Soal AKM Literasi SMA/SMK Kelas 10,11,12 Tahun 2022
Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Literasi jenjang SMA Kelas 10, 11, 12 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Sahabat pendidikan
yang berbahagia, selamat berjumpa kembali, semoga kabar anda selalu dalam
keadaan yang sehat. Seperti biasanya setiap admin akan menulis artikel maka
tentunya admin akan memberikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi dunia Pendidikan.
Nah, pada postingan
kali ini admin akan berbagi soal latihan khususnya untuk persiapan mengahadapi
asesmen nasional di tahun ini. Soal AKM yang akan admin bagikan ini bisa untuk
menjadi panduan bagi guru dalam mengajar dan juga bisa untuk siswa sebagai
bahan latihan dan belajar.
Soal AKM ini adalah
kumpulan latihan soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar yang sekiranya bisa membantu
para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki
pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.
Perlu diketahui
bahwa dalam soal AKM ada 2 model soal yakni soal literasi dan soal numerasi. Soal
AKM yang akan di tampilkan pada postingan ini yaitu berupa soal yang berjenis
literasi yang artinya bahwa soal yang disajikan lebih banyak kepada soal-soal
cerita atau deskripsi. Soal AKM ini biasanya sering di dapatkan pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia dan mapel lainnya yang mempelajari tentang materi yang
membutuhkan kompetensi literasi (membaca).
Pada saat pelaksanaan asesmen nasional
nantinya Soal yang akan di hadapi yaitu soal bermodel literasi dan soal model
numerasi. Untuk soal literasi maka siswa disajikan bentuk soal cerita yang mana
siswa harus bisa teliti dalam membaca soal agar bisa menjawab soal dengan baik.
Untuk soal numerasi maka siswa akan dihadapkan dengan soal-soal yang
membutuhkan perhitungan seperti soal yang ada pada mata pelajaran matematika
ataupun IPA.
Sahabat Pendidikan
perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan
menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :
1.
Asesmen Kompetensi
Minimum (AKM),
2.
Survei
Karakter
3.
Survei
Lingkungan Belajar.
Sebagai informasi bahwasannya pelaksanaan
AKM atau asesmen hampir sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN), hanya saja
asesmen bukanlah menjadi penentu dalam kelulusan siswa. Asesmen nasional
merupakan pengganti dari ujian nasional. Jika pada tahun terdahulu siswa wajib
untuk mengikuti ujian nasional maka di saat sekarang ini siswa pun tetap harus
mengikuti kegiatan asesmen nasional.
Jika pada pelaksanaan ujian nasional
siswa yang akan mengikuti ujian adalah siswa yang berada pada tingkat akhir
maka berbeda dengan pelaksanaan asesmen nasional yang mana siswa yang akan
mengikutinya yaitu siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA/SMK.
Lantas apakah soal AKM akan sama model,
bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa
pada Soal AKM ini akan sangat
berbeda dengan soal UN.
Guru dan siswa
harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen.
Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan
kita dalam menjawab soal.
Pada soal Asesmen
kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.
Berikut ini 5
bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :
1.
Pilihan
ganda: memilih satu
jawaban benar dari tiap soal.
2.
Pilihan
ganda kompleks: memilih
lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
3.
Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu
titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
4.
Isian
singkat: menjawab berupa
bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti
lainnya.
5.
Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat
untuk menjelaskan jawabannya.
Setelah anda
memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka
pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang
SMA khususnya soal AKM Model Literasi yang tentunya telah menckakup 5 bentuk
soal yang telah admin jelaskan diatas.
Adapun soal AKM Literasi
jenjang SMA untuk kelas 10,11,12 yang admin bagikan pada postingan ini yaitu soal
yang bersumber dari laman pusmenjar. Jika anda ingin mencoba untuk melatih diri
dalam persiapan menghadapi ujian asesmen nasional nanti maka anda bisa berlatih
menjawab soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar kemdikbud.
Nah, pada postingan
ini admin sengaja membagikan soal latihan AKM literasi agar para siswa maupun
guru yang kesusahan dalam mencari referensi soal AKM maka bisa terbantu dengan
adanya postingan ini. Tujuan utama admin membagikan soal latihan AKM ini ialah
agar memudahkan para guru dan siswa yang akan berlatih memahami jenis-jenis
soal AKM.
Soal AKM yang akan
di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi pula dengan kunci jawabannya
sehingga akan memudahkan bagi siswa yang akan menggunakan sebagai bahan latihan
dan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi siapapun yang akan menggunakannya
sebagai bahan belajar.
Soal AKM yang akan
di sajikan pada postingan ini berisi 22 soal yang terdiri atas soal pilihan
ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal
isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan
belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi
asesmen nasional.
Baiklah untuk
lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Literasi jenjang SMA yang
akan di sajikan di bawah ini :
TEKS DI BAWAH
INI AKAN MENJADI PANDUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL NOMOR 1 – 7.
Peran Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Pada saat
usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB)
UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang,
setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM.
Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari
1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.
Nah, Sobat, bagi
kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan
modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi
untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang
menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori,
seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha
kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh
masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan
menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan
berinovasi.
Sobat, dari
infografik di atas kita tahu bahwa UMKM sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi
Indonesia sehingga keberlangsungan UMKM harus terus didorong. Agar UMKM terus
berkembang, sumber daya manusianya pun perlu memiliki kemampuan yang sesuai
untuk menjalankan usaha. Cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan
berbisnis adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan tersebut biasanya
mendatangkan para pelaku bisnis yang sukses dan yang dapat membantu peserta
melihat peluang mendapat keuntungan terbaik. Salah satu program pelatihan
bisnis yang dapat kamu ikuti adalah Business Leadership Workshop yang diselenggarakan
GELCE. Pelatihan ini selalu mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya
dan memberi kesempatan pemilik bisnis untuk bekerja sama untuk meningkatkan
bisnisnya.
(Sumber:
www.indonesiabaik.id, https://ajaib.co.id/selain-modal-ini-cara-memulai-bisnis-ukm/,
dan https://glcworld.co.id/pelatihan-usaha-kecil-mengengah)
Setelah kalian
mencermati infografis 'UMKM Menopang Ekonomi Indonesia', kalian akan
mendapatkan beberapa informasi.
1. Berdasarkan
informasi yang terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolom benar atau
salah untuk tiap pernyataan berikut!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Pemerintah
mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian subsidi pajak |
|
|
Peningkatan
penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM badan selalu meningkat |
|
|
Pada tahun 2016,
penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil daripada penerimaan Pph UMKM orang
pribadi |
|
|
Pemerintah
menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi UMKM sebesar 1 %. |
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Benar)
B (Benar)
C (Benar)
D (Salah)
2. UMKM perlu didukung
oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena
….
o
pengembangan
UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia
o
kemampuan
yang baik dapat diperoleh oleh pelatihan-pelatihan yang disediakan pemerintah
o
mengembangkan
kualitas sumber daya manusia adalah hal yang perlu diprioritaskan
o
diperlukan
keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang
KUNCI JAWABAN :
(D) diperlukan keterampilan agar usaha
yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang
3. Setelah
mencermati infografik dan teks tersebut, kalian mendapatkan pemahaman bahwa
UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah dengan alasan berikut.
Berikan tanda
ceklis ( √ ) pada alasan yang sesuai dengan pemahamanmu!
o
UMKM dapat
menyerap tenaga kerja sangat banyak
o
Untuk
merintis UMKM diperlukan modal yang besar
o
Bisnis
UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia
o
Pelaku
UMKM harus memiliki keterampilan professional
KUNCI JAWABAN :
(A) UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat
banyak.
(C) Bisnis UMKM mendominasi perekonomian
di Indonesia.
(D) Pelaku UMKM harus memiliki
keterampilan profesional.
4. Dari informasi
tersedia, kebijakan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk membuat
masyarakat tertarik dalam usaha UMKM?
KUNCI JAWABAN :
Menurunkan pph/pajak/pajak penghasilan
5. Pasangkanlah
angka tahun yang ada di lajur kiri dengan data perkembangan Pajak Penghasilan
(Pph) yang ada di lajur kanan!
Tahun |
Data Perkembangan Pajak Penghasilan (Pph) |
2014 |
Pph UMKM Badan:
1,8 T & Pph UMKM Orang Pribadi: 1,6T |
2015 |
Pph UMKM Badan: 2
T & Pph UMKM Orang Pribadi: 2,2T |
2016 |
Pph UMKM Badan:
1,3 T & Pph UMKM Orang Pribadi: 0,97T |
2017 |
Pph UMKM Badan:
2,5 T & Pph UMKM Orang Pribadi: 3,2T |
|
Pph UMKM Badan:
1,3 T & Pph UMKM Orang Pribadi: 2,5T |
KUNCI JAWABAN :
2014 (Pph UMKM Badan: 1,3 T & Pph
UMKM Orang Pribadi: 0,97T)
2015 (Pph UMKM Badan: 1,8 T & Pph
UMKM Orang Pribadi: 1,6T)
2016 (Pph UMKM Badan: 2 T & Pph UMKM
Orang Pribadi: 2,2T)
2017 (Pph UMKM Badan: 2,5 T & Pph
UMKM Orang Pribadi: 3,2T)
6. Berdasarkan
teks, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis
usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Apakah pernyataan itu dapat dikatakan
akurat? Jelaskan pendapatmu!
KUNCI JAWABAN :
Tidak akurat karena usaha kuliner bisa saja
tidak laris jika tidak dikemas dengan kreatif dan inovatif. jika terlalu banyak
orang yang berbisnis kuliner, persaingan makin ketat sehingga perlu cara lain
untuk membuat makanan tersebut laris. selain itu, terdapat bisnis lain yang
juga berpotensi laris, yaitu yang berhubungan dengan kebutuhan mendasar,
seperti pakaian dan peralatan rumah tangga.
7. Sebuah
informasi yang bias adalah informasi yang tidak didukung oleh data yang akurat
atau yang bertujuan untuk menguntungkan sebuah pihak. Setelah membaca teks
tentang peran UMKM tersebut bagi perekonomian tersebut, apakah informasi yang
di dalamnya bersifat bias? Jelaskan alasanmu!
KUNCI JAWABAN :
Jawaban yang mungkin: teks umkm bias
karena tidak didukung data dari sumber yang terpercaya. selain itu, teks
memiliki tujuan untuk mempromosikan program pelatihan yang terdapat di akhir
teks
CERITA DI BAWAH
INI AKAN MENJADI PANDUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL NOMOR 8 – 16.
Ramin Tak
Kunjung Pulang
Ramin nyaris menjerit,
tangannya tertumbuk dahan hanyut saat buru-buru sembunyi di dalam pelukan akar,
untung ia segera melihat dahan itu. Hampir ia mengira dahan itu adalah mulut
buaya yang siap menelan lengannya.
Teringat lagi ia
pada Aco, sejak semusim lalu ia ikut Dadan karena hasil cengkehnya tak bagus,
sementara tengkulaknya minta selalu dibayar. Aco tertangkap petugas saat adu
mulut di warung nasi lemak lantaran ia mengumpat pada preman yang menutupi
jalan.
Hari itu memang
perpaduan nasib sial jatuh di hadapan Aco. Umpatannya didengar preman, adu
mulut terjadi, dan petugas sedang lewat. Apes. Aco lalu dibawa petugas,
digiring bagai ternak ke tengah lapangan, dipukuli dengan bengis saat mencoba
kabur, ditanyai macam-macam, didenda hingga ia tak sanggup bayar, diambil hasil
kerjanya satu musim, dideportasi, pulang ke rumah dengan tangan hampa, ditunggu
tengkulak pula. Bah! Hilang sudah satu kebun cengkeh dirundung sial.
Gara-gara Aco juga,
petugas kini memburu Ramin dan Dadan. Ternyata Dadan memang sudah dicari-cari
petugas karena beberapa kali memasukkan tenaga kerja tanpa izin. Ramin memang
tak berpikir panjang saat berangkat kerja dengan Dadan, yang penting ia bisa
membawa pulang uang untuk menikahkan anaknya, buat pengobatan sakit gula
ayahnya, dan sisanya bisa ia belikan mesin cuci yang saban hari diminta istrinya.
Ramin tak mau nasib
nahas Aco terjadi pada dirinya. Wajah sumringah anak gadisnya sudah terbayang
girang menyambutnya dengan ransel penuh uang.
Bunyi langkah
mendekat, pelan, Ramin membeku, sekuat-kuatnya menahan napas. Baginya lebih
baik tak bernapas daripada tertangkap petugas-petugas berwajah garang itu.
Bisik-bisik makin kencang. Ramin memutar otak. Kalau mereka melihat
rumput-rumput rebah itu, atau kalau ada satu dua orang cukup jitu tebakannya,
mungkin mereka bisa yakin kalau pelarian yang mereka kejar bersembunyi di
antara akar pohon.
(Karya: Lina PW, Kompas, 8 Desember 2019)
8. Mengapa Ramin
dikejar-kejar oleh petugas?
o
Ramin
adalah teman Aco
o
Ramin tak
membayar denda
o
Ramin
menjadi tenaga kerja illegal
o
Ramin
mencuri di perkebunan cengkeh
o
Teman-teman
Ramin membuat kesalahan besar
KUNCI JAWABAN :
(C) Ramin menjadi tenaga kerja illegal
9. Tuliskan satu
bukti dari cerita yang menunjukkan bahwa latar cerita ini terjadi di luar
negeri!
KUNCI JAWABAN :
Ada kata dideportasi, kata ini bermakna
pengusiran orang ke luar negeri atau identik dengan pemulangan paksa orang yang
tinggal di luar negeri ke negaranya
10. Apa yang
menyebabkan Ramin dan Dadan juga diburu petugas?
KUNCI JAWABAN :
Karena aco tertangkap petugas
11. Pasangkanlah
nama tokoh yang ada di lajur kiri dengan kondisi yang sedang dialaminya di
lajur kanan sesuai dengan isi cerita!
Nama Tokoh |
Kondisi |
Aco |
Sudah ditangkap
petugas |
Ramin |
Tidak diketahui keberadaannya |
Dadan |
Bersembunyi di rumah |
|
Dalam proses
penangkapan |
|
Sedang ditahan di
kantor petugas |
KUNCI JAWABAN :
Aco (Sudah ditangkap petugas)
Ramin (Bersembunyi di rumah)
Dadan (Dalam proses penangkapan)
12. Tentukanlah
kesesuaian setiap pernyataan berikut dengan informasi yang terdapat di dalam
cerita.
Pernyataan |
Sesuai |
Tidak Sesuai |
Ramin memasukkan
tenaga kerja ilegal untuk bekerja di perkebunan cengkeh sehingga petugas
mengejarnya |
|
|
Aco ditangkap
petugas dan dideportasi dengan tuduhan melakukan pertengkaran dengan preman |
|
|
Dadan menghindari
kejaran petugas namun tidak diinformasikan keberadaannya di dalam penggalan cerita |
|
|
Ramin, Aco, dan
Dadan diburu petugas untuk dipulangkan ke kampung halamannya |
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Tidak sesuai)
B (Tidak sesuai)
C (Sesuai)
D (Sesuai)
13. Berdasarkan
teks tersebut, bagaimana karakter Ramin? Tuliskan satu bukti dari wacana untuk
mendukung jawabanmu!
KUNCI JAWABAN :
Ramin adalah orang yang bertanggung
jawab terhadap keluarga, tetapi cara yang ia lakukan salah
14. Pada
paragraf terakhir, apa perasaan yang digambarkan oleh penulis tentang tokoh
Ramin? Jawaban bisa lebih dari satu.
o
Ketakutan
o
Ragu-ragu
o
Khawatir
o
Marah
KUNCI JAWABAN :
(A) Ketakutan
(C) Khawatir
15. Dalam
konteks cerita tersebut, apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku?
KUNCI JAWABAN :
Ramin tidak bergerak sama sekali
16. Dari konteks
cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal harus ditambahkan penulis
untuk melengkapi cerita tersebut?
o
Pengenalan
situasi cerita
o
Penyelesaian
konflik
o
Peningkatan
masalah
o
Munculnya
konflik
o
Puncak
konflik
KUNCI JAWABAN :
(B) Penyelesaian konflik
PUISI INI AKAN
MENJADI PANDUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL NOMOR 17 – 22.
Lilin Kecil dalam
Sinar Kegelapan
Seperti lilin kecil ini, kau mampu terangi gelapku
Sinarmu memang tak banyak, tapi itu sangat berarti
Tatkala malam datang membawa kegelapan,
Hadirmu bagai sang malaikat dengan cahaya-cahaya penuh kasih
Menepis lara, mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta
Nalarku membahana lagi setiap kali mengartikanmu
Langkahmu laksana embusan angin datang dan pergi
Meruntuhkan daun cemara yang hidup damai di tangkainya
Perlahan sinarmu redup
Dan pergi meninggalkanku
dalam gelap
Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu
Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu
Kini rinduku berujung pada bias-bias bayangmu
Dengan senyuman dan sedikit tawa menambah luka
Seribu sinar pun takkan mampu menggantikanmu
Sejuta kenanganmu kini menyiksa kesendirianku
Dalam gelap, kucoba melangkah sendiri
Lilin kecilku,
Kurindu akan sinar kedamaianmu
(Yayan Hidayat, Banjarmasin, 03 02 2011)
17. Mengapa penulis
menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?
o Sinar lilin itu tidak banyak
o Lilin itu membawa harapan
o Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara
o Langkah lilin itu laksana embusan angin
o Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan
KUNCI JAWABAN :
(E) Lilin itu dapat menerangi dalam
kegelapan
18. Puisi
merupakan karya sastra yang dapat menggambarkan perasaan penulisnya. Manakah
dari pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan perasaan penulis dalam
puisi tersebut?
Kamu dapat
memilih lebih dari satu jawaban. Beri tanda centang (√) pada setiap pernyataan
yang benar!
o
Kesedihan
karena kehilangan orang tersayang
o
Kegelisahan
karena lilin kecil hampir redup
o
Kerinduan
terhadap kenangan yang indah
o
Ketidakmampuan
melangkah dalam gelap
o
Kesendirian
yang menyiksa jiwa dan raga
KUNCI JAWABAN :
(A) Kesedihan karena kehilangan orang
tersayang.
(C) Kerinduan terhadap kenangan yang
indah.
(E) Kesendirian yang menyiksa jiwa dan
raga
19. Kalimat atau
baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan pengalaman indrawi bagi
pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan imaji. Tentukan imaji yang
ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini! Beri tanda centang (√) pada
kolom ‘Penglihatan’, ‘Perasaan’, atau ‘Pendengaran’ pada setiap pernyataan!
Kalimat |
Penglihatan |
Perasaan |
Pendengaran |
Menepis lara,
mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta |
|
|
|
Sepasang
telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu |
|
|
|
Dengan mata, tapi
tak kuasa melihatmu |
|
|
|
KUNCI JAWABAN :
A (Perasaan)
B (Pendengaran)
C (Penglihatan)
20. Bagaimana suasana yang ingin diciptakan oleh
Penyair?
KUNCI JAWABAN :
Sedih dan kehilangan
21. Pasangkanlah
latar suasana puisi di lajur kiri dengan pembuktian lariknya di lajur kanan
berikut!
Latar Suasana |
Larik |
Kebahagiaan |
Meruntuhkan daun
cemara yang hidup damai di tangkainya |
Kehilangan |
Dalam gelap,
kucoba melangkah sendiri |
Kerinduan |
Dan pergi
meninggalkanku dalam gelap |
Keberanian |
Sejuta kenanganmu
kini menyiksa kesendirianku |
|
Menepis lara,
mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta |
KUNCI JAWABAN :
Kebahagiaan (Menepis lara, mendamaikan
hati, dan menyejukkan cinta)
Kehilangan (Dan pergi meninggalkanku
dalam gelap)
Kerinduan (Sejuta kenanganmu kini
menyiksa kesendirianku)
Keberanian (Dalam gelap, kucoba
melangkah sendiri)
22. Setelah membaca puisi ini, Emir merasa bahwa puisi ini cocok dengan
suasana hatinya karena ia baru saja kehilangan kucing kesayangannya.
Setujukah kamu
dengan pendapat Emir tersebut? Jelaskan jawabanmu!
KUNCI JAWABAN :
(1) setuju. karena puisi tersebut
bercerita tentang
kehilangan. situasi tersebut sesuai
dengan kondisi emir.
(2) tidak setuju. karena puisi tersebut
lebih menunjukkan
perasaan kehilangan seseorang bukan
kepada hewan
peliharaan
Demikianlah latihan soal-soal asesmen
untuk jenjang SMA yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, meskipun
soal-soal diatas bukanlah soal yang 100% nantinya akan muncul pada saat
pelaksanaan AKM namun setidaknya soal-soal diatas bisa menjadi bahan latihan
dan pemahaman siswa dalam menambah pengetahuan tentang soal AKM dan semoga soal
AKM tersebut bisa membantu para guru dan siswa yang akan mempersiapkan diri
mengahadapi asesmen nasional ditahun ini.
Sekian dan Semoga bermanfaat !!!