Rangkuman Materi PJOK Kelas 9 Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil
Kherysuryawan.id – Ringkasan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas 9 SMP Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil yang akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1.
Sahabat pendikan yang berbahagia,
selamat berjumpa kembali. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi
hasil ringkasan dari mata pelajaran PJOK kelas 9 Bab 2 semester 1.
Adapun materi yang akan di pelajari pada
mata pelajaran PJOK kelas 9 Bab 2 yaitu tentang Aktivitas Permainan Bola Kecil
yang mana sub materi nya adalah sebagai berikut :
A. AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Rounders
B. AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Bulu Tangkis
C. AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja
Perlu di ketahui bahwa hasil ringkasan
materi PJOK kelas 9 bab 2 semester 1 ini merupakan rangkuman dari materi PJOK
yang telah di sesuaikan denganmateri yang ada pada buku paket khususnya buku siswa
PJOK kelas 9 SMP. Admin sengaja membuat ringkasan materi ini serta
membagikannya melalui postingan ini dengan tujuan agar bisa memudahkan para
siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.
Tentunya dengan mempelajari materi yang
telah diringkas akan semakin memudahkan siswa dalam mempelajarinya sebab
materinya sudah di komnpres dan hanya materi yang penting-penting saja yang di
ambil.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
sajian ringkasan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas
9 SMP Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil, maka berikut ini sajian materinya :
A. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Rounders
Rounders adalah cabang olahraga yang
hampir sama dengan base ball dan soft ball. Di sini pemain setelah memukul bola
berlari mengelilingi lapangan dengan ditandai dengan tiang sebagai “Rounders”.
Regu yang dapat mengelilingi lapangan lebih banyak keluar sebagai pemenang.
Olahraga ini berasal dari Inggris bersamaan dengan base ball dan soft ball.
Cara memainkannya adalah memukul bola
dengan menggunakan alat pemukul (stick) yang dilemparkan oleh pelambung. Cara
pelambung melemparkan bola dengan menggunakan lemparan dari bawah sesuai dengan
peraturan yang berlaku.
Setiap regu permainan rounders terdiri
dari 9 orang pemain. Lamanya bermain adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu
mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu bertahan
sebanyak 7 kali.
Terjadinya pergantian antara regu
penyerang dan regu bertahan apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan
pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain. Cara memperoleh nilai
adalah apabila pemukul (batter), baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan
temannya berhasil kembali ke home-plate dengan selamat. Pemain tersebut
memperoleh nilai satu (1). Gerak spesifi k yang terdapat dalam permainan
rounders adalah keterampilan melempar bola, menangkap bola, berlari, dan
memukul menggunakan tongkat pemukul.
Lapangan permainan segiempat, ditandai
dengan empat tiang tegak lurus yang masing-masing panjangnya 1,20 meter dan
dipasang setiap sudut. Jarak antara pemukul bola dengan tiang pertama 12 meter
(jarak sama sampai dengan tiang ke tiga). Dari tiang ke tiga ke tiang ke empat
8,50 meter. Jarak antara pemukul dengan pelontar bola 7,50 meter. Arena
pelontar bola 2,50 x 2,50 meter dan arena pemukul bola 2 x 2 meter. Stick
(pemukul bola) berbentuk bulat dan terbuat dari kayu dengan ukuran panjang ± 46
cm dan berat 370 gram. Bola bergaris tengah 19 cm dengan berat 70-85 gram.
Berikut ini gambar Lapangan dan
perlengkapan permainan rounders
1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Dasar
Permainan Rounders
a. Aktivitas Pembelajaran Gerakan
Melempar Bola
Gerak dasar melempar bola adalah sebagai
berikut.
1) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Melambung (Parabola)
2) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Mendatar Setinggi Bahu
3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah
4) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola bagi Pelambung
(Pitcher)
b. Aktivitas Pembelajaran Gerakan
Menangkap Bola
Salah satu kunci keberhasilan dalam
permainan rounders adalah tingkat keterampilan pemain dalam menangkap bola,
karena kalau keterampilan menangkap yang dimiliki tim rendah maka setiap bola
yang datang akan lolos atau tidak bisa ditangkap. Hal ini akan menyebabkan pelari
dapat berlari ke home base dengan mudah.
Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam
menangkap bola berikut ini beberapa cara untuk menangkap bola.
1) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Melambung
2) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Mendatar
3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah
c. Aktivitas Pembelajaran Gerakan
Memukul Bola
Kecakapan memukul dalam permainan
rounders merupakan unsur yang penting dalam permainan rounders, karena semakin
bagus kualitas pukulan seseorang, maka bola akan terlempar jauh, sehingga
menyulitkan regu penjaga. Oleh karena itu, teknik memukul harus kamu pelajari
dengan baik. Untuk dapat menjadi seorang pemukul yang baik haruslah dipelajari
teknik memukul secara keseluruhan, yaitu mulai dari cara memegang kayu pemukul
sampai akhir ayunan.
d. Aktivitas Pembelajaran
Kombinasi Gerakan Permainan Rounders
1) Aktivitas Pembelajaran Lempar Tangkap Bola di Tempat dan Sambil
Bergerak
2) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Lempar Tangkap Bola dengan Lecutan
Tangan Berpasangan di Tempat, dilanjutkan dengan Gerak Maju Mundur
3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Lempar Tangkap Bola dengan Ayunan
Atas, Ayunan Samping, dan Bawah
4) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melambungkan dan Menangkap Bola yang
dilakukan 3 Orang
5) Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Lambung
6) Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Dipukul dan dilambungkan dari
Arah Samping/Depan
2. Aktivitas Pembelajaran Bermain
Rounders Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi
Berikut ini yang dapat diterapkan dalam
permainan rounders secara beregu.
a. Setiap regu dibagi dua kelompok sama banyak antara laki-laki dan
perempuan.
b. Regu penyerang (giliran memukul bola) berusaha mendapatkan angka
sebanyak-banyaknya dari hasil pukulan bola dan lari menuju tiang hinggap.
c. Regu bertahan (giliran penjaga) berusaha mematikan lawan dengan cara
melempar bola ke base (tempat hinggap).
d. Waktu bermain 15 – 20 menit.
e. Regu yang paling banyak mengumpulkan angka dinyatakan sebagai
pemenang.
B. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Bulu Tangkis
Permainan bulu tangkis merupakan
olahraga kebanggaan nasional kita, hanya olahraga ini satu-satunya yang pernah
mendapatkan medali emas pada kejuaraan Olimpiade. Permainan bulu tangkis adalah
sebuah cabang olahraga yang dimainkan dengan cara memukul shuttlecock/kok yang
terbuat dari bulu.
Inti permainan bulu tangkis adalah
memasukkan bola (shuttlecock) ke lapangan lawan melalui net setinggi 1,55 meter
dari lantai. Jaring ini membatasi kedua bagian lapangan permainan di mana para
pemain berdiri dan melakukan gerakan-gerakan dalam permainan.
Permainan bulu tangkis adalah permainan
yang mudah dilakukan mengingat raketnya yang ringan serta bola berjalan lurus
dan teratur tanpa putaran. Oleh sebab itu, seorang pemain bulu tangkis yang
benar-benar ingin menjadi pemain yang berprestasi haruslah mempelajari dan
menguasai teknik dan taktik bermain sebaik-baiknya.
Gerak spesifi k memukul dalam permainan
bulu tangkis terdiri dari: pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot,
pukulan smash, dan pukulan drive. Gerak spesifi k pukulan adalah cara-cara
melakukan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke
bidang lapangan lawan.
1. Aktivitas Pembelajaran Gerak
Kombinasi Permainan Bulu Tangkis
a. Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand
Tanpa Net
b. Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand
Melewati Net
c. Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Gerakan Servis Panjang,
Forehand Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan dilanjutkan Menggunakan Net
Dilakukan Berpasangan atau Formasi Berbanjar
d. Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Gerakan Servis Pendek, Forehand
Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan Dilanjutkan Menggunakan Net
e. Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Gerakan Pukulan Backhand Tanpa
Net, Dilanjutkan Menggunakan Net, secara Berpasangan atau Kelompok
2. Aktivitas Pembelajaran Bermain Bulu
Tangkis Menggunakan Peraturan yang Dimodifi kasi
a.
Aktivitas Pembelajaran 1:
Bermain 3 Lawan 3
b.
Aktivitas Pembelajaran 2:
Bermain 3 Lawan 2
C. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja
Permainan tenis meja adalah suatu jenis
permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola
yang dipukul tersebut harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah meja
lapangan. Permainan tenis meja yang lebih dikenal dengan istilah lain “Ping
Pong” merupakan cabang olahraga unik dan bersifat rekreatif.
Pada dasarnya prinsip dasar permainan
tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu :
(1) gerakan
memegang bet (grip),
(2) gerakan
siap sedia (stance),
(3) gerakan
kaki (footwork), dan
(4) gerakan
pukulan (stroke).
1. Aktivitas Pembelajaran Gerak
Kombinasi Permainan Tenis Meja
a. Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand Tanpa Net
b. Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand Meja Terpasang
Net
c. Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Pukulan Backhand Tanpa Net
d. Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Pukulan Backhand Meja Terpasang
Net
e. Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Cara Memegang Bet dan Pukulan
Servis Forehand dan Backhand dengan Konsisten
f.
Aktivitas Pembelajaran 6 :
Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Lurus
g. Aktivitas Pembelajaran 7 : Kombinasi Cara Memegang Bet, Pukulan
Forehand dan Backhand, Arah Bola Menyilang Meja
2. Aktivitas Pembelajaran Bermain Tenis
Meja Menggunakan Peraturan Dimodifikasi
a. Aktivitas Pembelajaran 1 : Bermain Tanpa Menggunakan Bet, dengan
Cara Tunggal atau Ganda
b. Aktivitas Pembelajaran 2 : Bermain 1 Lawan 2
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi
PJOK yang akan di pelajari pada kelas 9 Bab 2 khususnya pada materi tentang Aktivitas
Permainan Bola Kecil yang meliputi Permainan Rounders, Permainan Bulu Tangkis
dan Permainan Tenis Meja.
Semoga materi yang telah di sajikan diatas senantiasa bisa membantu para siswa yang akan menggunakannnya sebagai bahan belajar. Admin percaya bahwa dengan adanya ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi para siswa untuk menggunakannya sebagai bahan belajar baik untuk belajar di rumah maupun belajar di sekolah.