Penilaian Produk pada Kurikulum Merdeka
Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian produk pada pembelajaran kurikulum merdeka.
Apa itu penilaian Produk ?
Sahabat pendidikan, mungkin anda sering
bertanya-tanya tentang apa itu penilaian produk?
Dalam proses pembelajaran di sekolah
kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan oleh guru
kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik pada
pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.
Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang
dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.
Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang
dimaksud :
1. Portofolio
2. Penugasan
3. Praktik
4. Proyek
5. Produk
6. Tes tertulis
7. Tes lisan
Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian produk. Mungkin diantara
bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian produk
dan apa tujuan dari pelaksanaan penilaian produk. Nah, melalui postingan ini
admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda
dalam memahami tentang penilaian produk.
PENILAIAN PRODUK
Penilaian Produk
adalah penilaian terhadap
keterampilan peserta didik dalam membuat suatu produk tertentu dengan kualitas
yang baik.
TUJUAN:
-
menilai
keterampilan siswa dalam membuat produk tertentu sehubungan dengan pencapaian
tujuan pembelajaran di kelas
-
menilai
penguasaan keterampilan sebagai syarat untuk mempelajari keterampilan
berikutnya;
-
Untuk
menilai tingkat kompetensi yang sudah dikuasai peserta didik pada setiap akhir
jenjang/kelas di sekolah
-
menilai
kemampuan siswa dalam bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain
dan menunjukkan inovasi dan kreasi.
BERIKUT INI CONTOH
PENILAIAN PRODUK PADA BEBERAPA MATA PELAJARAN
TAHAPAN MEMBUAT SUATU PRODUK
1) Tahap Persiapan
Keterampilan
peserta didik untuk membuat perencanaan,merancang suatu produk atau kemampuan peserta
didik menggali dan mengembangkan suatu ide.
2) Tahap Produksi
Kemampuan untuk
memilih dan menggunakan bahan, peralatan, dan teknik kerja.
3) Tahap Akhir
Kemampuan peserta
didik untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria (fungsi dan estetika)
dan untuk mengevaluasi hasil kerjanya.
LANGKAH-LANGKAH MERENCANAKAN PENILAIAN PRODUK
a.
Menentukan
kompetensi yang sesuai untuk dinilai dengan penilaian produk dalam hal ini
adalah KD dari KI-4
b.
Menyusun
indikator proses dan hasil belajar sesuai kompetensi
c.
Merencanakan
apakah tugas produk yang dihasilkan bersifat individu atau kelompok
d.
Merencanakan
teknik-teknik dalam penilaian individual untuk tugas yang dikerjakan secara
kelompok
e.
Menyusun
instrumen dan rubrik penilaian
f.
Menyusun
kriteria/batas kelulusan/batas standar minimal capaian kompetensi
INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK
Instrumen yang
digunakan dalam penilaian produk harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu.
1. Kriteria Tugas
-
Mengarah
pada pencapaian indikator hasil belajar;
-
Dapat
dikerjakan oleh siswa;
-
Dapat
dikerjakan selama proses pembelajaran atau merupakan; bagian dari pembelajaran
mandiri;
-
Sesuai
dengan taraf perkembangan siswa;
-
Memuat
materi yang sesuai dengan cakupan kurikulum;
-
Bersifat
adil (tidak bias gender dan latar belakang sosial ekonomi);
-
Mencantumkan
rentang waktu pengerjaan tugas.
2. Kriteria Lembar
Penilaian Produk
-
Kemampuan
pengelolaan, yaitu kemampuan peserta didik dalam memilih tema, mencari
informasi dan menyelesaikan produk
-
Relevansi,
yaitu kesesuaian dengan mata pelajaran dan tema, dengan mempertimbangkan aspek
pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran
-
Keaslian,
yaitu produk yang dihasilkan peserta didik harus merupakan hasil karyanya,
dengan mempertimbangkan kontribusi pendidik berupa petunjuk dan dukungan
terhadap penyelesaian produk yang dihasilkan peserta didik
- Kelengkapan dan ketepatan aspek yang dinilai dalam produk, yaitu kesesuaian tema, kreasi dan inovasi, kualitas produk, dan tampilan.
CONTOH PENILAIAN
PRODUK PADA MAPEL BAHASA INGGRIS
CONTOH RUBRIK
PENILAIAN PRODUK PADA MAPEL BAHASA INGGRIS
Itulah penjelasan
tentang penilaian produk, semoga penjelasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan
bagi bapak/ibu guru dalam memahami bentuk-bentuk penilaian khususnya pada
penilaian produk, sehingga dalam penerannya dapat dilakukan dengan benar.