Download PPA Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Kherysuryawan.id – Panduan Pembelajaran dan Asesmen kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Oh ya pada kesempatan kali ini
admin ingin membagikan informasi yang sangat penting bagi pendidik (Guru),
kepala sekolah dan satuan pendidikan tentang pembelajaran dan asesmen pada
kurikulum merdeka.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen
Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia telah menerbitkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum
merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)
sangat penting untuk di ketahui oleh seorang guru. Salah satu hal yang paling
terpenting pada kurikulum merdeka ialah saat guru akan melakukan pembelajaran dan
penilaian yang nantinya menjadi dasar dalam pengisian nilai di aplikasi erapor
maka guru harus mengacu pada panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum
merdeka.
Berikut ini sasaran pengguna PPA
kurikulum merdeka :
·
Untuk pendidik, panduan
pembelajaran dan asesmen digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran
·
Untuk kepala sekolah, panduan
ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin
pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala
sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi untuk
menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.
·
Pengawas diharapkan berperan
untuk mendampingi kepala sekolah. Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan
dan merefleksikan proses pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi),
serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen
dari sekolah lain. pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala
sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan
permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.
·
dan merefleksikan proses
pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan
inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain.
pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik
yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam
pembelajaran.
Satuan pendidikan dan pendidik diberikan
kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai
dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya.
Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan
jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan
karakteristik tujuan pembelajaran.
A. Prinsip Pembelajaran
Berikut ini prinsip pembelajaran pada
kurikulum merdeka :
1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan
dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar,
serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam
sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan;
2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas
untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat;
3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter
peserta didik secara holistik;
4. pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai
konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan
komunitas sebagai mitra;
5. pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
B. Prinsip Asesmen
Berikut ini prinsip Asesmen pada
kurikulum merdeka :
1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran,
fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan
balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu
mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya;
2. asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen
tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan
asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran;
3. asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat
dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan
tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang
sesuai selanjutnya;
4. aporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat
sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter
dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut;
5. hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga
kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu
pembelajaran.
Pada buku panduan pembelajaran dan asesmen
(PPA) kurikulum merdeka terdapat beberapa materi yang akan di kupas dan di
bahas secara lengkap di dalamnya diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. PANDUAN
Yang meliputi
latar belakang, saasaran pengguna dan cara menggunakan panduan
2. PRINSIP PEMBELAJARAN DAN PRINSIP ASESMEN
3. PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
Yang meliputi
memahami capaian pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun
alur tujuan pembelajaran, merencanakan pembelajaran dan asesmen
4. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
5. PENGOLAHAN DAN PELAPORAN HASIL ASESMEN
Yang meliputi
pengolahan hasil asesmen dan pelaporan hasil belajar
6. REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
7. TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SESUAI KESIAPAN PENDIDIK DAN
SATUAN PENDIDIKAN
Nah, bagi anda yang ingin melihat secara
lengkap materi yang telah admin sebutkan diatas maka melalui postingan ini
admin akan memberikan buku panduan pembelajaran dan asesmen (PPA) dalam bentuk
file PDF.
Berikut ini file Panduan Pembelajaran
dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.
- Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK (DISINI)
Demikianlah informasi tentang Panduan
Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP,
SMA/SMK yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini , semoga dapat
bermanfaat bagi pendidik dan bagi satuan pendidikan yang telah menerapkan
pembelajaran kurikulum merdeka.