Soal AKM Numerasi SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Tahun 2022
Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Numerasi jenjang Sd Kelas 1- 6 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Halo sahabat pendidikan, Bagaimana kabar anda hari ini?
Semoga anda yang sedang berkunjung kesini senantiasa masih dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar asesmen atau AKM. Kita ketahui bersama bahwa tidak lama lagi setiap satuan pendidikan akan mulai melaksanakan ujian asesmen nasional. Adapun yang akan menjadi sampel dalam pelaksanaan asesmen nasional yaitu siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA/SMK.
Khusus untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) maka disini admin telah menyiapkan beberapa soal latihan AKM khususnya soal AKM Numerasi yang mana soal-soalnya lebih kepada soal perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika maupun IPA. Soal-soal latihan AKM SD yang akan admin bagikan ini sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan dan pembelajaran.
Dalam persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional tentunya para guru dan siswa akan sangat membutuhkan sebuah referensi soal-soal latihan untuk digunakan sebagai bahan belajar maupun latihan. nah olehnya itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal asesmen sekaligus menyajikannya pada postingan ini agar bisa menjadi bahan latihan dan belajar.
Perlu diketahui bahwa dalam soal AKM ada 2 model soal yakni soal literasi dan soal numerasi. Soal AKM yang akan di tampilkan pada postingan ini yaitu berupa soal yang berjenis numerasi yang artinya bahwa soal yang disajikan lebih banyak kepada soal-soal yang membutuhkan kompetensi perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika dan IPA.
Soal AKM ini adalah kumpulan latihan soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar yang sekiranya bisa membantu para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.
Sahabat Pendidikan perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :
1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),
2. Survei Karakter
3. Survei Lingkungan Belajar.
Sebagai informasi bahwasannya pelaksanaan AKM atau asesmen hampir sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN), hanya saja asesmen bukanlah menjadi penentu dalam kelulusan siswa. Asesmen nasional merupakan pengganti dari ujian nasional. Jika pada tahun terdahulu siswa wajib untuk mengikuti ujian nasional maka di saat sekarang ini siswa pun tetap harus mengikuti kegiatan asesmen nasional.
Lantas apakah soal AKM akan sama model, bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa pada Soal AKM ini akan sangat berbeda dengan soal UN.
Guru dan siswa harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen. Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan kita dalam menjawab soal.
Pada soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.
Berikut ini 5 bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :
1. Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.
2. Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
3. Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
4. Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
5. Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.
Setelah anda memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang SD khususnya soal AKM Model Numerasi yang bisa dijadikan sebagai bahan latihan bagi siswa SD mulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.
Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini berisi 13 soal yang terdiri atas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Numerasi jenjang SD yang akan di sajikan di bawah ini :
KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 1 - 6
Perhatikan keterangan pada gambar lift
di bawah ini!
Lift sudah berisi 5
orang dengan jumlah berat badan 380 kg.
Di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama
1. Saat lift
kosong, berapa paling banyak orang dengan berat badan sama dengan Andi yang
dapat masuk?
o
1
o
5
o
6
o
8
KUNCI
JAWABAN:
(B) 5
2. Dua orang akan
masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang yang sudah ada
di dalam lift. Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift
tersebut adalah ….
o
Andi dan
Joni
o
Andi dan
Rosa
o
Rosa dan
Joni
KUNCI
JAWABAN:
(A) Andi dan Joni
(C) Rosa dan Joni
3. Apabila ada yang
bergabung dengan kelima orang yang ada di dalam lift, apakah kondisi berikut
memungkinkan? Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’
pada setiap pernyataan!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Andi, Rosa, dan
Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-sama |
|
|
Lift sudah tidak
dapat diisi lagi |
|
|
KUNCI
JAWABAN:
A (Salah)
B (Salah)
4. Apabila Andi masuk lift dengan membawa
barang seberat 6 kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift,
berapa kg kapasitas lift yang tersisa? …………kg
KUNCI
JAWABAN:
69
5. Keluarga Dewi
juga ingin masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang di
dalam lift. Keluarga Dewi terdiri atas Ayah (72 kg), Ibu (63 kg), Feri (33 kg)
dan Dewi (45 kg). Mereka membawa beberapa kardus.
Pasangkanlah nama
anggota keluarga Dewi dengan berat kardus paling berat yang dapat dibawa masuk!
Pasangkanlah dengan mengeklik bulatan di sebelah kiri dan bulatan di sebelah
kanan yang sesuai!
Anggota Keluarga |
Berat Kardus |
Ayah, Ibu, dan
Feri |
29 Kg |
Ayah, Feri, dan
Dewi |
20 Kg |
Ibu, Dewi, dan
Feri |
19 Kg |
|
2 Kg |
KUNCI
JAWABAN:
Ayah, Ibu, dan Feri
(2 Kg)
Ayah, Feri, dan
Dewi (20 Kg)
Ibu, Dewi, dan Feri
(29 Kg)
6. Jika Rosa dan
Joni masuk bersamaan, kemudian bergabung dengan kelima orang di dalam lift,
berapa kilogram barang paling berat yang dapat mereka bawa? Jelaskan
alasan matematismu!
KUNCI
JAWABAN:
52 kg
karena kapasitas
lift adalah 550 kg, sementara berat penumpang sudah mencapai 380+83+35=398,
sehingga lift masih mampu menampung berat 550-398=52 kg.
KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 7 - 8
Ari mencoba mengisi gayung di rumahnya
dengan air. Gayung diisi air hingga penuh. Setelah itu, air dari gayung ia masukkan
ke beberapa gelas.
Perhatikan gambar berikut!
7. Pasangkan gambar di sebelah kiri
dengan banyak gelas air yang tepat untuk mengisinya di sebelah kanan!
KUNCI
JAWABAN:
1 gayung dan 2 gelas (5 gelas)
2 gayung (8 gelas)
8. Berapa banyak gelas yang diperlukan
untuk menampung tiga setengah gayung air?
KUNCI
JAWABAN:
14 Gelas
KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 9 - 11
Gambar tersebut
menunjukkan permen jeli tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdiri
dari beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen
dijual dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dijual dengan harga
Rp3.000,00.
9. Ita membeli 2
tusuk permen jeli isi 5 dan 5 tusuk permen jeli isi 3. Ita membayar dengan 2
lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah ….
o
16.000,00
o
14.000,00
o
4.000,00
o
2.000,00
KUNCI
JAWABAN:
(C) 4.000,00
10. Adi mempunyai
uang Rp12.000,00. Ia ingin membeli permen jeli seperti pada gambar untuk 2
adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen apa
saja yang harus dibeli Adi? Pilihlah semua pilihan jawaban yang benar!
o
6 tusuk
masing-masing isi 3 permen
o
3 tusuk
masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen
o
2 tusuk
masing-masing isi 5 permen dan 3 tusuk masing-masing isi 3 permen
KUNCI
JAWABAN:
(A) 6 tusuk
masing-masing isi 3 permen
(B) 3 tusuk
masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen
11. Surti mempunyai
uang senilai Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyak-banyaknya
untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen
apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasanmu!
KUNCI
JAWABAN:
Versi 1: surti
dapat memberikan permen jeli yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang
temannya.
masing-masing
temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 rupiah saja
karena uang 20.000 rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 rupiah untuk membeli 6
tusuk permen jeli isi 5.
versi 2: surti
dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. total permen yang
didapat 30 buah permen. masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah
permen. uang surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan
19000 rupiah
KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 12 - 13
Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut
merupakan papan pemutar. Cara memainkannya adalah dengan memutar papan. Setelah
papan berhenti, jarum akan menunjuk salah satu bagian.
12. Setelah papan
tersebut diputar, papan warna apa yang paling mungkin ditunjuk oleh jarum pada
saat berhenti? Jelaskan jawabanmu!
KUNCI
JAWABAN:
Merah karena memiliki peluang yang lebih
besar dibandingkan dengan warna lain. (3/8) atau merah karena warna tersebut
memiliki bagian paling besar pada papan di antara warna lain.
13. Salah seorang
anak mencoba memutar papan dengan arah yang berbeda-beda.
Tentukan warna papan yang paling mungkin ditunjuk jarum sesuai dengan arah
papan diputar!
Arah Papan Putar |
Merah |
Biru |
Hijau |
Kanan |
|
|
|
Kiri |
|
|
|
KUNCI
JAWABAN:
A (Merah)
B (Merah
Demikianlah soal latihan AKM numerasi untuk jenjang SD yang bisa mnenjadi bahan latihan bagi siswa SD mulai kelas 1,2,3,4,5,6 sehingga nantinya saat akan melaksanakan ujian asesmen maupun kegiatan evaluasi/penilaian lainnya dapat menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat bagi para siswa.