Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru
Kherysuryawan.id – Download Panduan pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun 2022.
Salam sehat dan bahagia buat para
pendidik dimanapun berada. Selamat berjumpa kembali pada website pendidikan
ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi terbaru tentang
penilaian pada kurikulum merdeka yang juga masih menggunakan kurikulum 2013.
Saat ini sekolah telah banyak yang
menggunakan dan menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka namun masih banyak
juga sekolah yang ternyata masih menggunakan kurikulum 2013. Olehnya itu pihak
sekolah dalam melakukan penilaian baik pada kurikulum merdeka maupun kurikulum
2013 harus bisa memahami tentang penilaian atau asesmen yang akan di gunakan
pada kedua kurikulum tersebut.
Pada pembahasan kali ini admin hanya
akan memberikan infoirmasi mengenai panduan pembelajaran dan asesmen untuk
kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2022. Bagi anda yang di sekolahnya
hingga saat ini masih menggunakan kurikulum 2013 dan akan melakukan penilaian
atau penginputan nilai pada aplikasi erapor kurikulum 2013 maka dapat terlebih
dahulu membaca dan memahami tentang pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013
edisi revisi terbaru tahun 2022.
Adapun panduan pembelajaran dan asesmen
kurikulum 2013 yang akan admin bahas disini yaitu di peruntukkan bagi sekolah
jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh
tentang pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 edisi revisi terbaru maka dapat
memperoleh file panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 tahun 2022 yang
akan admin bagikan pada postingan ini.
Berikut ini penjelasan tentang panduan
pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran
mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum,
dan pengembangan pembelajaran. Panduan ini disusun untuk menyesuaikan
pelaksanaan pembelajaran dan asesmen Kurikulum 2013 dengan standar nasional
pendidikan yang baru, yaitu standar proses dan standar penilaian.
Penyusunan panduan ini bertujuan untuk memandu
pendidik dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran dan asesmen sesuai dengan regulasi terbaru. Panduan Pembelajaran
dan Asesmen Kurikulum 2013 ini dikembangkan dengan melibatkan akademisi,
praktisi, dan direktorat terkait.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)
Kurikulum 2013 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan
contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud
meliputi aktivitas menganalisis Kompetensi Dasar (KD) dan cara mencapai
kompetensi dasar tersebut sebagai tujuan pembelajaran. Sementara asesmen adalah
aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian
kompetensi dasar. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu
siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu
dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran
yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen
formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen pada
Kurikulum 2013 ini merupakan penyempurnaan panduan-panduan pembelajaran dan
panduan-panduan penilaian berdasarkan standar proses dan standar penilaian
pendidikan yang baru. Panduan ini akan mengalami revisi dan pembaruan secara
berkala.
Perencanaan
pembelajaran dan asesmen
dalam merencanakan pembelajaran dan
asesmen pendidik perlu melakukan analisis kompetensi yang akan dicapai,
menentukan tujuan pembelajaran dan asesmen, serta menentukan kriteria
ketercapaian dari tujuan pembelajaran dan asesmen tersebut. Tujuan pembelajaran
dapat ditentukan dengan dua pilihan yaitu menggunakan rumusan KD secara
langsung atau merumuskan secara mandiri.
Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan
pembelajaran, langkahlangkah pembelajaran, dan asesmen pembelajaran yang
disusun dalam bentuk dokumen yang fleksibel, sederhana, dan kontekstual. Tujuan
pembelajaran merupakan hasil analisis kompetensi dasar yang mempertimbangkan
kekhasan dan karakteristik satuan pendidikan. Pendidik juga harus memastikan
tujuan pembelajaran apakah sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta
didik.
Perencanaan asesmen dilakukan dengan
tiga bentuk, yaitu:
1. pada awal pembelajaran,
2. pada saat pembelajaran, dan
3. pada akhir pembelajaran.
Perencanaan asesmen awal pembelajaran
sangat perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik,
mengingat hasilnya digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan
tahap capaian peserta didik.
Sementara, asesmen formatif pada saat
pembelajaran dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan refleksi terhadap
keseluruhan proses belajar yang dapat dijadikan acuan untuk perencanaan pembelajaran
dan melakukan revisi apabila diperlukan.
Apabila peserta didik telah mencapai
tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat meneruskan pada tujuan pembelajaran
berikutnya. Namun, apabila tujuan pembelajaran belum tercapai, pendidik perlu
melakukan penguatan terlebih dahulu. Selanjutnya, pendidik perlu mengadakan
asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian dari keseluruhan tujuan
pembelajaran.
Pemerintah menetapkan Kompetensi
Inti/Kompetensi Dasar sebagai kompetensi yang ditargetkan. Kompetensi Dasar sudah
cukup memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari, namun pendidik perlu melakukan
analisis untuk memahami kompetensi dan lingkup materi yang dituju.
Dalam merencanakan pembelajaran dan
asesmen, satuan pendidikan dapat :
1. menggunakan rumusan Kompetensi Dasar yang dibuat oleh pemerintah,
atau
2. melakukan analisis Kompetensi Dasar dan merumuskan tujuan
pembelajaran secara mandiri.
Di dalam Panduan Pembelajaran dan
Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 terbaru tahun 2022 juga telah disiapkan format
laporan hasil belajar (Rapor) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK selain itu di
dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 juga di berikan
contoh ragam bentuk asesmen untuk jenjang PAUD.
Baiklah untuk lebih jelas dalam memahami
pembelajaran dan asesmen pada kurikulum 2013 versi terbaru maka bapak dan ibu
guru dapat membaca Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 secara
lengkap melalui buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 yang
akan admin bagikan pada postingan ini.
Berikut ini file Panduan Pembelajaran
dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 yang dapat anda miliki di bawah ini :
Demikiankah informarmasi seputar Panduan
Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang bisa
admin bagikan pada postingan ini semoga informasi ini senantiasa bisa membantu
dan bermanfaat bapak/ibu guru dalam memahami alur dan tahapan dalam melakukan
pembelajaran dan penilaian pada kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.