langkah
pengolahan nilai sikap:
Sebelum melakukan pengolahan penilaian
sikap maka Pendidik harus terlebih dahulu mempelajari tentang dimensi, elemen,
dan subelemen profil pelajar Pancasila.
Untuk mendapatkan informasi/pengetahuan lengkap tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila maka silahkan dapatkan file lengkapnya di bawah ini :
👉 Dimensi,Elemen dan Subelemen Profil pelajar Pancasila
Setelah memahami tentang dimensi,
elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila maka berikut ini langkah-langkah
dalam melakukan pengolahan nilai sikap, diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Pendidik mengidentifikasi elemen yang paling menonjol dan paling
perlu ditumbuhkan dari setiap dimensi. Namun apabila tidak teramati, pendidik
dapat menetapkan pilihan “tidak teramati”
2. Pendidik perlu terus mengamati dan mengubah catatan pada langkah 2
agar catatannya selalu relevan dengan perkembangan peserta didik.
3. Pendidik memindahkan catatan elemen yang paling menonjol dan yang
paling perlu bimbingan ke dalam rapor. Catatan elemen ini diambil dari tabel
alur perkembangan dimensi yang ada dalam dokumen dimensi, elemen, dan subelemen
profil pelajar Pancasila.
Bagi anda yang saat ini bertugas sebagai
wali kelas di sekolah maka salah satu tugas yang harus anda lakukan dalam
melakukan penilaian sikap yaitu menuliskan deskripsi capaian sikap yang
mencerminkan ke 6 dimensi profil pelajar pancasila.
Berikut ini contoh deskripsi capaian
sikap untuk peserta didik yang mencerminkan profil pelajar pancasila.
1. BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA
·
Anto Terbiasa melaksanakan
ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya
·
Iis dapat Mengenali simbol-simbol
keagamaannya secara baik
·
Putu dapat/sering mengikuti
ritual keagaamannya dengan baik
·
Dewi dapat mengetahui dan
memahami kitab sucinya dengan baik
·
Erna Mengenali sifat-sifat
utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih
dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan
·
Rido Membiasakan bersikap jujur
terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau
fakta
·
Didi Memiliki rutinitas
sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga
kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya
·
Suci Mengenali hal-hal yang
sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta
memberikan respon secara positif.
·
Serli dapat Mengidentifikasi
emosi, minat dan kebutuhan orang- orang terdekatnya dan meresponnya secara
positif.
·
Ari dapat Mengidentifikasi
berbagai ciptaan Tuhan
·
Erin Membiasakan bersyukur atas
lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya
·
Uus dapat Mengidentifikasi hak
dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya
dengan keimanan kepada Tuhan YME.
2.
BERKEBHINEKAAN GLOBAL
·
Dapat Mengidentifikasi dan
mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di
lingkungan sekitarnya
·
Dapat Mengidentifikasi dan
mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya
·
Dapat Mendeskripsikan
pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.
·
Dapat Mengenali bahwa diri dan
orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna
yang berbeda di lingkungan sekitarnya
·
Dapat Mengekspresikan
pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain
yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah
·
Dapat Mengidentifikasi
perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar
·
Dapat Menyebutkan apa yang
telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya
di lingkungan sekolah dan rumah
·
Dapat mengenali perbedaan tiap
orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai kewajaran
·
Dapat Menjalin pertemanan tanpa
memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya, dan
mengenal masalah- masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di lingkungan
sekitarnya
·
Dapat Mengidentifikasi pilihan-
pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan
·
Dapat Mengidentifikasi peran,
hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis
3.
BERGOTONG ROYONG
·
Mampu Memahami informasi
sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang
lain menggunakan kata- katanya sendiri.
·
Mampu Melaksanakan aktivitas
kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling
mengingatkan adanya kesepakatan tersebut.
·
Mampu Mengenali kebutuhan- kebutuhan
diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.
·
Mampu Menerima dan melaksanakan
tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.
·
Mampu Mengenali berbagai reaksi
orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya.
·
Peka dan mengapresiasi orang-
orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk
mengungkapkannya.
·
Mampu Memberi dan menerima hal
yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan
sekitar.
·
Mampu Melakukan refleksi untuk
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.
·
Mampu Mengidentifikasi dan
menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif
4.
MANDIRI
·
Mampu Mengidentifikasi
perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi- situasi yang menyebabkan- nya;
serta mengekspresi- kan secara wajar
·
Berani mencoba dan adaptif
menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati
hingga tuntas
·
Dapat Melaksanakan kegiatan
belajar di kelas dan menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah
disepakati.
·
Berinisiatif untuk mengerjakan
tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa
·
Mampu Menetapkan target belajar
dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.
5.
BERNALAR KRITIS
·
Berani Mengajukan pertanyaan
untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan
mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.
·
Mampu Melakukan penalaran
konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil
keputusan
·
Mampu Menyampaikan apa yang
sedang dipikirkan secara terperinci
6.
KREATIF
·
Mampu Menggabungkan beberapa
gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan
pikiran dan/atau perasaannya.
·
Mampu Mengeksplorasi dan
mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau
tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
·
Mampu Mengidentifikasi
gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan.
BERIKUT INI DESKRIPSI SIKAP CAPAIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SEMUA FASE JENJANG SD, SMP, SMA/SMK
👉 Deskripsi Sikap P3 Fase A,B,C (Jenjang SD) - Lengkap
👉 Deskripsi Sikap P3 Fase D (Jenjang SMP) - Lengkap
👉 Deskripsi Sikap P3 Fase E (Jenjang SMA/SMK) - Lengkap
Demikianlah beberapa contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila yang di muat kedalam 6 dimensi yakni Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan kreatif. Semoga contoh deskripsi diatas dapat membantu bapak/ibu guru /wali kelas yang akan melakukan penginputan deskripsi sikap di erapor kurikulum merdeka maupun yang masih menggunakan kurikulum 2013.