Penilaian Portofolio Pada Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Penjelasan tentang Asesmen Portofolio pada pembelajaran kurikulum merdeka lengkap beserta dengan contoh penilaiannya.
APA ITU PENILAIAN PORTOFOLIO ?
Sahabat pendidikan, dalam proses
pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan
oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta
didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.
Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang
dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.
Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang
dimaksud :
1. Portofolio
2. Penugasan
3. Praktik
4. Proyek
5. Produk
6. Tes tertulis
7. Tes lisan
Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian portofolio. Mungkin diantara
bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian
portofolio dan apa fungsi dari portofolio tersebut. Nah, melalui postingan ini
admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda
dalam memahami tentang penilaian portofolio.
PORTOFOLIO
Berikut ini penjelasan tentang apa itu portofolio ???
-
Asesmen
portofolio diartikan sebagai
upaya menghimpun kumpulan karya atau dokumen peserta didik yang tersusun secara
sistematis dan terorganisir yang diambil selama proses pembelajaran, digunakan
oleh guru dan peserta didik dalam mata pelajaran tertentu (Surapranata S dan
Hatta M, 2004).
-
Penilaian
portofolio merupakan salah
satu metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data
secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 1984)
-
Aspek yang
diukur dalam penilaian portofolio adalah tiga domain perkembangan psikologi
anak yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
FUNGSI DAN TUJUAN PORTOFOLIO
Fungsi:
Sebagai sumber acuan
dan untuk melihat pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh orang
bersangkutan
Tujuan:
-
Mengetahui
PERKEMBANGAN yang dialami siswa;
-
Mendokumentasikan
proses pembelajaran yang berlangsung;
-
Memberi
PERHATIAN PADA PRESTASI KERJA SISWA YANG TERBAIK;
-
Meningkatkan
EFEKTIFITAS proses pembelajaran; Bertukar informasi dengan orang tua/wali siswa
dan guru lain;
-
Meningkatkan
kemampuan MELAKUKAN REFLEKSI DIRI;
-
Membandingkan
pekerjaan sekarang dengan pekerjaan yang lalu ;
-
MEMBERIKAN
KESEMPATAN siswa bekerja sesuai dengan PERBEDAAN INDIVIDU
JENIS-JENIS PORTOFOLIO
Ada 3 jenis portofolio yaitu sebagai
berikut :
1. Portofolio Kerja
2. Portofolio Dokumentasi
3. Portofolio Pilihan
1. PORTOFOLIO
KERJA (working portfolio)
-
Portofolio
kerja (working portfolio) merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu
mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu.
-
Portofolio
kerja mempunyai fungsi formatif dan diagnostik
-
Untuk
siswa portofolio kerja sebagai bahan refleksi siswa;
-
untuk guru
sebagai masukan guru untuk membantu siswa mengidentifikasi kelemahan,
kelebihan, dan merancang strategi untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang
diharapkan.
2. PORTOFOLIO
DOKUMENTASI
-
Portofolio
dokumentasi (documentary portfolio) adalah koleksi hasil kerja siswa
pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang khusus digunakan untuk penilaian.
-
Karakteristik:
o
Portofolio
dokumentasi tidak hanya berisi produk hasil kerja siswa, tetapi juga memuat
informasi mengenai proses dalam menghasilkan produk tersebut
o
Portofolio
dokumentasi hanya berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai
o
Portofolio
dokumentasi dapat berfungsi sebagai penilaian sumatif sekaligus formatif.
Berfungsi sebagai sumatif dalam arti menunjukkan hasil atau capaian siswa pada
suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.
o
Berfungsi
sebagai formatif dalam arti hasil penilaian portofolio dokumentasi yang memberi
informasi mengenai capaian siswa digunakan oleh guru untuk membantu siswa
mencapai kompetensi yang diharapkan.
3. PORTOFOLIO
PILIHAN
-
Portofolio
pilihan (showcase fortfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik
yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.
-
Portofolio
pilihan hanya berisi produk yang telah selesai. Portofolio pilihan tidak memuat
bukti proses pekerjaan, perbaikan, dan penyempurnaan produk.
MERANCANG PENILAIAN PORTOFOLIO
-
Bentuk
portofolio termasuk isi dan siapa yang menentukan isi portofolio ditentukan
oleh tujuan portofolio.
-
Guru harus
menentukan apa tujuan dari portofolio yang disusun: apakah untuk memantau proses (formatif) atau
menilai capaian hasil belajar (sumatif) ataukah gabungan keduanya?
1.
Apabila
tujuan portofolio untuk memantau proses dan terutama untuk mendorong siswa
melakukan refleksi, maka portofolio kerja merupakan portofolio yang sesuai.
2.
Apabila
portofolio untuk memantau perkembangan sekaligus menilai capaian hasil belajar
siswa, maka portofolio dokumentasi merupakan pilihan yang sesuai.
3.
Apabila
tujuan hanya untuk menilai hasil akhir terbaik siswa maka portofolio pilihan merupakan
portofolio yang sesuai.
ALUR PENILAIAN PORTOFOLIO
Berikut ini alur penilaian portofolio disajikan dalam gambar di bawah ini:
LANGKAH-LANGKAH PENILAIAN PORTOFOLIO
Berikut ini
langkah-langkah untuk melakukan penilaian portofolio
1.
Jelaskan
kepada siswa maksud penugasan portofolio.
2.
Jelaskan
sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan.
3.
siswa
diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.
4.
Cantumkan
tanggal pembuatan pada setiap evidence (bukti-bukti hasil belajar)
5.
Tentukan
kriteria penilaian sampel-sampel portofolio.
6.
Lakukan
perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.
TAHAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO
1.
Analisis
KD _ PELUANG penilaian
Portofolio proses, hasil, atau gabungan
2.
Menentukan
tujuan dan jenis portofolio kerja, dokumentasi, dan hasil
3.
KESEPAKATAN
GURU-SISWA tentang
jumlah-jenis dokumen, waktu, media, penilaian
4.
Guru menerima
dokumen portofolio dari siswa BERTAHAP/keseluruhan
5.
Guru
memberikan peluang pada siswa MEMPRESENTASIKAN portopolionya,
6.
Guru menilai/APRESIASI
dan memberi balikan atas portofolio siswa
7.
Tindak
lanjut PERBAIKAN dan PELUANG PENGAYAAN dalam kurun waktu
Perlu di pahami bahwa tahapan untuk
melakukan penilaian portofolio dapat disesuaikan dengan jenis portofolio yang
akan di gunakan masing-masing guru.
CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO
Berikut ini contoh model penilaian bentuk portofolio yang disajikan di bawah ini :
CONTOH RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
Berikut ini contoh model Rubrik penilaian portofolio yang disajikan di bawah ini :
Berikut ini file yang berisi informasi lengkap mengenai Bentuk-bentuk penilaian yang salah satunya mengenai penilaian portofolio, jika anda ingin memiliki filenya maka silahkan cek pada tampilan dibawah ini :
- Bentuk-bentuk Penilaian Portofolio ( DISINI )
Nah, demikianlah penjelasan tentang penilaian portofolio pada kurikulum merdeka yang bisa bapak/ibu guru terapkan. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu menambah wawasan bapak/ibu guru yang sedang membutuhkan informasi tentang penilaian atau asesmen portofolio.