Soal AKM Numerasi SMA Kelas 10,11,12 SMA/SMK
Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Numerasi jenjang SMA Kelas 10, 11, 12 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Halo sahabat pendidikan, selamat bertemu kembali di website pendidikan ini. Pada pertemuan kali ini admin akan membahas seputar AKM atau yang sering di sebut dengan asesmen kompetensi minimum. AKM akan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang dimulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK.
Dalam persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional tentunya para guru dan siswa akan sangat membutuhkan sebuah referensi soal-soal latihan untuk digunakan sebagai bahan belajar maupun latihan. nah olehnya itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal asesmen sekaligus menyajikannya pada postingan ini agar bisa menjadi bahan latihan dan belajar.
Perlu diketahui bahwa dalam soal AKM ada 2 model soal yakni soal literasi dan soal numerasi. Soal AKM yang akan di tampilkan pada postingan ini yaitu berupa soal yang berjenis numerasi yang artinya bahwa soal yang disajikan lebih banyak kepada soal-soal yang membutuhkan kompetensi perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika dan IPA.
Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan soal latihan AKM atau soal asesmen Model literasi maka pada kesempatan ini admin akan membagikan sajian soal AKM model numerasi atau soal perhitungan.
Soal AKM ini adalah kumpulan latihan soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar yang sekiranya bisa membantu para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.
Sahabat Pendidikan perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :
1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),
2. Survei Karakter
3. Survei Lingkungan Belajar.
Sebagai informasi bahwasannya pelaksanaan AKM atau asesmen hampir sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN), hanya saja asesmen bukanlah menjadi penentu dalam kelulusan siswa. Asesmen nasional merupakan pengganti dari ujian nasional. Jika pada tahun terdahulu siswa wajib untuk mengikuti ujian nasional maka di saat sekarang ini siswa pun tetap harus mengikuti kegiatan asesmen nasional.
Jika pada pelaksanaan ujian nasional siswa yang akan mengikuti ujian adalah siswa yang berada pada tingkat akhir maka berbeda dengan pelaksanaan asesmen nasional yang mana siswa yang akan mengikutinya yaitu siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA/SMK.
Lantas apakah soal AKM akan sama model, bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa pada Soal AKM ini akan sangat berbeda dengan soal UN.
Guru dan siswa harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen. Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan kita dalam menjawab soal.
Pada soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.
Berikut ini 5 bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :
1. Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.
2. Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
3. Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
4. Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
5. Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.
Setelah anda memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang SMA khususnya soal AKM Model Numerasi yang tentunya telah menckakup 5 bentuk soal yang telah admin jelaskan diatas.
Adapun soal Asesmen Numerasi jenjang SMA untuk kelas 10,11,12 yang admin bagikan pada postingan ini yaitu soal yang bersumber dari laman pusmenjar. Jika anda ingin mencoba untuk melatih diri dalam persiapan menghadapi ujian asesmen nasional nanti maka anda bisa berlatih menjawab soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar kemdikbud.
Nah, pada postingan ini admin sengaja membagikan soal latihan Asesmen Numerasi agar para siswa maupun guru yang kesusahan dalam mencari referensi soal AKM maka bisa terbantu dengan adanya postingan ini. Tujuan utama admin membagikan soal latihan AKM ini ialah agar memudahkan para guru dan siswa yang akan berlatih memahami jenis-jenis soal AKM.
Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi pula dengan kunci jawabannya sehingga akan memudahkan bagi siswa yang akan menggunakan sebagai bahan latihan dan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.
Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini berisi 13 soal yang terdiri atas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Numerasi jenjang SMA yang akan di sajikan di bawah ini :
DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI
PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 1 – 2.
Badan Geologi,
Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati
ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak
gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas
terlihat pada sudut elevasi 60°.
1. Jika tinggi
gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung
tersebut dari puncak gunung adalah .... (nilai dari akar 3 =
1,73)
o
1.796
meter
o
4.256
meter
o
4.260
meter
o
4.320
meter
o
4.920
meter
KUNCI JAWABAN :
(E) 4.920 meter
2. Diketahui
tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur
sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya
adalah 50o. Akibat kesalahan ini, bagaimanakah tinggi erupsi
gunung sebenarnya? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan
dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!
KUNCI JAWABAN :
Tinggi erupsi sebenarnya lebih rendah
bila dibandingkan dengan perkiraan tinggi erupsi semula karena nilai tan 50
< tan 60
DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI
PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 3 – 4.
Sistem penyelenggaraan
telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel)
dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi
pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia
menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun
mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan
akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat
Indonesia.
Grafik berikut menunjukkan
pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia
(dalam pembulatan puluhan juta terdekat).
Namun demikian, dari
tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler (dalam
juta) dapat didekati dengan model fungsi f(x) = 1,3x2 +
1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan
tahun 2000.
3. Banyak pengguna telepon seluler di
Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….
KUNCI JAWABAN :
Tahun 2007
4. Berdasarkan
grafik dan pendekatan model fungsi yang diberikan, tentukan Benar atau Salah
untuk setiap pernyataan berikut!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Pengguna telepon
nirkabel diperkirakan akan dapat melampaui pengguna telepon kabel pada tahun 2010 |
|
|
Banyak pengguna
telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015 |
|
|
Banyak pengguna
telepon kabel setiap tahunnya cenderung statis |
|
|
Dengan menggunakan pendekatan model
fungsi yang dibuat, pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia
diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007 |
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Benar)
B (Salah)
C (Benar)
D (Salah)
Anita, seorang seniman muda dari
Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya
yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari
campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.
Untuk memenuhi
ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi
ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang
rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).
5. Jumlah bola tanah pada susunan ke
7 adalah ……………..bola tanah
KUNCI JAWABAN :
36
Anita, seorang seniman muda dari
Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya
yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari
campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.
Untuk memenuhi ruangan
yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada
penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak
selama masa pameran di setiap susunan bola).
Anita juga akan mewarnai susunan bola
tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap
susunan) seperti gambar berikut.
6. Berdasarkan
pengalaman sebelumnya, banyak cat kuning yang dibutuhkan diperkirakan sebanyak
1 kaleng. Jika dianggap ukuran dan isi 1 kaleng cat merah sama dengan
1 kaleng cat kuning, tentukan Benar atau Salah setiap
pernyataan berikut!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Banyak bola tanah
yang akan dicat merah adalah 275 |
|
|
Banyak cat merah
yang dibutuhkan adalah 265 kaleng |
|
|
Apabila bola tanah cadangan akan dicat
dengan warna merah semua, maka cat merah yang dibutuhkan adalah 3 kaleng |
|
|
Apabila dari setiap susunan ada dua
bola yang dicat kuning dan yang lainnya merah, maka jumlah cat merah yang
dibutuhkan hanya 255 kaleng |
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Benar)
B (Salah)
C (Benar)
D (Salah)
Anita, seorang seniman muda dari
Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya
yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari
campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.
Untuk memenuhi
ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi
ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang
rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).
Untuk memenuhi
ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi
ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang
rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).
7. Atas
pertimbangan beberapa faktor, Anita masih mempertimbangkan banyaknya susunan
bola yang akan dibentuk dan berapa banyak bola tanah yang harus disediakan.
Dengan asumsi jumlah penambahan
bola yang sama, bantulah Anita untuk menghitung dan memasangkan banyaknya bola
tanah dan jumlah susunan maksimal yang dapat dibentuk!
Banyak bola tanah yang disediakan |
Banyak susunan bola maksimal |
100 |
6 |
200 |
7 |
300 |
8 |
400 |
9 |
|
10 |
|
11 |
KUNCI JAWABAN :
100 (6)
200 (8)
300 (9)
400 (11)
DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI
PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 8 – 13.
FINAL PIALA
DUNIA DAN PELUANGNYA
Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola piala dunia yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.
Kemudian Amel menyebarkan survei kepada
teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak
bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas
untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel
berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya, yaitu
semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.
8. Berdasarkan
data pada bagan pertandingan piala dunia dan tabel peluang yang dikumpulkan
Amel, peluang Perancis untuk menjadi juara dunia adalah ….
o
0,125
o
0,175
o
0,343
o
0,95
o
1
KUNCI JAWABAN :
(B) 0,175
9. Manakah
pernyataan yang benar berdasarkan bagan pertandingan piala dunia yang diunduh
Amel dan juga tabel peluang hasil survei Amel? Berilah tanda centang (√) pada
setiap pernyataan yang benar!
o
Peluang
tim Uruguay dan Kroasia untuk menang babak perempat final adalah sama besar
o
Peluang
tim Prancis untuk menang babak perempat final lebih besar bila dibandingkan tim
Brazil
o
Jumlah
peluang menang untuk setiap tahapan pertandingan berbeda-beda
o
Di antara semua tim yang akan
bertanding di babak perempat final, Inggris mempunyai peluang yang terbesar
untuk menang babak perempat final
KUNCI JAWABAN :
(B) Peluang tim Prancis untuk menang
babak perempat final lebih besar bila dibandingkan tim Brazil.
(C) Jumlah peluang menang untuk setiap
tahapan pertandingan berbeda-beda.
(D) Di antara semua tim yang akan
bertanding di babak perempat final, Inggris mempunyai peluang yang terbesar untuk
menang babak perempat final.
10. Berdasarkan
data yang dikumpulkan dan bagan piala dunia yang diunduh Amel, berilah
tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ untuk setiap pernyataan!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Peluang Rusia dan
Kroasia untuk menang dan menjadi juara dunia adalah sama besar |
|
|
Peluang Swedia dan
Belgia bertemu di final adalah 0,2 |
|
|
Peluang Prancis
dan Inggris untuk menjadi juara dunia adalah 0 |
|
|
Peluang Uruguay
atau Brazil maju ke babak semifinal adalah 0,9 |
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Benar)
B (Salah)
C (Salah)
D (Benar)
11. Andi, Budi, dan Candra adalah
teman Amel yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingannya.
Berdasarkan tabel hasil survei yang diperlihatkan Amel, ketiga teman Amel
tersebut memiliki prediksi yang berbeda tentang siapa yang akan menjadi juara
tahun ini. Andi memprediksi Brazil, Budi memprediksi Prancis, dan Candra
memprediksi Inggris. Prediksi siapakah yang paling berpeluang benar?
KUNCI JAWABAN :
Prediksi candra
Tim sepak bola
negara Uruguay, Belgia, Swedia memang tidak banyak yang memprediksi mereka akan
mencapai babak final. Beberapa orang berpendapat bahwa langkah mereka tahun ini
terhenti di babak semi final.
12. Pasangkan
masing-masing negara Uruguay, Belgia, dan Swedia dengan besar peluang mereka
terhenti di babak semi final. Tariklah garis untuk setiap pasangan yang tepat!
Negara |
Besar Peluang |
Uruguay |
0,1 |
Belgia |
0,15 |
Swedia |
0,2 |
|
0,35 |
KUNCI JAWABAN :
Uruguay (0,15)
Belgia (0,2)
Swedia (0,1)
13. Seorang teman yang membaca hasil
survei memprediksi bahwa Brazil akan menjadi juara. Benarkah prediksi
tersebut? Jelaskan alasanmu!
KUNCI JAWABAN :
Peluang brazil menang dan menjadi juara
dunia adalah = 0.6*0.5*0.5 = 0.15, sedangkan peluang tidak juara = 1- 0.15 =
0.85. maka rasio menang dan tidak menang untuk brazil adalah 15 : 85 = 3 : 17.