Penilaian Proyek Pada Kurikulum Merdeka

Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian proyek pada pembelajaran kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan, mungkin anda sering bertanya-tanya tentang apa itu penilaian proyek?

Dalam proses pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.

 

Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.

Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang dimaksud :

1.       Portofolio

2.       Penugasan

3.       Praktik

4.       Proyek

5.       Produk

6.       Tes tertulis

7.       Tes lisan

 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian proyek. Mungkin diantara bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian proyek dan bagaimana tahapan melakukan penilaian proyek. Nah, melalui postingan ini admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda dalam memahami tentang penilaian proyek.

 

PENILAIAN PROYEK

Penilaian proyek adalah penilaian terhadap kompetensi tertentu yang diberikan dalam bentuk penugasan berorientasi riset/produk agar diselesaikan oleh peserta didik dalam periode/waktu tertentu.

Penugasan tersebut meliputi:

-          perencanaan,

-          pengumpulan data,

-          analisis data,

-          penyajian data, hingga pelaporan.

Periode waktu untuk menyelesaikannya tergantung kompleksitas tugas, misalnya dalam satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau satu semester.

 

TUJUAN PENILAIAN PROYEK

Untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami, mengaplikasikan, dan menyampaikan informasi tentang materi tertentu pada satu atau lebih mata pelajaran yang terkait sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai pada penugasan yang diberikan.

 

WARNING DALAM PENILAIAN PROYEK

1.       Kemampuan Pengelolaan Kemampuan peserta didik dalam memilih topik dan mencari informasi, serta pada saat mengelola waktu pengumpulan data dan penulisan

2.       Relevansi Kesesuaian dengan kompetensi mata pelajaran , yaitu mempertimbangkan tahap pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman dalam mata pelajaran.

3.       Keaslian Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri, dan dengan mempertimbangkan kontribusi pendidik pada proyek tersebut berupa petunjuk dan dukungan.

 

KARAKTERISTIK PENILAIAN PROYEK

-          Relevan untuk kompetensi yang berorientasi riset / produk.

-          Dapat dilakukan pada semua mata pelajaran secara terintegrasi atau masing-masing mata pelajaran di semua jenjang pendidikan.

-          Membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak dan kemampuan mengevaluasi hasil.

-          Membutuhkan waktu dan tempat yang bervariasi tergantung kompleksitas tugas.

 

TAHAPAN PENILAIAN PROYEK:

-          Menganalisis kompetensi yang sesuai dengan karakteristik penilaian proyek

-          Menentukan topik penilaian proyek

-          Menentukan tujuan penilaian proyek

-          Menentukan bentuk penugasan proyek

-          Mengembangkan kisi-kisi penilaian proyek

-          Menyusun tugas proyek dan dilengkapi dengan rubrik

-          Melaksanakan monitoring pada setiap tahapan proyek

-          Memberikan feedback pada peserta didik

 

RUBRIK PENILAIAN PROYEK

Tahap persiapan

-          kemampuan merencanakan dan mengorganisasikan tugas proyek;

-          kemampuan memperoleh informasi awal (data-data awal)

 

Tahap pelaksanaan

-          kemampuan bekerja dalam kelompok;

-          kemampuan untuk melaksanakan tugas secara mandiri;

-          kemampuan mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi;

-          kemampuan menganalisis permasalahan.

 

Tahap pelaporan

-          kemampuan menganalisis dan menginterpretasikan data;

-          kemampuan membuat laporan;

-          kemampuan menyampaikan hasil.

 

PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK

Ada dua hal mengenai pengembangan penilaian proyek:

  1. Penilaian proyek memberikan kesempatan pada paserta didik untuk seoptimal mungkin dapat mengembangkan kemampuan mereka, dalam memahami konsep sampai dengan aplikasi bahkan menciptakan. Dalam penilaian proyek pendidik dapat menilai peserta didik secara individu maupun kelompok. Sikap peserta didik terhadap proses pembelajaran juga mudah dipantau.
  2. Penilaian proyek dilakukan dengan mengikuti beberapa tahapan dalam pelaksanaannya yang meliputi perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan data, serta penyajian data atau presentasi.

 

CONTOH PENILAIAN PROYEK

Berikut ini contoh tampilan penilaian proyek pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI:


Demikianlah penjelasan tentang penilaian proyek, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi bapak/ibu guru dalam memahami bentuk-bentuk penilaian khususnya pada penilaian proyek.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel