Penilaian Praktik Pada Kurikulum Merdeka
Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian praktik pada pembelajaran kurikulum merdeka.
Apa itu Penilaian Praktik ?
Sahabat pendidikan, dalam proses
pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan
oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta
didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.
Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang
dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.
Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang
dimaksud :
1. Portofolio
2. Penugasan
3. Praktik
4. Proyek
5. Produk
6. Tes tertulis
7. Tes lisan
Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian praktik. Mungkin diantara
bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian praktik
dan bagaimana contoh dari penilaian praktik tersebut. Nah, melalui postingan
ini admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan
anda dalam memahami tentang penilaian praktik.
PENILAIAN PRAKTIK
Penilaian Praktik
adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu
aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi. Penilaian praktik menuntut peserta
didik melakukan tugas tertentu seperti: praktikum di laboratorium, praktik
ibadah, praktik olahraga, presentasi, bermain peran, memainkan alat musik,
bernyanyi, dan membaca puisi/deklamasi.
TUJUAN PENILAIAN PRAKTIK
- Penilaian praktik bertujuan untuk dapat menilai kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan.
- Penilaian praktik lebih otentik dari pada penilaian tertulis karena bentuk-bentuk tugasnya lebih mencerminkan kemampuan yang diperlukan dalam praktik kehidupan sehari-hari.
ALUR PENILAIAN PRAKTIK
-
Dilakukan
melalui :
Pengamatan pada
saat peserta didik mendemonstrasikan atau mempraktekkan suatu aktivitas sesuai
dengan target kompetensi
-
Pada
saat melakukan penilaian praktik
guru dapat menilai
kompetensi keterampilan dan sikap peserta didik
-
Dapat
digunakan untuk
menilai ketercapaian
kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu
-
Tugas
tersebut diantaranya:
praktikum di
laboratorium, praktik ibadah, praktik olahraga, presentasi, bermain peran, memainkan
alat musik, bernyanyi, dan membaca puisi/deklamasi.
CONTOH PENILAIAN PRAKTIK DALAM BEBERAPA MATA PELAJARAN
Berikut ini contoh
tampilan penilaian praktik yang dilakukan pada beberapa mata pelajaran ;
TAHAPAN PENILAIAN PRAKTIK
1.
Memilih
kompetensi dasar khususnya dari kompetensi dasar aspek keterampilan
2.
Menentukan
materi yang akan dikembangkan menjadi bahan penilaian
3.
Merumuskan
indikator soal meliputi subjek, stimulus, dan perilaku yang akan diukur
4.
Mengembangkan
instrumen praktik sesuai dengan indikator soal yang sudah dibuat
5.
Menguraikan
kriteria yang menunjukkan pencapaian indicator hasil belajar
6.
Menyusun
kriteria kedalam rubrik penilaian/pedoman penskoran
7.
Menyusun
tugas sesuai dengan rubric penilaian
8.
Menyusun
kriteria batas kelulusan atau batas standar minimal pencapaian kompetensi peserta
didik
9.
Menyampaikan
rubric sebelum pelaksanaan kepada peserta didik
10.
Memberikan
pemahaman yang sama kepada peserta didik tentang kriteria penialaian
11.
Menyapaikan
tugas kepada peserta didik
12.
Memeriksa
kesedian alat dan bahan yang akan digunakan
13.
Melaksanakan
penilaian selama rentang waktu yang direncanakan
14.
Membandingkan
kinerja peserta didik dengan rubric penilaian
15.
Mencatat
dan mendokumentasikan hasil penilaian
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK
Untuk mengamati
penilaian praktik/kinerja peserta didik dapat digunakan instrument lembar pengamatan
(observasi) dengan daftar cek list maupun dengan skala penilaian.
Instrumen
penilaian praktik yang baik memuat:
1. Otentik dan
menarik;
2. Memungkinkan
penilaian individual;
3. Memuat petunjuk
yang jelas.
CONTOH RUBRIK PENILAIAN PRAKTIK
Berikut ini contoh tampilan rubrik penilaian praktik
Demikianlah penjelasan
tentang penilaian praktik pada proses pembelajaran, semoga informasi ini bisa
menjadi referensi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi bapak/ibu guru dalam
memahami bentuk-bentuk penilaian khususnya pada penilaian praktik.