Penilaian Proyek Pada Kurikulum Merdeka
Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian proyek pada pembelajaran kurikulum merdeka.
Sahabat pendidikan, mungkin anda sering
bertanya-tanya tentang apa itu penilaian proyek?
Dalam proses pembelajaran di sekolah
kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan oleh guru
kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik pada
pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.
Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang
dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.
Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang
dimaksud :
1. Portofolio
2. Penugasan
3. Praktik
4. Proyek
5. Produk
6. Tes tertulis
7. Tes lisan
Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian proyek. Mungkin diantara
bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian proyek
dan bagaimana tahapan melakukan penilaian proyek. Nah, melalui postingan ini
admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda
dalam memahami tentang penilaian proyek.
PENILAIAN PROYEK
Penilaian proyek adalah
penilaian terhadap kompetensi tertentu yang diberikan dalam bentuk penugasan
berorientasi riset/produk agar diselesaikan oleh peserta didik dalam
periode/waktu tertentu.
Penugasan tersebut
meliputi:
-
perencanaan,
-
pengumpulan
data,
-
analisis
data,
-
penyajian
data, hingga pelaporan.
Periode waktu untuk
menyelesaikannya tergantung kompleksitas tugas, misalnya dalam satu minggu, dua
minggu, satu bulan, atau satu semester.
TUJUAN PENILAIAN PROYEK
Untuk mengukur
kemampuan peserta didik dalam memahami, mengaplikasikan, dan menyampaikan
informasi tentang materi tertentu pada satu atau lebih mata pelajaran yang
terkait sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai pada penugasan yang
diberikan.
WARNING DALAM PENILAIAN PROYEK
1.
Kemampuan
Pengelolaan Kemampuan peserta didik dalam memilih topik dan mencari informasi,
serta pada saat mengelola waktu pengumpulan data dan penulisan
2.
Relevansi Kesesuaian
dengan kompetensi mata pelajaran , yaitu mempertimbangkan tahap pengetahuan,
keterampilan, dan pemahaman dalam mata pelajaran.
3.
Keaslian Proyek
yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri, dan dengan
mempertimbangkan kontribusi pendidik pada proyek tersebut berupa petunjuk dan
dukungan.
KARAKTERISTIK PENILAIAN PROYEK
-
Relevan
untuk kompetensi yang berorientasi riset / produk.
-
Dapat
dilakukan pada semua mata pelajaran secara terintegrasi atau masing-masing mata
pelajaran di semua jenjang pendidikan.
-
Membutuhkan
kerja sama dengan berbagai pihak dan kemampuan mengevaluasi hasil.
-
Membutuhkan
waktu dan tempat yang bervariasi tergantung kompleksitas tugas.
TAHAPAN PENILAIAN PROYEK:
-
Menganalisis
kompetensi yang sesuai dengan karakteristik penilaian proyek
-
Menentukan
topik penilaian proyek
-
Menentukan
tujuan penilaian proyek
-
Menentukan
bentuk penugasan proyek
-
Mengembangkan
kisi-kisi penilaian proyek
-
Menyusun
tugas proyek dan dilengkapi dengan rubrik
-
Melaksanakan
monitoring pada setiap tahapan proyek
-
Memberikan
feedback pada peserta didik
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
Tahap persiapan
-
kemampuan
merencanakan dan mengorganisasikan tugas proyek;
-
kemampuan
memperoleh informasi awal (data-data awal)
Tahap
pelaksanaan
-
kemampuan
bekerja dalam kelompok;
-
kemampuan
untuk melaksanakan tugas secara mandiri;
-
kemampuan
mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi;
-
kemampuan
menganalisis permasalahan.
Tahap pelaporan
-
kemampuan
menganalisis dan menginterpretasikan data;
-
kemampuan
membuat laporan;
-
kemampuan
menyampaikan hasil.
PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK
Ada dua hal mengenai pengembangan penilaian proyek:
- Penilaian proyek memberikan kesempatan pada paserta didik untuk seoptimal mungkin dapat mengembangkan kemampuan mereka, dalam memahami konsep sampai dengan aplikasi bahkan menciptakan. Dalam penilaian proyek pendidik dapat menilai peserta didik secara individu maupun kelompok. Sikap peserta didik terhadap proses pembelajaran juga mudah dipantau.
- Penilaian proyek dilakukan dengan mengikuti beberapa tahapan dalam pelaksanaannya yang meliputi perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan data, serta penyajian data atau presentasi.
Demikianlah penjelasan
tentang penilaian proyek, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan
bagi bapak/ibu guru dalam memahami bentuk-bentuk penilaian khususnya pada
penilaian proyek.
Sekian dan
Terimakasih