Buku Siswa & Guru Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Download Buku Siswa dan Buku Guru Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, jika pada postingan
sebelumnya admin telah membagikan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk
mata pelajaran seni music, seni tari, seni rupa kelas 7 SMP versi kurikulum
merdeka maka di kesempatan kali ini admin akan kembali membagikan file buku
siswa dan buku guru untuk mata pelajaran seni teater kelas 7 SMP Kurikulum
Merdeka.
Mata pelajaran seni rupa merupakan cabang
dari mata pelajaran seni budaya. Seni Budaya seperti halnya Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi merupakan materi yang wajib mendapatkan tempat, terutama dalam
kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pasal 36 Undang-Undang Nomor 23 Tahun
2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) memberikan mandat supaya
setiap kurikulum di setiap jenjang pendidikan menempatkan seni dan budaya
setara dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selanjutnya, Pasal
37, menegaskan bahwa seni dan budaya merupakan salah satu mata pelajaran wajib
dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Norma itu menegaskan bahwa ada
dimensi perkembangan siswa yang tidak bisa terpenuhi oleh Ilmu Pengetahuan
selain oleh materi pelajaran seni dan budaya. Pasal tersebut mendapatkan
penjelasan bahwa kajian pelajaran seni dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta
didik menjadi manusia yang memiliki pemahaman dan rasa seni.
Ki Hadjar Dewantara mengartikan seni
sebagai “segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan
bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.” Seni adalah
hasil karya cipta manusia yang mengekspresikan keseluruhan kemampuannya secara
utuh baik kecerdasan otak, kecerdasan emosional, keterampilan motorik dan
kekuatan kehendak. Selain itu karya cipta yang bersumber dari hidup perasaan
keindahan itu memiliki daya yang menggerakkan jiwa perasaan orang lain yang
menikmati seni.
Pandangan Ki Hadjar Dewantara tersebut
relevan dan kontekstual untuk memahami secara bijak mandat UU Sisdiknas tentang
peran kehadiran seni dalam pendidikan. Berkesenian dalam pendidikan merupakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peningkatan keseluruhan aspek kemampuan
siswa, yaitu aspek kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan
keterampilan tubuh. Perkembangan kecerdasaan emosional siswa dapat terlihat
dari kepekaannya terhadap lingkungan, sikap empatinya pada sesama, dan
kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah. Kecerdasan emosional merupakan
aspek dominan dalam proses kreatif mencipta karya.
Demikian halnya dengan Seni Teater dalam
pendidikan. Seni Teater di sekolah umum, terlebih untuk pendidikan setara SMP,
tidak dimaksudkan untuk menyiapkan siswa sebagai seniman atau pekerja teater.
Seni Teater dalam sekolah umum, sebagai pembelajaran intrakurikuler, adalah
merupakan media pendidikan. Kurasi profesional tentu bukan standar untuk
menilai karya seni hasil pembelajaran siswa karena memang yang menjadi tujuan
utama pembelajaran Seni Teater bukanlah hasilnya. Siswa tetap belajar untuk
dapat memahami Seni Teater dan menguasai dasar-dasar keterampilan berlaku
peran, tetapi yang lebih utama adalah intensitas keterlibatan siswa dalam
dinamika proses pembelajaran Seni Teater.
Proses pembelajaran Seni Teater
merupakan pembiasaan bagi siswa untuk mendewasakan sikap tanggung jawab,
kemandirian, toleran, dan empati. Melalui pembiasaan itu siswa dapat belajar
menentukan sikap kapan saat harus bekerja mandiri dan kapan harus bersikap
sebagai bagian dari kerja kelompok. Dengan mengacu pada Profil Pelajar
Pancasila, menjadi jelas bahwa intensitas pembelajaran Seni Teater di sekolah
bertujuan untuk membuka kesadaran siswa dan menggerakkan kehendaknya untuk
mampu mewujudnyatakan nilai-nilai kebaikan ke dalam sikap dan tindakannya.
Melalui Seni Teater siswa juga belajar
mengenali dan memaknai nilai kodrati manusia sebagai makhluk bermain (homo
ludens). Pada perkembangan tertentu, kegiatan bermain menunjukkan kecenderungan
manusia untuk meniru (mimesis) apa yang dialami, dilihat, dan didengar. Namun
dalam pengertian kodrati, homo ludens adalah citra makhluk pekerja yang dengan
akal budinya mampu mengembangkan kemampuannya untuk mengolah lingkungan baik
lingkungan sosial maupun lingkungan alam sekitarnya.
Pada kurikulum merdeka, Untuk memperlancar
proses belajar mengajar bagi guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran
seni teater di kelas 7 SMP kurikulum merdeka maak di perlukan sebuah buku teks
pelajaran berupa buku siswa dan buku guru seni teater kelas 7 kurikulum
merdeka.
Di kesempatan kali ini admin akan
berbagi file buku teks pelajaran seni teater untuk kelas 7 SMP kurikulum
merdeka yang bisa dimanfaatkan bagi guru dan siswa dalam melancarkan kegiatan
belajar mengajar di sekolah.
Bagi anda yang membutuhkan file buku
siswa seni teater kelas 7 dan buku guru seni teater kelas 7 SMP Kurikulum
Merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- Buku Guru Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka (DISINI)
- Buku Siswa Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka (DISINI)
- Materi Seni Teater Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)
DAPATKAN JUGA :
👉 Buku Guru & Siswa Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran
Demikianlah informasi mengenai buku guru
dan buku siswa untuk mata pelajaran seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka
yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga buku teks pelajaran
kurikulum merdeka tersebut dapat bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa
dalam melaksanakan pembelajaran di kurikulum merdeka.