Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika kelas 7 SMP Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” kurikulum merdeka.
Sahabat kherysuryawan, mata pelajaran
informatika merupakan salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari
di kelas 7 pada kurikulum merdeka.
Untuk memudahkan siswa dalam belajar
maka disini admin akan mencoba untuk membagikan ringkasan/rangkuman materi
informatika kelas 7 SMP bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” yang
nantinya akan di pelajari di semester 1 pada kurikulum merdeka.
Sebenarnya mata pelajaran informatika
hampir sama dengan mata pelajaran TIK, namun demikian terdapat perbedaan antara
mata pelajaran informatika dan TIK. Untuk mengetahui perbedaannya maka berikut
ini penjelasannya:
Menurut Unesco (2006), yang dimaksud
dengan TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirim kan,
menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukarkan informasi. TIK mencakup
teknologi seperti radio, televisi, video, DVD, telepon (telepon saluran tetap
dan telepon genggam), sistem satelit, komputer dan jaringan komputer, serta
peralatan dan layanan yang berhubungan dengan teknologi ini, seperti
video-conference dan surel.
Informatika adalah bidang ilmu yang
mencakup 5 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), Teknik Komputer (TK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI),
Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial informatika
(DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Jadi, informatika lebih luas artinya.
TIK adalah salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika.
Pada mata pelajaran informatika yang akan
di pelajari di kelas 7 SMP Bab 1 kurikulum merdeka, ada beberapa materi yang
nantinya akan di pelajari didalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut :
A. Informatika untuk Pelajar SMP
1. Apa dan
Mengapa Perlu Belajar Informatika?
2. Apa yang akan
Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
3. Informatika
dan Proil Pelajar Pancasila
B. Pengantar Keterampilan Generik
1. Bekerja dalam
Kelompok
2.
Mengomunikasikan Hasil Kerja
Baiklah untuk mengetahui lebih jelas
tentang isi materi pada mata pelajaran informatika di kelas 7 Bab 1 tentang “Informatika
dan Keterampilan Generik” maka berikut ini ringkasan materinya yang dapat anda
lihat di bawah ini:
Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik
A. Informatika untuk Pelajar SMP
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar
Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai
studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang
menjadi dasar perancangan tersebut.
Komputasi adalah ilmu yang berkaitan
dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan
masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa
Inggris informatics, computing, atau computer science.
Apa itu komputasi?
Menurut KBBI, komputasi adalah: (1)
penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan
dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan
berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar
Informatika dinamakan berpikir kom[1]putasional
(computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka
dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar
(reasoning) mengenai sistem dan persoalan.
Setelah melalui perkembangan lebih dari
20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini
sudah berdiri sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu
yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan
berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama
(ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai
sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada
teknologi tertentu.
Melalui mata pelajaran informatika,
diharapkan di masa mendatang, kita tidak hanya bisa mempergunakan teknologi
komputer, tetapi juga tahu kapan teknologi tepat dimanfaatkan untuk
menyelesaikan pekerjaan, bahkan juga tahu bagaimana membuat aplikasi teknologi
untuk mengatasi berbagai persoalan.
2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata
Pelajaran Informatika?
Informatika mencakup aspek teoretis dan
praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif
untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi.
Bidang-bidang pengetahuan informatika, dikelompokkan
menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),
Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD),
Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika
Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational
Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System
(CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming
(AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).
Berikut ini menggambarkan bidang-bidang
pengetahuan atau elemen pengetahuan informatika tersebut.
Berikut ini yang akan di pelajari pada
mata pelajaran informatika di kelas VII
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar
menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung
berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau
ilmu sosial.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian akan
belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan
peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile dalam folder.
3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai
deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer
dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti
lain yang terhubung.
4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang
pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan belajar
membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya
kreatif.
6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar
mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
7. Praktika Lintas Bidang: selain mempelajari materi-materi di atas, kalian
juga akan belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya
dan mencoba memenyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian
dapatkan di atas.
3. Informatika dan Proil Pelajar
Pancasila
Bagi pelajar Indonesia, karakter yang
baik ini dirumuskan sebagai Proil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri
berikut ini.
1. Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
2.
Berkebinekaan global
3. Mandiri
4. Bergotong
Royong
5. Bernalar
kritis
6. Kreatif
Nah, melalui mata pelajaran informatika,
kalian akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga
dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir
komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika,
kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif.
B. Pengantar Keterampilan Generik
Dalam konsep kurikulum informatika,
dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat
umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus
dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas. Tujuh aspek praktika informatika
itu adalah seperti berikut.
1. Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
3. Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat
didukung dengan sistem komputasi.
4. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
5. Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana
untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
6. Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan
hasil uji artefak komputasi.
7. Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan
mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan
intelektual.
1. Bekerja dalam Kelompok
Tugas diberikan untuk dikerjakan dalam
kelompok agar kalian dapat berdiskusi dan mengerjakan suatu tugas yang lebih
besar, dibandingkan dengan hanya mengerjakan seorang diri. Jumlah anggota
kelompok akan ditentukan oleh guru, sesuai dengan tugas yang diberikan. Makin
besar tugasnya, biasanya makin banyak anggota kelompoknya. Secara umum, tujuan
kerja kelompok adalah agar kalian dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat
dan memupuk semangat bergotong royong.
Agar bekerja dalam kelompok menjadi
eisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik, lakukanlah hal-hal berikut.
1. Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.
2. Lakukan pembagian peran dalam kelompok sehingga setiap anggota
mendapat peran dan pembagian tugas. Jika semua mengerjakan hal yang sama, tugas
tidak akan selesai. Harus ditunjuk ketua kelompok jika anggotanya banyak atau
hasilnya perlu dikumpulkan dan diintegrasikan.
3. Kerjakan tugas sesuai peran masing-masing. Jangan khawatir kalau
perannya berbeda. Kalian dapat berganti peran pada tugas berikutnya.
4. Setelah masing-masing mengerjakan bagian sesuai perannya, tim harus
berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing-masing.
5. Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan
kesimpulan semua kelompok dengan berdiskusi.
2. Mengomunikasikan Hasil Kerja
Hasil kerja yang telah kita kembangkan
atau dibuat perlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak yang berkepentingan,
seperti: pemberi kerja, khalayak umum, dan lainnya. Komunikasi hasil kerja bisa
dilakukan dengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan
seperti infograis.
a. Infograis
Infograis berisi informasi teks dan
gambar atau graik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang
dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan
diinterpretasi ketimbang hanya tekstual.
Sebuah infograis mempunyai komponen
konten dan tampilan. Konten dan tampilan akan menjadikan sebuah infograis
menjadi paparan untuk mengomunikasikan hasil yang baik dan berhasil.
Perancangan konten infograis perlu
memperhatikan hal berikut.
1. Tujuan infograis dibuat: untuk mengedukasi, himbauan, ajakan, atau
lainnya.
2. Kepada siapa infograis ditujukan. Misalnya, membuat infograis untuk
adik-adik TK akan berbeda dengan infograis paparan proyek sains kalian.
Infograis saintiik kontennya harus lebih saintiik dan sesuai kaidah sains.
3. Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya. Konten bergantung pada tujuan infograis dibuat.
b. Presentasi
Laporan tertulis atau sebuah artefak
komputasional, yaitu produk yang akan kalian hasilkan dalam aktivitas praktik
informatika, perlu dijelaskan agar dapat lebih mudah dipahami. Sebuah bahan
presentasi yang baik adalah gabungan antara penjelasan murni tekstual dan
infograis (jika dipandang per halaman presentasinya). Biasanya, bahan
presentasi disampaikan dalam ringkasan butir-butir penting dari paparan (oleh sebab
itu, perkakas pembuatnya disebut “Power Point”). Kriteria dari sebuah bahan
presentasi yang baik ditentukan oleh konten dan tampilannya.
Berikut ini contoh gambar presentasi:
Dari Segi Konten
1. Mengandung bagian penting berikut
yang menunjukkan alur logika dari paparan yang mengalir dengan runtut:
a. Ringkasan
b. Latar
belakang
c. Paparan
utama
d.
Penutup/kesimpulan
2. Ditulis dalam bahasa yang sesuai dan
dalam bentuk butir-butir kata kunci serta ringkasan teks. Sering kali bahkan
bukan dalam kalimat lengkap.
Dari Segi Tampilan
1. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh penyimaknya.
2. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi. Terlalu banyak ilustrasi
mengharuskan banyak narasi. Terlalu banyak teks akan sulit ditangkap dalam
waktu singkat.
3. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan. Makin
singkat, perlu sedikit lembar presentasi dan harus padat.
Demikianlah informasi seputar ringkasan/rangkuman materi untuk mata pelajaran informatika kelas 7 SMP Bab 1 tentang “Informatika dan Keterampilan Generik” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga infiormasi ini dapat membantu siswa dan guru dalam mempelajari materi informatika di kelas VII SMP kurikulum merdeka.