Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” semester 1 kurikulum merdeka.
Halo Sahabat pendidikan pada kesempatan
kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang ada di kurikulum
merdeka. Adapun materi yang akan di bahas pada postingan ini ialah materi pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 Hal yang Baik bagi Tubuh yang
akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Jika pada postingan sebelumnya admin
telah membagikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7
pada bab 1 dan bab 2, maka kali ini admin akan mencoba kembali untuk berbagi
rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 3 yang mana materinya yaitu “Hal
yang Baik bagi Tubuh”
Materi pelajaran menjadi sesuatu hal
yang sangat penting bagi siswa dan guru sebab materi pelajaran akan menjadi
pokok pengetahuan yang dapat di terima oleh siswa dalam melaksanakan proses
pembelajaran. Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka di
perlukan sebuah ringkasan materi yang dapat mempersingkat waktu siswa dalam
belajar.
Jika pada buku paket pelajaran siswa
dapat melihat materi secara lengkap namun untuk memudahkan siswa dalam memahami
dan menangkap materi dengan cepat maka siswa perlu untuk membuat sebuah
ringkasan atau rangkuman dari materi yang telah ada.
Ringkasan materi atau rangkuman materi
yang dimaksud ialah mengambil beberapa materi yang dianggap penting kemudian
dikumpulkan dan di pelajari sehingga apa yang menjadi pokok atau inti materi
dapat dengan mudah di pahami dan di pelajari.
Nah, pada kesempatan kali ini admin akan
membantu para siswa untuk bisa mendapatkan ringkasan materi pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas 7 SMP kuriulum merdeka. Adapun materi yang akan di ringkas
disini ialah materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 tentang “Hal yang Baik bagi
Tubuh”.
Materi ringkasan Bahasa Indonesia kelas
7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” ini merupakan kumpulan materi yang
penting-penting saja dan tentunya materinya bersumber dari buku paket pelajaran
Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka atau lebih tepatnya buku siswa Bahasa
Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka.
Sebelum admin memberikan ringkasan
materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 kurikulum merdeka maka berikut ini tujuan
pembelajaran dari materi “Hal yang Baik bagi Tubuh”
Tujuan Pembelajaran:
Pada bab ini kalian akan mempelajari
anjuran, ajakan, dan imbauan untuk memperhatikan pola makan dan menata hidup
kalian melalui teks prosedur. Kalian diajak mengenali ciri kalimat serta unsur
dalam teks prosedur, menyimak paparan prosedur lisan, serta berlatih menyajikan
teks prosedur secara lisan dan tertulis dengan runtut dan menarik.
Baiklah berikut ini isi
ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 3 “Hal yang Baik bagi
Tubuh” yang dapat anda lihat sajian lengkapnya di bawah ini ;
RINGKASAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 KURIKULUM MERDEKA
A. Mengidentifikasi Karakteristik Teks Prosedur
Memahami Isi Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang
memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi untuk melakukan sesuatu. Teks ini
membantu kita untuk memahami dan mengerjakan sesuatu dengan tahapan-tahapan
yang benar.
Apa perbedaan antara teks prosedur
dan tip?
Tip merupakan saran-saran praktis tanpa
urutan tertentu agar orang berhasil melakukan sesuatu. Teks prosedur dapat
disajikan dalam bentuk gambar atau grafis. Informasi yang tersaji dalam bentuk
gambar disebut dengan Infografik.
Mengidentifikasi Kata-Kata Fokus
v Transisi: Peralihan dari keadaan (tempat, tindakan, dan sebagainya)
pada yang lain. Misalnya: Masa remaja adalah transisi dari masa kanak-kanak ke
masa dewasa.
v Kudapan adalah makanan yang dimakan di luar waktu makan.
v Boraks adalah bahan pembersih (antiseptik; zat pembantu melelehkan
zat padat) yang berupa hablur kristal berwarna kuning atau serbuk berwarna
cokelat.
v Produk olahan susu adalah makanan atau minuman yang diolah dari susu
sapi. Contoh produk olahan susu adalah keju, es krim, dan yoghurt. Yoghurt
dihasilkan dari fermentasi susu sapi. Pada proses fermentasi ini, bakteri baik,
yaitu bakteri asam laktat, ditambahkan ke dalam susu dan dibiarkan selama
beberapa hari hingga menjadi yoghurt.
v Formalin adalah larutan bening berbau menyengat, mengandung sedikit
metanol untuk bahan pengawet dan pembunuh kuman.
B. Mengidentifikasi Tujuan Ragam Teks Prosedur
Mengenali Tujuan Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang
memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi agar seseorang dapat melakukan
suatu pekerjaan secara tepat. Teks prosedur dapat berisi ajakan, perintah, atau
larangan.
C. Mengenali Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks
Prosedur
Pada teks prosedur, langkah-langkah
panduan dapat dihubungkan dengan kata penghubung seperti kemudian, berikutnya,
dan setelah ini. Terkadang penulis menggunakan kata-kata tersebut terlalu
sering sehingga diperlukan pelesapan.
Pelesapan adalah penghilangan bagian
tertentu yang sama dan sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Umumnya,
pelesapan ini terjadi pada kalimat majemuk rapatan, yaitu gabungan beberapa
kalimat tunggal yang memiliki subjek atau predikat atau objek yang sama.
Perhatikan beberapa contoh pelesapan
dalam prosedur membuat puding di bawah ini.
1. Masukkan sebungkus agar-agar, jeli, dan susu cair sebanyak 500 ml,
kemudian aduk (agar-agar, jeli, dan susu) sampai larut dalam air.
2. Masak (campuran agar-agar, jeli, dan susu) di atas api.
3. Tambahkan gula, kemudian aduk terus (campuran yang sedang dimasak
ini) selama 30 menit.
4. Setelah mendidih, matikan api, kemudian aduk lagi selama 1 menit.
Pudingmu sudah jadi!
5. Tuang puding dalam cetakan. Berikutnya, setelah (puding) agak
dingin, simpan dalam lemari es.
Mengenali Kalimat Ajakan dan Larangan
dalam Teks Prosedur
Kalimat ajakan atau perintah ditandai
dengan:
1. akhir kalimat dapat diakhiri dengan partikel lah atau kan;
2. kalimat perintah dapat berpola inversi yaitu kalimat diawali dengan
predikat (P), lalu subjek (S), seperti:
a. Peganglah (P) + pinggiran kursi (S)!
b. Ambillah (P) + dua buku pelajaran (S)!
c. Perhatikan (P) + makanan kalian (S)!
Mengidentifikasi Struktur Teks
Prosedur
Agar dapat mengajak pembaca untuk
melakukan sesuatu, teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut.
1. Pendahuluan untuk mengajak pembaca melakukan kegiatan yang akan
dijelaskan.
2. Informasi peralatan dan bahan.
3. Langkah-langkah dengan perincian cara, waktu, dan bahan untuk
diikuti.
4. Dapat memiliki bagian penutup yang mengulang ajakan kepada pembaca
untuk melakukan kegiatan.
Mengenali Adverbia dalam Teks
Prosedur
Kata keterangan atau adverbia adalah
kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain seperti kata kerja
(verba) dan kata sifat (adjektiva).
Kata keterangan yang sering digunakan
pada teks prosedur adalah kata keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan
tujuan.
1. Kata keterangan cara
a. Cucilah buah sampai bersih.
b. Tumbuk semua bahan itu hingga hancur dan tercampur rata.
2. Kata keterangan alat
a. Hancurkan semua bahan dengan blender atau mesin penghancur.
b. Masukkan sorbet ke dalam wadah tertutup.
3. Kata keterangan tujuan, biasanya menggunakan kata untuk, supaya,
atau agar.
a. Masukkan ke dalam lemari pendingin agar beku.
b. Ingatlah untuk selalu melakukan peregangan agar tubuh kalian ringan,
tidak kaku, dan lentur
Teks prosedur juga lazim menggunakan
kata keterangan jumlah untuk membuat langkah-langkah jelas dan mudah diikuti.
a. Sisihkan buah cincang sebanyak satu mangkuk.
b. Bekukan di mesin pendingin minimal selama satu jam.
c. Ulangi cara yang sama dua kali
D. Menyajikan Teks Prosedur Melalui Berbagai Media
Teks prosedur itu:
a. bertujuan mengajak, memerintahkan, atau melarang pembaca melakukan
sesuatu;
b. memiliki unsur berupa kalimat ajakan, perintah, dan larangan;
c. memiliki struktur pendahuluan, alat dan bahan, serta langkah-langkah
melakukan kegiatan.
Untuk membuat teks prosedur lebih
menarik, maka gunakan rancangan ke dalam format gambar atau Infografik serta
juga dapat membuatnya dalam format video untuk diunggah ke media sosial.
Demikianlah sajian ringkasan materi Bahasa
Indonesia kelas 7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” yang dapat admin sampaikan
pada kesempatan kali ini. Materi yang telah di sajikan diatas merupakan materi
yang nantinya akan di pelajari di pembelajaran semester 1. Semoga informasi
rangkuman/ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP bab 3 “Hal yang Baik
bagi Tubuh” tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya
untuk pembelajaran di kurikulum merdeka.