Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 4 ” Sistem Komputer” semester 1 kurikulum merdeka.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia,
sebagai bentuk kepedulian admin dalam dunia pendidikan maka melalui kesempatan
ini admin ingin berbagi seputar materi pelajaran yang ada pada kurikulum
merdeka.
Kita ketahui bahwa pada kurikulum
merdeka, salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari yaitu mata
pelajaran informatika. Untuk memudahkan siswa dalam belajar mata pelajaran
informatika maka disini admin akan memberikan ringkasan materi informatika kelas
10 semester 1 khususnya materi yang ada pada bab 4 semester 1.
Perlu di ketahui bahwa pada mata
pelajaran informatika kelas 10 bab 4 tentang ” Sistem Komputer” ada 4 sub
materi yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :
A. Komputer
dan Komponen Penyusunnya
B. Interaksi
Manusia dan Komputer
C. Kolaborasi
dalam Sistem Komputer
D. Sistem
Operasi
Ringkasan materi informatika kelas 10
Bab 4 ” Sistem Komputer” yang akan admin berikan pada kesempatan ini seluruh
materinya bersumber dari buku siswa informatika kelas 10 kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin melihat sajian
materi hasil ringkasan mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 4 ” Sistem
Komputer” semester 1 kurikulum merdeka maka berikut ini sajian lengkapnya :
Bab 4 Sistem Komputer
A. Komputer dan Komponen Penyusunnya
Secara umum, komputer adalah peralatan
elektronik yang menerima masukan data, mengolah data, dan memberikan hasil
keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara, maupun
video.
Gambaran umum sebuah komputer tampak
pada Gambar diatas, di mana “data” (teks, suara, klik, sentuhan, atau lainnya)
dari peranti masukan akan diproses oleh Central Processing Unit (CPU) untuk
menghasilkan output berupa tampilan informasi, sinyal reaksi, dll. yang
direpresentasikan melalui peranti keluaran.
1. Sistem Komputer
Sistem Komputer terdiri atas beberapa
bagian berikut.
1. Perangkat
Keras (Hardware)
2. Perangkat
Lunak (Software)
3. Pengguna
Semua komponen tersebut saling mendukung
sehingga komputer dapat beroperasi. Perangkat keras komputer membutuhkan
perangkat lunak agar komputer bisa dihidupkan dan difungsikan. Jika hardware
yang tidak disertai software, komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak
berguna.
a. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer (hardware)
adalah komponen isik pada komputer yang dapat disentuh, dilihat atau
dipindahkan. Contoh perangkat keras ialah mouse, harddisk, processor, RAM,
printer, scanner dll.
b. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah kode-kode program
yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Kode-kode tersebut merupakan
kumpulan perintah atau instruksi untuk menjalankan tugas tertentu sesuai dengan
keinginan pengguna, atau untuk mengendalikan kerja perangkat keras.
Jika sebuah sistem komputer diibaratkan
manusia, perangkat keras adalah “otak” dan perangkat lunak adalah “pikiran”.
Contoh perangkat lunak ialah sistem operasi, aplikasi (app), dll.
c. Pengguna
Pengguna adalah orang yang menggunakan
atau mengoperasikan komputer. Pemahaman lebih lanjut tentang pengguna, dapat
ditemukan pada materi Dampak Sosial Informatika.
2. Jenis-Jenis Komputer
Berdasarkan ukurannya, komputer dibagi
menjadi beberapa jenis antara lain seperti ditunjukkan pada penjelasan berikut.
Microcomputer (Komputer Mikro)
Komputer mikro merupakan komputer yang
memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis komputer lainnya dan
menggunakan microprocessor sebagai CPU atau unit pemrosesan utama.
Contoh dari komputer mikro antara lain
Ultrabook, permainan konsol, telepon pintar dan Tablet.
Komputer Personal (PC, Personal
Computer)
Komputer personal atau PC memiliki
ukuran yang lebih besar dari komputer mikro dan memiliki kemampuan penyimpanan
dan pengolahan data yang lebih besar dibandingkan dengan komputer mikro, dan
dibuat untuk penggunaan personal. PC dapat berbentuk desktop PC (dirancang
untuk ditaruh di meja), atau untuk dapat dijinjing dan dibawa-bawa (laptop).
Mini PC
Merupakan komputer “peralihan” dari
komputer personal ke komputer mini yang dipakai di industri. Biasanya, dipakai
untuk industri kecil atau personal untuk keperluan profesional atau industri
kecil.
Minicomputer
Berbeda dengan komputer personal,
komputer mini berukuran lebih besar, dan mempunyai kapasitas memori maupun
pemroses yang lebih besar. Komputer mini dipakai menunjang kebutuhan pengolahan
informasi perusahaan skala menengah.
Komputer Mainframe
Komputer Mainframe berukuran lebih besar
dibandingkan dengan komputer dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan
besar sebagai server (peladen).
Supercomputer
Supercomputer memiliki ukuran yang
paling besar dan memiliki kapasitas pengolahan data dan kinerja yang paling
kuat. Super Komputer memiliki kemampuan untuk melakukan triliunan perintah atau
instruksi per detik yang dapat dihitung dalam FLOPS (Floating Point Operation
per Second).
B. Interaksi Manusia dan Komputer
Sebuah sistem komputasi terdiri atas
perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berinteraksi.
Berbagai macam jenis interaksi dapat
dilakukan oleh pengguna dengan sistem komputer, di antaranya seperti berikut.
1. Berbasis GUI (Graphical User
Interface)
Merupakan antarmuka yang menggunakan
menu grais untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan komputer. GUI merupakan
antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grais.
2. Antarmuka Berbasis Perintah (Command
Line Interface/CLI)
Sistem operasi berbasis CLI merupakan
tipe antarmuka melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program
di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
3. Melalui Suara (Audio)
Antarmuka menggunakan suara memungkinkan
pengguna mengucapkan sesuatu dan hasilnya akan direkam, dalam bentuk format
audio. Antarmuka ini hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan
perekam suara dan melalui aplikasi.
4. Melalui Gambar (Video)
Antarmuka menggunakan gambar hanya
dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan kamera. Kamera akan merekam
gambar dan melalui aplikasi akan menyimpan gambar dalam format video.
5. Melalui Berbagai Piranti Masukan
Lainnya
Selain melalui perangkat lunak, pengguna
dapat berinteraksi langsung ke komputer melalui piranti masukan, seperti yang
dijelaskan sebelumnya (keyboard, joystick, mouse, touchpad, layar sentuh,
keyboard virtual, dll).
C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer
Di dalam sebuah sistem komputer,
perangkat keras berkolaborasi dengan perangkat lunak aplikasi atau piranti lain
melalui sistem operasi. Sistem Operasi pun berkolaborasi dengan aplikasi untuk
berinteraksi dengan pengguna. Kolaborasi itu menghasilkan sebuah sistem
komputasi yang akan bermanfaat bagi pengguna.
Bahwa dalam sistem komputer, terjadi
interaksi dan kolaborasi. Ini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,
seperti software yang digunakan di sebuah toko, warnet, kantor, rumah sakit,
dan sebagainya.
Sebagai Contoh ialah ketika membeli
laptop baru dan akan membuat laporan di dalamnya, perlu menginstal sistem
operasi terlebih dulu, sebelum aplikasi pengolah kata. Hal ini menunjukkan
bahwa kedua software di atas saling bekerja sama satu sama lainnya, sebuah
software bergantung pada software lainnya.
D. Sistem Operasi
Sistem operasi (OS) adalah perangkat
lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer, sumber daya perangkat
lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.
Sistem operasi berfungsi untuk
mengendalikan, mengontrol atau memberikan koneksi antarperangkat keras
komputer.
Contoh dari sistem operasi ialah MS
Windows, Linux, MacOS, Android, iOS, dan sebagainya.
Sistem operasi berfungsi untuk mengelola
proses, memori utama, mengelola ile, mengelola penyimpanan sekunder, serta
melakukan proteksi dan keamanan.
Fungsi Sistem Operasi secara lebih rinci
dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Menyediakan antarmuka ke pengguna untuk berinteraksi dengan
komputer. Tanpa antarmuka yang mudah digunakan, komputer akan sulit untuk
digunakan.
2. Mengendalikan input dan output.
3. Mengelola perangkat keras dan periferal.
4. Mengelola pemuatan perangkat lunak dan menjalankan perangkat lunak.
5. Mengelola file (copy, save, sort, delete).
6. Menangani interupsi dan kesalahan (error).
7. Mengelola prosesor.
8. Mengelola memori.
9. Mengelola keamanan.
Demikianlah ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 4 “Sistem Komputer” yang dapat admin berikan pada postingan ini. Kiranya materi diatas dapat membantu siswa yang ingin belajar mapel informatika di kelas 10 kurikulum merdeka.