Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 SMA/SMK Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan materi yang telah diringkas
sehingga dapat membantu siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.
Adapun materi yang akan admin bagikan
pada kesempatan kali ini ialah materi pada mata pelajaran Informatika kelas 10
Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” semester 1 kurikulum merdeka. Materi
ringkasan ini admin buat dengan tujuan agar bisa menjadi referensi pembelajaran
baik bagi siswa maupun bagi guru.
Seluruh materi informatika kelas 10 bab
1 semester 1 kurikulum merdeka yang admin sajikan disini semuanya bersumber
dari buku siswa informatika kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka. Bagi anda yang
ingin memiliki sajian ringkasan materi lengkapnya maka silahkan lihat di bawah
ini :
Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik
A. Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas
1. Apa dan Mengapa Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai
studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang
menjadi dasar perancangan tersebut.
Komputasi adalah ilmu yang berkaitan
dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan
masalah-masalah sains.
Istilah informatika sepadan dengan
istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science.
Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam
pengembangan sistem komputer. Apa itu komputasi?
Menurut KBBI, komputasi adalah:
1. penghitungan dengan menggunakan komputer;
2. dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan
atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Setelah melalui perkembangan lebih dari
20 tahun, informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini
sudah berdiri sendiri. IInformatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu
yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik
(computational thinking), dan berbeda dari bidang ilmu lainnya.
Informatika di Era Industri 4.0
Saat ini manusia hidup di era digital
yang sering disebut Industri 4.0. Dalam industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh
manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet.
Masyarakat sekarang ini disebut
masyarakat 5.0 (society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di dunia
siber (maya) saat melakukan kegiatan daring.
Di masa depan, pasti akan lebih banyak
lagi peran teknologi dalam kegiatan manusia. Mungkin juga akan makin banyak
jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, pencipta teknologi itulah yang makin
dibutuhkan.
2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata
Pelajaran Informatika?
Informatika mencakup aspek teoretis dan
praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif
untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi.
Berikut ini menggambarkan bidang-bidang
pengetahuan atau elemen pengetahuan informatika tersebut.
Keterangan:
TIK: Teknologi Informasi dan
Komunikasi
SK: Sistem Komputer
JKI: Jaringan Komputer/Internet
AD: Analisis Data
AP: Algoritma dan Pemrograman
DSI: Dampak Sosial Informatika
PLB: Praktik Lintas Bidang
BK: Berpikir Komputasional
3. Informatika dan Proil Pelajar
Pancasila
Bagi pelajar Indonesia, karakter yang
baik ini dirumuskan sebagai proil pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri
berikut ini: (a) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (b)
Berkebhinekaan global, (c) Mandiri, (d) Bergotong Royong, (e) Bernalar kritis,
dan (f) Kreatif.
Nah, melalui mata pelajaran informatika,
kalian akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga
dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Semua elemen pembelajaran pada buku
ini diharapkan dapat mengasah kemampuan kalian bernalar kritis dan kreatif,
serta melatih kalian mengaitkan satu elemen pengetahuan dengan pengetahuan
lainnya.
4. Tanya Jawab
Pertanyaan : Apa persamaan dan perbedaan informatika fase SMP dengan Fase SMA?
Jawaban : Elemen mata pelajaran informatika sama, tetapi pembahasannya akan
lebih mendalam dan praktiknya lebih banyak menggunakan komputer dan perkakas
yang sesuai dengan bidang yang dipelajari.
Pertanyaan : Problem Solving? Jenis apa yang akan dilatih untuk diselesaikan
pada Fase SMA?
Jika dalam fase sebelumnya persoalan
lebih dikaitkan dengan persoalan sehari-hari, pada Fase SMA kita akan membahas
kasus-kasus yang lebih bernuansa informatika, artinya yang solusinya lebih
mengarah ke solusi yang terprogram (bisa dijalankan oleh komputer). Program
komputer yang dibuat semasa fase SMP lebih sebagai program kreativitas,
sedangkan program komputer yang akan dikembangkan di kelas X akan berupa
program komputer yang akan berguna untuk mendukung dalam memodelkan komputasi.
Pertanyaan : Apakah Informatika perlu untuk bidang sosial dan humanitas (soshum)
dan seni?
Jawaban : Bidang sosial dan humanitas serta seni juga memerlukan komputer.
Kalaupun siswa tidak akan memilih karir menjadi pengembang sistem komputasi,
pengolahan data dalam suatu riset sosial akan membutuhkan perkakas pengolahan
yang pasti membutuhkan informatika. Perkakas informatika ini disederhanakan
antarmukanya sehingga pengguna bidang non informatika hanya perlu memandang
perkakas informatika sebagai black box. Artinya, pengguna bidang informatika
tidak perlu tahu detailnya, tinggal memakai seperti banyak pemakai televisi
atau kulkas tanpa perlu mengerti rangkaian elektronika di dalamnya. Akan
tetapi, memahami struktur dari perkakas dengan baik dan memahami logika
pengembangannya akan membantu pengembang perkakas. Sistem sosial banyak
dimodelkan dan disimulasikan, untuk mengkaitkan masa lalu, masa kini, dan masa
depan. Simulasi memungkinkan kita melakukan percobaan dengan mengubah-ubah
parameter, dan melakukan “what if analysis” atau “Bagaimana jika…. “
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan matematika?
Jawaban : Matematika adalah akar dari informatika, terutama untuk bidang
logika dan matematika diskrit, statistika, dan analisis data. Informatika
memadukan teori[1]teori matematika dan
bidang lain dengan prinsip dan teori informatika, untuk menghasilkan model
komputasi yang dapat disimulasikan dengan komputer.
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan ilmu pengetahuan alam?
Jawaban : Informatika akan menjadi alat berpikir saat mengembangkan model[1]model komputasi untuk
bidang kimia, biologi, isika, atau lainnya. Kemajuan sains banyak dicapai
dengan kemajuan bidang informatika. Sebaliknya, kebutuhan pemodelan dan
komputasi sains juga menyebabkan teknik untuk pengolahan, analisis dan
interpretasi data bagi sains semakin baik.
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan engineering (rekayasa)?
Jawaban : Dalam proses rekayasa, insinyur insinyur menentukan kebutuhan,
melakukan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian produk/artefak.
Insinyur sipil akan menghasilkan berupa bangunan (gedung, jembatan, atau
lainnya). Insinyur mesin menghasilkan mesin dan engine untuk berbagai alat
mulai engine pesawat, mobil, atau alat rumah tangga sederhana. Praktik lintas
bidang informatika memberi kesempatan siswa untuk melakukan praktik proses
rekayasa, yang meliputi analisis, perancangan, implementasi dan pengujian
sebelum mengembangkan produk/artefak komputasional.
Pertanyaan : Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika?
Apakah sama dengan SMP?
Jawaban : Ya, masih sama dengan saat fase SMP, siswa kelas X akan mengalami pembelajaran
berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat pada siswa
(Student Centered Learning/SCL), dan pembelajaran berbasis inkuiri (Inquiry
Based Learning/IBL).
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?
Jawaban : Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan
teknologi digital untuk mengubah praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan
sehari-hari menjadi “digital” yaitu lebih banyak memakai sistem komputer. Hal
ini semakin mungkin karena masyarakatnya juga semakin “melek digital” (digital
literate), perangkat keras semakin canggih dan justru menjadi murah serta
berkinerja tinggi (powerful), perangkat lunak semakin mudah dioperasikan, dan
teknologi juga memungkinkan sistem beroperasi lebih eisien dan memberikan nilai
manfaat bagi kehidupan.
Pertanyaan : Apa itu big data?
Jawaban : Istilah big data banyak disebut-sebut. Big data adalah istilah yang
menggambarkan data terstruktur maupun tidak terstruktur yang bervolume besar,
yang cepat pertumbuhannya. Data tersebut membanjiri dunia digital karena
semakin banyak orang mengisi konten lewat aplikasi, misalnya berkomunikasi/
bersosialisasi melalui media sosial. Namun bukan jumlah data yang penting. Apa
yang dilakukan organisasi dengan data itulah yang penting. Big data dapat
dianalisis untuk selanjutnya dipakai mengarahkan keputusan seseorang,
memberikan rekomendasi, atau lainnya. Dalam organisasi dan bisnis, big data
dapat dipakai untuk membantu proses pengambilan keputusan yang strategis dengan
menggali halaman web yang dapat diakses secara publik. Pertanyaan : Apa itu
Artiicial Intelligence?
B. Keterampilan Generik
Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal
adanya 7 aspek praktik lintas bidang , di mana 2 di antaranya bersifat umum dan
akan dipraktikkan di mana-mana.
Tujuh aspek praktika informatika itu
adalah:
1. Membina dan menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim
yang inklusif.
2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.
3. Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang pemecahannya dapat
didukung dengan sistem komputasi.
4. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
5. Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana
untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
6. Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil
uji artefak komputasi.
7. Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan
mempresentasikan, memvisualisasikan serta memperhatikan hak kekayaan
intelektual.
Demikianlah informasi tentang ringkasan/rangkuman materi Informatika kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian materi ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa yang akan menggunakannya dalam pembelajaran Informatika.